Industri kreatif menjadi satu di antara bidang industri yang mengandalkan keterampilan, talenta, dan unsur-unsur kreativitas. Buat kamu, Pahamifren yang memiliki jiwa seni dan kreativitas tinggi, berkuliah di jurusan kuliah industri kreatif bisa menjadi pilihan tepat, lho. Tapi bagaimana sih perkembangan industri kreatif di Indonesia? 

Secara umum, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang saat ini kembali ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah membagi industri kreatif ke dalam 16 subsektor. Cakupan subsektor tersebut meliputi desain interior, arsitektur, desain komunikasi visual, desain produk, pengembang permainan, film, animasi, fotografi, video, fashion, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi, dan radio. 

Jurusan Kuliah Industri Kreatif

Nah, dari banyaknya subsektor industri kreatif di Indonesia, kamu sudah terbayang dong, bagaimana prospek industri ini di masa depan? Biar makin jelas, pada artikel ini, Mipi mau mengajak kamu membahas lebih jauh tentang jurusan kuliah industri kreatif. Baca sampai selesai ya, Pahamifren!

Jurusan Kuliah Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual atau lebih dikenal DKV adalah salah satu jurusan kuliah industri kreatif yang mempelajari seni menyampaikan pesan dalam bentuk visual. Selain menyampaikan pesan, kamu juga akan mempelajari cara membuat orang paham dengan pesan visual yang kamu maksud.

Buat kamu yang ingin bekerja di subsektor industri kreatif? Kamu bisa memilih jurusan kuliah industri kreatif.

Contohnya, saat kamu melihat poster burger yang dibungkus dengan kotak berlogo “M”, kamu pasti langsung tahu itu adalah iklan McDonald’s. Artinya, kamu paham dengan pesan visual itu dan orang yang membuat poster tersebut sukses mengomunikasikan desain visualnya.

Nah, di jurusan Desain Komunikasi Visual kamu dapat mempelajari hal yang sama seperti itu. Kamu akan belajar cara membuat poster, desain web, logo, hingga animasi secara tepat agar maknanya bisa sampai ke semua orang.

Jurusan Kuliah Televisi dan Film

Pahamifren hobi menonton film atau tayangan televisi? Kalau iya, kamu pasti pernah membayangkan proses pembuatan film atau tayangan televisi tersebut kan? Dengan memilih jurusan Televisi dan Film, kamu bisa mempelajari proses pembuatan film atau tayangan televisi secara langsung.

Enggak cuma itu, kamu juga mempelajari teknik pembuatan film, seperti pengambilan gambar, membuat storyboard, hingga teknik menggunakan musik untuk menunjang cerita dari film yang kamu buat. Keren kan?

Jurusan Penyiaran (Broadcasting)

Seperti yang kamu tahu, salah satu subsektor industri kreatif adalah televisi. Nah, bagi kamu yang ingin masuk dunia pertelevisian, kamu bisa memilih jurusan Penyiaran. Dalam jurusan ini, kamu akan belajar cara membuat sebuah ide program televisi.

Kamu juga mempelajari teknik produksi, seperti teknik mengambil gambar, kelola tata cahaya, tata suara, editing gambar, dan sebagainya. Materi tentang manajemen produksi dan manajemen pemberitaan pun bisa kamu dapatkan di jurusan industri kreatif ini.

Jurusan Seni Rupa

Rekomendasi jurusan kuliah industri kreatif selanjutnya adalah jurusan Seni Rupa. Di jurusan ini, kamu tidak hanya menciptakan karya seni, lho! Tetapi, kamu juga akan mempelajari teori-teori di balik sebuah seni rupa, seperti sejarah, sosiologi seni, manajemen seni, serta tinjauan kritik seni rupa. Lengkap banget deh!

Tidak hanya teori, kamu pun akan banyak melakukan praktik, seperti membuat keramik, melukis, memahat kayu, membuat kaligrafi, dan masih banyak lagi. Dalam bidang seni rupa, keaslian karya seni sangat dijunjung tinggi. Jadi, pastikan kamu mengasah kreativitas agar karya kamu terus berkembang dan memiliki ciri khasnya sendiri.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Kuliah jurusan Ilmu Komunikasi cuma belajar ngomong? Tentu tidak dong. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teori komunikasi lebih dalam. Kamu dapat mempelajari cara menyampaikan pesan, serta media apa yang efektif menyampaikan pesan tersebut. Materi di bidang industri kreatif, seperti periklanan, jurnalistik, penyiaran, hingga public relation juga bisa kamu pelajari di jurusan Ilmu Komunikasi.

Menguasai ilmu komunikasi juga termasuk bidang industri kreatif. Banyak jurusan kuliah industri kreatif tentang komunikasi yang bisa kamu pilih.

Pada dasarnya, inti dari penyampaian suatu pesan adalah melalui komunikasi kan? Dengan mempelajari ilmu komunikasi secara mendalam, kamu dapat memaksimalkan ilmu tersebut di bidang industri kreatif nantinya. Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan kuliah dengan prospek kerja di dunia kreatif paling luas, lho! Tak heran, jurusan ini menjadi incaran banyak pelajar yang ingin terjun ke industri kreatif.

Itu dia daftar jurusan kuliah industri kreatif yang bisa menjadi referensi kamu. Bagaimana? Tertarik kuliah di jurusan ini? Buat kamu yang lagi ngambis masuk PTN favorit, sudah saatnya mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN 2021.

Sekarang, kamu bisa merancang persiapan SBMPTN 2021 lewat latihan soal UTBK dari Pahamify. Fitur try out online dari Pahamify dirancang khusus untuk membantu kamu mempersiapkan diri menghadapi soal-soal UTBK. Yuk, download Pahamify di link ini dan manfaatkan fitur-fitur menariknya.

Jangan lupa, cek juga promo menarik lainnya dari Pahamify di sini ya!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version