4 Alasan Klasik yang Bikin Malas Belajar dan Cara Mengatasinya

Belajar memang penting, namun alasan tersebut belum cukup untuk bikin kita rajin belajar. Ada saja berbagai alasan yang tiba-tiba muncul dan akhirnya bikin semangat belajar kita kembali layu.

Nah, menurut buku Learning How to Learn: A Guide for Kids and Teens karangan Barbara Oakley dan Terrence Sejnowski, umumnya ada empat alasan paling umum yang bikin kita malas belajar dan bagaimana cara mengatasi malas.

Yuk simak penjelasan alasan dan cara mengatasi malas lebih lengkap lagi!

  • Alasan pertama: Enggak punya waktu belajar!

    Membagi waktu untuk pergi ke sekolah, bermain, belajar di rumah, dan istirahat memang tidak mudah, karena itu, tidak punya waktu kerap kali jadi alasan untuk tidak belajar.

    Mau tidak mau, kamu harus belajar membagi waktu dengan baik agar bisa memiliki waktu khusus utnuk belajar. Kalau tidak memiliki banyak waktu untuk belajar saat weekdays, kamu bisa ambil waktu beberapa jam untuk belajar.
  • Alasan kedua: Materinya enggak kebayang!

    Saat belajar materi yang susah, ada kalanya materi yang sedang kamu pelajari itu enggak masuk ke dalam otakmu, alias enggak kebayang sama sekali sebenarnya materi ini belajar tentang apa sih? Aplikasi atau contohnya di dunia nyata itu kaya gimana, yah?

    Kamu bisa loh pakai bantuan animasi atau gambar-gambar lucu untuk membantu supaya lebih mudah mengingat materi yang sedang kamu pelajari. Misalnya saat biologi mengenai hewan-hewan, kamu bisa melakukan doodling atau membuat gambar-gambar hewan yang lucu di catatanmu. Sehingga saat membaca kembali, kamu bisa lebih mudah memahami materi tersebut.
cara mengatasi malas itu mudah
  • Alasan ketiga: Pelajarannya enggak berguna

    Pernah enggak sih kamu merasa males belajar matematika karena kamu merasa pelajaran tersebut enggak bakal kamu pakai di kehidupan nyata? Atau bisa juga kamu merasakan hal tersebut saat belajar mata pelajaran lain.

    Meskipun pelajaran yang kamu pelajari di sekolah tidak ada gunanya di dunia nyata, kamu bisa mengubah mindset kamu kalau kamu belajar itu untuk melatih kemampuan otak. Karena belajar merupakan sarana untuk melatih kemampuan otak untuk menyelesaikan masalah, berpikir logis, kemampuan menghapal dan mengingat, serta banyak lagi manfaat dari belajar.
  • Alasan keempat: Gurunya ngebosenin!

    Guru yang membosankan, galak, kurang menyenangkan memang bisa memang bisa bikin tidak semangat untuk belajar. Kalau itu alasan kenapa kamu malas belajar, maka mau tidak mau kamu harus mengulang pelajaran di kelas sendiri.

    Meski gurumu membosankan, tetap perhatikan apa yang diajarkan oleh beliau dan jangan lupa untuk mencatat materi apa saja yang diajarkan, jadi kamu tidak kesulitan lagi saat harus mengulang materi di kelas.

Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog