Pahamifren, kamu pasti sudah tahu banyak PTN mulai membuka pendaftaran Seleksi Mandiri untuk calon mahasiswa yang ingin berkuliah di kampus tersebut. Yup! Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, kamu bisa mencoba masuk kampus impian melalui jalur Mandiri. Lalu, jalur Mandiri itu sebenarnya apa sih? Apa perbedaannya dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN? Apakah saat mendaftar Seleksi Mandiri PTN peserta pasti diterima? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Seleksi Mandiri PTN?

Seleksi Mandiri PTN adalah sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri secara mandiri. Tata kelola dan aturan seleksi ini dikelola oleh suatu PTN itu sendiri. Contoh Seleksi Mandiri PTN yaitu Universitas Indonesia menyelenggarakan SIMAK UI atau Universitas Gadjah Mada mengadakan UTUL UGM.

Berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN, jalur Mandiri tiap kampus umumnya tidak dilakukan secara serentak seluruh Indonesia. Bentuk tes seleksinya pun berbeda-beda, tidak seperti SNMPTN yang menggunakan nilai rapor dan SBMPTN menggunakan nilai UTBK. Ada kampus yang melakukan Seleksi Mandiri menggunakan tes khusus. Namun, ada pula yang menggunakan nilai rapor, prestasi akademik dan nonakademik, atau bahkan menggunakan nilai UTBK untuk jalur Mandiri.

Apakah peserta jalur Mandiri pasti diterima? Jawabannya tidak, Pahamifren. Karena jalur ini termasuk bagian seleksi penerimaan mahasiswa baru, maka kamu tetap akan melalui proses seleksi setelah mendaftar. Terkait jadwal, syarat, dan proses Seleksi Mandiri tiap PTN, kamu perlu rajin mengecek laman resmi kampus yang kamu tuju, ya.

Seleksi Mandiri PTN, Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Mendaftar

Hal-Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Mendaftar Jalur Mandiri

Buat kamu yang tertarik ikut Seleksi Mandiri PTN, ada hal-hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar. Apa saja itu?

Pahami dan  Latihan Soal SIMAK UI 2021 Kemampuan IPS: Sejarah

Opsi Terakhir Masuk PTN

Ibarat pepatah, ‘banyak jalan menuju Roma’. Selain SNMPTN dan SBMPTN, kamu masih bisa mewujudkan impian kuliah di PTN favorit melalui jalur Mandiri. Tapi ingat, jalur Mandiri secara umum menjadi opsi terakhir masuk PTN. Ada baiknya sembari menunggu pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2021, kamu mulai mempersiapkan diri mengikuti seleksi yang satu ini.

Sebenarnya, saat tidak lolos jalur SNMPTN dan SBMPTN, kamu masih bisa memutuskan gap year dan mencoba SBMPTN di tahun depan. Namun, Seleksi Mandiri PTN dapat menjadi solusi agar kamu tetap berkuliah di PTN impian tepat setelah lulus sekolah. Jadi, maksimalkan kesempatan ini dengan baik, Pahamifren!

Jumlah Peminat Tidak Sebanyak SBMPTN

Kuota yang ditetapkan LTMPT untuk Seleksi Mandiri PTN 2021 yaitu maksimal 30% dari semua jalur seleksi. Khusus PTN berbadan hukum seperti UI, ITB, dan UGM yaitu sebesar 50%. Meski kuota tersebut terbilang cukup banyak, jumlah peminat Seleksi Mandiri PTN umumnya tidak sebanyak SBMPTN. Bisa dibilang, persaingannya pun tidak begitu ketat seperti SBMPTN.

Namun, jumlah peminat lebih sedikit bukan berarti seleksinya mudah. Bahkan, ada beberapa tes Seleksi Mandiri PTN dianggap lebih sulit dari UTBK SBMPTN, lho. Mengingat semua calon mahasiswa baru yang mendaftar punya keinginan besar diterima, pasti mereka akan berusaha sekuat tenaga lolos seleksi ini. Kamu harus bersiap diri semaksimal mungkin agar bisa bersaing dan lolos Ujian Mandiri.

Bisa Ikut Banyak Seleksi Mandiri PTN

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jalur Mandiri PTN dikelola sendiri oleh perguruan tinggi terkait tanpa ada campur tangan pemerintah. Dalam artian, PTN tersebut menentukan segala hal terkait seleksi, mulai dari jadwal, syarat, biaya, hingga kriteria penilaian seleksinya.

Pahami dan  Informasi Lengkap Seleksi Mandiri UNY 2021 Program S1

Nah, karena dikelola sendiri, tanggal seleksi jalur Mandiri ini bisa berbeda-beda. Kamu pun bisa ikut banyak Seleksi Mandiri PTN, asalkan jadwal tesnya tidak bersamaan. Contohnya, kamu bisa mendaftar UTUL UGM dan SPMB Mandiri Unsoed sekaligus.

Biaya Pendidikan Jalur Mandiri Relatif Mahal

Sebelum membahas biaya pendidikan jalur Mandiri, kamu perlu tahu kalau biaya pendaftaran Seleksi Mandiri biasanya lebih tinggi dibandingkan pendaftaran UTBK SBMPTN. Biaya pendaftarannya berkisar Rp100.000 – Rp500.000. Bahkan, ada PTN atau jurusan tertentu yang menetapkan biaya pendaftaran Mandiri sekitar Rp900.000 ke atas.

Hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum mendaftar juga terletak pada biaya pendidikan jalur Mandiri. Biaya pendidikannya biasanya mencakup Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan uang pangkal yang dibayar satu kali saat pertama kali masuk. Maksud uang pangkal ini bisa berbeda-beda tergantung istilah yang dipakai PTN masing-masing. Besaran UKT dan uang pangkal PTN disesuaikan dengan jurusan yang kamu tuju. Umumnya, besaran uang pangkal ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Namun, ada beberapa kampus seperti Universitas Indonesia yang tidak menerapkan uang pangkal pada jalur Mandiri. Selain itu, sebagian besar PTN juga menerima pendaftar KIP Kuliah jalur Mandiri untuk meringankan biaya pendidikan mahasiswanya. Contoh PTN yang menerima KIP Kuliah jalur Mandiri yaitu Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sistem Ujian Tiap Kampus Berbeda

Sistem Ujian Mandiri PTN tergantung pada kebijakan dari kampus masing-masing. Ada yang penyelenggaraan ujiannya mengikuti konsep UTBK dan ada yang tidak. Kampus yang menggunakan konsep seperti UTBK biasanya memiliki kelompok ujian dan materi hampir sama dengan UTBK SBMPTN. Atau, hanya sistem pelaksanaannya saja yang sama yakni berbasis komputer.

Pahami dan  Terlengkap! Informasi Ujian Mandiri IPB Program Sarjana 2021, Dari Jadwal Hingga Syarat Pendaftarannya

Namun, tidak semua kampus mengadakan Ujian Mandiri. Ada PTN yang hanya menggunakan nilai rapor, nilai UTBK, dan prestasi sebagai kriteria seleksi penerimaan calon mahasiswa baru. Oleh karena itu, kamu harus selalu aktif mencari informasi terkait aturan Seleksi Mandiri di kampus yang kamu tuju.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar Seleksi Mandiri PTN. Mudah-mudahan, ulasan ini membantumu lebih fokus dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Mandiri. Kamu bisa menggunakan aplikasi Pahamify sebagai sarana belajar persiapan Mandiri yang seru dan bikin paham.

Buat kamu yang berencana mencoba Ujian Mandiri UI, kamu bisa berlangganan Paket SKS SIMAK UI 2021 Pahamify. Ada try out SIMAK UI, bank soal dan rangkuman SIMAK, fitur Study Plan, hingga grup belajar eksklusif untuk diskusi soal SIMAK UI bersama tutor sepuasnya. Cek detail Paket SIMAK UI 2021 di sini dan klik banner di bawah untuk berlangganan.

Yuk, download aplikasi Pahamify sekarang! Gunakan semua fiturnya untuk #TaklukkanSIMAKUI dan Ujian Mandiri PTN lainnya.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version