Pahamifren, sudah siap mulai belajar di semester baru? Walaupun beberapa di antara kamu masih mengikuti proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kamu harus tetap semangat. Nah, kali ini, Mipi mau membagikan cara agar semangat belajar meningkat di semester yang baru ini.

Apalagi, kamu baru saja menikmati liburan kan? Ya, walau cuma ngumpul bersama keluarga di rumah, momen liburan sering membuat kita lupa akan kewajiban belajar, betul enggak?

Tips Meningkatkan Semangat Belajar

Nah, buat kamu yang merasa kurang bersemangat menyambut semester baru ini, ada beberapa cara agar semangat belajar kembali meningkat. Apa saja itu? 

Menata Ulang Ruang Belajar

Melihat ruang belajar yang gitu-gitu aja pasti membosankan kan? Apalagi, kalau ruang belajar tersebut berantakan. Bukannya membuat motivasi belajar meningkat setelah liburan, tapi justru membuat semangat belajar semakin kendor. Untuk mengatasinya, coba deh tata ulang ruang belajar kamu.

Sudah siap menyambut semester baru? Ada beberapa cara agar semangat belajar meningkat yang bisa kamu coba.

Menata ulang ruang belajar bisa menciptakan suasana belajar yang baru atau bahkan semangat belajar baru. Kamu bisa menata ulang meja belajar, rak buku, hingga kamar tempat kamu belajar.

Saat merapikan buku-buku, sebaiknya pisahkan buku-buku yang sudah tidak dibutuhkan untuk memberikan ruang tambahan dan membuat tempat belajarmu semakin rapi.

Lalu, hias meja belajar atau kamar belajarmu dengan pernak-pernik atau foto-foto, seperti foto keluarga, sahabat, atau bahkan foto idola kalian. Cara ini pasti membuatmu lebih semangat belajar deh!

Memperbaiki Jam Tidur

Siapa yang sudah terbiasa tidur larut malam selama liburan? Sebaiknya kamu meninggalkan kebiasaan itu, Pahamifren. Menjelang hari sekolah, sudah waktunya kamu memperbaiki jam tidur seperti semula. Kembalikan rutinitas tidur lebih awal dan bangun pagi untuk mengikuti proses pembelajaran dari Bapak/Ibu guru.

Rutinitas tidur yang baik akan membuat kualitas tidurmu pun meningkat sehingga kamu bisa lebih fokus dan semangat dalam memahami pelajaran pada keesokan harinya. Mungkin awalnya akan sulit karena kamu sudah terbiasa tidur larut malam. Tapi, jika kamu berusaha keras memperbaiki jam tidur, kamu bisa terbiasa bangun pagi dan tidak terlambat mengikuti proses pembelajaran di sekolah.

Menyusun Jadwal Belajar

Menyusun jadwal belajar semester baru, menjadi salah satu cara agar semangat belajar kamu kembali meningkat setelah liburan sekolah. Susunan jadwal yang jelas akan membuatmu lebih semangat untuk mematuhi jadwal tersebut. Kamu pun bisa menghindari bermalas-malasan terlalu lama, seperti yang mungkin kamu lakukan selama liburan.

Di luar waktu sekolah, tentukan jam-jam yang akan kamu gunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas. Jangan hanya jadwal belajar, kamu juga bisa memasukkan waktu istirahat, misalnya untuk menonton TV atau bermain game.

Buat waktu belajar dan istirahat kamu secara seimbang, ya! Setelah membuat jadwal belajar, usahakan untuk mengikuti jadwal tersebut dengan baik. Jadi percuma kan, kalau jadwal belajar dibuat tapi tidak dilakukan?

Mempersiapkan Perlengkapan Belajar

Menjelang masuk sekolah, ada baiknya kamu mempersiapkan perlengkapan belajar semester baru. Hal ini akan membuat kamu lebih bersemangat dan tidak sabar untuk segera mengikuti proses pembelajaran. 

Semester baru semangat baru, apa cara agar semangat belajar meningkat versimu?

Selain itu, kamu juga bisa mengecek apakah kamu membutuhkan alat tulis dan buku baru atau tidak. Biasanya, alat tulis dan buku baru yang kamu sudah kamu persiapkan sebelumnya akan mendorong kamu segera menggunakannya, terutama untuk belajar. Jadi, secara tidak langsung, hal ini bisa menjadi cara agar semangat belajar kamu kembali meningkat, Pahamifren.

Mengingat Jadwal Ujian

Nah, cara terakhir ini dikhususkan untuk kamu yang akan menghadapi Asesmen Nasional atau UTBK SBMPTN. Mengingat jadwal ujian yang semakin dekat bisa membuatmu lebih giat dan semangat belajar untuk mempersiapkan ujian. 

Saat kamu mulai malas belajar, ingatlah bahwa jadwal ujian semakin dekat. Cara ini membuat semangat belajarmu kembali meningkat. Kamu pasti akan berusaha lebih keras dan belajar lebih rajin agar menghadapi ujian tanpa hambatan.

Nah itulah lima cara meningkatkan semangat belajar yang bisa kamu coba, Pahamifren. Enggak cuma semangat belajar yang makin meningkat, cara di atas juga memudahkan kamu untuk mempersiapkan diri menyambut semester baru.

Buat kamu yang ingin memperbaiki nilai di semester ini, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify. Ada banyak materi pelajaran berkonsep gamifikasi dari Pahamify, yang pastinya bisa membuat belajar semakin seru dan enggak membosankan.

Khusus buat kamu yang sudah kelas 12 dan ngambis masuk PTN favorit, kamu juga bisa mencoba latihan soal UTBK dari fitur Try Out Online Gratis Pahamify.

Tunggu apalagi, yuk download platform belajar online Pahamify sekarang!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version