Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Selama ini kebanyakan siswa yang sudah lulus SMA mengincar universitas negeri favorit terbaik yang ada di pulau Jawa. Padahal, universitas terbaik di Indonesia gak cuma ada di pulau Jawa aja, loh, Pahamifren. Ada banyak kampus terbaik di luar Jawa yang bisa kamu pilih.

Memangnya apa aja sih, kampus terbaik di luar Jawa? Daripada kamu penasaran, mending kita bahas langsung aja, yuk, beberapa universitas terbaik Indonesia yang ada di luar pulau Jawa!

Banyak kampus terbaik di luar Jawa yang nggak kalah keren dengan kampus-kampus yang ada di Jawa.

Daftar Kampus Terbaik di Luar Jawa

Universitas Hasanudin

Universitas ini diresmikan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta pada tanggal 10 September 1956. Berlokasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Universitas Hasanudin (Unhas) udah gak diraguin lagi deh kualitasnya.

Terbukti pada tahun 2020, Unhas kembali menempati peringkat tinggi dalam daftar universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti, yaitu peringkat ke-7 klaster 1.

Unhas juga berhasil menempati urutan ke-17 universitas nasional versi Webometrics. Salah satu kampus terbaik di luar Jawa ini memiliki 15 fakultas yang hampir semua jurusannya berakreditasi A.

Jurusan Terbaik di Unhas

Beberapa jurusan terbaik di Unhas adalah Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Gizi, Kehutanan, Perikanan, Arkeologi, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Hubungan Internasional.

Kalau kamu belum berhasil masuk Unhas melalui jalur SBMPTN, kamu bisa mencoba lagi melalui Jalur Mandiri Unhas. Istimewanya, Jalur Mandiri Unhas ini ada empat jenis, loh! Ada Jalur Kepemimpinan, JNS (Jalur Non Subsidi), POSK (Prestasi Olahraga, Seni, dan Keilmuan), dan Kelas Internasional. 

Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara (USU) berdiri pada tanggal 20 November 1957. Kampus tertua di Sumatera ini diresmikan langsung oleh Presiden Soekarno.

Prestasi USU juga sangat baik, Pahamifren. Pada tahun 2020, USU berhasil menempati urutan ke-14 universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Sementara pada versi Webometrics, USU menempati urutan ke-8 untuk tingkat nasional.

Jurusan Terbaik di USU

Kalau kamu berminat kuliah di USU, ada banyak banget pilihan jurusan berakreditasi A yang bisa kamu pilih. Beberapa di antaranya adalah Ilmu dan Teknologi Pangan, Antropologi Sosial, Arsitektur, Biologi, Ilmu Politik, Manajemen, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, dan Sastra Inggris.

Universitas Udayana

Buat kamu yang berdomisili di Bali atau yang mau kuliah di Bali, tentu udah nggak asing sama kampus yang satu ini. Universitas Udayana (Unud) merupakan universitas pertama di Bali yang berdiri pada tanggal 29 September 1962.

Salah satu kampus terbaik di luar Jawa ini menempati urutan ke-23 universitas terbaik versi Kemenristekdikti. Unud memiliki 13 fakultas dan banyak jurusan yang di dalamnya yang berakreditasi A.

Jurusan Terbaik di Unud

Beberapa jurusan terbaik yang bisa kamu pilih di Unud adalah Ilmu Hukum, Agroekoteknologi, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Akuntansi, Manajemen, Peternakan, Fisika, Ilmu Hukum, Destinasi Wisata, dan Industri Perjalanan Pariwisata.

Selain itu, semua jurusan di Fakultas Ilmu Budaya Unud juga berakreditasi A loh, Pahamifren. Jadi kalau kamu berminat masuk jurusan sastra, kamu bisa banget pertimbangin Unud untuk jadi kampus impian kamu.  

Universitas Mataram

Universitas Mataram (Unram) berdiri pada tanggal 1 Oktober 1962. Universitas di Nusa Tenggara Timur ini mulanya berada di Jalan Pendidikan No. 36, Mataram, tapi seiring dengan perkembangan kampus, akhirnya universitas ini sekarang terletak di Jalan Majapahit, Mataram.

Dikenal sabagai salah satu kampus favorit dan kampus terbaik di luar Jawa, pada tanggal 1 Januari 2020 Unram berhasil naik lima peringkat dari peringkat ke-22, menjadi peringkat ke-17 dalam daftar universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics.

Jurusan Terbaik di Unram

Nah, kalau kamu mau kuliah di Unram, ada banyak banget jurusan terbaik yang bisa kamu pilih. Beberapa jurusan tersebut adalah Agribisnis, Biologi, Ilmu Hukum, Kedokteran, dan Peternakan.

Universitas Bangka Belitung

Universitas Bangka Belitung (UBB) yang merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER Bangka), Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12) ini resmi berdiri pada tanggal 12 April 2006.

Perguruan tinggi di Bangka Belitung ini pernah masuk peringkat 50 besar universitas seluruh Indonesia versi 4 International Colleges and Universities.

Jurusan Terbaik di UBB

Beberapa jurusan terbaik di UBB adalah Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Manajemen Sumber Daya Perairan, Akuntansi dan Manajemen, Ilmu Hukum, dan Sosiologi.  

Ayo ikuti try out persiapan UTBK 2020 Pahamify, dan temukan kampus terbaik di luar Jawa yang sesuai kebutuhanmu.

Gimana, Pahamifren? Ternyata banyak kampus negeri di luar pulau Jawa yang berkualitas kan? Jadi, kalau kamu nanti mau ikut SBMPTN atau Jalur Mandiri PTN, kamu bisa memasukkan universitas-universitas negeri yang udah Mipi bahas di atas sebagai universitas favorit pilihan kamu.

Selain lima universitas di atas, masih ada beberapa universitas negeri di luar pulau Jawa yang bisa kamu pertimbangkan sebagai pilihan, seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Andalas, Universitas Nusa Cendana, Universitas Riau, Universitas Cendrawasih, Universitas Lampung, dan masih banyak lagi.

Nah, buat kamu yang masih bingung menentukan nanti kamu mau ambil jurusan apa pas kuliah, kamu bisa banget nih manfaatin fitur Minat dan Bakat yang ada di aplikasi Pahamify.

Jika kamu mengetahui minat dan bakat kamu, kamu akan jauh lebih mudah menentukan jurusan apa aja yang cocok untuk kamu. Selain itu, paket belajar Pahamify juga akan selalu setia menemani kalian belajar untuk persiapan menghadapi SBMPTN ataupun Jalur Mandiri PTN nanti.

Makanya buruan kamu unduh aplikasi Pahamify sekarang juga! Apalagi paket belajar Pajamify ini lagi ada diskon sampai 75%!

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog