Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 telah dibuka! Buat kamu yang memilih program studi dalam bidang Seni dan/atau Olahraga, maka kamu wajib menyertakan portofolio SBMPTN sebagai kriteria penilaian selain nilai UTBK.

Biar kamu punya bekal informasi yang cukup untuk mempersiapkan portofolio SBMPTN, berikut Mipi bagikan ulasan lengkapnya. Mulai dari pengertian, jenis, sekaligus isi portofolionya. Yuk, langsung simak pembahasan artikel ini sampai selesai!

Apa itu Portofolio SBMPTN?

Portofolio SBMPTN adalah dokumentasi kumpulan karya dan/atau penampilan siswa dalam bidang Seni atau Olahraga. Apabila kamu termasuk peserta SBMPTN yang mengambil jurusan di bidang Seni atau Olahraga, maka kamu akan diminta membuat portofolio berdasarkan instruksi tema atau soal sesuai bidang yang dipilih.

Terkait pembuatan portofolio ini, kamu wajib menggunakan template file dan dokumen yang disediakan LTMPT untuk kepentingan penilaian SBMPTN 2021. Kalau kamu tidak menggunakan template file dan dokumen tersebut, portofolio yang kamu buat dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian. Template dokumen untuk portofolio SBMPTN 2021 bisa kamu unduh di laman resmi LTMPT, tepatnya di menu Unduhan.

Karena portofolio ini masuk dalam kriteria penilaian selain nilai UTBK, maka kamu harus dapat merepresentasikan kemampuan terbaikmu, Pahamifren. Tujuannya, agar peluang lolos SBMPTN semakin besar sehingga kamu bisa masuk jurusan Seni atau Olahraga yang diinginkan.

Ketahui jenis-jenis portofolio SBMPTN, isi file dan ketentuannya untuk melancarkan proses pendaftaran SBMPTN

Jenis-Jenis Portofolio SBMPTN

Terdapat 10 (sepuluh) kelompok portofolio SBMPTN untuk bidang Seni dan Olahraga, di antaranya:

  1. Seni Rupa, Desain dan Kriya. Portofolio ini ditujukan kepada peserta yang memilih jurusan Seni Rupa, Seni Murni, Pendidikan Seni Rupa, Kriya, Kriya Seni, Pendidikan Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, atau Desain Produk/Desain Produk Industri.
  2. Tari. Portofolio ini ditujukan kepada peserta yang memilih jurusan Tari atau Pendidikan Tari.
  3. Musik. Portofolio ini ditujukan kepada peserta yang memilih jurusan Musik, atau Pendidikan Musik.
  4. Seni Karawitan. Portofolio ini ditujukan kepada peserta yang memilih jurusan Seni Karawitan atau Pendidikan Seni Karawitan.
  5. Etnomusikologi. Portofolio ini ditujukan kepada peserta yang memilih jurusan Etnomusikologi.
  6. Teater. Portofolio ini ditujukan kepada peserta yang memilih jurusan Teater.
  7. Fotografi. Portofolio ini ditujukan kepada peserta yang memilih jurusan Fotografi.
  8. Film dan Televisi. Portofolio ini ditujukan kepada peserta yang memilih jurusan Film dan Televisi.
  9. Seni Pedalangan. Portofolio ini ditujukan kepada peserta yang memilih jurusan Seni Pedalangan.
  10. Olahraga. Portofolio ini ditujukan kepada peserta yang memilih jurusan Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Kepelatihan Fisik Olahraga, D4 Kepelatihan Olahraga, atau Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Isi Portofolio SBMPTN dan Ketentuannya

Setelah mengetahui jenis-jenis portofolio SBMPTN, kamu mesti tahu isi dan ketentuannya agar kamu tidak melewatkan satu syarat apa pun nantinya. Berikut telah Mipi rangkum format dan ketentuan tiap kelompok portofolio, berdasarkan laman resmi LTMPT:

Portofolio Seni Rupa, Desain dan Kriya

Isi dan jenis file yang wajib disertakan:

  • Identitas peserta.
  • Hasil scan karya gambar hitam putih.
  • Hasil scan karya gambar berwarna.
  • Hasil scan karya terbaik/pilihan (jika ada).
  • Hasil scan tulisan penjelasan atas karya terbaik/pilihan.
  • Hasil scan pernyataan peserta keaslian pembuatan karya atau penampilan dalam dokumen portofolio.

Ketentuan di atas disusun dalam 1 file PPT (6 slide) menggunakan template dokumen yang telah disediakan.

Portofolio Tari

Isi dan jenis file yang wajib disertakan:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menari.
  • 1 file PPT (3 slide) berisi identitas peserta, hasil scan tulisan deskripsi diri, serta hasil scan pernyataan peserta keaslian pembuatan karya atau penampilan dalam dokumen portofolio.

File video yang kamu buat harus berdurasi sekitar 3-7 menit. Selain itu, file PPT harus disusun menggunakan template dokumen yang telah disediakan.

Portofolio Musik

Isi dan jenis file yang wajib disertakan:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menyanyi.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan bermain alat musik atau menyanyi dengan iringan.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menirukan melodi dan ritmik.
  • 1 file PPT (4 slide) berisi identitas peserta, hasil scan tulisan refleksi pengalaman dan prestasi, hasil scan tulisan mengenai motivasi dan tujuan, serta hasil scan pernyataan peserta keaslian pembuatan karya atau penampilan dalam dokumen portofolio.

File video yang kamu buat harus memiliki durasi 3-5 menit pada masing-masing video. Pada portofolio musik, peserta menggunakan soal musikalitas dan template dokumen yang telah disediakan.

Portofolio Seni Karawitan

Isi dan jenis file yang wajib disertakan:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menyanyi/menembang.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan bermain alat musik tradisional/menembang menyanyi dengan iringan.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menirukan melodi dan ritmik.
  • 1 file PPT (4 slide) berisi identitas peserta, hasil scan tulisan refleksi pengalaman dan prestasi, hasil scan tulisan mengenai motivasi dan tujuan, serta hasil scan pernyataan peserta keaslian pembuatan karya/penampilan dalam dokumen portofolio.

File video yang kamu buat harus memiliki durasi 3-5 menit pada masing-masing video. Pada portofolio ini, peserta menggunakan soal musikalitas dan template dokumen yang telah disediakan.

Portofolio Etnomusikologi

Isi dan jenis file yang wajib disertakan:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menyanyi.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan bermain alat musik/menyanyi dengan iringan
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menirukan melodi dan ritmik.
  • 1 file PPT (4 slide) berisi identitas peserta, hasil scan tulisan refleksi pengalaman dan prestasi, hasil scan tulisan mengenai motivasi dan tujuan, hasil scan pernyataan peserta keaslian pembuatan karya/penampilan dalam dokumen portofolio.

File video memiliki durasi 3-5 menit pada masing-masing video. Peserta menggunakan soal musikalitas dan template dokumen yang telah disediakan.

Maksimalkan peluang lolos SBMPTN jurusan seni dan olaharga dengan mempersiapkan portofolio SBMPTN terbaikmu!

Portofolio Teater

Isi dan jenis file yang wajib disertakan:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan MONOLOG.
  • 1 file PPT (5 slide) berisi identitas peserta, hasil scan karya tulis (prosa atau review), hasil scan refleksi diri pemahaman/pengetahuan teater, hasil scan bukti raihan prestasi, serta hasil scan pernyataan peserta keaslian pembuatan karya/penampilan dalam dokumen portofolio.

File video penampilan MONOLOG berdurasi sekitar 3-7 menit. Naskah MONOLOG dan template dokumen telah disediakan oleh pihak LTMPT.

Portofolio Fotografi

Isi dan jenis file yang wajib disertakan:

  • Identitas peserta.
  • 1 karya fotografi berwarna (1 buah, tema bebas).
  • 3 karya fotografi terdiri dari 3 foto berwarna yang saling berkaitan menjadi cerita (tema bebas).
  • Pernyataan deskripsi diri, berisi faktor dan bentuk dukungan atas pilihan prodi fotografi, pengalaman dan motivasi mengikuti pendidikan fotografi, hasil scan bukti raihan prestasi terkait bidang fotografi, serta hasil scan pernyataan keaslian pembuatan karya/penampilan dalam dokumen portofolio.

Ketentuan di atas dilampirkan dalam 1 file PPT (6 slide) menggunakan template dokumen yang disediakan.

Portofolio Film dan Televisi

Isi dan jenis file yang wajib disertakan:

  • Identitas peserta.
  • Hasil scan karya tulis (scenario).
  • Hasil scan bukti raihan prestasi (maksimal 3 buah)
  • Hasil scan deskripsi pengalaman dan bukti.
  • Hasil scan pernyataan keaslian pembuatan karya/penampilan dalam dokumen portofolio.

Ketentuan di atas dilampirkan dalam 1 file PPT (5 slide) menggunakan template dokumen yang disediakan.

Portofolio Seni Pedalangan

Isi dan jenis file yang wajib disertakan:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan mendalang/memainkan wayang.
  • 1 file PPT (4 slide) berisi identitas peserta, hasil scan deskripsi pemahaman, pengetahuan, pengalaman, hasil scan bukti raihan prestasi, serta hasil scan pernyataan keaslian pembuatan karya/penampilan dalam dokumen portofolio.

File video penampilan harus berdurasi sekitar 3-7 menit. Template dokumen dan isi file untuk PPT telah disediakan oleh pihak LTMPT.

Portofolio Olahraga

Isi dan jenis file yang wajib disertakan:

  • 1 file video format MP4 berisi perkenalan diri, cuplikan pelaksanaan tes keterampilan motorik, penampilan salah satu cabang olahraga.
  • 1 file PPT (6 slide) berisi identitas peserta, hasil scan data kesehatan, hasil scan data isian dan bukti raihan prestasi, hasil scan hasil tes keterampilan motorik, hasil scan tulisan refleksi diri, serta hasil scan pernyataan peserta keaslian pembuatan karya/penampilan dalam dokumen portofolio.

File video harus berdurasi sekitar 3-5 menit. Template dokumen dan isi file untuk PPT telah disediakan oleh pihak LTMPT.

Ketentuan Khusus Portofolio SBMPTN

Untuk melampirkan portofolio, kamu hanya wajib mengunggah 1 jenis portofolio sesuai ketentuan jurusan di PTN yang kamu pilih. Jika kamu memilih 2 jurusan yang berbeda, maka kamu wajib mengunggah 1 jenis portofolio pada setiap jurusan yang dipilih, berdasarkan dengan ketentuan kelompok portofolio yang tercantum.

Contohnya, kamu memilih jurusan Pendidikan Jasmani pada pilihan 1 dan jurusan Film pada pilihan 2. Maka, kamu wajib mengunggah 1 portofolio untuk Olahraga (pilihan 1) dan 1 portofolio Film-Televisi (pilihan 2).

Nah, itu dia informasi lengkap seputar portofolio SBMPTN 2021 yang wajib kamu ketahui. Mudah-mudahan, ulasan ini bisa memperlancar proses pendaftaran SBMPTN kamu ya, Pahamifren. Persiapkan portofolio terbaik kamu supaya peluang lolos SBMPTN semakin besar.

Bukan cuma portofolio saja, kamu harus mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2021 agar bisa mendapatkan nilai UTBK yang tinggi. Bagaimanapun, nilai UTBK tetap menjadi kriteria penilaian utama dalam SBMPTN 2021.

Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu jadikan persiapan UTBK.

Khusus buat kamu yang ingin mengejar ketertinggalan materi UTBK, kamu dapat berlangganan Paket SKS Pahamify untuk kebut persiapan belajar UTBK 1 bulan secara intensif. Kunjungi link artikel ini untuk mengetahui info lengkap Paket SKS dari Pahamify.

Yuk, lebih siap #TaklukkanUTBK dan raih PTN impianmu bareng Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang dan gunakan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll