Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, pelaksanaan UTBK tinggal beberapa hari lagi. Sudah tahu apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat tes UTBK nanti? Bagaimana persyaratan pakaian yang harus digunakan peserta? Agar kamu punya bekal informasi yang cukup, Mipi sudah merangkum hal-hal apa saja yang harus kamu persiapkan untuk pelaksanaan UTBK 2021 mendatang.

Perlu kamu ketahui, pelaksanaan UTBK tahun ini berlangsung di tengah pandemi COVID-19 sehingga seluruh peserta wajib mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Hal itu membuat adanya tambahan perlengkapan yang harus disiapkan peserta. Mau tahu perlengkapan dan berkas apa saja yang harus dibawa peserta? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Berkas yang Harus Dibawa saat Pelaksanaan UTBK 2021

Sesuai informasi yang disampaikan oleh pihak LTMPT, ada 4 perlengkapan yang wajib kamu bawa saat mengikuti tes UTBK 2021, di antaranya:

Masker

Seluruh peserta UTBK wajib memakai masker untuk menaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Masker tidak disediakan oleh pihak penyelenggara, jadi kamu mesti membawa sendiri ya, Pahamifren. Alangkah baiknya kamu juga membawa masker cadangan untuk mengantisipasi jika masker kotor atau pemakaiannya sudah lebih dari beberapa jam.

Selain masker, kamu juga wajib menjaga jarak dengan peserta lain ketika di lokasi UTBK. Pada beberapa pusat UTBK, peserta juga diwajibkan membawa hasil negatif swab antigen. Namun, syarat swab antigen ini sesuai ketentuan lokasi UTBK masing-masing. Jadi, pastikan kamu mengecek ketentuan pusat UTBK yang kamu pilih, ya.

Kartu Identitas

Guna menghindari kecurangan peserta digantikan atau menggantikan orang lain, peserta diwajibkan membawa kartu identitas diri yang resmi. Identitas tersebut harus sama dengan data yang kamu isi saat proses pendaftaran UTBK SBMPTN 2021. Kamu bisa memilih beberapa identitas, seperti KTP, Kartu Pelajar, SIM, Kartu Keluarga, atau paspor. Identitas yang ditunjukkan pada pelaksanaan UTBK 2021 adalah dokumen asli.

Fotokopi Ijazah, SKL, atau Surat Keterangan Aktif

Bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat lulusan 2019 dan 2020, wajib membawa fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi oleh sekolah. Peserta lulusan 2019 dan 2020 tidak boleh membawa SKL (Surat Keterangan Lulus) maupun Surat Keterangan Aktif. Apabila memang tidak mempunyai fotokopi ijazah yang dilegalisasi, kamu boleh membawa ijazah yang asli kok. Tapi, pastikan kamu bisa menjaga ijazah tersebut dengan baik agar tidak hilang.

Khusus untuk calon lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2021, kamu bisa membawa SKL atau Surat Keterangan Aktif dari sekolah. Pada SKL yang dibawa harus memuat nama siswa, NISN, NPSN, dan pasfoto siswa terbaru berwarna. SKL juga harus dilengkapi dengan tanda tangan kepala sekolah dan cap/stempel asli dari sekolah.

Buat yang belum mendapatkan SKL, kamu bisa menggunakan Surat Keterangan Aktif atau surat yang menyatakan kamu kelas 12 SMA. Surat keterangan tersebut harus memuat nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, NISN, NPSN, foto berwarna ukuran 4×6 terbaru, tanda tangan kepala sekolah, dan cap sekolah yang sah. Surat wajib ditunjukkan dalam bentuk cetak.

Kartu Peserta UTBK SBMPTN 2021

Persyaratan dokumen yang terakhir yaitu Kartu Peserta UTBK 2021. Kartu ini harus dicetak dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kartu peserta UTBK 2021 dicetak pada kertas HVS putih.
  • Dicetak berwarna (bukan hitam putih).
  • Pastikan foto, nama, nomor pendaftaran, dan QR Qode UTBK SBMPTN 2021 terlihat jelas dan tajam.

Saran dari Mipi, sebaiknya kamu mencetak Kartu Peserta UTBK 2021 lebih dari satu. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila kartu tersebut hilang atau rusak saat pelaksanaan UTBK berlangsung. Lantas, apa sih pentingnya Kartu Peserta UTBK 2021?

Kartu Peserta UTBK menjadi syarat masuk ruang ujian nanti. Biasanya, kartu ini juga digunakan untuk melihat pengumuman kelulusan SBMPTN 2021. Apabila dinyatakan lolos SBMPTN 2021, Kartu Peserta akan digunakan sebagai syarat wajib registrasi ulang di PTN masing-masing. Nggak cuma itu, Kartu Peserta UTBK juga bisa digunakan untuk syarat daftar Seleksi Mandiri PTN, lho. Mengingat betapa pentingnya Kartu Peserta UTBK, pastikan kamu menyimpannya dengan baik, Pahamifren!

Perlengkapan Lain yang Dianjurkan Dibawa

Selain membawa berkas-berkas di atas, kamu juga bisa membawa beberapa perlengkapan lain, seperti:

  • Alat tulis berupa pensil, bolpoin, penghapus, dan rautan.
  • Face shield, hand sanitizer, dan sarung tangan.
  • Obat pribadi.
  • Tisu basah/kering.
  • Perlengkapan ibadah pribadi.
  • Bagi yang tidak berpuasa, bisa membawa makanan dan minuman pribadi. Tetapi, saat tes UTBK berlangsung, kamu dilarang makan dan minum.

Syarat Pakaian saat Pelaksanaan UTBK

Secara umum, aturan berpakaian saat pelaksanaan UTBK yaitu menggunakan pakaian rapi dan sopan, serta menggunakan sepatu. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan baju berkerah seperti kemeja lengan panjang, baju batik, blouse, dan sebagainya. Hindari memakai kaos oblong saat tes UTBK. Karena kamu harus duduk berjam-jam di ruang ujian, sebaiknya gunakan celana yang tidak ketat, bisa rok panjang untuk perempuan atau celana kain untuk laki-laki.

Biar lebih rapi dan sopan, gunakan sepatu yang tertutup seperti sepatu sekolah. Khusus untuk peserta perempuan, sebaiknya rambut diikat agar tidak mengganggu pengerjaan soal. Bagi yang berhijab, gunakan hijab yang sederhana saja. Syarat terakhir yang terpenting yaitu wajib menggunakan masker.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Pelaksanaan UTBK 2021

Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan saat tes UTBK 2021:

  1. Pastikan lokasi dan jadwal ujian sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Peserta UTBK 2021.
  2. Lokasi ujian harus dilihat satu hari sebelum pelaksanaan UTBK.
  3. Selalu menjaga kebersihan dan mengenakan masker pada saat berada di lokasi ujian.
  4. Peserta harus dalam kondisi sehat.
  5. Dianjurkan hadir di lokasi ujian 1 jam sebelum ujian dimulai.

Itulah beberapa informasi seputar pelaksanaan UTBK 2021 yang wajib kamu ketahui. Biar tes UTBK semakin lancar, jangan lupa perbanyak latihan soal di fitur Try Out Online Pahamify atau mengikuti Simulasi UTBK Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK berkonsep HOTS yang bisa kamu kerjakan, lengkap beserta video pembahasan yang menarik.

Jangan lupa upgrade ke TryOut Pahamify Premium biar kamu bisa mendapatkan fitur Smart Analysis secara lengkap dan bisa mengetahui materi mana yang perlu ditingkatkan lagi agar bisa mendapatkan skor UTBK tertinggi.

Tunggu apalagi, yuk upgrade ke TryOut Premium Pahamify sekarang biar kamu lebih siap #TaklukkanUTBK. Buat kebut persiapan belajar UTBK secara intensif, kamu juga bisa berlangganan Paket UTBK Express dan mendapatkan Study Plan eksklusif dari Pahamify, lho.

Download aplikasi Pahamify sekarang di link ini dan manfaatkan semua layanannya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll