Hayo ngaku, siapa di antara kamu yang cepat banget merasa ngantuk saat belajar? Baru belajar 5 menit saja sudah terasa mengantuk, eh giliran scroll media sosial kok betah banget, ya. Kira-kira, penyebab ngantuk saat belajar ini karena apa sih? Lalu, bagaimana cara agar tidak mengantuk saat belajar?

Ternyata, penyebab ngantuk saat belajar ini bermacam-macam, Pahamifren. Bisa jadi, topik yang dipelajari kurang menarik buatmu sehingga kamu merasa bosan. Atau, otak lagi enggak aktif buat mempelajari sesuatu. Jadi, kamu bakal sulit fokus memahami materi dan gampang jenuh. Akhirnya, bikin kamu mengantuk deh!

Kali ini, Mipi mau bahas cara agar tidak mengantuk saat belajar, seperti saat kamu bermain media sosial atau medsos. Ulasan kali ini berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri pada 28 September 2020 lalu. Daripada penasaran, yuk langsung cek pembahasannya berikut ini!

Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Belajar

Sebelum membahas cara-cara agar tidak mengantuk saat belajar, kita bahas terlebih dahulu, kenapa kamu bisa betah banget kalau lagi main sosial media daripada saat belajar? Kalau Kak Fikri bilang, media sosial itu sudah dirancang untuk membuat kamu masuk ke flow state, seperti main game, Pahamifren. Desainnya dibuat sedemikian rupa agar membuat kamu ketagihan mengaksesnya.

Sementara, kamu cenderung enggak biasa melakukan hal yang sama untuk belajar. Masih banyak di antara kamu yang belajarnya kaku, hanya dari rangkuman catatan sekolah, fokus menghafal materi dari buku yang tebal, dan sebagainya. Jadi, enggak bikin ketagihan belajar dan membuat kamu cepat mengantuk selama belajar.

Apa Itu Learning Management System, Manfaat & Penerapannya. Ternyata, sistem ini bisa sebagai cara agar tidak mengantuk saat belajar juga, lho

Nah, konsep dari media sosial ini sebenarnya juga menjadi konsep dari aplikasi belajar Pahamify, ingin membuat kamu ketagihan saat belajar. Maka dari itu, Pahamify menggunakan konsep gamifikasi dalam proses pembelajarannya, biar kamu bisa serasa main game atau media sosial. Keren kan?

Balik lagi ke cara agar tidak mengantuk saat belajar, seperti saat bermain media sosial. Menurut Kak Fikri, ada 3 cara agar fokus belajar dan tidak mengantuk, yaitu mengaktifkan otak, latihan fokus, dan mencari topik yang seru. Mari kita bahas satu per satu caranya.

Mengaktifkan Otak

Supaya kamu bisa semangat belajar dan enggak cepat bosan, otak harus aktif terlebih dahulu. Harus ada hal-hal yang bisa bikin kamu penasaran saat belajar materi. Sebelum belajar, bertanyalah pada dirimu sendiri, “Kenapa kamu perlu belajar ini?”, “Apa yang mau kamu cari?”, “Bagaimana menerapkan materi yang dipelajari nantinya?”, dan sebagainya. Kuncinya, harus ada jalur pengetahuan yang bikin otak kamu berpikir, “Wah, make sense juga ternyata belajar ini.”

Lewat cara ini, kamu bisa tertantang untuk mengeksplorasi apa yang kamu pelajari. Selain itu, karena kamu tahu tujuan belajar mau seperti apa, kamu jadi lebih fokus dalam memahami materi. Jadi, kamu bisa betah dan menikmati proses belajar kamu, tanpa khawatir mengantuk lagi saat belajar.

cara agar tidak mengantuk saat belajar satu di antaranya yaitu dengan fokus mengerjakan latihan soal dan mengaktifkan kinerja otak

Latihan Fokus

Saat kamu sudah mengaktifkan otak, kamu harus mulai melatih fokus belajar. Latih fokus secara bertahap. Coba belajar yang fokus semenit terlebih dahulu. Jika sudah bisa, tambah rentang fokus menjadi 5 menit. Apabila tidak ada kendala, tambah rentang fokus kamu terus menerus sampai mencapai 20 menit. Itu merupakan waktu ideal untuk fokus belajar.

Biasanya, melatih fokus ini lebih mudah untuk materi yang sudah kamu kuasai. Sebaliknya, kamu mungkin akan menemukan kendala saat mencobanya pada materi pelajaran yang enggak terlalu kamu pahami. Jadi, sebaiknya kamu berlatih fokus ini sama materi yang kamu anggap mudah terlebih dahulu.

Kalau sudah mencapai waktu fokus belajar yang ideal pada materi yang mudah, barulah kamu berpindah pada materi yang kamu anggap sulit. Trik seperti ini akan membantumu mendapatkan proses belajar yang efektif pada tiap materi.

Dalam cuitannya, Kak Fikri menyampaikan, tujuan akhir dari cara ini yaitu membuat ketagihan belajar. Saat fokus, belajar akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Tapi memang, semua itu harus dibiasakan terlebih dahulu. Kamu perlu latihan dari fokus yang pendek ke rentang yang lebih panjang.

Cari Topik yang Seru

Satu di antara penyebab kamu betah bermain media sosial, yaitu topiknya yang menarik. Topiknya ringan-ringan dan sepintas, tapi tetap membuat kamu ketagihan melihatnya berulang-ulang, kan? Nah, itu karena kamu tertarik dan ingin mengeksplorasi topik tersebut.

Hal yang sama seperti itu bisa kamu terapkan juga dalam proses belajar, Pahamifren. Kamu harus mencari topik yang menarik saat belajar. Enggak perlu materi yang berat, dari materi yang ringan terlebih dahulu juga tidak salah kok, asalkan kamu tetap bisa menyerap materinya secara optimal.

Sudah mencari berbagai topik, tapi kok belum menemukan yang menarik, ya? Kalau seperti ini, kamu perlu mengevaluasi proses belajar. Apakah sudah efektif dan membuat kamu nyaman? Sudahkah kamu mengeksplorasi berbagai materi, atau hanya menghafal saja?

Setelah melakukan evaluasi dan menemukan proses belajar yang tepat, kamu bisa lebih mudah menemukan banyak topik menarik yang ingin kamu pelajari. Tapi ingat, kamu tetap perlu mengaktifkan otak ya, biar High Order Thinking Skill (HOTS) kamu semakin berkembang saat belajar.

Gimana, Pahamifren? Sudah siap menerapkan 3 cara agar tidak mengantuk saat belajar ala Kak Fikri? Mudah-mudahan, setelah menerapkannya, kamu enggak ngantuk lagi dan lebih fokus belajarnya, ya. Nah, kamu bisa menerapkan cara-cara di atas melalui aplikasi belajar online Pahamify, lho. Materi pelajaran berkonsep gamifikasi dari Pahamify bisa membuat proses belajar lebih seru dan enggak membosankan.

Khusus buat kamu yang ambis masuk PTN lewat jalur SBMPTN 2021, kamu juga bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK berkonsep HOTS ter-update yang bisa kamu coba sebagai persiapan UTBK.

Biar persiapan semakin matang, kamu juga bisa mengikuti Kelas Online Gratis dan tantangan 1 Hari 1 Soal. Ada hadiah menarik yang bisa kamu peroleh kalau berhasil melakukan tantangan 1 Hari 1 Soal ini, Pahamifren.

Tunggu apalagi, ayo #TaklukkanUTBK dengan aplikasi Pahamify! Download aplikasi Pahamify di link ini dan gunakan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

2 Comments on “Belajar 5 Menit Ngantuk Tapi Betah Main Medsos Berlama-Lama? Begini 3 Cara Mengatasinya

Vikni indriyani
June 5, 2021 at 3:23 am

setelah saya mencoba tipsnya ternyata cukup efektif. sangat membantu untuk orang-orang yang mudah terserang rasa ngantuk saat belajar atau memulai mengerjakan tugas kuliah seperti saya ini heheh. ditunggu artikel-artikel menarik lainnya ya..

Reply
Nadya cahyaningrum
June 5, 2021 at 5:55 am

terimakasih artikel ini sangat membantu proses belajar. karena kebanyakan pelajar saat ini lebih tergantung pada sosial media daripada untuk belajar. pelajar penting sekali untuk menyukai proses dari belajar itu sendiri. setelah suka lama kelamaan mereka antar menemukan cara tersendiri untuk belajar.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version