Close

May 17, 2021

Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) 2021 Kelas 10 IPS dan Pembahasan

Latihan soal Penilaian Akhir Semester (PAS) 2021 kelas 10 IPS dan pembahasannya.

Pahamifren, pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Genap tahun 2021 tinggal beberapa hari lagi, lho. Sudah sejauh apa persiapanmu? Supaya nilai PAS kamu bagus dan memenuhi syarat kenaikan kelas, mulai kuasai mata pelajaran SMA yang bakal keluar di PAS dari sekarang, ya. Perbanyak latihan soal Penilaian Akhir Semester Genap untuk menunjang kesiapan belajar kamu. Bagi siswa SMA kelas 10 IPS, kamu bisa melihat kumpulan soal dan jawaban Penilaian Akhir Semester kelas 10 IPS berikut ini!

Latihan Soal Penilaian Akhir Semester Genap SMA Kelas 10 IPS

Kumpulan soal dan jawaban yang Mipi ulas ini dibuat berdasarkan prediksi PAS 2021 mendatang. Materi kelas 10 IPS yang disajikan sudah disesuaikan dengan yang kamu pelajari di sekolah pada semester genap. Adapun cakupan soal PAS/UAS SMA yaitu untuk mata pelajaran Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi. Karena soal Penilaian Akhir Semester Genap ini sudah dilengkapi pembahasannya, kamu bisa menjadikannya sebagai referensi belajar yang pas buatmu. Yuk, coba kerjakan soalnya sekarang!

Sejarah

Topik: Indonesia Zaman Hindu-Buddha

Bukti yang menunjukkan bahwa Teori Arus Balik sebagai teori masuknya agama Hindu yang paling memungkinkan dibanding teori-teori yang lain adalah ….

A. Banyaknya candi-candi di Indonesia yang sangat mirip dengan candi di India

B. Isi Prasasti Nalanda

C. Makam-makam para raja yang mirip dengan India

D. Penggunaan sistem kasta

E. Kitab suci yang digunakan sama dengan India

Pembahasan:

Teori Arus Balik merupakan salah satu teori yang menjelaskan proses masuknya agama Hindu-Budha ke Indonesia. Teori Arus Balik dikemukakan oleh F.D.K. Bosch. Menurut teori ini, masuknya agama Hindu-Buddha disebabkan oleh ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap ajaran agama Hindu-Buddha yang dibawa oleh para intelektual dari India. Saat itu para intelektual India bersemangat menyebarkan dan mengajarkan agama Hindu-Budha dengan menumpang kapal-kapal dagang.

Teori ini didukung oleh bukti sejarah yang berasal dari Prasasti Nalanda. Dalam Prasasti Nalanda disebutkan bahwa Balaputradewa yang merupakan Raja Sriwijaya mengajukan permintaan kepada raja di India untuk membangun wihara di Nalanda yang digunakan para tokoh dari Sriwijaya untuk menimba ilmu. Permintaan tersebut dikabulkan sehingga para tokoh dan pelajar Sriwijaya dapat menuntut ilmu agama di India. Kemudian, mereka kembali ke Indonesia dan menyebarkan dan mengajarkan agama Hindu-Buddha.

Jawaban yang benar adalah B.

Topik: Peradaban Mesopotamia

Alasan utama yang membuat banyak bangsa tertarik memasuki wilayah Mesopotamia adalah ….

A. Wilayahnya subur dengan bentang alam bersifat terbuka

B. Sungai Eufrat dan Tigris merupakan jalur pelayaran perdagangan terkemuka

C. Sungai Eufrat dan Tigris kaya akan sumber makanan berupa ikan

D. Wilayahnya bergunung-gunung menjadi benteng pertahanan yang ideal

E. Orang tertarik mempelajari tulisan serta ilmu pengetahuan di Mesopotamia

Pembahasan:

Suburnya wilayah Mesopotamia membuat banyak bangsa lain tertarik datang ke sana. Ditambah lagi, adanya bentang alam yang terbuka di daerah Mesopotamia, banyak bangsa lain yang ingin melakukan invasi di daerah tersebut.

Jawaban yang benar adalah A.


Geografi

Topik: Hidrosfer

Pulau Bali memiliki daratan alami sebagai penghubung ke Pulau Nusa Penida, daratan penghubung itu disebut ….

A. Bar

B. Tombolo

C. Delta

D. Fyord

E. Flood plain

Pembahasan:

Pada materi Hidrosfer, hasil sedimentasi terdiri atas hasil sedimentasi sungai, sedimentasi sungai, dan sedimentasi angin. Hasil sedimentasi sungai berupa meander (sungai berkelok), oxbow lake (danau tapal kuda), delta, dan flood plain (dataran banjir di pinggir sungai).

Sedimentasi sungai berupa fyord (sedimentasi batuan) dan tombolo (daratan penghubung antara pulau utama dengan pulau kecil di sekitarnya). Sementara sedimentasi angin berupa gumuk pasir.

Jawaban yang benar adalah B.

Topik: Atmosfer

Peningkatan gas rumah kaca (GRK) di lapisan atmosfer bumi berpengaruh terhadap peningkatan suhu udara permukaan bumi karena ….

A. Menghambat radiasi bumi

B. Meningkatkan radiasi matahari

C. Menghambat radiasi matahari

D. Meningkatkan radiasi bumi

E. Memantulkan radiasi matahari

Pembahasan:

Peningkatan gas rumah kaca (GRK) di atmosfer bumi membuat radiasi dari bumi terhambat dan terpantul kembali ke bumi sehingga memicu peningkatan suhu di permukaan bumi.

Jawaban yang benar adalah A.


Sosiologi

Topik: Nilai dan Norma Sosial

Salah satu nilai sosial yang dianut oleh sebagian besar masyarakat adalah nilai vital. Contoh perilaku anggota masyarakat yang menunjukkan nilai vital adalah ….

A. Suga membeli kebutuhan pokok di koperasi kantor untuk keluarganya

B. Perhiasan berbahan titanium masih digemari masyarakat

C. Jin mengoleksi tanaman bunga anggrek di teras rumahnya

D. Jimin menjahit pakaian untuk dikenakan saat menghadiri pesta pernikahan sahabatnya

E. Jungkook merawat sepeda motornya untuk menunjang pekerjaan sebagai tukang ojek online

Pembahasan:

Nilai menurut Prof. Notonegoro terbagi menjadi nilai material, nilai vital, dan nilai rohani. Nilai vital merupakan segala sesuatu yang berguna bagi manusia agar dapat melakukan aktivitas dalam hidupnya. Jungkook merawat sepeda motornya untuk menunjang pekerjaan sebagai tukang ojek online termasuk dalam nilai vital.

Jawaban yang benar adalah E.

Topik: Penyimpangan Sosial

Berikut ini yang termasuk dalam perilaku menyimpang sekunder adalah ….

A. Ten menulis dengan tangan kiri

B. Pelaku begal berhasil ditangkap oleh warga setempat

C. Mark terlambat datang ke sekolah karena ban sepedanya bocor

D. Lucas bekerja sebagai kuli bangunan untuk dapat membeli buku pelajaran

E. Sekelompok pemuda melakukan aksi pembagian masker secara gratis kepada masyarakat

Pembahasan:

Jenis perilaku menyimpang berdasarkan kekerapannya terbagi menjadi penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder. Penyimpangan primer merupakan penyimpangan yang bersifat temporer dan pelaku masih dapat diterima oleh masyarakat. Sedangkan, penyimpangan sekunder dilakukan terus-menerus dan pelaku tidak dapat diterima oleh masyarakat. Jadi, yang termasuk dalam perilaku menyimpan sekunder adalah pelaku begal yang berhasil ditangkap oleh warga setempat.

Jawaban yang benar adalah B.

Latihan soal Penilaian Akhir Semester (PAS) 2021 kelas 10 IPS.

Ekonomi

Topik: Lembaga Jasa Keuangan

Berikut ini merupakan wewenang Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kecuali .…

A. Memberikan izin kepada bank yang akan dibuka atau ditutup

B. Mengatur manajemen risiko untuk menghindari tindak kejahatan

C. Menentukan kegiatan-kegiatan yang boleh dilakukan bank

D. Mengukur batas kredit perbankan

E. Menerima simpanan dana dari nasabah

Pembahasan:

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga yang mengatur dan mengawasi segala kegiatan di sektor keuangan. OJK memiliki wewenang dalam hal perizinan, kegiatan usaha, kesehatan, dan kehati-hatian bank. Jadi, menerima simpanan dana dari nasabah tidak termasuk wewenang OJK, melainkan produk perbankan.

Jawaban yang benar adalah E.

Topik: Koperasi

Jumlah paling sedikit anggota untuk mendirikan koperasi primer adalah ….

A. 20 orang

B. 100 orang

C. 200 orang

D. 3 badan hukum koperasi

E. 20 badan hukum koperasi

Pembahasan:

Pada tahap perencanaan pendirian, koperasi harus memiliki anggota, tempat, modal, nama, rencana usaha, serta calon pengurus dan pengawas. Koperasi primer harus memiliki minimal 20 anggota, sedangkan koperasi sekunder minimal 3 badan hukum. Jadi, koperasi primer baru bisa mengajukan perencanaan pendirian jika anggotanya berjumlah paling sedikit 20 orang.

Jawaban yang benar adalah A.

Bagaimana, Pahamifren? Apakah kamu mengerjakan latihan soal Penilaian Akhir Semester Genap dengan lancar? Bagi kamu yang masih merasa kurang dengan contoh soal semester genap di atas, tenang saja, kamu bisa berlatih soal lebih banyak lagi lewat Try Out PAS. Kamu juga bisa berlangganan Paket Belajar Pahamify untuk mendapatkan video materi SMA lengkap beserta rangkuman, flash card, dan kuis. Cocok banget buat memaksimalkan persiapan #TaklukkanPAS.

Yuk, download aplikasi Pahamify dan berlangganan paketnya sekarang! Jangan lupa cek penawaran menarik dari Pahamify di link https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *