Halo pahamifren? Gimana nih persiapan kamu menghadapi UTBK? Udah mateng banget belum? Kalo belum, kali ini pahamify bakal ngasih kamu cotoh soal dan pembahasan TPS UTBK dengan jenis soal Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis lagi nih.

Memang, sebelumnya kita udah kenalan sama jenis soal kemampuan memahami bacaan dan menulis. Tapi boleh dong kita kenalan lagi, hitung-hitung sekalian latihan buat mengasah kemampuan kamu dalam memahami soal TPS di UTBK.

Langsung aja yuk, kita pelajarin contoh soal di bawah ini!


Bacalah teks berikut dengan saksama!

Budaya populer, dalam hal ini disebut budaya massa, yaitu budaya yang diproduksi untuk massa yang luas dan mengikuti pola produksi massa. Kebudayaan kapitalisme mengembangkan segala sesuatu untuk dilakukan modifikasi, termasuk seni musik. Musik di era kapitalisme yang didukung dengan informasi teknologi canggih telah berkembang begitu pesat. (….), untuk mengetahui pengaruh kapitalisme terhadap beberapa realitas di dalam industri musik tersebut, perlu pemahaman terhadap rantai produksi di dalam industri musik. Produk musisi yang telah sampai ke indera pendengaran kita pada umumnya memiliki label masing-masing sebagai alat produksi.

Label tersebut dibagi menjadi 2, yaitu label mayor (major label) dan label rekaman (label niche). Empat perusahaan musik multinasional seperti Universal Music Group, Sony BMG, Warner Music Group, dan EMI menjadi perusahaan raksasa musik dunia yang disebut “The Big Four”. Mereka menjadi label mayor dalam industri musik yang menguasai 70 persen pasar musik di dunia, termasuk Indonesia, dan 80 persen musik di Amerika Serikat. Label mayor tersebut hadir sebagai penyedia alat produksi dalam musik, mulai dari proses produksi di studio rekaman, tahap mixing dan mastering, sampai lagu dikirim ke perusahaan tertentu untuk didistribusikan ke toko-toko musik dan berbagai perusahaan media.

Dalam perkembangannya, label mayor cenderung mendominasi para musisi dalam proses pembuatan karya dan penentuan segmentasi pasar berdasarkan analisa budaya populer atau budaya massa, bukan kebebasan ekspresi dan akomodasi karya dari musisi itu sendiri. Hal ini terbukti dalam wawancara bersama Majalah Cobra, Morgue Vanguard cerita alasan dia mendirikan label Grimloc Records. Pria bernama asli Herry Ucok Sutresna ini mendirikan Grimloc bersama kawannya. Alasan utama Herry Ucok Sutresna mendirikan label karena kebutuhan untuk merilis albumnya sendiri (….) merilis album lain yang disukai oleh teman-temannya. Katalog rilisan Grimloc amat mengesankan, mulai dari merilis ulang album klasik, Homicide, album kelompok punk, Milisi Kecoa, hardcore band, Wethepeople, hingga merilis piringan hitam band punk/hardcore asal Bandung, Hark! It’s A Crawling Tar-Tar. Tentu saja sedikit susah membayangkan band-band seperti itu akan dirilis oleh label besar.

(Dikutip dengan pengubahan. Sumber: https://www.idntimes.com)

1. Imbuhan yang tepat untuk kata bercetak tebal pada paragraf ketiga adalah …

Pilihlah salah satu jawaban berikut:

a. di-kan
b. ber-
c. pe-
d. me-kan
e. -kan

2. Pernyataan di bawah ini yang benar mengenai penulisan kata dalam teks di atas adalah…

a. Penulisan “indera sudah tepat, karena kata tersebut merupakan kata baku.
b. Penulisan “analisa” sudah tepat, karena kata tersebut merupakan kata baku.
c. Penulisan “analisa” tidak tepat, karena kata tersebut merupakan kata tidak baku.
d. Penulisan “realitas” tidak tepat, karena kata tersebut merupakan kata tidak baku.
e. Penulisan “realitas” sudah tepat, karena kata tersebut merupakan kata tidak baku.

3. Manakah di antara kalimat-kalimat di bawah ini yang memiliki kesalahan dalam penulisan kata?

a. Produk musisi yang telah sampai ke indera pendengaran kita pada umumnya memiliki label masing-masing sebagai alat produksi.
b. Kebudayaan kapitalisme mengembangkan segala sesuatu untuk dilakukan modifikasi, termasuk seni musik.
c. Tentu saja sedikit susah membayangkan band-band seperti itu akan dirilis oleh label besar.
d. Pria bernama asli Herry Ucok Sutresna ini mendirikan Grimloc bersama kawannya.
e. Budaya populer, dalam hal ini disebut budaya massa, yaitu budaya yang diproduksi untuk massa yang luas dan mengikuti pola produksi massa.

Pembahasan:

1. Soal ini menanyakan imbuhan yang tepat untuk memperbaiki kata bercetak tebal. Tipe soal ini adalah imbuhan.

Kata bercetak tebal pada paragraf ketiga adalah “cerita”. Pada kalimat tersebut, Morgue Vanguard bertindak sebagai subjek. Setelah subjek harus diikuti dengan kata kerja aktif, sehingga imbuhan yang tepat berupa me-kan. Kata “cerita” berubah menjadi “menceritakan”.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

2. Soal ini menanyakan penulisan kata yang tepat. Tipe soal ini adalah kata baku dan tidak baku. Menurut KBBI,

Kata BakuKata Tidak Baku
indraindera
analisisanalisa
realitasrealita

Pernyataan yang benar adalah penulisan “analisa” tidak tepat, karena kata tersebut merupakan kata tidak baku.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

3. Soal ini menanyakan kesalahan kata dalam sebuah kalimat. Tipe soal ini adalah perbaikan kata.

Perbaikan kata meliputi penulisan, kata baku, dan imbuhan.

– Penulisan instansi diawali dengan huruf kapital, “Grimloc”. Kata, frasa, kalimat, dan paragraf yang merupakan istilah bahasa asing harus dituliskan dengan huruf miring, “band-band”.

– Menurut KBBI, “indera” merupakan kata tidak baku dan kata bakunya adalah “indra”. Berbeda dengan “populer” dan “modifikasi” yang merupakan kata baku.Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Contoh soal Kemampuan Memahami Bacaan & Menulis ini adalah satu dari sekian banyak soal yang bisa kamu cobain di tryout UTBK Pahamify. Kalau kamu pengen persiapin diri sekaligus mengenali soal-soal seperti apa yang bakal keluar di UTBK nanti, ikutan aja tryout online UTBK Pahamify yang diadain secara rutin.

Selain itu, kamu bisa persiapin diri lagi dengan belajar melalui berbagai fitur dani video pembelajaran yang keren dan bikin cepet ngerti dari Pahamify. Buruan download dan berlangganan aplikasi Pahamify supaya kamu bisa nikmatin semuanya secara lengkap!


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog