Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Halo, Pahamifren! Mungkin kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan jurusan teknik. Atau mungkin kamu yang belum duduk di bangku kuliah masih bingung ingin ambil jurusan apa? Di antara Kamu mungkin pernah mendengar atau berniat mendaftar di jurusan teknik lingkungan. Nah, kalau kamu ingin mengenal lebih jauh jurusan teknik yang anti mainstream ini. Yuk simak penjelasannya.

Manusia turut banyak terlibat dalam pemikiran tentang tata kelola lingkungan dan kesehatan bersama, karena menyangkut keselamatan manusia dengan alam semestanya, oleh karena itu diperlukan bidang studi khusus yang dapat menjadi solusi dari permasalahan lingkungan dengan menggunakan pendekatan teknologi yaitu bidang studi Teknik Lingkungan.

Jurusan Teknik Lingkungan di Indonesia dulunya dikenal dengan nama Departemen Teknik Penyehatan dan berdiri pertama kali di ITB pada 10 Oktober 1962. Jurusan ini menerapkan pemikiran dan teknik serta manajemen untuk memelihara kesehatan, keselamatan manusia dan lingkungan secara keseluruhan. Adanya pencemaran lingkungan seperti pencemaran terhadap air, tanah, udara (suara) dan bagian alam semesta lainnya sangatlah memerlukan tindakan pencegahan, upaya pengendalian pencemaran, pemeliharaan dan pemberdayaan sumber daya alam yang berkualitas. Upaya tersebut akan berguna untuk kegiatan yang berfaedah seperti kegiatan konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, penyaluran limbah dan buangan industri baik cair, gas, dan tanah (lumpur) maupun atmosfer.

Jurusan yang satu ini memiliki prospek kerja sangat menjanjikan. Tingkat kebutuhan alumni Teknik Lingkungan juga begitu tinggi. Menariknya lagi, alumni Teknik Lingkungan merupakan salah satu tenaga kerja dengan gaji tertinggi, lho!

Prospek Kerja Alumni Teknik Lingkungan

Tidak hanya memiliki potensi gaji yang besar. Lulusan Teknik Lingkungan juga menjanjikan prospek kerja yang sangat luas. Bahkan, alumni Teknik Lingkungan bisa bekerja di berbagai sektor industri. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini pilihan karier yang bisa dijalankan oleh lulusan Teknik Lingkungan:

Petugas Konservasi Lingkungan

Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini memiliki tanggung jawab dalam mengelola, melindungi, serta mengembangkan lingkungan. Dalam menjalankan tugasnya, kamu dituntut untuk mengetahui tentang Sistem Informasi Geografis (SIG).Kebutuhan terhadap tenaga kerja ini cukup besar. Tenaga kerja ini dibutuhkan oleh pengelola taman nasional, instansi pemerintah, pengelola perkebunan, ataupun perusahaan properti.

Petugas Pengolah Limbah

Tenaga pengelola limbah menjadi prospek kerja yang bisa ditempati oleh lulusan Teknik Lingkungan. Berbagai jenis perusahaan membutuhkan keberadaannya, termasuk di antaranya adalah industri farmasi, industri makanan, industri pasta gigi, dan lain-lain. Deskripsi pekerjaannya tentu saja mengelola limbah perusahaan.

Energy Manager

Tanggung jawab dari seorang energy manager adalah melakukan pengawasan serta pengaturan pemakaian energi dalam sebuah perusahaan.

Ahli Ekologi 

Tugas utama dari tenaga ahli ekologi adalah melakukan penelitian tentang kondisi ekosistem secara menyeluruh. Kamu pun perlu melakukan klasifikasi makhluk hidup, melakukan penelitian pengaruh bertambahnya makhluk hidup tertentu terhadap ekosistem, ataupun melakukan pencegahan sekaligus mengatasi masalah lingkungan yang ada di ekosistem.

Konsultan Lingkungan

Seorang konsultan lingkungan melakukan pekerjaannya dengan meneliti tingkat kontaminasi yang ada di lingkungan air, udara, serta tanah. Setelah mengumpulkan data-data tersebut, kamu harus melakukan analisis lebih lanjut. Dari hasil analisis, kamu dapat mengidentifikasi dampak yang muncul akibat adanya kontaminasi, terutama dampak negatif terhadap manusia dan lingkungan.

Menarik bukan? Nah, Jika Pahamifren ingin mencari universitas yang ada jurusan teknik lingkungan, beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta ini bisa kamu jadikan pilihan teknik lingkungan terbaik di Indonesia, antara lain:

1. Universitas Indonesia Jakarta

2. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

3. Universitas Diponegoro Semarang 

4. Universitas Brawijaya Malang 

5. ITB Bandung

6. ITS Surabaya

7. Universitas Trisakti Jakarta

8. Institut Teknologi Nasional Bandung

9. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Dan masih ada lagi yang bisa juga kamu browsing sendiri di website masing-masing Perguruan Tinggi yang kamu inginkan, tentunya dengan daya tampung yang masih terbuka lebar dan bisa mendapatkan banyak peluang dan kesempatan untuk dapat diterima menjadi mahasiswa/i di masing-masing Perguruan Tinggi yang kamu pilih. Itulah informasi lengkap yang bisa kamu peroleh terkait Jurusan Teknik Lingkungan.

Nah, buat Pahamifren yang masih bingung dengan potensi diri kamu dan masih bingung mau mengambil program studi apa untuk kuliah nanti, kamu bisa mengakses fitur Minat dan Bakat di aplikasi Pahamify. Pahamify juga punya paket menarik untuk menemani kamu latihan menghadapi tes masuk jurusan pilihan kamu. Dan kita masih ada promo diskon berlangganan paket belajar selama 3 dan 6 bulan mencapai 80%. Ayo buruan unduh aplikasi Pahamify sekarang!

Penulis : Alya Rizkia Zahra


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog