Pilihan Jurusan Kuliah Terhalang Restu Orang Tua

Pilihan jurusan kuliah seringkali berbeda dengan orang tua

Kita mungkin pernah memiliki cita-cita yang tinggi. Punya impian yang kelihatannya akan indah ketika kita jalani. Apalagi, kalau ngomongin masalah pilihan jurusan kuliah. Mungkin kita dari awal sudah buat rencana yang matang untuk masuk jurusan dan universitas impian. Namun, impian kamu yang telah dipupuk sejak lama itu gagal karena keinginan orang tua yang berbeda. Apakah kasus ini sedang kamu alami?

Ada pertimbangan-pertimbangan yang dipikirkan oleh orang tua ketika hendak membawa anaknya ke jenjang kuliah. Tak hanya masalah ekonomi, namun orang tua juga memiliki keinginan tersendiri. Tentunya sebagai orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Padahal keinginan tersebut belum tentu cocok atau pas dengan tujuan kita.

Lantas, kalau keadaanya seperti ini, apa yang perlu kita lakukan demi pilihan jurusan kuliah bisa tercapai?

Sebenarnya, kunci utama dari semua ini adalah komunikasi. Ketika kamu berhasil mengkomunikasikannya dengan baik, maka orang tua kamu akan yakin dengan pilihan jurusan kuliah kamu. Gimana caranya?

Pertama, riset sebaik mungkin.
Kedua, carilah waktu yang tepat untuk ngobrol.
Ketiga, buktikan bahwa kamu dapat bertanggung jawab dengan apa yang kamu pilih.

Impian dan cita-cita itu memang harus diperjuangkan. Perkara pilihan jurusan kuliah memang harus dikomunikasikan dengan baik bersama orang tua. Mumpung masih banyak waktu kamu untuk riset jurusan impian kamu dan diskusi sama orang tua. Jadi, gak ada salahnya untuk kamu mulai meyakinkan orang tua kamu agar semua rencana kamu tidak berakhir menjadi wacana.

Tulisan ini disari dari naskah yang dibuat oleh Poppi Rianty Kemala. Untuk materi lengkap dapat diakses dalam bentuk video di fitur Career Center di dalam aplikasi Pahamify. Download Sekarang juga di App Store dan Google Play Store

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog