Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Halo, Pahamifren! Saat ini pasti kamu lagi deg-degan menunggu giliran ujian atau menunggu hasil UTBK, bagi yang sudah selesai. Kita berdoa semoga kamu bisa lolos UTBK dan bisa masuk ke kampus impian kamu selama ini. Amin. Tapi, kalau kamu gagal lolos masuk kampus impian kamu melalui jalur UTBK, kamu jangan putus asa dulu. kamu masih bisa berjuang masuk ke kampus impian kamu melalui Ujian Mandiri PTN.

Apa, sih, Ujian Mandiri PTN itu? Sesuai dengan namanya, Ujian Mandiri PTN adalah sistem penerimaan mahasiswa baru yang dikelola dan diselenggarakan sendiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri. Nah, karena diselenggarakan secara mandiri, jadwal dan prosedur sistem penerimaan mahasiswa baru di setiap PTN juga berbeda-beda. Agar kamu bisa mendaftar dan mengikuti Ujian Mandiri PTN yang kamu incar sesuai dengan prosedur mereka, kamu bisa simak artikel Jadwal Ujian Mandiri PTN ini baik-baik, ya.

1. Universitas Indonesia

Seleksi Mandiri UI atau yang biasa disingkat SIMAK UI merupakan salah satu Ujian Mandiri PTN yang bisa kamu pertimbangkan sebagai jalur masuk untuk berkuliah di UI. Pasalnya, tahun ini UI membuka kuota untuk SIMAK UI sampai 50%. Jadi, nantinya akan ada 20% mahasiswa baru UI yang terseleksi melalui SNMPTN, 30% mahasiswa baru UI dari SBMPTN, dan 50% mahasiswa baru UI dari SIMAK UI. Menarik banget, bukan? Nah, supaya kamu punya peluang untuk jadi bagian dari 50% mahasiswa baru SIMAK UI, kamu harus ingat jadwal ujian mandiri UI seperti berikut:

  • Pendaftaran: 19 Juni sampai 28 Juli 2020
  • Pelaksanaan Ujian: 5 Agustus 2020
  • Pengumuman Kelulusan: 22 Agustus 2020

Untuk materi ujian dalam SIMAK UI ini kamu akan melaksanakan ujian yang meliputi:

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi
  • Menulis Esai

Eits! kamu jangan panik duluan karena di SIMAK UI ada ujian menulis esai. Ujian menulis esai dalam SIMAK UI ini bertujuan untuk menggali soft skill kamu. Jadi, esai kamu nanti tidak diwajibkan sempurna, yang penting kamu mengerti standar esai formal dan mampu menuangkan gagasanmu dalam esai.

2. Institut Pertanian Bogor

Kalau kamu mau masuk IPB melalui jalur Ujian Mandiri, kamu memiliki dua pilihan. Pertama, kamu bisa menggunakan skor UTBK. Kalau kamu memilih pilihan pertama ini, kamu tidak perlu mengikuti UTM-BK (Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer). Kedua, bagi kamu yang tidak memiliki skor UTBK, maka kamu wajib mengikuti tes UTM-BK. Dalam UTM-BK, kamu akan melaksanakan Tes Kemampuan Skolastik yang bersifat High Order Thinking Skills. Nah, biar kamu tidak terlewat Ujian Mandiri IPB ini, kamu ingat jadwal penting berikut, ya! 

  • Pendaftaran: 20 Juni sampai 27 Juli 2020
  • Pelaksanaan UTM-BK: 2 Agustus 2020
  • Pengumuman Kelulusan: 13 Agustus 2020

3. Universitas Negeri Jakarta

Nah, kalau kamu ingin masuk UNJ melalui Jalur Mandiri, kamu harus mengikuti Penmaba UNJ (Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta). Saat pendaftaran, kamu harus mengunggah isi data diri, orang tua, dan sekolah kamu. Selain itu, kamu juga harus mengunggah rapor beserta surat pernyataan keaslian rapor kamu. Bagi kamu yang memilih program studi seni dan olahraga, kamu wajib mengunggah dokumen portofolio/keterampilan. Kalau kamu berminat mengikuti Penmaba UNJ, kamu ingat baik-baik jadwal berikut, ya.

  • Pendaftaran: 20 Mei sampai 26 Juli 2020
  • Pelaksanaan Ujian Tulis: 29 Juli 2020
  • Pelaksanaan Ujian Keterampilan (Seni dan Olahraga): 30 Juli 2020
  • Pengumuman Kelulusan: 6 Agustus 2020

Saat Penmaba UNJ nanti, kamu akan menjalani ujian yang meliputi:

  • Tes Kemampuan Dasar (TKD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Tes Kemampuan Sains dan Teknologi (TK Saintek): Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika
  • Tes Kemampuan Sosial dan Humaniora (TK Soshum): Sosiologi, Geografi, Sejarah, dan Ekonomi
  • Tes Keterampilan khusus bagi yang memilih kelompok program studi seni dan olahraga

4. UIN Syarif Hidayatullah

UIN Syarif Hidayatullah melakukan Ujian Mandiri berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik melalui nilai rapor dan prestasi non akademik (jika ada). Jadi, nanti kamu hanya melakukan pendaftaran dan pembayaran, setelah itu kamu mengisi formulir nilai rapor dan prestasi non akademik (jika ada) kamu di laman web UIN Syarif Hidayatullah serta mencetak Kartu Peserta kamu. Nah, setelah itu kamu tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi. Kalau kamu lulus seleksi, kamu diwajibkan mengunggah scan rapor asli dan prestasi non akademik (jika ada) kamu dan menunggu lagi sampai unggahan kamu tersebut diverifikasi oleh pihak UIN Syarif Hidayatullah. Terakhir, kamu tinggal menunggu hasil pengumuman apakah kamu diterima di UIN Syarif Hidayatullah atau tidak, deh.

Berikut jadwal penting yang wajib kamu ingat:

  • Pendaftaran: 5 Mei sampai 20 Juli 2020
  • Mengisi Nilai Rapor dan Prestasi Nonakademik serta Cetak Kartu Peserta: 20 Mei sampai 21 Juli 2020
  • Pengumuman Hasil Lulus Seleksi: 31 Juli 2002
  • Unggah Scan Rapor Asli dan Bukti Prestasi Nonakademik: 31 Juli sampai 4 Agustus 2020
  • Verifikasi Rapor dan Prestasi Nonakademik: 31 Juli sampai 12 Agustus 2020
  • Pengumuman Kelulusan: 15 Agustus 2020

5. Universitas Padjadjaran

Kalau impian kamu adalah kuliah di Unpad, kamu memiliki dua metode untuk masuk ke Unpad. Pertama, panitia seleksi Jalur Mandiri Unpad akan mempertimbangkan kamu dapat masuk atau tidaknya ke Unpad berdasarkan nilai UTBK Tahun 2020 kamu. Kedua, melalui hasil Ujian Mandiri yang dilaksanakan oleh Unpad. Nah, kalau kamu mau mendaftar ke Unpad, kamu ingat baik-baik jadwal pentingnya, ya.

  • Pendaftaran: 30 Juni sampai 4 Agustus 2020
  • Masa Isi Data dan Unggah Dokumen Persyaratan: 30 Juni sampai 4 Agustus 2020
  • Pelaksanaan Ujian: 8 Agustus sampai 9 Agustus 2020
  • Pengumuman Kelulusan: 23 Agustus 2020

Kalau kamu mau mendaftar melalui Jalur Mandiri Unpad dengan menggunakan metode seleksi dari nilai UTBK Tahun 2020 kamu, maka kamu wajib mengunggah kartu peserta UTBK Tahun 2020 kamu pada jadwal yang sudah ditentukan, ya, Teman-teman.

6. Institut Teknologi Bandung

Nah, bagi kamu yang ingin masuk ITB melalui Jalur Mandiri, kamu bisa mengikuti Seleksi Mandiri ITB atau yang disingkat SM-ITB. SM-ITB ini diprioritaskan untuk para calon mahasiswa yang belum diterima melalui jalur SNMPTN/SBMPTN atau Kelas Internasional ITB Tahun 2020, ya, Pahamifren. SM-ITB ini akan dilaksanakan berdasarkan desk evaluation dengan menggunakan dua komponen penilaian, yaitu: pertama hasil UTBK, nilai rapor, dan kriteria lainnya bagi para pendaftar Fakultas atau Sekolah ITB selain FSRD. Kedua, melalui hasil UTBK, nilai rapor, hasil Tes Kemampuan Seni Rupa, dan kriteria lainnya bagi para pendaftar FSRD ITB. 

Jadi, bagi kamu yang akan mendaftar ke fakultas atau sekolah selain FSRD, kamu tidak akan menjalani tes, ya, Temen-Temen.  kamu hanya akan diseleksi melalui nilai UTBK dan nilai rapor kamu saja. 

Berikut adalah jadwal penting SM-ITB yang perlu kamu ingat:

  • Pendaftaran: 1 Juli sampai 23 Juli 2020
  • Pelaksanaan Tes Kemampuan Seni Rupa secara online bagi peminat FSRD: 3 Agustus sampai 5 Agustus 2020
  • Pengumuman Kelulusan: akan disampaikan kemudian

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Sama seperti UI, ITS juga memberikan kuota Jalur Mandiri sebesar 50%. Nah, kalau kamu tertarik masuk ITS melalui jalur ini, kamu wajib mengikuti Seleksi Kemitraan dan Mandiri atau yang disingkat SKM. Mengapa disebut SKM? Karena ada dua jalur penerimaan calon mahasiswa baru di ITS, yaitu: pertama, seleksi kemitraan yang diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang memiliki nita kesepahaman dengan ITS, yang ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA. Kedua, seleksi mandiri yang diperuntukkan bagi siswa SMA/MA.SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Seleksi SKM ITS ini akan didasarkan pada nilai UTBK tahun 2020 atau hasil tes kemampuan akademik ITS, nilao rapor, deskripsi diri, dan prestasi-prestasi lainnya. Bagi kamu yang berminat pada program studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, maka kamu wajib mengunggah portofolio kamu.

Berikut jadwal penting SKM ITS gelombang kedua yang wajib kamu ingat bila kamu ingin masuk ke ITS melalui Jalur Mandiri:

  • Pendaftaran SKM: 3 Agustus sampai 22 Agustus 2020
  • Pelaksanaan Ujian SKM: 4 Agustus sampai 6 Agustus 2020, 18 dan 19 Agustus 2020, dan 24 Agustus 2020 (khusus bagi pendaftar IUP, soal dalam bahasa Inggris)
  • Pengumuman Hasil SKM: 28 Agustus 2020
  • Pendaftaran Ulang: 31 Agustus sampai 3 September 2020

8. Universitas Diponegoro

Dikarenakan situasi pandemi COVID-19 masih merebak di Indonesia, pada tahun ini Undip meniadakan ujian tertulis pada Ujian Mandiri mereka. Ujian tertulis tersebut diganti dengan Seleksi Ujian Mandiri S1 berdasarkan portofolio kamu. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mendaftar ke Undip melalui Ujian Mandiri, kamu hanya diminta mengisi daftar portofolio yang terdiri dari nilai rapor semester I sampai V dan bukti prestasi lain (bila ada) melalui aplikasi Undip. Selain itu, jangan lupa untuk mengunggah surat pernyataan yang ditandatangani kamu dan orang tua dalam format PDF serta mencetak kartu peserta pendaftaran online.

Berikut jadwal yang perlu kamu perhatikan bila memang ingin mendaftar sebagai calon mahasiswa baru Undip:

  • Pendaftaran: 21 April sampai 20 Juli 2020
  • Cetak Kartu Peserta: 21 April sampai 21 Juli 2020
  • Pengumuman Kelulusan: 21 Agustus 2020

9. Universitas Gadjah Mada

UGM melakukan seleksi calon mahasiswa baru Jalur Mandiri dengan menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2020 dan Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh UGM. Kalau kamu memang berminat kuliah di UGM melalui Jalur Mandiri, maka berikut adalah jadwal ujian mandiri UGM tahun 2020 yang perlu kamu perhatikan:

  • Pendaftaran: akan diumumkan kemudian
  • Pelaksanaan Ujian: 26 Juli 2020
  • Pengumuman Kelulusan: 8 Agustus 2020

UGM dalam website-nya menyebutkan bahwa jadwal di atas masih bersifat tentatif karena berhubungan dengan situasi tanggap darurat COVID-19 di Indonesia. Jadi kamu yang ingin mendaftar menjadi calon mahasiswa baru UGM melalui Jalur Mandiri harus rajin-rajin mengecek website mereka, ya, Pahamifren.

Nah, dalam UTUL UGM nanti, kamu akan melaksanakan ujian tertulis sesuai dengan UTBK yang sudah kamu ikuti sebelumnya, yaitu:

  • Tes Kemampuan Saintek berupa: Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia
  • Tes Kemampuan Soshum berupa: Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi

10. Universitas Negeri Malang

UM melaksanakan Ujian Mandiri melalui dua cara. Pertama, berdasarkan nilai UTBK Tahun 2020 bagi kamu yang tidak ingin mengikuti Tes Masuk Berbasis Komputer UM (TMBK UM). Kedua, berdasarkan nilai TMBK UM. Jadwal penting Ujian Mandiri UM adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran: 13 Juli sampai 29 Juli 2020
  • Pelaksanaan TMBK UM: 1 Agustus sampai 3 Agustus 2020
  • Pengumuman Kelulusan: 7 Agustus 2020

Sekarang kamu sudah tahu jadwal Ujian Mandiri dari masing-masing PTN serta cara penilaian seleksi yang dilakukan oleh panitia masing-masing PTN. Semoga informasi ini membantu kamu menentukan PTN mana yang mau kamu ikuti Ujian Mandirinya. Tapi, kamu juga jangan lupa, ya, karena pandemi COVID-19, jadwal dari setiap PTN di atas jadi tidak menentu dan panitia masing-masing PTN akan terus menyesuaikan jadwal dan metode penerimaan mahasiswa mereka dengan kondisi pandemi. Oleh karena itu, kamu harus tetap rajin mengecek jadwal masing-masing PTN di website mereka agar kamu bisa bersiap-siap kalau jadwalnya tiba-tiba berubah. 

Nah, untuk membantu persiapan kamu menghadapi Ujian Mandiri nanti yang masih menggunakan metode ujian tulis, kamu masih bisa berlangganan paket belajar di aplikasi Pahamify. Dengan berlangganan paket belajar Pahamify ini, kamu bisa memantapkan konsep dari setiap materi yang akan diujikan dengan mengakses berbagai fitur seperti fitur belajar, flash card, quiz, dan kisi-kisi materi Ujian Mandiri yang dapat membantu kamu memahami materi ujian yang akan dihadapi nanti. Ayo #teruskansemangatbelajarmu di rumah aja bersama Pahamify! Buruan unduh aplikasi Pahamify dan langganan paket belajarnya!

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog