Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Menurut kamu, apa sih keuntungan memiliki kemampuan penalaran yang baik? Apakah hanya sekadar untuk terlihat pintar? Ternyata, mampu bernalar dengan baik bisa membantumu untuk mengambil keputusan secara jernih, Pahamifren. Kamu juga dapat berpikir sistematis dan logis dalam menyikapi suatu hal.

Nggak cuma itu saja, kemampuan bernalar yang baik sangat berguna untuk mengerjakan soal Tes Potensi Skolastik dalam tes UTBK maupun Ujian Mandiri, lho. Mengingat, soal TPS UTBK sangat menguji kemampuan penalaran umum peserta. Nah, kali ini Mipi mau membagikan beberapa cara ampuh untuk mengasah kemampuan bernalar, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri, pada 11 Oktober 2020. Yuk, langsung simak pembahasannya!

Cara Mengasah Kemampuan Penalaran Umum

Dari cuitannya, Kak Fikri mengatakan kemampuan bernalar ini sangat penting untuk mencari kebenaran dalam konteks tertentu. Contoh sederhananya, mencari jawaban yang benar dari suatu teks bacaan. Adapun cara mengasah penalaran yang bisa kamu ikuti dari Kak Fikri, antara lain:

Nonton Film Detektif

Meski terdengar sepele dan terkesan sebagai hiburan saja, menonton film detektif ternyata bisa melatih logika dan cara berpikir kritis. Cobalah menonton berbagai film detektif untuk mengetahui variasi penyelesaian dari suatu kasus. Alur film detektif secara tidak langsung akan menuntut kamu untuk mencari langkah dalam mengambil keputusan dan menemukan kebenaran.

Contoh film detektif yang direkomendasikan Kak Fikri adalah Sherlock Holmes. Lewat film tersebut, kamu bisa mendapatkan cara berpikir baru, seperti dari keterbatasan data, kamu hanya perlu menyingkirkan hal-hal yang nggak mungkin, sisanya adalah hal yang paling mungkin dan ada kemungkinan benar.

Pahami Konteks dalam Struktur Logika

Kemampuan penalaran otak kamu akan semakin meningkat apabila kamu mampu memahami konteks, kerangka, atau bias suatu informasi berdasarkan struktur logika. Menurut Kak Fikri, meskipun idealnya kamu bisa menarik kesimpulan berdasarkan fakta, realitasnya hampir semua manusia punya sikap bias. Contohnya, dalam suatu diskusi atau argumen, pasti ada kepercayaan dasar dari individu masing-masing.

Kalau kamu bisa bernalar dengan baik, kamu bisa membedakan mana konteks yang benar atau mendekati benar dan mana kerangka yang bias. Hal ini bisa kamu temukan dari struktur logika yang kamu bangun, atau bisa dibilang sebagai premis-premis awal untuk menarik kesimpulan suatu informasi.

Kalau dalam mata pelajaran SMA, kamu bisa belajar struktur logika dan kemampuan penalaran ini dalam materi Logika Matematika. Materi ini merupakan materi terpenting dalam mengerjakan soal TPS, lho. Lewat materi Logika Matematika, kamu bisa paham seputar perangkai dasar proposisi dan silogisme untuk menarik kesimpulan.

Memperbanyak Diskusi

Cara mengasah penalaran selanjutnya yaitu memperbanyak diskusi dengan orang. Lewat diskusi, kamu bisa menambah wawasan dan belajar dari proses penalaran orang lain. Ketika diskusi, coba fokus pada sudut pandang orang lain yang unik, lalu pahami alur logika yang mereka gunakan. Dengan begitu, kamu akan benar-benar mendengarkan orang tersebut, bukan cuma menunggu giliran berbicara dan menjatuhkan argumennya.

Saran Kak Fikri, lepaskan ego untuk selalu menjadi benar. Cara seperti ini membuat kamu selalu ingin belajar dan mendapatkan wawasan dari diskusi dengan berbagai orang. Percayalah, ketika kamu sudah melepaskan ego untuk selalu benar, otak kamu jauh lebih bisa berpikir jernih dan objektif dalam menarik kesimpulan tentang suatu hal. Kalau Kak Fikri bilang, kamu akan lebih mudah menerapkan ‘beautiful mind’ dan dari situlah logika bernalar kamu terasah.

Membaca Buku secara Rutin

Kemampuan penalaran bisa kamu asah melalui kegiatan membaca buku secara rutin. Selain dapat menambah kosakata dan kaidah kebahasaan yang benar, membaca buku juga bisa menambah wawasan dan pustaka analogi di otak kamu. Lewat membaca buku, kamu bisa belajar memahami perspektif orang lain dalam menganalogikan atau mengungkapkan sesuatu. Kamu juga bisa belajar budaya dan keyakinan dasar orang lain, bahkan bisa meningkatkan perasaan empati.

Kalau kamu ingin mengasah struktur logika berpikir, kamu bisa membaca buku bertema filsafat. Baca bukunya nggak harus satu kali baca langsung selesai kok, Pahamifren. Kamu cukup membiasakan diri membaca 4-5 halaman setiap hari dan berusaha memahami isi bacaan tersebut.

Mengikuti Ekstrakurikuler Debat

Alternatif terakhir yang bisa kamu terapkan agar kemampuan penalaran kamu semakin meningkat, yaitu mengikuti ekstrakurikuler debat. Biasanya, ekstrakurikuler debat akan menambah wawasan kamu tentang bagaimana sistem debat formal diterapkan. Kamu bisa mengetahui cara menyusun kerangka argumen, cara menarik kesimpulan secara logis, bersikap pro atau kontra pada suatu hal, dan sebagainya.

Kamu juga bisa mengikuti ekstrakurikuler keterampilan lainnya yang berguna untuk mengasah kemampuan berpikir kamu, Misalnya, ekstrakurikuler ‘Kamu Tahu Gak?’ yang ada di fitur Ekstrakurikuler aplikasi Pahamify.

Gimana, Pahamifren? Sudah siap menerapkan berbagai cara mengasah penalaran di atas? Biar penerapannya makin lancar, jangan lupa gunakan aplikasi belajar online Pahamify. Dilengkapi materi Logika Matematika dan materi UTBK TPS Penalaran Umum, Pahamify siap membantu mengasah kemampuan penalaran kamu mulai dari dasar!

Kamu juga bisa upgrade ke TryOut Premium untuk mencoba latihan soal UTBK ter-update, lengkap dengan video pembahasan menarik dan akses ke berbagai fitur keren untuk persiapan kuliah. Dapatkan penawaran spesial untuk berlangganan premium di laman Promo.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang di link ini untuk mendapatkan proses belajar seru, sekaligus bikin siap #TaklukkanUTBK dan raih kampus impian.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll