Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Halo Pahamifren! Gak kerasa yah, tahun 2020 ini udah mulai masuk bulan Februari dan hanya tinggal beberapa bulan lagi menuju ujian akhir sekolah dan ujian masuk perguruan tinggi. Kamu yang pengen daftar SNMPTN juga pasti sudah selesai daftar akun kamu di LTMPT. Untuk bantu persiapan kamu dalam tahapan daftar SNMPTN selanjutnya, Kita ngumpulin beberapa pertanyaan SNMPTN yang kita himpun dari media sosial kita. Berikut pertanyaannya.

1. Jatah 40% terbaik di sekolah akreditasi A itu, terdiri dari 1 angkatan dalam 1 sekolah atau pisah-pisah?

Jawab: Nah, jangan khawatir. Untuk sekolah akreditasi A boleh mendaftarkan 40% siswa terbaik di sekolahnya dari masing-masing jurusan. IPA dan IPS dapat jatah persentase yang sama. Jadi, kalau di sekolah kamu ada 100 siswa IPA dan 200 siswa IPS, yang bisa ikut seleksi SNMPTN itu 40 anak IPA dan 80 anak IPS. 40% dari masing-masing jurusan.

2. Gimana kalau terjadi salah ketik nilai di PDSS? Soalnya nilai yang tertera di sistem beda sama di nilai rapor aku?

Jawab: Kalau terjadi kesalahan ketik nilai, kamu harus hubungi dan minta guru atau pihak sekolah yang masukin nilai ke PDSS untuk memperbaikinya. Jangan diverifikasi dulu ya sebelum nilai itu diperbaiki. Tapi, kamu harus cepat menghubungi gurunya karena jangan sampai masa verifikasinya kelewat, ya!

3. Gimana proses penilaian untuk diterima SNMPTN?

Jawab: Tahapannya adalah seleksi dari sekolah terlebih dahulu, sesuai dengan akreditasi dari sekolah tersebut. Lalu akan diseleksi secara nasional dan dipilih siswa dengan nilai terbaik sesuai pilihan Prodi dan PTN yang kamu pilih. Nah, keputusan akhir diterima atau tidaknya kamu ada dari pihak universitas. Sesuai info yang ada di web LTMPT, universitas juga memasukkan rekam jejak sekolah ke dalam pertimbangan pemilihan siswa. Sekolah-sekolah yang rutin mengirimkan siswa yang akhirnya berprestasi pas mereka jadi mahasiswa tentunya akan dapat prioritas, karena perguruan tingginya sudah percaya dengan siswa lulusan sekolah tersebut. Jadi, walaupun nilai kamu sama dengan nilai siswa dari SMA yang lain, belum tentu dua-duanya diterima.

4. Lulusan tahun berapa saja yang boleh ikut SNMPTN?

Jawab: Cuma lulusan tahun 2020 yang boleh ikut SNMPTN 2020. Kamu yang lulus tahun 2018 dan 2019 boleh ikut SBMTPN maupun Ujian Mandiri. Jangan lupa siapin diri dari sekarang yang pakai tryout UTBK di aplikasi Pahamify. Soalnya HOTS, penilaiannya pakai sistem IRT sama kayak UTBK, pembahasan lengkap baik teks maupun video, dan ada analisis kekurangan dan kelebihan kamu loh, jadi kamu tahu harus belajar dan memperdalam konsep apa aja setelah tryoutnya berakhir. Persiapan ujiannya jadi lebih terarah deh. Info lengkapnya di web try out online Pahamify, ya!

5. Apakah lulusan pesantren (MA) bisa ikut SNMPTN?

Jawab: Bisa dong! Asalkan sekolahnya memenuhi syarat ya. Kamu bisa cek langsung dengan guru bimbingan konseling kamu atau dengan panitia LTMPT.

6. Aku mau masuk Poltekkes lewat PMDK. Apakah ada perbedaan aturan masuknya dengan SNMPTN universitas?

Jawab: Jadi begini. Secara umum, nilai rapor itu adalah salah satu patokan untuk masuk Poltekkes. Tapi mereka punya aturan tersendiri yang berbeda dan perlu kamu cermati. Ini juga berlaku untuk semua politeknik dan sekolah kedinasan ya, kayak STAN, semuanya punya aturan masing-masing  yang harus kamu cek langsung di website masing-masing.

7. Nilai raporku naik-turun, nih. Apa bisa memengaruhi peluang kita untuk lulus SNMPTN?

Jawab: Biasanya, nih, konsistensi kenaikan nilai akan dilihat dari semester 3 sampai 5. Bisa naikin nilai itu tanda yang bagus kalau kamu belajar dari kesalahan dan berusaha untuk belajar lebih giat. Tapi, jangan sampai kamu sengaja nurunin nilai kamu di awal-awal sekolah ya, karena kalau kamu bisa mempertahankan nilai yang tinggi dari semester 1 sampai semester 5, itu jauh lebih bagus. Nilai naik turun, tapi di atas 90 semua oke banget loh. Tapi gak ada patokan yang pasti karena lulus-nggaknya kamu, akan dipengaruhi oleh saingan kamu dan pilihan prodi dan PTN kamu. Jadi tetap semangat ya dan jangan lupa siapkan plan B lewat SBMPTN atau Ujian mandiri!

8. Apa yang dimaksud dengan Lintas Minat?

Jawab: Begini contohnya. Kamu jurusan IPS di sekolah, tapi mau ambil rumpun jurusan IPA kayak Teknik atau MIPA. Atau kamu jurusan IPA di sekolah tapi mau ambil rumpun jurusan IPS, kayak ekonomi atau manajemen. Lintas Minat itu biasanya dilakukan lewat jalur SBMPTN. Kalau lewat SNMPTN, sangat tidak dianjurkan karena kebanyakan PTN akan mengedepankan siswa yang daftar sesuai jurusannya. Kamu juga harus pastiin PTN yang kamu tuju itu memperbolehkan siswa untuk daftar lintas minat.

9. Apakah siswa mutasi atau pindahan bisa ikut SNMPTN?

Jawab: Masih bisa kalo siswa mutasi itu masuk dalam pemeringkatan sekolah. Untuk soal teknis lebih jelasnya, berbeda di setiap sekolah, jadi kamu bisa konsultasi sama guru bimbingan konseling yang mengurus masalah PDSS di sekolah kamu.

10. Pendaftaran LTMPT kemarin, kenapa aku belum bisa pilih jurusan ya? Jangan-jangan webnya error?

Jawab: Tenang aja. Perihal jurusan, baru bisa kamu pilih dari tanggal 11 sampai dengan 25 Februari 2020, setelah kamu dinyatakan Eligible atau berhak ikut berdasarkan pemeringkatan. Jadi pendaftaran yang kemarin belum ada pemilihan jurusan. Oia, kalau kamu masih bingung mau pilih jurusan mana, di Pahamify ada beberapa fitur yang bisa bantu kamu untuk pilih jurusan yang cocok buat kamu loh. Pertama ada tes minat bakatnya, dan kedua ada konsultasi online bareng psikolog Pahamify yang berpengalaman.

11. Kok susah ya akses akun LTMPT? Keterangannya Eror mulu?

Jawab: Soal ini, biasanya terjadi karena jaringan internet kamu sedang bermasalah atau banyak yang lagi akses, jadi server di LTMPTnya ngelag. Coba deh akses di jam yang gak terlalu padat seperti pagi atau malam hari. Terus, kalau bisa daftar dari jauh-jauh hari, dan jangan mepet batas waktu pendaftaran karena biasanya akan banyak siswa yang mepet-mepet daftarnya, dan akhirnya bikin ngelag server LTMPTnya.

12. Kak. Kemarin aku nyantumin sertifikat bahasa tapi pengennya masuk Teknik. Apa sertifikatnya bisa nambah poin penilaian di SNMPTN?

Jawab: Nyantumin sertifikat bakal nambah poin penilaian kamu untuk SNMPTN asalkan sertifikat yang diberikan ada hubungannya dengan jurusan yang kamu pilih. Tapi, yang nentuin sertifikat mana yang berhubungan itu masing-masing jurusan di PTNnya, jadi ga ada salahnya kamu nyantumin sertifikat atau bukti prestasi yang kamu punya sewaktu masa SMA.

13. Katanya penilaian terhadap sekolah dan alumninya juga memengaruhi peluang kita buat lulus SNMPTN. Betul gak sih?

Jawab: PTN yang kamu tuju itu pasti udah tau indeks sekolah yang ikut jalur SNMPTN. Nilai rapor adalah salah satu kriteria penilaian. Dan aspek kayak penilaian sekolah serta alumni itu adalah pertimbangan khusus dari PTN. Yang tau cuma PTN itu.

14. Kalau tidak lulus SNMPTN, bisa ikut jalur Bidik Misi?

Jawab: Tentu saja bisa! SNMPTN itu seleksi masuk PTN, sedangkan Bidik Misi atau sekarang disebut KIP Kuliah dan Afirmasi adalah seleksi berdasarkan kemampuan ekonomi peserta. Di jalur SBMPTN juga ada pilihan bidik misinya.


Ok, Pahamifren. Itu tadi kumpulan pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman yang berhubungan dengan SNMPTN. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian, ya!

Tetap semangat kalo kalian gak tembus SNMPTN. Karena masih banyak jalur lain yang bisa kamu ikuti seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri. Kuota SNMPTN itu sekitar 20% aja loh. Sisanya, sekitar 70 sampai 80 persen siswa akan dijaring melalui SBMPTN dan Ujian Mandiri. Sambil nunggu pengumuman SNMPTN, ada baiknya kamu tetap belajar untuk persiapan UTBK. Pahamify siap jadi teman persiapan kuliah kamu dengan fitur pembelajaran dan Try Out Online UTBK yang kita adakan secara rutin setiap bulannya. Langsung aja meluncur ke web Try Out Online Pahamify, ya!

Kalo ada pertanyaan SNMPTN lain, silakan tanya di kolom komentar. Tetap semangat!


Komentar

39 Comments on “Tanya Jawab Seputar SNMPTN 2020

WAHYUNI
February 6, 2020 at 9:07 am

bagaimana cara mengurutkan prodi pilihan pertama dan kedua SNMPTN?

Reply
widyawati
February 6, 2020 at 9:10 am

apa saja jurusan yang banyak peluangnya tapi sepi peminat?

Reply
Aditya Perdana Putra
February 10, 2020 at 11:45 am

Jurusan yang sepi peminat itu berbeda di setiap unversitasnya seperti Sastra Jawa di UI dan Pendidikan Bahasa Perancis di Unnes. Namun, walaupun peminatnya sedikit, kamu tetap harus bersaing dengan banyak orang. Sistem seleksi SNMPTN ini cukup unik karena ada beberapa faktor yang jadi pertimbangan setiap unversitas dan jurusannya.

Reply
widyawati
February 6, 2020 at 9:17 am

bagaimana cara memilih pilihan 1 dan kedua prodi di snmptn

Reply
Aditya Perdana Putra
February 10, 2020 at 11:01 am

Dari dua pilihan kamu, pilih prodi dengan akreditasi passing grade tertinggi terlebih dahulu. Misalnya kamu mau pilih Akuntansi UI dan Manajemen UNJ. Karena Akuntansi UI akreditasinya lebih tinggi, kamu pilih Akuntansi UI, baru Manajemen UNJ.

Reply
icha
February 10, 2020 at 6:34 am

jika tahun sebelumnya belum ada anak smk yang keterima di jurusan tersebut apakah ada peluang untuk saya menjadi pertama kali anak smk yang bisa keterima dijurusan tersebut lewat jalur sbmptn?

Reply
Aditya Perdana Putra
February 10, 2020 at 10:51 am

Tentu saja ada! Lulus tidaknya kamu lewat jalur SNMPTN bergantung pada pilihan kamu dan pesaing kamu.

Reply
Rachmat Muttaqin
February 13, 2020 at 7:51 am

Kalau anak saya mau masuk PTN lewat jalur SNMPTN, bolehkah pilih satu prodi dari 2 PTN yg berbeda?

Reply
Aditya Perdana Putra
February 13, 2020 at 11:18 am

Bisa. Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN yang berbeda.

Reply
Ainun Rochimah
February 14, 2020 at 2:19 am

jika saya daftar snmptn dan kedinasan, kedua-duanya keterima tapi yang saya ambil kedinasan, bolehkah saya mengundurkan diri dari ptn?

Reply
M. Zulfikar
February 24, 2020 at 4:01 pm

Kalau mendaftar SNMPTN dan Kedinasan (STAN misalnya) dua2nya diterima. Misalkan lebih memilih mengambil STAN, itu bagaimana agar tidak terkena blacklist?? Apakah harus daftar ulang PTN dlu kemudian mengundurkan diri atau bagaimana?

Reply
Kimberly
March 17, 2020 at 12:19 am

Gimana ni kak kalau mendaftar jurusan akuntansi, tapi aku punya sertifikat waktu ikutan LCC bahasa indonesia tingkat provinsi sebagai finalis. Apakah boleh dicantumkan? Oiya, tapi sertifikatnya itu no name kak apakah bisa untuk daftar snmptn??

Reply
Hesti
March 25, 2020 at 6:06 am

Kak mau tanya nih, kan SNMPTN bisa milih dua jurusan kalo jurusan nya berbeda apakah berpengaruh sama penilaian SNMPTN kita?

Reply
Palupi
March 30, 2020 at 6:08 am

Bagaimana jika ada kesalahan mengisi data pada saat pendaftaran snmptn dan sdh difinalisasi?? Seperti kesalahan pada tanggal lahir

Reply
Ayuni Reka Riyanti
April 2, 2020 at 1:43 am

Kak, saya udah finalisasi pendaftaran SNMPTN, tapi belum cetak kartu. Gimana dong kak?

Reply
Aditya Perdana Putra
April 2, 2020 at 4:54 am

Tidak apa. Kartu peserta ini nantinya akan dijadikan sebagai salah satu syarat daftar ulang di PTN yang sudah menerima kamu. Kamu bisa lakukan login kapan saja di laman resmi SNMPTN yakni web.snmptn.ac.id dan lakukan pengunduhan ulang untuk mencetak kartunya.

Reply
Rudin
May 5, 2020 at 8:39 am

Assalamualaikum, kak kalau sudah ketrima di jalur snmptn bisa tdk daftar stan. Terimakasih

Reply
Nia agustina
May 9, 2020 at 7:14 am

Gimana kalo udh verfikasi berkas dan dinyatakan tidak lolos oleh ptn terkait, apakh bisa ikut sbmptn?

Reply
Aditya Perdana Putra
May 11, 2020 at 2:55 am

Halo Niaa.. Bisa kok. Semangat!

Reply
Devi
June 2, 2020 at 2:57 am

kak sy sudah finalisasi tapi lupa mengunduh kartu pesertanya, apa sy gk bisa ikut utbk??

Reply
Aditya Perdana Putra
June 4, 2020 at 3:29 am

Halo Devi. Masih bisa kok. Coba deh kamu login akun LTPMPT kamu.

Reply
nana
June 3, 2020 at 10:44 am

anak saya lulus snmptn tapi terlambat unduh kartu dari jadwal yang ada. apakah masih ada cara lain untuk mengunduh kartu tersebut?

Reply
Aditya Perdana Putra
June 4, 2020 at 3:27 am

Halo. Pengunduhan kartu masih bisa dilakukan dengan login akun LTMPT terlebih dahulu

Reply
Hernila mustika
June 6, 2020 at 2:14 am

Kak kalo telat daftar ulang gimana?

Reply
Fatikha
July 14, 2020 at 5:12 am

Assalamu’alaikum kak, saya mau tanya, saya dari Jurusan IPA, bisa gak ya kak masuk jurusan PGSD yang termasuk jurusan soshum / IPS melalui jalur SNMPTN ?

Reply
wita
July 30, 2020 at 7:16 am

waalaikumsalam..
izin menjawab kak, setahu saya anak ipa bisa masuk kesaintek maupun kesoshum..
kalau ada kekeliruan mohon koreksi juga dari teman yang lain:)..

Reply
Aditya Perdana Putra
August 12, 2020 at 4:54 am

Waalaikum salaam… Halo Fatikha. Iya, siswa dri IPA bisa lintas jurusan, kok. Cuma kamu perlu pelajarin lagi materi Soshum yang akan jadi bahan ujiannya nanti.

Reply
wita
July 30, 2020 at 7:12 am

asalamualaikum kak..
kak, kalau kita lulus snmptn apakah boleh ikut jalur mandiri tahun itu juga? minta penjelasannya kak..

Reply
Aditya Perdana Putra
August 12, 2020 at 4:52 am

Waalaikumsalaam.. Halo Wita. SNMPTN itu seperti beasiswa. Slot untuk beasiswa ini disediakan secara terbatas dan diberikan kepada siswa dengan kriteria tertentu. Jadi kalau kamu ingin mendaftarkan diri untuk SNMPTN, kamu harus melajutkan pilihan tersebut. Apabila kamu lolos dan tidak mengambil jatah tersebut, kursinya bakalan kosong. Padahal ada beberapa orang yang juge berkeinginan untuk meraih kursi tersebut.

Beberapa kejadian yang terjadi, biasanya pihak universitas akan melakukan blacklist terhadap sekolah yang siswanya lulus snmptn, tapi tidak mengambil kesempatan tersebut.

Reply
Anggita Kamalia NIswara
August 1, 2020 at 5:43 am

kak mau tanya kalau misal kakak kelas kita yang sudah lulus jalur snmptn tahun kemarin tetapi tidak mendaftar ulang ke PTN yang dituju apakah angkatan saya tahun ini jika ikut jalur SNMPTN masih bisa diterima di PTN dan prodi yang sama??? tolong dijawab ya kakkkkk.

Reply
Aditya Perdana Putra
August 12, 2020 at 4:46 am

Halo Anggita. Perihal masalah ini, dari pengalaman yang Mipi dapat, sekolahnya bisa kena blacklist selama beberapa tahun. Tapi ada baiknya kamu bertanya lagi ke sekolah kamu perihal peluang kamu untuk prodi tersebut.

Reply
Teguh
August 5, 2020 at 12:20 pm

Assalamualaikum,
kak saya anak ipa dan rencana mau mengambil fakultas psikologi, namun kebanyakan universitas fakultas psikologi termasuk soshum. jadi adakah kemungkinan saya bisa masuk fakultas psikologi lewat jalur SMNPTN. dan satu lagi, alumni yang lulus PTN mempengaruhi SMNPTN. jadi jika dari sekolah saya tidak ada yang masuk apakah mempengaruhi SMNPTN saya. ? tolong bantu jawab ya kak.

Reply
Aditya Perdana Putra
August 12, 2020 at 4:44 am

Waalaikumsalam. Halo Teguh. Fakultas psikologi biasanya lebih banyak menerima calon mahasiswa jalur PTN dari jurusan IPA. Tapi tidak menutup kemungkinan ada yang diterima dari jalur IPS. Perihal rekam jejak sekolah sebelumnya, belum terbukti kalau sekolah yang sebelumnya jadi langganan masuk suatu jurusan, akan dijamin untuk diterima pada tahun berikutnya. Yang terpenting adalah apakah nilai kamu masuk kriteria dari jurusan yang kamu tuju. Dan di luar semua itu, keputusannya diserahkan ke phak universitas dan jurusan. Terima kasih

Reply
Nur Asniaty Rahman
September 4, 2020 at 12:54 am

Assalamu’alaikum kak, saya ingin mengajukan pertanyaan pertanyaan. Bisakah mencantumkan sertifikat ketika SMP untuk mendaftar SNMPTN? Terimakasih sebelumnya kak.

Reply
Ayu
September 11, 2020 at 2:02 am

Assalamu’alaikum kak.. Saya mau bertanya, misal tahun ini sudah lolos snmptn tetapi ternyata dia ngerasa salah jurusan jdi gk sesuai yang diharapkan apakah bisa ikut sbmtpn tahun depan dan apa dampaknya buat sekolah yang dulu? Apa tetap kena blacklist kak? Mohon bantuannya kak, terima kasih..

Reply
asep s
September 16, 2020 at 10:04 am

Waalaikum salam. kalo tahun depannya bisa nyoba lagi Ayu. Nah, supaya kita ga mengalami hal tersebut, pilihlah 2 prodi di SNMPTN yg memang kita minati. Karena dikhawatirkan ade2 kelas kita yg menerima dampaknya.

Reply
asep s
September 16, 2020 at 10:02 am

izin menambahkan untuk Teguh. Kalo Teguh dari jurusan IPA bisa daftar ke Psikologi untuk jurusan IPA yg ada di 5 PTN (UNPAD, UNS, UNSRI, UNAND, UNHAS). Psikologinya di bawah fakultas kedokteran, makanya cocok nih buat anak IPA.

Reply
Neristia Viky Marta
September 19, 2020 at 11:44 pm

Kak bagaimana ya caranya memilih jurusan yang sesuai dengan karakteristik nilai dan berpeluang di SNMPTN

Reply
Lia
September 26, 2020 at 1:42 am

Kalo sudah lulus snmptn bisa daftar kedinasan ga?

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog