Close

April 6, 2021

Catat! Inilah Syarat dan Berkas yang Harus Kamu Bawa saat Pelaksanaan UTBK 2022

Saat pelaksanaan UTBK 2021, peserta wajib membawa beberapa berkas dan menaati syarat ujian berikut ini.

Pahamifren, pelaksanaan UTBK tinggal beberapa hari lagi. Sudah tahu apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat tes UTBK nanti? Bagaimana persyaratan pakaian yang harus digunakan peserta? Agar kamu punya bekal informasi yang cukup, Mipi sudah merangkum hal-hal apa saja yang harus kamu persiapkan untuk pelaksanaan UTBK 2022 mendatang.

Perlu kamu ketahui, pelaksanaan UTBK tahun ini berlangsung di tengah pandemi COVID-19 sehingga seluruh peserta wajib mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Hal itu membuat adanya tambahan perlengkapan yang harus disiapkan peserta. Mau tahu perlengkapan dan berkas apa saja yang harus dibawa peserta? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Berkas yang Harus Dibawa saat Pelaksanaan UTBK 2022

Sesuai informasi yang disampaikan oleh pihak LTMPT, ada 4 perlengkapan yang wajib kamu bawa saat mengikuti tes UTBK 2022, di antaranya:

Masker

Seluruh peserta UTBK wajib memakai masker untuk menaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Masker tidak disediakan oleh pihak penyelenggara, jadi kamu mesti membawa sendiri ya, Pahamifren. Alangkah baiknya kamu juga membawa masker cadangan untuk mengantisipasi jika masker kotor atau pemakaiannya sudah lebih dari beberapa jam.

Selain masker, kamu juga wajib menjaga jarak dengan peserta lain ketika di lokasi UTBK. Pada beberapa pusat UTBK, peserta juga diwajibkan membawa hasil negatif swab antigen. Namun, syarat swab antigen ini sesuai ketentuan lokasi UTBK masing-masing. Jadi, pastikan kamu mengecek ketentuan pusat UTBK yang kamu pilih, ya.

Kartu Identitas

Guna menghindari kecurangan peserta digantikan atau menggantikan orang lain, peserta diwajibkan membawa kartu identitas diri yang resmi. Identitas tersebut harus sama dengan data yang kamu isi saat proses pendaftaran UTBK SBMPTN 2022. Kamu bisa memilih beberapa identitas, seperti KTP, Kartu Pelajar, SIM, Kartu Keluarga, atau paspor. Identitas yang ditunjukkan pada pelaksanaan UTBK 2022 adalah dokumen asli.

Fotokopi Ijazah, SKL, atau Surat Keterangan Aktif

Bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat lulusan 2019 dan 2020, wajib membawa fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi oleh sekolah. Peserta lulusan 2019 dan 2020 tidak boleh membawa SKL (Surat Keterangan Lulus) maupun Surat Keterangan Aktif. Apabila memang tidak mempunyai fotokopi ijazah yang dilegalisasi, kamu boleh membawa ijazah yang asli kok. Tapi, pastikan kamu bisa menjaga ijazah tersebut dengan baik agar tidak hilang.

Khusus untuk calon lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2022, kamu bisa membawa SKL atau Surat Keterangan Aktif dari sekolah. Pada SKL yang dibawa harus memuat nama siswa, NISN, NPSN, dan pasfoto siswa terbaru berwarna. SKL juga harus dilengkapi dengan tanda tangan kepala sekolah dan cap/stempel asli dari sekolah.

Buat yang belum mendapatkan SKL, kamu bisa menggunakan Surat Keterangan Aktif atau surat yang menyatakan kamu kelas 12 SMA. Surat keterangan tersebut harus memuat nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, NISN, NPSN, foto berwarna ukuran 4×6 terbaru, tanda tangan kepala sekolah, dan cap sekolah yang sah. Surat wajib ditunjukkan dalam bentuk cetak.

Kartu Peserta UTBK SBMPTN 2022

Persyaratan dokumen yang terakhir yaitu Kartu Peserta UTBK 2022. Kartu ini harus dicetak dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kartu peserta UTBK 2022 dicetak pada kertas HVS putih.
  • Dicetak berwarna (bukan hitam putih).
  • Pastikan foto, nama, nomor pendaftaran, dan QR Qode UTBK SBMPTN 2022 terlihat jelas dan tajam.

Saran dari Mipi, sebaiknya kamu mencetak Kartu Peserta UTBK 2022 lebih dari satu. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila kartu tersebut hilang atau rusak saat pelaksanaan UTBK berlangsung. Lantas, apa sih pentingnya Kartu Peserta UTBK 2022?

Kartu Peserta UTBK menjadi syarat masuk ruang ujian nanti. Biasanya, kartu ini juga digunakan untuk melihat pengumuman kelulusan SBMPTN 2022. Apabila dinyatakan lolos SBMPTN 2022, Kartu Peserta akan digunakan sebagai syarat wajib registrasi ulang di PTN masing-masing. Nggak cuma itu, Kartu Peserta UTBK juga bisa digunakan untuk syarat daftar Seleksi Mandiri PTN, lho. Mengingat betapa pentingnya Kartu Peserta UTBK, pastikan kamu menyimpannya dengan baik, Pahamifren!

Perlengkapan Lain yang Dianjurkan Dibawa

Selain membawa berkas-berkas di atas, kamu juga bisa membawa beberapa perlengkapan lain, seperti:

  • Alat tulis berupa pensil, bolpoin, penghapus, dan rautan.
  • Face shield, hand sanitizer, dan sarung tangan.
  • Obat pribadi.
  • Tisu basah/kering.
  • Perlengkapan ibadah pribadi.
  • Bagi yang tidak berpuasa, bisa membawa makanan dan minuman pribadi. Tetapi, saat tes UTBK berlangsung, kamu dilarang makan dan minum.

Syarat Pakaian saat Pelaksanaan UTBK

Secara umum, aturan berpakaian saat pelaksanaan UTBK yaitu menggunakan pakaian rapi dan sopan, serta menggunakan sepatu. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan baju berkerah seperti kemeja lengan panjang, baju batik, blouse, dan sebagainya. Hindari memakai kaos oblong saat tes UTBK. Karena kamu harus duduk berjam-jam di ruang ujian, sebaiknya gunakan celana yang tidak ketat, bisa rok panjang untuk perempuan atau celana kain untuk laki-laki.

Biar lebih rapi dan sopan, gunakan sepatu yang tertutup seperti sepatu sekolah. Khusus untuk peserta perempuan, sebaiknya rambut diikat agar tidak mengganggu pengerjaan soal. Bagi yang berhijab, gunakan hijab yang sederhana saja. Syarat terakhir yang terpenting yaitu wajib menggunakan masker.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Pelaksanaan UTBK 2022

Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan saat tes UTBK 2022:

  1. Pastikan lokasi dan jadwal ujian sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Peserta UTBK 2022.
  2. Lokasi ujian harus dilihat satu hari sebelum pelaksanaan UTBK.
  3. Selalu menjaga kebersihan dan mengenakan masker pada saat berada di lokasi ujian.
  4. Peserta harus dalam kondisi sehat.
  5. Dianjurkan hadir di lokasi ujian 1 jam sebelum ujian dimulai.

Itulah beberapa informasi seputar pelaksanaan UTBK 2022 yang wajib kamu ketahui. Biar tes UTBK semakin lancar, jangan lupa perbanyak latihan soal di fitur Try Out UTBK Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK berkonsep HOTS yang bisa kamu kerjakan, lengkap beserta video pembahasan yang menarik.

Nah, biar makin efektif belajarnya, Pahamifren juga harus tau nih materi apa aja yang masih perlu diperdalam. Jangan sampai kalian buang waktu dengan belajar materi yang sudah dikuasai secara berulang kali. Kamu bisa dapetin analisis pemahaman materi kamu di fitur Pegasus, lho.

Download aplikasi Pahamify sekarang di link ini dan manfaatkan semua fiturnya untuk Taklukkan UTBK!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *