Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, ada kabar gembira buat kamu yang ingin menjadi Taruna Taruni setelah lulus SMA. Pendaftaran sekolah kedinasan 2021 sudah dibuka! Buat kamu yang tidak hanya mengincar PTN sebagai tempat kuliah, melainkan juga sekolah kedinasan, jangan lewatkan peluang ini. Supaya lancar saat mendaftar, kenali lebih jauh mengenai sekolah kedinasan, keunggulan kuliah kedinasan, dan proses pendaftaran kedinasan 2021 di artikel ini.

Apa itu Sekolah Kedinasan?

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi negeri yang dikelola lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Lembaga pemerintah yang menaungi suatu sekolah kedinasan biasanya akan mendanai sebagian atau seluruh biaya pendidikan mahasiswanya. Sekolah kedinasan sering dikenal juga sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

Penamaan sekolah kedinasan digunakan karena banyak nama PTK merupakan Sekolah Tinggi, seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dan sebagainya. Namun, nama tersebut saat ini banyak berubah, contohnya Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN).

Lalu, apa perbedaan sekolah kedinasan dengan PTN pada umumnya? Sebenarnya, sekolah kedinasan juga merupakan bagian dari PTN, sama seperti UI, UGM, ITB, dan universitas lainnya. Hanya saja, instansi yang menaungi berbeda. Jika UI, UGM, ITB, atau berbagai perguruan tinggi lain berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Perguruan Tinggi Kedinasan dikelola langsung oleh kementerian terkait. Misalnya, PKN STAN dikelola oleh Kementerian Keuangan dan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) dikelola oleh Badan Intelijen Negara.

Politeknik Terbaik di Indonesia

Manfaat Kuliah Kedinasan

Selain bisa menjadi Taruna Taruni, ada banyak keuntungan lain yang bisa kamu peroleh saat kuliah kedinasan. Mari kita bahas satu per satu manfaatnya.

Dinaungi Kementerian Terkait

Seperti yang kamu tahu, sekolah kedinasan dikelola langsung oleh lembaga negara di Indonesia. Jadi, materi pendidikan yang kamu dapat akan mendapatkan pengawasan langsung dari lembaga tersebut. Hal ini dilakukan dengan tujuan menciptakan lulusan yang memang terlatih untuk bidang kementerian, institusi, atau lembaga negara di Indonesia. Setelah lulus sekolah kedinasan, kamu bisa menjadi tenaga profesional di kementerian terkait.

Biaya Terjangkau

Secara umum, biaya pendidikan sekolah kedinasan gratis. Sebagian besar PTK tidak membebankan biaya kepada mahasiswanya, bahkan mahasiswa justru mendapatkan uang saku selama menempuh pendidikan. Biaya kuliah sebagian besar menjadi tanggung jawab lembaga terkait. Jadi, kamu enggak perlu bingung soal biaya, Pahamifren. Cukup siapkan diri semaksimal mungkin agar lolos masuk sekolah kedinasan yang kamu minati.

Prospek Kerja Terjamin

Keunggulan kuliah kedinasan berikutnya yaitu prospek kerja yang sangat terjamin. Bagi lulusan PTK Ikatan Dinas akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada lembaga yang menaunginya. Sementara itu, alumni PTK non-Ikatan Dinas akan memperoleh ijazah sama seperti alumni perguruan tinggi pada umumnya. Selain bisa memiliki prospek kerja di luar lembaga pemerintah, lulusan PTK non-Ikatan Dinas juga berpeluang menjadi ASN melalui tes CPNS.

Pelatihan Kemampuan Khusus

Enggak cuma belajar ilmu akademik saja, saat kuliah kedinasan kamu juga akan diberikan pendidikan yang fokus pada penerapan ilmu dunia kerja, khususnya di lembaga pemerintahan. Beberapa soft skill seperti rasa tanggung jawab, kedisiplinan yang tinggi, komitmen, dan cinta tanah air juga bisa kamu kembangkan saat kuliah di sekolah kedinasan.

Kaya Relasi

Lingkup pertemanan di sekolah kedinasan terkenal sangat luas mencakup berbagai siswa dari seluruh Indonesia. Itu artinya, kamu bisa belajar bersama dan membangun relasi dengan berbagai orang. Meski sekolah kedinasan kamu berada di Magelang atau Jakarta, bisa jadi kamu tetap memiliki teman dari Nusa Tenggara, Bali, Bangka Belitung, atau daerah di Indonesia lainnya. Relasi yang beragam seperti ini bisa membuat wawasan kamu semakin luas. Hal ini tentunya berguna di dunia kerja setelah lulus nanti.

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

Setelah tahu berbagai manfaat kuliah kedinasan, kamu pasti semakin enggak sabar buat daftar. Nah, pendaftaran sekolah kedinasan 2021 telah dibuka pada 9 – 30 April 2021. Pendaftaran sekolah kedinasan 2021 bisa kamu lakukan melalui laman https://dikdin.bkn.go.id/. Syarat dan cara pendaftaran sekolah kedinasan 2021 bisa kamu lihat di bawah ini.

Persyaratan Dokumen

Data dan dokumen yang harus kamu persiapkan untuk mendaftar sekolah kedinasan 2021, di antaranya:

  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Pasfoto dengan latar berwarna merah.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) bagi peserta berusia di bawah 17 tahun.
  • Rapor SMA/SMK/MA/sederajat.
  • Ijazah SMA/SMK/MA/sederajat atau Surat Penyetaraan Ijazah bagi lulusan luar negeri. Jika belum menerima ijazah bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah.
Ketahui jenis-jenis portofolio SBMPTN, isi file dan ketentuannya untuk melancarkan proses pendaftaran SBMPTN

Alur Pendaftaran

Berikut cara daftar sekolah kedinasan di Indonesia tahun 2021 yang bisa kamu ikuti:

  1. Membuat akun SSCN menggunakan NIK di laman https://dikdin-daftar.bkn.go.id/akun.
  2. Login akun SSCN menggunakan NIK dan password yang telah dibuat.
  3. Unggah swafoto, pilih sekolah kedinasan yang diminati, dan lengkapi berkas atau data yang diminta.
  4. Cek data yang sudah diisi dan klik Akhiri Pendaftaran.
  5. Verifikasi data oleh sistem. Apabila data berhasil diverifikasi, peserta dapat membayar ujian seleksi.
  6. Cetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran berhasil. Kartu ujian wajib dibawa saat tes berlangsung.

Aturan mengenai pembayaran dan ketentuan ujian dapat dilihat di masing-masing sekolah kedinasan yang kamu tuju.

Daftar Sekolah Kedinasan 2021

Pada pendaftaran sekolah kedinasan 2021, peserta hanya boleh memilih 1 (satu) sekolah kedinasan saja. Adapun daftar sekolah kedinasan yang membuka penerimaan mahasiswa pada tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kementerian Dalam Negeri.
  2. Politeknik Ilmu Pelayaran, Kementerian Hukum dan HAM.
  3. Politeknik Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.
  4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Badan Intelijen Negara.
  5. Politeknik Siber dan Sandi Negara, Badan Siber dan Sandi Negara.
  6. Politeknik Statistika STIS, Badan Pusat Statistik.
  7. PKN STAN, Kementerian Keuangan.
  8. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Itulah beberapa informasi seputar sekolah kedinasan di Indonesia. Buat kamu yang mau daftar sekolah kedinasan 2021, ayo persiapkan diri dengan belajar konsep materi di aplikasi Pahamify. Kamu bisa mempelajari materi skolastik atau TPS yang berguna untuk mengerjakan tes intelegensi umum di seleksi kompetensi dasar (SKD) mendatang. Jangan lupa, coba juga soal TPS yang tersedia di fitur TryOut Premium agar persiapan kamu semakin maksimal.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang di link ini dan gunakan semua fiturnya untuk raih kampus impian! Cek penawaran spesial dari Pahamify di https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll