Paket Belajar Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, pasti kamu enggak asing lagi dengan yang namanya tugas sekolah. Sebagai siswa, kamu memang perlu memahami setiap materi dan memenuhi tugas dari guru untuk melengkapi nilai tiap semester. Jadi, jangan heran kalau setiap harinya kamu dituntut mengerjakan tugas sekolah dari guru.

Perlu kamu tahu, mengerjakan tugas sekolah bisa menjadi lumbung nilai untuk rapor kamu, lho. Apalagi, kalau kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu. Lantas, bagaimana cara mengerjakan tugas atau PR dengan cepat dan tepat waktu? Simak pembahasannya berikut ini.

Cara Mengerjakan Tugas Sekolah dengan Cepat dan Tepat

Kamu tentu ingin mendapatkan nilai rapor yang tinggi kan? Yuk, lebih disiplin lagi dalam mengerjakan tugas sekolah! Enggak perlu stres atau banyak mengeluh ketika tugas atau PR menumpuk, kamu bisa menerapkan 5 cara ini untuk menyelesaikannya tepat waktu.

Push Yourself

Tugas sekolah atau PR dari guru tidak akan terselesaikan dengan baik kalau kamu masih suka bermalas-malasan. Cara agar tidak malas mengerjakan PR salah satunya yaitu mendorong diri sendiri untuk tetap menyelesaikan tugas, apa pun kondisinya. Jangan menunggu saat kamu tidak malas karena itu akan butuh waktu lama. Lagi pula, siapa sih yang tidak suka bermalas-malasan? Daripada menunggu rasa malasmu hilang, ayo kalahkan rasa malas tersebut dan kerjakan tugasmu sekarang!

Untuk mendorong diri sendiri menyelesaikan tugas tepat waktu, sebaiknya pikirkan risiko apabila kamu telat atau tidak mengerjakannya. Kamu akan mendapat teguran dari guru, ketinggalan materi, dan nilai kamu bisa berkurang. Gagal deh mendapatkan nilai rapor bagus. Enggak mau hal itu terjadi kan?

Membuat Daftar Tugas

Buatlah daftar tugas agar kamu tahu seberapa banyak tugas yang harus kamu selesaikan. Jelaskan detailnya pada daftar tersebut. Tulis nama mata pelajaran, judul, waktu pengumpulan, dan jangan lupa siapkan kolom kecil untuk membuat tanda ceklis kalau tugas sudah selesai dikerjakan. Cara ini bisa membuatmu terpacu untuk mencentang semua tugas yang diberikan oleh guru.

Cara mengerjakan tugas sekolah cepat dan tepat waktu

Nah, dari daftar yang kamu buat, lihat tugas mana yang tenggat waktu pengumpulannya paling dekat. Misalnya, kamu memiliki 5 tugas sekolah. Satu dikumpul besok, satu lagi lusa, dan sisanya minggu depan. Maka, kamu harus mengerjakan tugas untuk besok terlebih dahulu. Meski tugas tersebut lebih sulit, tetap kerjakan tugas itu supaya kamu bisa mengumpulkannya tepat waktu. Jangan fokus pada tugas lain sampai hal itu terselesaikan.

Tentukan Prioritas Harian

Dalam satu hari pastinya kamu punya beberapa aktivitas yang harus dan mau dilakukan. Sebaiknya, prioritaskan aktivitas yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Tentunya mengerjakan tugas sekolah masuk ke dalam hal yang harus kamu lakukan, ya. Anggaplah menyelesaikan tugas atau PR menjadi hal paling penting dan mendesak.

Dengan begitu, kamu akan menjadikan tugas sekolah sebagai prioritas utama. Kalau sudah mengerjakan prioritas utamamu, baru kamu dapat mengisi waktu dengan aktivitas lainnya. Contohnya, selesaikan tugas Matematika dulu sebelum nongkrong bersama teman.

Jauhkan Gangguan Belajar

Khusus cara mengerjakan PR yang satu ini, kamu harus mencari tahu hal-hal yang bisa mengganggu belajarmu. Bisa dari gangguan eksternal di sekitar seperti keluarga mengobrol terlalu keras, hewan peliharaan, notifikasi media sosial, tontonan televisi, atau hal-hal lainnya. Selain itu, bisa juga faktor internal dari diri sendiri seperti overthinking, galau diputusin pacar, cemas menghadapi ujian, dan sebagainya.

Nah, usahakan menjauhkan diri dari macam-macam gangguan seperti itu. Contohnya, kalau lingkungan rumah terlalu bising, kamu bisa mengerjakan tugas sekolah di perpustakaan. Selain itu, letakkan ponselmu di tempat yang jauh dari ruang belajar agar kamu tidak terganggu dengan notifikasi media sosial. Lewat cara ini, kamu dapat berkonsentrasi penuh terhadap tugas yang kamu kerjakan. Jadi, tugas bisa selesai secara maksimal dan tepat waktu deh!

Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah teknik meningkatkan konsentrasi belajar yang berasal dari Italia. Kamu bisa menggunakan teknik ini untuk mengerjakan tugas sekolah dengan cepat. Caranya, gunakan stopwatch dan nyalakan setiap 25 menit. Selama waktu 25 menit tersebut, kamu harus fokus pada tugas, jangan beralih ke hal lain. Kemudian, gunakan waktu 5 menit untuk istirahat sebentar. Setelah itu, fokus pada tugas lagi selama 25 menit berikutnya. Lakukan hal tersebut berulang-ulang hingga tugasmu terselesaikan.

Itu dia beberapa cara mengerjakan tugas sekolah atau PR dengan cepat dan tepat waktu. Oh iya, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify sebagai sarana belajar, sekaligus teman dalam mengerjakan tugas, lho.

Fitur rangkuman dari Pahamify bisa memudahkan kamu mencari materi tanpa membuka satu per satu buku catatan. Selain itu, kamu juga bisa mencari penyelesaian soal sulit melalui Tanya Mipi. Dirancang menggunakan teknologi AI, Tanya Mipi bakal membantumu mencari jawaban Matematika, Fisika, dan Kimia dengan cara difoto. Jadi, proses pengerjaan tugas jauh lebih praktis dan efisien.

Yuk, download aplikasi Pahamify di sini dan cobain segudang fitur kerennya sekarang! Jadi lebih siap menuju back to school seru dengan proses belajar maksimal bareng Pahamify.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Dapatkan Nilai Bagus, Ini 5 Cara Mengerjakan Tugas Sekolah Tepat Waktu

ghina nur fauziyah
June 12, 2021 at 3:06 am

pagi ka..
wah saya menemukan hal baru disini. yaitu teknik pomodoro baru tahu bahwa teknik ini bisa digunakan untuk media pembelajaran supaya lebih semangat. karena saya terkadang ketika kita melakukan kegiatan belajar. apaagi belajar dirumah dengan masa pandemi seperti ini sangat membosankan. nah izin bertanya kaka-kaka pahamify bagaimana sih mengontrol males kita yang kadang suka datang tiba-tiba pada saat belajar?. dan beri motivasi saya yang paling ampuh untuk terus bisa meghilangkan rasa malas hehee.

terimakaksi sekali lagi kaka-kaka semua

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll