Pahamifren, siapa nih yang masih bingung memilih jurusan kuliah? Menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat memang susah-susah gampang ya. Nah, kali ini Mipi mau mengajak kamu untuk mengulas Jurusan Teknik Kimia nih, Pahamifren. Universitas mana saja yang memiliki jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Universitas Jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia

Sebenarnya, banyak universitas keren yang memiliki jurusan teknik kimia terbaik lho Pahamifren. Tapi, biar kamu nggak terlalu bingung, Mipi hanya akan mengulas lima universitas saja, sebagai berikut:

Siapa di antara kamu yang berencena kuliah di jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia?

Institut Teknologi Bandung (ITB) 

Siapa yang nggak kenal dengan Institut Teknologi Bandung (ITB)? Nggak bisa dipungkiri deh, kalau ITB termasuk sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Sesuai namanya, ITB menjadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin berkuliah di jurusan teknik, Pahamifren.

Kelebihan Jurusan Teknik Kimia ITB

Nah, salah satu jurusan yang digemari di ITB adalah jurusan Teknik Kimia. Jurusan ini menjadi bagian dari Fakultas Teknologi Industri yang sudah terakreditas A dari BAN PT lho. Kerennya lagi, jurusan teknik kimia ITB sudah mendapatkan akreditasi internasional dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). 

Dengan tiga bidang studi, yaitu Teknologi Kimia Umum (TKU), Bio Process (BP) dan Teknologi Pangan (TP), Teknik Kimia ITB layak dimasukkan dalam kategori universitas jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia. 

Soal prestasi jangan ditanya, tahun 2019 lalu, mahasiswa jurusan Teknik Kimia ITB yang tergabung di American Institute of Chemical Engineers Institut Teknologi Bandung  (AIChE ITB), mendapatkan penghargaan sebagai Outstanding Student Award pada acara AIChE Annual Student Conference di Orlando, Florida, Amerika Serikat. 

Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Sejak dulu, Yogyakarta menjadi destinasi belajar favorit bagi para pelajar dari seluruh Indonesia. Maka nggak heran, jika Kota Gudeg ini juga dijuluki Kota Pelajar. Salah satu universitas ternama yang menjadi favorit para mahasiswa di Yogyakarta adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). 

UGM juga menjadi salah satu universitas pertama di Indonesia yang menjadi pelopor Perguruan Tinggi Nasional (PTN) berlevel internasional. Hampir semua jurusan di UGM mendapatkan predikat terbaik, termasuk untuk jurusan Teknik Kimia.

Kelebihan Jurusan Teknik Kimia UGM

Nggak cuma mendapatkan akreditas A BAN-PT, jurusan Teknik Kimia UGM juga sudah mendapatkan akreditasi internasional dari IABEE (International Accreditation Board of Engineering Education, dan ICHemE (International chemical Engineering).

Sebagai satu di antara universitas jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia, Teknik Kimia UGM telah mencetak berbagai prestasi. Pada tahun 2019 lalu, tim mahasiswa Teknik Kimia UGM memenangkan kejuaraan CERIO, yaitu kompetisi karya tulis ilmiah berskala ASEAN yang berlangsung di gedung baru DEKANAT Universitas Diponegoro Semarang. 

Universitas Indonesia (UI) 

Membahas soal PTN, nggak lengkap rasanya tanpa mengulas kampus yang satu ini. Sejak dulu, Universitas Indonesia (UI) dikenal sebagai kampusnya orang-orang hebat di Indonesia. Hampir semua jurusan di UI memiliki predikat sebagai jurusan terbaik.

Termasuk Jurusan Teknik Kimia UI, jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang tak pernah sepi peminat di UI. Dengan standar internasional, Teknik Kimia UI termasuk sebagai salah satu jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia.

Kelebihan Jurusan Teknik Kimia UI

Berada di bawah Fakultas Teknik UI yang berdiri sejak tahun 1996, Jurusan Teknik Kimia UI tentu sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT, sekaligus akreditasi internasional dari Asean university Network (AUN).

Soal kualitas pendidikan, jangan ditanya, jurusan Teknik Kimia UI memiliki fasilitas yang lengkap dengan tenaga pengajar yang profesional. Jurusan ini juga menggelar program fast track bagi mahasiswa yang memenuhi syarat untuk menyelesaikan S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun.

Berbagai prestasi telah diraih oleh mahasiswa jurusan Teknik Kimia UI, salah satunya  1st Winner dengan predikat Best Innovation Award, sekaligus runner up dengan predikat Best Presentation Award di ajang International Biotechnology Competition and Exhibition, yang digelar pada tahun 2015 lalu di Malaysia. Kompetisi ini dihelat oleh Asosiasi mahasiswa BioProses Universitas Teknologi Malaysia (BIOSS UTM). 

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) 

Buat kamu yang ingin berkuliah di universitas bersejarah, maka ITS menjadi pilihan terbaik. Terletak di Kota Pahlawan Surabaya, ITS yang awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) diresmikan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November.

Kelebihan Jurusan Teknik Kimia ITS

Sebagai kampus ternama, hampir semua jurusan di ITS menjadi favorit. Termasuk Jurusan Teknik Kimia yang dikelola oleh Departemen Teknik Kimia ITS sejak tahun 1960 silam.

Dengan segudang pengalaman pendidikan, jurusan Teknik Kimia ITS layak dimasukkan dalam kategori jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia. Tak hanya mengantongi Akreditasi A BAN-PT, Teknik Kimia ITS juga mendapatkan sertifikat internasional AUN QA.

Kualitas pendidikan dari Jurusan Teknik Kimia ITS pun tidak diragukan lagi. Mahasiswa Teknik Kimia ITS sering mewakili Indonesia dalam kompetisi mahasiswa internasional. Selain itu, jurusan Teknik Kimia ITS juga telah banyak mencetak SDM berkualitas, seperti Dwi Soetjipto yang sempat menjadi Presiden Direktur dan CEO PT Semen Indonesia, serta Direktur Utama PT. Pertamina.

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) 

Satu lagi universitas negeri yang memiliki jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia. Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadi salah satu kampus terfavorit di Indonesia. Kampus yang terletak di Surakarta, Solo, Jawa Tengah ini tak pernah sepi peminat.

Kelebihan Jurusan Teknik Kimia UNS

Soal kualitas pendidikan, jangan ditanya, UNS telah memiliki Program Studi Teknik Kimia sejak tahun 1998 silam. Dengan Akreditasi A dari BAN-PT, jurusan Teknik Kimia UNS juga telah menjadi Lembaga pendidikan yang unggul dalam bidang industri kimia berbasis sumber hayati di tingkat internasional. 

Universitas Diponegoro (UNDIP) 

Tak jauh dari UNS Solo, kamu juga bisa memilih jurusan Teknik Kimia di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Pahamifren. Teknik Kimia sudah menjadi program studi sejak tahun 1965 di Undip, lho.

Kelebihan Jurusan Teknik Kimia Undip

Tak hanya mengantongi Akreditasi A dari BAN-PT, jurusan Teknik Kimia Undip juga telah terverifikasi oleh Lembaga Internasional Asean University Network Quality Assurance (AUN QA). 

Dalam perkembangannya, jurusan Teknik Kimia Undip telah memiliki tiga Program Studi, yaitu Program Studi S1 Teknik Kimia (PSTK), Program Studi Magister Teknik KImia dan Program Studi Doktor Teknik Kimia.

Nah, itu dia lima universitas dengan jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi, Pahamifren. Bagaimana? Kamu sudah menentukan universitas favoritmu? 

Mata Kuliah Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Kimia

Buat kamu yang penasaran dengan mata kuliah yang dipelajari di jurusan teknik kimia, Mipi akan memberi sedikit bocorannya nih. Jadi, kamu bisa mempersiapkan diri jika ingin memilih jurusan ini, Pahamifren.

Semester Awal

Di semester awal atau tahun pertama, kamu akan belajar tentang ilmu-ilmu dasar kimia, seperti Kimia Organik dan Fisika Dasar. Di sini, kamu harus benar-benar memahami semua mata kuliah yang diberikan, karena akan berpengaruh pada mata kuliah di semester berikutnya lho, Pahamifren.

Kuliah di jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia, membuka peluang untuk mendapatkan prospek kerja jurusan teknik kimia yang menjanjikan.

Semester Pertengahan

Di semester pertengahan atau tahun kedua, kamu akan menerima mata kuliah yang lebih spesifik. Tingkat kerumitannya pun akan lebih besar dibandingkan pada semester awal. Mata kuliah yang akan kamu pelajari meliputi, Termodinamika Teknik Kimia, Perancangan Alat Proses, Kinetika Katalis, Bahan Konstruksi Teknik Kimia, hingga Operasi Teknik Kimia. 

Semester Akhir

Jika semua mata kuliah tadi berhasil kamu kuasai, dan mendapatkan nilai yang baik, kamu bisa melanjutkan mata kuliah di tahun ketiga dan keempat. Di semester akhir ini, kamu akan dihadapkan dengan berbagai tugas berbasis praktik lapangan, penelitian hingga tugas akhir sebagai syarat kelulusan.

Intinya, mata kuliah jurusan Teknik Kimia bertujuan agar mahasiswa memahami proses pengolahan produk kimia, hingga mengembangkan kreativitas, ide dan menciptakan produk kimia yang bernilai ekonomis.

Prospek dan Peluang Kerja Teknik Kimia

Selain menjadi jurusan favorit, teknik kimia juga diminati karena memiliki prospek masa depan yang cerah, Pahamifren. Umumnya, teknik kimia mencetak SDM ahli yang mampu memproses bahan baku kimia menjadi sebuah produk yang bernilai ekonomis.

Maka dari itu, nggak heran jika propek teknik kimia cukup menjanjikan di masa depan. Buat kamu yang penasaran, berikut ini adalah beberapa prospek dan peluang kerja teknik kimia, antara lain:

Peneliti 

Lulusan Program Studi Teknik Kimia mempunyai peluang besar menjadi Peneliti di berbagai lembaga nasional dan internasional lho, Pahamifren. Jika kamu lulus dari jurusan teknik kimia di lima universitas jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia tersebut, kamu akan lebih mudah menjadi peneliti di BPPT dan LIPI.

Quality Control

Selain menjadi peneliti, lulusan teknik kimia berkesempatan menempati posisi praktisi Quality Control (QC) di perusahaan. Posisi ini sangat penting bagi perusahaan, karena berperan dalam membantu manajemen produksi untuk mengontrol proses pengemasan, hingga menjamin kualitas dari produk yang dihasilkan. 

Environmental Risk Assessor 

Lulusan teknik kimia sangat dibutuhkan untuk mengurus bagian Environmental Risk Assessor. Di Indonesia, bagian ini dikenal dengan nama praktisi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Jabatan semacam ini memiliki tugas penting untuk memeriksa segala resiko kerusakan lingkungan akibat aktivitas industri. 

Pertambangan dan Perminyakan 

Bekerja di sektor pertambangan atau perminyakan menjadi salah satu prospek kerja teknik kimia yang diminati. Umumnya, bekerja di perusahaan pertambangan dan perminyakan menawarkan pekerjaan yang menantang dengan penghasilan yang lumayan tinggi.

Tenaga Pengajar 

Buat kamu yang ingin mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar, setelah lulus dari teknik kimia, kamu bisa merintis karir sebagai dosen di berbagai Perguruan Tinggi Negeri atau swasta ternama. 

PNS 

Selain menjadi tenaga pengajar, kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan mendaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lulusan Teknik Kimia bisa menjadi PNS di berbagai instansi Pemerintahan pusat maupun di daerah.

Wiraswasta atau Pebisnis 

Skill yang kamu pelajari selama belajar di jurusan teknik kimia, dapat dijadikan sebagai bekal untuk membuka usaha di bidang industri lho. Dengan ilmu yang kamu miliki, kamu bahkan bisa menggaet investor untuk memberikan modal membangun usaha di bidang industri kimia.

Demikianlah ulasan tentang jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia. Semoga dapat menjadi referensi bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan teknik kimia ya, Pahamifren.  

Buat kamu yang ingin mendapatkan akses pelajaran SMA dengan cara mudah dan menyenangkan, kamu bisa mengunduh aplikasi pelajaran SMA Pahamify. Ada ratusan video pembelajaran seru yang bisa kamu dapatkan saat berlangganan Pahamify. 

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version