Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, pelaksanaan UTBK 2021 sudah tiba! Tetap semangat dan semoga diberi kelancaran dalam mengerjakan soalnya. Buat kamu yang sudah melakukan tes UTBK, adakah rasa cemas yang muncul seusai ujian? Biasanya, rasa cemas dan penyesalan terjadi ketika kamu mengingat soal-soal yang nggak terjawab atau saat kamu menyadari salah menjawab soal.

Jika hal itu dibiarkan berlarut-larut, kamu bisa stres dan overthinking sendiri saat menunggu pengumuman UTBK SBMPTN 2021, lho. Nah, untuk mengantisipasinya, Mipi telah merangkum tips manajemen emosi seusai ujian, berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri pada 7 Juli 2020. Mau tahu apa saja tipsnya? Langsung simak artikel ini sampai selesai.

Tips Manajemen Emosi setelah Ujian

Ada 5 tips dari Kak Fikri yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengontrol emosi setelah UTBK. Kelima cara ini berguna untuk merencanakan aktivitas setelah ujian ke arah yang positif, sekaligus agar kamu tidak berlarut-larut dalam penyesalan pengerjaan soal di UTBK 2021. Berikut adalah tips-tipsnya:

Meminimalkan Penyesalan

Penyesalan memikirkan soal yang tidak dijawab atau kurang teliti dalam mengerjakan soal UTBK akan selalu ada. Tapi, kamu harus tahu bagaimana cara meminimalkan penyesalan tersebut. Menurut Kak Fikri, kalau kamu mau mengurangi penyesalan, kamu harus mengurangi rasa kecewa dan memikirkan rasa tanggung jawab kamu. Dalam hal tes UTBK 2021, tanggung jawab kamu yaitu belajar persiapan UTBK 2021 dan mengikuti ujiannya.

Apabila kamu sudah melakukan semua tanggung jawab tersebut, berarti kamu sudah melakukan usaha yang terbaik. Kini saatnya menunggu pengumuman saja. Berhasil atau gagal saat pengumuman, kendalinya sudah bukan di kamu lagi. Yakinlah bahwa apa pun yang terjadi adalah yang terbaik. Dengan begitu, penyesalanmu akan berkurang dan kamu dapat memikirkan aktivitas setelah ujian apa yang bisa kamu lakukan supaya masa depan kamu menjadi lebih baik.

Tips manajemen emosi setelah UTBK bisa membantumu untuk tidak overthinking dengan hasil pengumuman UTBK SBMPTN mendatang.

Manajemen Emosi dengan Cara Reward Yourself

Memberi hadiah kepada diri sendiri bisa menjadi tips manajemen emosi setelah ujian yang efektif. Setelah kerja keras yang sudah kamu lakukan untuk bisa maksimal dalam pengerjaan soal UTBK 2021, kini saatnya kamu menghargai kerja keras tersebut. Bentuk reward yourself ini bisa bermacam-macam tergantung keinginanmu. Sebagai contoh, kamu bisa bermalas-malasan seharian setelah ujian, membeli barang yang disukai, menonton film favorit, berlibur bersama teman, dan sebagainya.

Kuncinya, buatlah diri sendiri nyaman hingga tidak sempat memikirkan kegalauan UTBK. Hal ini bisa membuat emosi kamu lebih stabil setelah ujian. Selain itu, reward yourself juga dinilai efektif untuk memotivasi belajar dan mencapai tujuan di masa depan, lho. Yuk, mulai sering-sering memikirkan diri sendiri, Pahamifren!

Lakukan Hobi atau Sesuatu yang Disenangi

Hampir sama seperti sebelumnya, tips manajemen emosi yang satu ini berguna untuk membuat kamu lupa terhadap struggle saat UTBK. Jika selama persiapan UTBK 2021 kemarin banyak hobi yang terhambat, inilah saat yang tepat untuk melakukannya kembali. Menjalankan hobi atau aktivitas yang disenangi bisa menjadi sarana refreshing dari kepenatan selama UTBK.

Selain itu, mengembangkan hobi seusai ujian juga bisa menjadi alternatif mengisi waktu luang sebelum menjalani proses perkuliahan. Apalagi, jika hobi yang kamu senangi itu sesuai dengan jurusan yang kamu pilih, kamu jadi bisa mempersiapkan lebih awal ilmu-ilmu yang bisa kamu pelajari di kuliah nantinya deh.

Mempelajari Hal-Hal Baru

Belajar hal baru bisa membuat kamu lupa tentang apa yang sudah terjadi, termasuk kepenatan saat UTBK 2021. Kamu bisa mempelajari hal-hal yang sesuai dengan minat kamu, atau hal yang bisa mendukung perkuliahan kamu nantinya. Sebagai contoh, kamu bisa belajar bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya. Atau, kamu bisa mempersiapkan belajar tes Ujian Mandiri sebagai alternatif apabila gagal UTBK SBMPTN 2021.

Sembari menunggu pengumuman, kamu bisa membaca buku-buku pedoman kuliah yang mengacu pada penggunaan bahasa Inggris atau mencoba latihan soal untuk Ujian Mandiri. Aktivitas setelah ujian seperti ini cukup menarik, Pahamifren. Daripada kamu bingung melakukan apa di rumah dan berakhir overthinking  dengan UTBK. Lebih baik melakukan hal yang membuatmu rileks, namun tetap bermanfaat untuk kesiapan kamu menempuh pendidikan selanjutnya.

Bersyukur dan Perbanyak Doa

Tips manajemen emosi seusai UTBK yang terakhir yaitu bersyukur dan memperbanyak doa. Lewat bersyukur, kamu jauh lebih bisa mengelola ekspektasi terhadap pengumuman UTBK SBMPTN 2021 mendatang. Kamu menjadi lebih siap menerima hasil pengumuman, baik menang maupun kalah sehingga kamu nggak terlalu kecewa nantinya.

Kalau Kak Fikri bilang, setelah ujian adalah hari-hari di mana kamu harus berserah dan memperbanyak doa. Dengan begitu, kamu bisa lebih dekat ke harapan untuk lulus SBMPTN dengan nilai UTBK yang tinggi dan masuk kampus impian.

Di akhir cuitannya, Kak Fikri meyakini kalau doa itu pasti dikabulkan, bisa dikabulkan sepenuhnya, dikabulkan tapi tertunda, serta dikabulkan dengan hal yang lebih baik. Yang terpenting, kamu harus yakin bahwa usaha kerasmu akan membuahkan hasil yang terbaik, Pahamifren!

Nah, itulah beberapa tips manajemen emosi seusai ujian ala Kak Fikri yang bisa kamu terapkan. Buat kamu yang ingin mencoba belajar hal-hal baru atau sedang mempersiapkan Ujian Mandiri, kamu bisa memanfaatkan aplikasi belajar online Pahamify.

Dilengkapi fitur Ekstrakurikuler, aplikasi Pahamify cocok banget kamu gunakan untuk mengembangkan hal baru. Selain itu, fitur TryOut Pahamify juga bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan persiapan Ujian Mandiri masuk PTN maupun UTBK SBMPTN di tahun depan. Ada ratusan latihan soal UTBK dan Ujian Mandiri berkonsep HOTS yang bisa kamu coba, lengkap dengan video pembahasan yang menarik. Jangan lupa, upgrade ke TryOut Pahamify Premium biar kamu bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang dan gunakan semua fitur kerennya untuk jadi lebih siap raih kampus impian!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll