Pejuang SIMAK UI 2021, sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi ujian mendatang? Selain belajar materi, kamu juga perlu mencoba latihan soal agar persiapan SIMAK UI makin matang. Buat kamu yang memilih kelompok ujian Soshum/IPS, yuk, kita latihan soal SIMAK UI Sejarah! Mipi mau membagikan beberapa contoh soal SIMAK UI Sejarah dan pembahasannya. Simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Materi Soal SIMAK UI Sejarah

Sebelum membahas contoh soal SIMAK UI dan pembahasannya, ada baiknya kalau Mipi mengajak kamu mengulas cakupan materi Sejarah apa saja yang berpotensi keluar di SIMAK UI 2021. Jadi, kamu bisa menyiapkan strategi belajar yang efektif menghadapi ujian nanti.

Cakupan materi SIMAK UI Soshum Sejarah sebenarnya hampir sama dengan UTBK SBMPTN Soshum. Materi-materi seperti Orde Baru dan Reformasi, Politik Etis dan Kebangkitan Nasional, Kerajaan-Kerajaan di Indonesia, Pendudukan Jepang, Penjajahan Bangsa Eropa, Dinamika Politik dan Sejarah Dunia, serta Penelitian Sejarah cukup sering keluar dalam Ujian Mandiri UI tahun-tahun sebelumnya.

Adapun tips mengerjakan SIMAK UI Kemampuan IPS Sejarah yaitu menguasai konsep dan rangkaian peristiwa yang terjadi. Selain itu, kamu juga perlu memahami pelaku sejarah, tempat, tahun, hingga latar belakang sejarah tersebut. Detail-detail sejarah seperti itu biasanya muncul dalam soal ujian.

Nah, untuk menguasai semua hal tersebut, kamu harus membuat jadwal belajar Sejarah yang terstruktur. Kamu dapat mempelajari materi Sejarah SMA sesuai urutan peristiwa mana yang lebih dahulu terjadi. Biar kamu makin maksimal menguasai materinya, cobalah membaca buku sejarah atau biografi. Kamu juga bisa menonton video konsep materi Sejarah SMA di aplikasi Pahamify agar proses belajarmu lebih menyenangkan dan cepat paham.

Latihan Soal SIMAK UI Sejarah dan Pembahasan

Sudah punya gambaran tentang materi SIMAK UI Soshum Sejarah, kini saatnya mengukur kemampuan lewat latihan soal! Contoh soal yang akan Mipi ulas merupakan soal SIMAK UI tahun-tahun sebelumnya dan sudah dilengkapi dengan pembahasannya. Jadi, kamu bisa menggunakan pembahasan soal SIMAK UI ini sebagai referensi belajar. Langsung saja, cek soal SIMAK UI Sejarah berikut ini dan coba kerjakan sekarang!

Pahami dan  Ikut SIMAK UI Gratis! Ini Jadwal dan Cara Daftar SIMAK UI 2021 bagi Peserta KIP Kuliah

Soal 1

Selama masa pendudukannya di Indonesia, pemerintah Jepang berupaya menarik simpati bangsa Indonesia dengan cara ….

A. meningkatkan kualitas pendidikan rakyat Indonesia

B. melarang penggunaan bahasa Belanda

C. membubarkan partai-partai politik

D. menutup sekolah-sekolah berbahasa Belanda

E. membentuk PETA

Pembahasan:

Usaha menarik simpati bangsa Indonesia yang dilakukan oleh Jepang selain kerja sama juga dengan cara:

  • Menanamkan kepada rakyat sikap antiimperialisme.
  • Menumbuhkan semangat nasionalisme.
  • Menyelenggarakan pelatihan kemiliteran untuk para pemuda.
  • Mengadakan pelatihan penanggulangan kebakaran untuk para pemuda.
  • Membentuk PETA (Pembela Tanah Air) dan melatih para pemuda Indonesia sebagai anggotanya.
  • Mengadakan latihan palang merah, serta membentuk badan-badan pemerintahan, seperti Tona Rigumi (RT), Ku (Kelurahan), Son (Kecamatan), Gun (Kawedanan), Ken (Kabupaten), dan sebagainya.

Jawaban yang benar adalah E.

Soal 2

Pada akhir abad ke‐16 Belanda memulai pelayaran ke Timur. Informasi tentang peta jalur pelayaran diambil dari Portugis dan dibuat oleh seorang Belanda bernama…

A. Willem Janszoon

B. Jacob van Heemskerk

C. Jacob van Neck

D. Jan Huyghen van Linschoten

E. Oliver van Noort

Pembahasan:

Jan Huygen van Linschoten, salah seorang Belanda yang pernah bekerja pada Portugis pada 1595 menerbitkan buku “Itinerario naer Oost ofte Portugaels Indien” yang berisi salinan pedoman perjalanan Portugis ke Timur. Buku tersebut memuat berbagai peta dan deskripsi rinci mengenai jalur pelayaran yang dilakukan Portugis ke Timur, lengkap dengan segala permasalahannya. Berkat van Linschoten, Belanda akhirnya mengetahui banyak persoalan yang dihadapi Portugis di wilayah baru tersebut, sekaligus jalur pelayarannya.

Jawaban yang benar adalah D

Soal 3

Pemerintah Orde Lama dan Orde Baru pernah melakukan penyederhanaan jumlah partai‐partai politik yang ada di Indonesia. Pada masa Orde Lama jumlah partai politik dibatasi hanya menjadi lima, sementara pada masa Orde Baru partai politik hanya dibatasi menjadi tiga saja.

Pahami dan  Pendaftaran SIMAK UI 2021, Dari Jadwal, Syarat, Hingga Cara Daftarnya

SEBAB

Pemerintah Orde Lama dan Orde Baru menyadari bahwa jumlah partai yang banyak tidak menjamin adanya stabilitas pemerintahan, serta menghambat pembangunan.

Pilihlah:

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

C. Jika pernyataan benar dan alasan salah

D. Jika pernyataan salah dan alasan benar

E. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah

Pembahasan:

Pembatasan partai politik hanya terjadi pada masa Orde Baru. Pemerintah Orde Lama tidak membatasi jumlah partai politik. Jadi, pernyataan dan alasan keduanya salah.

Jawaban yang benar adalah E.

Soal 4

Semangat persaingan bebas dengan cepat membawa kemajuan ekonomi di negara-negara Eropa pada abad ke-18, kejadian ini didukung oleh…

  1. Revolusi industri.
  2. Penaklukkan wilayah yang kaya sumber alam di luar Eropa.
  3. Penemuan alat-alat baru dalam industri.
  4. Kemajuan pertanian di negara-negara Eropa.

Pilihlah:

A. Jika (1), (2), dan (3) yang benar

B. Jika (1) dan (3) yang benar

C. Jika (2) dan (4) yang benar

D. Jika hanya (4) yang benar

E. Jika semuanya benar

Pembahasan:

Kemajuan Eropa pada abad ke-18 didukung oleh revolusi industri, penemuan alat-alat baru di bidang industri, serta adanya penaklukkan daerah di luar Eropa yang kaya sumber alamnya. Jadi, pernyataan 1, 2, dan 3 adalah benar.

Jawaban yang benar adalah A.

Soal 5

Organisasi pertama di Hindia-Belanda yang didirikan atas dasar nasionalisme adalah…

A. Perserikatan Nasional Indonesia

B. Indische Partij

C. Sarekat Islam

D. Budi Utomo

E. Perhimpunan Indonesia

Pembahasan:

Indische Partij adalah organisasi pergerakan nasional partai politik pertama di Hindia-Belanda, berdiri tanggal 25 Desember 1912. Didirikan oleh tiga serangkai, yaitu Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat. Tiga serangkai ini menyepakati partainya berdiri atas dasar nasionalisme yang luas menuju kemerdekaan Indonesia.

Pahami dan  Latihan Soal SIMAK UI 2021 Kemampuan Dasar: Bahasa Inggris

Indonesia dianggap sebagai “National Home” bagi semua orang, baik penduduk bumiputera, keturunan Belanda, Cina, Arab, dan sebagainya yang mengakui Indonesia sebagai tanah air maupun kebangsaannya.

Jawaban yang benar dari soal di atas adalah B.

Nah, itu dia beberapa contoh soal SIMAK UI Sejarah dan pembahasannya. Kamu dapat berlatih lebih banyak soal SIMAK UI lainnya melalui aplikasi belajar online Pahamify yang bisa kamu unduh di link ini.

Buat kamu yang ingin melakukan persiapan belajar intensif SIMAK UI 2021, jangan lupa berlangganan Paket SIMAK UI 2021 dari Pahamify. Ada try out SIMAK UI, bank soal, rangkuman materi SIMAK, study plan, kelas online, serta grup belajar eksklusif yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan peluang lolos seleksi penerimaan UI 2021. 

Yuk, berlangganan paketnya sekarang! Gunakan semua fitur keren Pahamify untuk #TaklukkanSIMAKUI!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version