Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, mau bisa fokus belajar UTBK hingga berjam-jam kok susah banget, ya. Sudah mencoba menghilangkan gangguan saat belajar, tapi tetap aja gampang banget bosan dan jenuh. Apalagi, ketika belajar di rumah seperti saat ini. Suasana yang itu-itu saja sering membuat kita sulit konsentrasi selama belajar. Inginnya rebahan terus. Sebenarnya, ada enggak sih cara meningkatkan konsentrasi belajar yang efektif?

Tenang saja, Mipi sudah menemukan solusinya buat kamu. Kali ini, Mipi bakal membahas cara meningkatkan konsentrasi belajar yang efektif, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri pada 5 November 2020. Cara-cara ini bukan hanya bisa kamu terapkan untuk belajar UTBK SBMPTN saja, melainkan juga belajar materi pelajaran lainnya. Biar kamu lebih fokus belajarnya, yuk langsung ikuti cara meningkatkan konsentrasi belajar ala Kak Fikri berikut ini!

Cara Meningkatkan Konsentrasi agar Bisa Fokus Belajar Berjam-jam

Menurut Kak Fikri, fokus belajar berjam-jam itu bisa banget dilakukan, Pahamifren. Tapi, harus ada cara yang tepat supaya belajar hingga berjam-jamnya tetap efektif. Mengutip dari bukunya yaitu Belajar Cara Belajar, Kak Fikri menerangkan bahwa ada 5 cara agar bisa fokus belajar dengan baik. Lima cara ini Kak Fikri singkat menjadi KTPST (Kenapa, Tujuan, Pola Pikir, Sistem, dan Teknik). Yuk, kita bahas satu per satu.

Temukan Alasan Kamu Belajar (Kenapa)

Cara meningkatkan konsentrasi yang pertama yaitu mencari tahu alasan kamu belajar. Supaya bisa fokus berjam-jam, kamu butuh dedikasi terhadap materi belajar dan cara belajarmu. Itulah sebabnya cara ini diperlukan. Sebelum mencoba belajar hingga berjam-jam, temukan alasan belajarnya terlebih dahulu agar dedikasi kamu terbentuk.

Contohnya, saat kamu belajar UTBK, cari tahu kenapa kamu belajar materi TPS terlebih dahulu? Apa karena ingin mengoptimalkan skor di TPS? Adakah hal lain yang ingin kamu raih? Sudah benarkah cara belajarmu? Lewat cara ini, kamu dapat memulai meningkatkan konsentrasi belajar. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah menentukan target dan membuat cara belajar yang efektif dan efisien.

Cari Tujuan Belajar

Setelah tahu alasan kamu belajar, mulailah menentukan tujuan atau target belajarmu. Kalau belajarnya untuk UTBK, target utamanya mungkin belajar UTBK 1 bulan hingga paham agar bisa mendapatkan nilai maksimal dalam UTBK SBMPTN 2021 mendatang. Dari target yang kamu buat ini, kamu bisa melatih komitmen belajar. Semakin kamu komitmen meraih target tersebut, maka konsentrasi dan fokus belajar kamu pun semakin meningkat.

Supaya bisa fokus belajar berjam-jam, tujuan belajar ini sangatlah penting, Pahamifren. Bayangkan saja kalau kamu seorang pelari. Ketika kamu disuruh berlari tapi tidak ada tujuan yang jelas, enggak ada jarak dan batas waktunya. Kamu akan merasa capek dan lebih mudah menyerah. Lalu, kamu akan berpikir lebih baik jalan saja karena lari pun tidak ada tujuannya.

Tapi, ketika kamu sudah punya tujuan, misalnya lari 300 meter dalam waktu 2 menit. Kalau kamu merasa lelah di tengah jalan, kamu punya alasan untuk mendorong dirimu lebih keras lagi agar bisa mewujudkan target tersebut. Sama halnya belajar, kamu juga harus menentukan target dengan jelas. Tetapkan target jumlah soal yang mau dikerjakan, jumlah soal yang mau dipelajari, serta lama waktu kamu akan belajar.

Membangun Pola Pikir yang Positif

Kalau mau belajar berjam-jam, kamu harus punya mindset belajar yang positif terlebih dahulu. Saat belajar, kita mungkin sering kali menerima distraksi fisik maupun mental. Contohnya, sudah mulai fokus belajar, eh tiba-tiba rasa kantuk dan bosan datang, atau tiba-tiba ada ajakan main dari teman.

Dalam situasi tersebut, kamu jadi dihadapkan pada dua pilihan, melanjutkan belajar atau mengakhirinya. Kalau mindset kamu belum sepenuhnya positif, mungkin kamu akan memilih mengakhirinya karena berpikir, “Dilanjutkan nanti saja deh, masih ada waktu kok.”

Namun, ketika pola pikir kamu positif, kamu akan memilih melanjutkan belajar dengan fokus lagi. Cobalah mulai membentuk mindset, “Tanggung, sedikit lagi selesai.” agar kamu bisa fokus belajar berjam-jam dan selalu ingin menambah waktu belajar.

Membuat Sistem Belajar

Adanya sistem belajar bisa membantu kamu mengatur keoptimalan belajar supaya hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, sistem belajar juga dapat membuat kamu lebih konsisten dalam melaksanakan jadwal belajar. Alangkah lebih baik, kalau sistem yang kamu buat menetapkan tingkatan standar belajar yang semakin naik setiap harinya.

Contohnya, kamu harus mengerjakan sesuatu yang tingkatannya lebih sulit atau jumlahnya lebih banyak 5% per harinya. Kalau kemarin mengerjakan 20 soal dalam 15 menit, berarti hari ini harus ditingkatkan 5% lebih banyak, baik dalam jumlah soal dan waktu. Lewat cara seperti ini, kemampuanmu belajar hingga berjam-jam akan semakin terasah. Hingga akhirnya, kamu terus tertantang dan ketagihan dalam belajar deh.

strategi manajemen waktu persiapan utbk

Teknik Belajar

Cara meningkatkan konsentrasi yang terakhir yaitu menemukan teknik belajar yang tepat. Teknik belajar ini tentunya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Kuncinya, cari yang bisa mengaktifkan otak kamu saat belajar, serta membuat kamu nyaman dan mudah dalam memahami materinya. Sebagai referensi kamu bisa menggunakan teknik belajar Pomodoro yang telah Mipi bahas di sini.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara belajar efektif agar bisa fokus hingga berjam-jam dari Youtube Hujan Tanda Tanya berikut ini:

  1. Pilih satu topik yang mau kamu pelajari.
  2. Coba fokus pada topik yang sudah kamu pilih minimal selama 20 menit.
  3. Catat materi-materi yang kamu rasa sulit.
  4. Jangan lupa istirahat sejenak setiap 60 menit atau saat kamu merasa sudah susah fokus.
  5. Kalo kamu masih mau belajar, kamu bisa ulang dari langkah 1 atau mulai dari materi yang telah kamu catat pada langkah 3.

Bagaimana, Pahamifren? Sudah siap menerapkan cara meningkatkan konsentrasi belajar ala Kak Fikri di atas? Mudah-mudahan, cara tersebut bisa membantu kamu fokus belajar UTBK SBMPTN hingga berjam-jam, hingga akhirnya kamu bisa memiliki persiapan yang maksimal menghadapi UTBK SBMPTN 2021 mendatang.

Enggak cukup hanya dengan belajar materi saja, kamu juga perlu memperbanyak latihan soal biar lebih siap taklukkan UTBK. Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba, dilengkapi video pembahasannya yang menarik.

Khusus buat kamu yang ingin mengejar ketertinggalan materi dan belajar UTBK 1 bulan, kamu bisa berlangganan Paket SKS Pahamify untuk kebut persiapan UTBK. Cek info lengkap mengenai Paket SKS Pahamify di link ini.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang dan gunakan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik. Bersama Pahamify, jadi lebih siap #TaklukkanUTBK dan raih PTN impian!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll