Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Hati merupakan sesuatu yang bisa tersakiti. Untuk itu sebagai manusia yang sayang dengan badannya sendiri, ada baiknya kita untuk menjaga hati. Apabila hati kamu sedang tersakiti, jangan lupa cepat pergi ke rumah sakit. Karena siapa tahu ada gangguan di sistem ekskresi yang ada di tubuh kamu.

Tahukah kamu bahwa hati merupakan organ terdepan dalam sistem ekskresi? Ketika hati tersakiti, ada organ lain yang bisa terdampak. Penyakit bisa timbul di ginjal dan kulit kita akibat hati yang terluka. Untuk itu, pada artikel ini kita akan membahas mengenai gangguan yang terjadi pada sistem ekskresi.

Organisme yang ada di alam itu ada berbagai macam jenis. Diantaranya dapat menimbulkan penyakit di tubuh, termasuk sistem ekskresi. Penyakit pada hati yang merupakan salah satu organ dari sistem ekskresi, seringkali disebabkan oleh virus. Contoh penyakitnya adalah Hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis A, B, C, D dan E. Ini merupakan penyakit yang membuat hati meradang. 

Virus-virus yang menyebabkan penyakit hepatitis pada hati

Apabila hepatitis tidak kunjung disembuhkan dan menjadi kronis, akan muncul penyakit baru yang bernama Kanker Hati. Penyakit ini muncul ketika tumbuh sel-sel yang gak normal pada jaringan hati. Penyakit kanker ini merupakan komplikasi dari virus hepatitis B, C dan hemokromatosis.

Sel Kanker pada Hati

Selain kanker hati, hepatitis yang kronis juga bisa menyebabkan sirosis hati. Karena pada hati yang terkena hepatitis tadi, terbentuk jaringan parut atau jaringan ikat fibrosa. Hal ini yang akan menghambat aliran darah yang lewat ke hati dna fungsi dari hati pun menjadi hilang. Sehingga, hati tidak bisa menangani keberadaan racun di tubuh.

Organ lainnya yang ada pada sistem ekskresi adalah ginjal. Penyakit yang ada pada organ ini adalah batu ginjal. Batu yang dimaksud ini bukanlah batu kerikil seperti yang biasa kita lihat di jalanan.

Batu ginjal merupakan endapan dari senyawa kalsium atau penumpukan asam urat di rongga ginjal atau di kandung kemih. Endapan tersebut menyumbat saluran yang dilewati urin. Ini bahaya buat tubuh karena kalau urin tidak dikeluarkan, sampah metabolisme terperangkap di dalam tubuh, dan bisa mengganggu sistem tubuh yang lain.

Batu Ginjal, ketika urin mengendap dan menyumbat saluran yang dilewati urin

Untuk itu, penting bagi kita untuk membuang air kecil sesegera mungkin. Penyakit ini bisa timbul karena seringnya menahan buang air kecil. Selain itu, kurang minum dan gangguan metabolisme tubuh dapat menjadi faktor timbulnya penyakit batu ginjal.

Penyakit batu ginjal bisa diselamatkan menggunakan teknologi yang bernama ESWL atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy. Teknologi ini menghancurkan endapan batu ginjal melalui transmisi gelombang kejut dari luar tubuh. Dengan begitu endapan urin menjadi pecah dan larut dengan cairan urin. Tapi, apabila endapan urin sudah besar dan sulit untuk dipecahkan, terpaksa harus melakukan pengobatan dengan cara operasi. Dokter bedah akan membuka ginjal atau kandung kemih, dan mengeluarkan endapan urin secara manual.

Penyakit lainnya yang sering dijumpai saat ini adalah gagal ginjal atau disebut juga anuaria. Penyakit ini terjadi ketika ginjal gagal untuk menyaring dan menghasilkan urin. Penyebab dari penyakit gagal ginjal ada banyak dan yang paling umum disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.

Gagal ginjal, ketika ginjal gagal untuk menyaring dan menghasilkan urin

Penderita gagal ginjal bisa diselamatkan dengan teknologi yang bernama Hemodialisis. Teknologi ini bekerja buat menyaring darah dari luar tubuh. Semacam ginjal buatan, menggunakan mesin dialiser yang punya membran semipermeabel dan cairan dialisat. Alat ini dilengkapi dengan monitor pemantau tekanan darah.

Pembahasan mengenai gangguan sistem ekskresi dapat kamu pelajari lebih lengkap lewat aplikasi belajar Pahamify. Kamu bisa belajar lebih jauh tentang gangguan sistem ekskresi lainnya, bagaimana proses hemodialisis, dan masih banyak lagi. Download lewat Google Play Store dan App Store serta langganan paket belajar Pahamify untuk bisa menikmati video pembelajaran yang seru dan lengkap. Kamu juga bisa uji kemampuan melalui try out online yang rutin diselenggarakan tiap bulannya.


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog