Close

November 2, 2020

Bahasa Indonesia Kelas X: Teks Laporan Hasil Observasi

Cara Mengasah Kemampuan Penalaran Umum

Pernahkah kamu mengamati hal disekitarmu? Saat kamu mengamati benda, peristiwa sosial atau fenomena alam di sekitar itu sama halnya kamu sedang melakukan observasi lho. Pada materi laporan hasil observasi kelas 10 yang kita bahas kali ini, Mipi akan mengajak kamu mengenal teks laporan hasil observasi secara lebih lengkap. Yuk simak penjelasannya.

Pengertian Laporan Hasil Observasi

Apa sih artinya observasi? Apa tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi? 

Dalam materi hasil observasi kelas 10 dijelaskan tentang sifat, struktur, beserta contoh hasil observasi.

Secara umum, observasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengamati suatu objek secara rinci dan detail. Objek yang menjadi bahan untuk observasi bisa berupa benda, bisa juga berupa hal yang abstrak atau sesuatu yang tidak dapat dilihat dengan mata tapi bisa dirasakan keberadaanya. Misalnya fenomena alam, pergeseran budaya atau kondisi sosial yang terjadi di sekitar kita.

Observasi bisa menjadi sebuah karya tulis jika dikemas dalam bentuk teks laporan hasil observasi. Pengertian teks laporan hasil observasi sendiri adalah sebuah teks yang memberikan informasi secara umum, rinci dan detail tentang suatu objek berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. 

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Saat mempelajari materi laporan hasil observasi kelas 10, kamu mungkin bertanya apa sih tujuan teks laporan hasil observasi? Sebenarnya, tujuan utamanya adalah menyajikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah kasus, fenomena atau tragedi berdasarkan fakta yang terjadi.

Teks laporan hasil observasi juga sering dijadikan media untuk mengajak atau berisi himbauan tentang sesuatu yang positif. Misalnya laporan hasil observasi lingkungan yang mengamati tentang kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan. Informasi yang disajikan tentu mengandung ajakan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Nah, pada materi hasil observasi kelas 10, kamu juga sering diminta untuk menunjukkan contoh laporan hasil observasi kan? Agar kamu lebih paham, coba kamu simak contoh singkat ini:

Sampah tidak bisa lepas dari aktivitas manusia. Salah satu jenis sampah yang menimbulkan masalah serius adalah sampah plastik. Seiring meningkatnya jumlah penduduk, penggunaan bahan plastik pun semakin tinggi. Itulah mengapa semakin banyak sampah plastik yang terbuang dan mencemari lingkungan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahunnya. Parahnya, sebanyak 3,2 juta ton sampah plastik di antaranya dibuang ke laut. 

Pun begitu, masih ada saja pencemaran yang terjadi akibat sampah. Banyak kelompok masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan. Kebiasaan buruk ini tentu akan berakibat fatal. Tak hanya mencemari lingkungan, sampah juga bisa membahayakan kesehatan.

Jika diamati, sebetulnya, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah sampah plastik ini. Cara yang paling mudah adalah dengan memisahkan antara sampah organik dan sampah non organik. 

Dengan memisahkan jenisnya, sampah-sampah tersebut sebetulnya masih bisa dimanfaatkan kembali. Misalnya dengan cara mendaur ulang sampah menjadi bahan-bahan yang berguna bagi manusia. 

Dari contoh sederhana ini, kamu tentu bisa membedakan laporan hasil observasi dengan teks biasa kan? Perbedaannya terletak dari ciri-ciri atau sifat teks laporan hasil observasi sebagai berikut:

Faktual 

Laporan hasil observasi harus disusun berdasarkan fakta atau berdasarkan keadaan sesungguhnya artinya apa yang dilihat atau diamati sesuai dengan yang ada dalam laporan observasi tersebut

Objektif 

Laporan hasil observasi harus berdasarkan pengamatan objek tidak menunjukan pandangan pribadi dari penyusun laporan dan tidak adanya tanda-tanda keberpihakan pada sesuatu hal.

Umum

Topik teks observasi bersifat umum, dimana isi dari laporan adalah sesuatu yang sudah diketahui oleh masyarakat luas.

Spesifik

Hasil pengamatan berfokus pada satu masalah atau pembahasan tanpa adanya tambahan pembahasan yang tidak berkaitan dengan pokok pembahasan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Agar laporan observasi mudah dibaca dan dimengerti, maka pembahasannya harus disusun dengan struktur berikut:

Definisi Umum

Dibagian ini, pembahasan harus memiliki gambaran umum yang membuat informasi tentang objek observasi, waktu observasi, asal usul, lokasi observasi dan informasi umum lainnya.

Misalnya dari contoh laporan hasil observasi di atas, definisi umum terletak pada informasi tentang sampah plastik menimbulkan masalah lingkungan. Penggunaan bahan plastik pada kehidupan manusia menyumbang sampah plastik.

Deskripsi Bagian Atau Isi

Berisi inti dari hasil observasi yang dilakukan, dapat berupa klasifikasi yang bersifat teknis dan deskripsi yang menjelaskan masalah secara lebih spesifik. Misalnya, jika kamu melakukan observasi tentang pencemaran sampah plastik, kamu bisa menunjukkan data yang lebih spesifik.

Kamu bisa menggambarkan tampilan plastik yang mencemari lingkungan, zat-zat yang terurai, seperti apa tingkat pencemarannya, siap yang terdampak, jenis yang paling banyak ditemukan, bahkan menunjukkan produsen pembuat plastik yang menimbulkan masalah pencemaran lingkungan.

Deskripsi Manfaat

Bagian ini juga berfungsi sebagai penutup laporan. Penulis bisa menjelaskan tentang manfaat dari laporan yang dikerjakan, misalnya sebagai masukan kepada pemerintah atau dinas terkait agar segera mengatasi masalah yang terjadi. Atau bagaimana cara pemanfaatan sampah agar menjadi benda yang berguna bagi manusia.

Pada materi hasil observasi kelas 10, dijelaskan struktur teks laporan hasil observasi berupa definisi umum, isi dan bagian manfaat laporan.

Dari semua uraian di atas teks laporan hasil observasi memiliki ciri-ciri yang dapat membedakannya dengan jenis teks lainya. Ciri-ciri teks laporan hasil observasi adalah:

  • Berisi pembahasan berupa ilmu tentang satu objek.
  • Membahas objek yang bersifat umum.
  • Bertujuan menjelaskan dari sudut pandang ilmu.
  • Membahas objek secara sistematis dan terstruktur yang merinci setiap bagian dengan objektif.

Nah, itulah penjelasan mengenai materi laporan hasil observasi kelas 10 yang bisa kamu jadikan referensi. Gimana? kamu sudah punya objek yang akan diobservasi?

Khusus buat Pahamifren yang lagi ngambis buat masuk PTN impian, kamu juga bisa berlangganan Paket Persiapan UTBK 2022 dari Pahamify. Yuk, klik banner di bawah ini untuk mendapatkan promo spesial dari Pahamify sekarang!

Penulis: Alya Rizkia Zahra

13 Comments on “Bahasa Indonesia Kelas X: Teks Laporan Hasil Observasi

Yahya
January 14, 2021 at 1:42 am

Website nya menarik dan sangat enak untuk membaca, materi nya juga berbobot. Terimakasih Pahamify.

Reply
Ephiya Ela Armila
July 26, 2021 at 1:43 am

Terimakasih atas materinya yang sdh diberikan

Reply
Siti nuraini
July 27, 2021 at 2:24 am

Website nya menarik dan sangat enak untuk membaca, materi nya juga berbobot. Terimakasih Pahamify.

Reply
Indra saputra
July 27, 2021 at 2:24 am

Terima kasih telah memberi materi

Reply
Alfa putra Pratama
July 28, 2021 at 1:35 am

Teks laporan hasil observasi juga sering dijadikan media untuk mengajak atau berisi himbauan tentang sesuatu yang positif.

Reply
Mohammad ferdias
July 28, 2021 at 1:41 am

Terima kasih telah memberikan materi ini

Reply
Syahrul anton wijaya
July 28, 2021 at 1:42 am

Katak berawal dari telur yang berkembang sekitar tiga minggu. Satu katak betina dapat menghasilkan sampai 20.000 butir telur dalam tiga kali reproduksi. Telur yang berhasil menetas, akan menjadi kecebong. Fase kecebong terjadi selama lima minggu, sampai kecebong-kecebong tersebut memiliki kaki. Kecebong yang memiliki kaki disebut katak muda. Setelah lima minggu, kecebong tumbuh menjadi katak muda. Dari katak muda menjadi katak dewasa butuh waktu tiga minggu. Ekor pada katak muda akan semakin menyusut. Seluruh proses pertumbuhan katak memakan waktu sekitar 11 minggu setelah induk katak bertelur. Katak dewasa akan memiliki paru-paru yang berfungsi sebagai alat pernapasan di daratan. Tumbuh selaput di sela jari-jari kakinya. Katak juga dapat hidup di air. Maka katak tergolong dalam hewan yang dapat hidup di dua alam, atau disebut juga amfibi.

Reply
Johan Wahyu Jatmiko
July 28, 2021 at 1:56 am

Terima kasih cerita nya enak di dengar dan di baca

Reply
Abbel tantia
July 28, 2021 at 3:43 am

Terima kasih atas materi yang sudah di berikan

Reply
Amel nuradia
July 28, 2021 at 5:21 am

dari pelajaran 1 ini saya tau tentang laporan hasil observasi
– Pengertian laporan observasi
observasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengamati suatu objek secara rinci dan detail Objek yang menjadi bahan untuk observasi bisa berupa benda, bisa juga berupa hal yang abstrak atau sesuatu yang tidak dapat dilihat dengan mata tapi bisa dirasakan keberadaanya. Misalnya fenomena alam, pergeseran budaya atau kondisi sosial yang terjadi di sekitar kita.
– tujuan teks laporan hasil observasi
tujuan utamanya adalah menyajikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah kasus, fenomena atau tragedi berdasarkan fakta yang terjadi.
-struktur teks laporan hasil observasi
definisi umum, deskripsi bagian atau isi, deskripsi manfaat

Reply
I kadek dwi rama
August 3, 2021 at 1:48 am

Dari yang saya pelajari diatas mengenai tentang laporan hasil observasi adalah mempunyai bagian ”pengertian ,tujuan,struktur

Reply
Fitroh Ahmad Sabani
August 18, 2021 at 1:35 am

Topik teks observasi bersifat umum, dimana isi dari laporan adalah sesuatu yang sudah diketahui oleh masyarakat luas.

Reply
Qanita
September 2, 2021 at 5:11 am

terimakasih materinya, Pahamify. membantu untuk membuat rangkuman dan belajar

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *