Paket Belajar Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Menjelang pergantian tahun ajaran, Bapak dan Ibu perlu tahu bahwa anak akan menghadapi ujian akhir semester. Pada tahun 2021, ujian dilakukan dalam bentuk Penilaian Akhir Semester atau PAS. Anak Bapak dan Ibu pasti akan belajar intensif untuk persiapan PAS agar mendapatkan nilai rapor sempurna serta memenuhi syarat kenaikan kelas. Namun, belajar materi saja tidak cukup.

Selain persiapan akademis, kesehatan mental anak juga perlu dijaga menjelang ujian. Kondisi mental yang stabil membuat anak lebih mudah mencerna materi dan mengerjakan soal saat hari ujian. Di sinilah peran orang tua terhadap pendidikan anak sangat diperlukan. Sebagai orang tua, ada beberapa cara yang bisa Bapak dan Ibu lakukan untuk mendukung mental anak menghadapi ujian akhir semester. Apa saja itu?

Persiapan Mental Anak Menghadapi Ujian Akhir Semester

Berikut telah Mipi rangkum 5 cara menenangkan dan mempersiapkan mental anak dalam menghadapi ujian akhir semester. Simak pembahasannya sampai selesai, ya.

Penuhi Asupan Gizi Anak

Menjelang ujian, kegiatan belajar anak semakin padat. Mulai dari belajar materi, mengerjakan tugas dari guru, hingga memperbanyak latihan soal persiapan PAS. Bukan tidak mungkin, energi akan terkuras habis dan berpengaruh pada kondisi kesehatannya. Apabila tubuh anak tidak sehat, pelaksanaan ujian akhir semester tentu tidak akan berjalan lancar. Maka dari itu, Bapak dan Ibu wajib memastikan asupan gizi anak terpenuhi agar kesehatannya terjaga.

Beri sang anak makanan bergizi tinggi, seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan ikan segar. Kalau anak Bapak dan Ibu saat ini menjalani belajar online di rumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ), jangan lupa memberikan makanan yang kaya vitamin A, seperti wortel untuk menjaga kesehatan matanya. Jika perlu, tambahkan asupan suplemen vitamin agar anak tidak gampang sakit. Selain itu, sebaiknya Bapak dan Ibu tidak membiarkan anak terlalu sering begadang guna menjaga daya tahan tubuhnya.

Hindari Memberi Tekanan

Bapak dan Ibu tentu mengharapkan anak memperoleh hasil yang memuaskan saat ujian akhir semester. Namun, jangan sampai ekspektasi tersebut menekan mereka, ya. Hindari memberikan target nilai atau peringkat tertentu di kelas. Hal itu hanya akan membuat anak makin stres dan tidak siap menghadapi ujian.

Alih-alih fokus pada hasil sempurna, Bapak dan Ibu lebih baik mengutamakan proses yang telah dilewati anak dalam ujiannya. Ketika mengutamakan proses daripada hasil, yakinlah bahwa anak akan dengan senang hati memberikan usaha terbaiknya pada ujian akhir semester nanti.

Beri Anak Waktu Relaksasi

Persiapan belajar intensif menjelang ujian bukan berarti tidak bisa bersantai. Jika anak hanya mengisi waktunya untuk belajar, yang ada anak akan stres. Oleh karena itu, Bapak dan Ibu sebaiknya memberikan waktu khusus untuk anak relaksasi. Biarkan anak bermain game, nongkrong bersama teman, menonton film, dan jalan-jalan bersama keluarga. Cara seperti ini akan membuat anak lebih menikmati waktunya bersama orang terdekat dan merasakan dukungan penuh dari lingkungan di sekitarnya. Mental anak jadi makin stabil menghadapi ujian deh!

Bangun Kepercayaan Diri dan Pikiran Positif

Mendapatkan perhatian, semangat, serta dukungan dari orang tua biasanya akan membuat anak lebih percaya diri dan bersemangat menghadapi ujian. Bapak dan Ibu sebagai orang tua harus memercayai kemampuan anak. Yakinkan bahwa mereka pasti mampu melalui ujian kenaikan kelas dengan baik.

Tidak perlu menekan anak dengan kata-kata yang keras dan memerintah. Sebaliknya, rangkul dan dampingi anak melewati waktu-waktu ujian tersebut. Jangan lupa, beri apresiasi pada setiap hasil kerja yang anak lakukan. Hal ini akan menumbuhkan motivasi dan pikiran positif dalam diri anak.

Dampingi dan Beri Dukungan Belajar Ujian Akhir Semester

Supaya anak lebih percaya diri menghadapi ujian, Bapak dan Ibu bisa mengajak mereka belajar persiapan PAS dari jauh-jauh hari. Dampingi proses belajar anak dan bantu mereka saat kesulitan memahami materi. Bapak dan Ibu dapat menggunakan bantuan bimbel atau aplikasi belajar online, misalnya Pahamify agar persiapan ujian makin optimal. Kuncinya, jangan biarkan anak merasa menanggung beban sendirian. Anak yang didampingi dan mendapat sarana belajar tepat dari orang tuanya akan lebih tenang menghadapi ujian.

Itulah beberapa tips parenting yang bisa Bapak dan Ibu lakukan untuk mempersiapkan mental anak menghadapi ujian akhir semester. Guna mendukung proses belajar anak, Bapak dan Ibu bisa memberikan aplikasi belajar online Pahamify, yang dapat diunduh di sini.

Dilengkapi video belajar menggunakan animasi, try out online PAS, bank soal SMA, jadwal belajar, serta berbagai fitur keren lainnya, Pahamify bisa membuat proses belajar lebih seru dan bikin paham. Bagi orang tua yang ingin memantau perkembangan anak dan mengikuti acara eksklusif seputar parenting anak sekolah, Bapak dan Ibu juga bisa bergabung di PahamiParent Community.

Yuk, pahami keinginan anak serta bantu masa depannya bersama Pahamify! Manfaatkan semua fitur keren Pahamify sebagai persiapan ujian dan raih PTN impian.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

2 Comments on “Untuk Orang Tua: Ini 5 Cara Mempersiapkan Mental Anak Menghadapi Ujian Akhir Semester

TITIS
June 5, 2021 at 2:33 am

Infonya membantu sekali untuk saya, karena adik saya terkadang saat mau ujian terkadang stres, karena banyak materi yang dia harus ingat kembali. Terkadang orang tua sampai membiarkan untuk memberi efek jera. Tapi ternyata itu dapat memberikan efek negatif ke mental anak yang sedang diburu oleh waktu dan materi ujian.
Terimakasih informasinya.

Reply
Ainun Nisa Amelia
June 5, 2021 at 3:33 am

Bermanfaat sekali untuk para orang tua yang sibuk beraktifitas dan harus meluangkan waktu untuk menemani anak-anaknya belajar dirumah disaat pandemi sekarang.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll