Pahamifren, sudah masuk musim penilaian akhir semester genap nih. Bagaimana persiapan kalian menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) sekolah? Adakah di antara kamu yang masih sering merasa malas belajar? Agar mendapatkan nilai penilaian akhir semester genap yang memuaskan, kalahkan rasa malas tersebut lewat cara menghilangkan rasa malas berikut ini! Simak pembahasannya sampai selesai, ya.

Cara Menghilangkan Rasa Malas saat Persiapan PAS

Selama belajar di rumah, nyatanya rasa malas kerap muncul dibandingkan saat berada di sekolah. Jika dibiarkan, situasi ini tentu bisa menghambat jadwal belajar persiapan penilaian akhir semester genap yang sudah kamu buat. Sebagai solusinya, ada 5 cara menghilangkan rasa malas yang bisa kamu terapkan supaya lebih semangat belajar. Yuk, dicoba!

Penilaian Akhir Semester Genap Jangan Dianggap Beban!

Ada banyak mata pelajaran yang diujikan dalam PAS. Bab-bab yang harus dipelajari pada setiap mata pelajaran SMA juga cukup banyak. Terkadang, hal inilah yang membuat kamu merasa malas memulai persiapan penilaian akhir semester genap. Kamu jadi menganggap ujian tersebut sebagai beban karena banyaknya hal yang harus dikerjakan.

Coba deh anggap penilaian akhir semester genap itu sebagai cara mengukur kemampuan dan meningkatkan kualitas diri. Pasti kamu semangat belajarnya. Mulai ubah persepsi “ujian sebagai beban” menjadi “ujian sebagai sebuah pencapaian”. Dengan begitu, kamu akan lebih giat belajar PAS agar bisa memperoleh nilai rapor terbaik. Kalau menang saat main game saja kamu senang, apalagi dapat nilai rapor SMA yang bagus kan?

Hindari Belajar Sambil Rebahan

Siapa nih yang masih suka belajar sambil rebahan di kasur atau sofa? Ternyata, hal ini bisa memicu rasa malas belajar menjelang ujian, lho. Selain karena posisi yang enggak nyaman, belajar sambil rebahan juga tidak efektif karena membuat kamu susah mengingat dan menyerap materi yang kamu baca.

Belajar sambil rebahan juga bisa memupuk kebiasaan buruk malas gerak. Dampaknya terhadap proses belajar yaitu membuat kamu mudah bosan dan mengantuk. Sedangkan menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), gaya hidup yang minim bergerak adalah salah satu dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia, lho. Ngeri banget kan?

Nah, sebaiknya kamu belajar sambil duduk saja ya, Pahamifren. Belajar sambil duduk menjadi tips belajar yang efektif agar otak kamu tetap fokus dan bisa menyerap semua materi secara optimal. Ingat! Posisi belajar yang baik sangat berpengaruh pada keberhasilan belajarmu.

Jauhi Kebiasaan Menunda Waktu

Cara menghilangkan rasa malas berikutnya yaitu menghindari kebiasaan menunda waktu. Kebiasaan seperti ini biasanya muncul karena kamu merasa memiliki banyak waktu melakukan hal tersebut pada waktu lain. Padahal, menunda waktu belajar justru bisa membuatmu semakin malas dan merasa bodo amat terhadap penilaian akhir semester genap yang semakin dekat.

Sebaiknya, mulai lawan suara hati “Nanti aja deh!” yang sering terbesit di otakmu. Apabila suara hati tersebut kamu ikuti, bisa-bisa target belajar persiapan PAS kamu terhambat, atau bahkan tidak tercapai sama sekali. Kacau banget kan? Oleh karena itu, jangan menunda waktu belajar lagi dan mulai susun jadwal belajar PAS kamu.

Bingung cara buat jadwal belajar PAS yang efektif? Enggak usah khawatir, ada fitur Jadwal Belajar di aplikasi Pahamify yang bisa kamu coba. Kamu bisa merancang jadwal belajar, membagi porsi waktu belajar tiap materi, serta mendapatkan notifikasi pengingat belajar. Aktivitas belajar kamu di rumah jadi lebih tepat waktu deh!

Tuliskan Tujuan Belajarmu di Dinding Kamar

Supaya lebih semangat belajar penilaian akhir semester genap, kamu bisa membuat wall grid atau mading yang berisi tulisan seputar tujuan belajarmu. Contohnya, mendapatkan nilai PAS 100 di semua mata pelajaran, mendapatkan peringkat 1 dan naik kelas, lolos SNMPTN, atau target lainnya. Buatlah mading semenarik mungkin sehingga kamu selalu ingin melihatnya.

Kamu juga bisa menambahkan kalimat-kalimat motivasi yang bisa meningkatkan semangat belajar. Melalui mading ini, kamu akan selalu ingat ada banyak hal yang ingin diraih. Saat rasa malas tiba-tiba muncul, kamu tinggal baca lagi tujuan dan kalimat motivasi yang tertempel di mading agar semangat belajar kembali meningkat.

Temukan Cara Belajar yang Tepat

Penyebab rasa malas yang paling umum dirasakan pelajar SMA yaitu belum menemukan cara belajar yang tepat untuk persiapan penilaian akhir semester genap. Bingung harus belajar sendiri atau bersama teman, mulai belajar materi PAS dari mana, atau bahkan tidak menemukan sarana belajar yang cocok di rumah. Agar bisa bangkit dari kemalasan, segera temukan cara belajar yang tepat sesuai kemampuanmu.

Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify sebagai sarana belajar persiapan PAS. Ikuti Try Out Premium PAS agar persiapan semakin maksimal.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi Pahamify di sini! Gunakan semua fitur kerennya untuk #TaklukkanPAS dan raih nilai rapor yang sempurna saat kenaikan kelas.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version