Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Hai sobat Pahamify, bagi kamu yang sudah lulus SMA, tentu berharap bisa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi favorit kan? Nah, buat kamu yang sudah menjadi mahasiswa baru, bersiaplah, karena ada banyak hal baru yang harus kamu kuasai.

Kamu tentu harus menghadapi berbagai dinamika kampus, lingkungan kampus hingga pergaulan antar mahasiswa. Sebagai mahasiswa baru, kamu harus lihai mengikuti berbagai kegiatan dan aktivitas perkuliahan.

Untuk mengembangkan diri, mahasiswa juga wajib mengikuti organisasi kemahasiswaan. Karena mahasiswa adalah agen perubahan di masa depan, kamu dituntut lebih pro-aktif menanggapi berbagai isu dan permasalah sosial.

Sebagai mahasiswa baru, kamu harus menguasai berbagai skill.

Kemampuan Dasar Mahasiswa

Berikut beberapa kemampuan yang harus kamu miliki sebagai mahasiswa baru:

Terbiasa Mengoperasikan Komputer

Saat menjadi mahasiswa, komputer ibarat partner kerja yang selalu digunakan. Baik untuk mengolah kata, mengolah angka maupun membuat presentasi, semuanya membutuhkan komputer. Walaupun tidak menjadi syarat wajib, kemampuan mengoperasikan komputer sudah menjadi syarat tidak tertulis yang harus dikuasai.

Selama kuliah, kamu akan dihadapi banyak tugas yang mengharuskan kamu menggunakan komputer, seperti membuat laporan praktikum, materi kuliah, tugas makalah, bahkan ujian yang sewaktu-waktu harus dilakukan secara online. Kondisi ini memaksa kamu untuk menguasai komputer.

Terbiasa Dengan Deadline Yang Ketat

Jangan pernah menyepelekan waktu saat menjadi mahasiswa baru. Tugas yang diberikan oleh Kampus merupakan tanggung jawab yang harus dikerjakan semaksimal mungkin lho.

Mengapa? Karena ini menjadi point penting atau pertimbangan bagi dosen yang akan memberikanmu nilai. Nah, kunci utama dalam mengerjakan tugas yaitu disiplin. Bila seorang mahasiswa sudah memiliki sikap disiplin maka akan lebih mudah menghadapi berbagai tantangan selama kuliah.

Tepat Waktu

Pepatah mengatakan, waktu adalah uang. Petuah klasik ini sangat dijunjung tinggi ketika kamu menjadi mahasiswa. Artinya kamu tidak boleh membuang-buang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat.

Pahami dan  Paket Rame-Rame Pahamify

Jika kamu termasuk mahasiswa yang on time dalam segala hal, tentunya akan lebih dihargai. Hal ini perlu dibiasakan, karena akan memudahkan kamu juga lho, untuk lulus tepat waktu.

Mampu Melakukan Presentasi

Seorang mahasiswa dituntut untuk berani berpendapat dengan data. Kemampuan ini juga harus diwujudkan dalam bentuk presentasi di depan umum. Selain itu, presentasi juga melatih cara berkomunikasi kamu agar lebih efektif.

Lewat presentasi yang menarik, kamu dituntut membuat audiens menerima informasi dengan baik. Kemampuan ini nantinya akan sangat berguna, karena menjadi salah satu skill yang harus dikuasai dalam dunia kerja.

Mahasiswa baru tentu harus menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus.

Hard Skill Yang Harus Dikuasai Mahasiswa

Mahasiswa juga dituntut untuk mengasah hard skill nya. Misalnya penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya.

Tentunya spesialisasi keahlian sesuai jurusan bidang studi pilihan kamu.  Sebagai contoh hard skill Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, memerlukan keterampilan bekerja dengan permesinan, Jurusan Ilmu Komputer sebagai Programmer harus menguasai teknik pemrograman dengan bahasa pemrograman tertentu.

Hard skill ini tentunya dapat juga dikembangkan melalui pelatihan dan pendidikan tambahan yang berhubungan dengan bidang ilmu kamu, hingga dapat meningkatkan produktifitas, kreativitas, inovasi, efisiensi dan efektifitas saat bekerja nanti.

Soft Skill Yang Harus Dikuasai Mahasiswa

Selain hard skill, kemampuan lain yang harus dimiliki mahasiswa adalah soft skill yang merupakan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intra-personal skills).

Interpersonal skill contohnya keterampilan bernegosiasi, keterampilan berkomunikasi, keterampilan berpikir untuk menyelesaikan masalah, dapat bekerja tim (teamwork), mengelola informasi, profesionalisme dalam bekerja, keterampilan ber-wirausaha, dan keterampilan kepemimpinan (leadership skills).

Intra personal skill atau kemampuan untuk mengatur dirinya sendiri seperti berniat baik, motivasi, disiplin, teliti, jujur, cara berperilaku, mengelola stress, berpikir kraetif, mengelola waktu, kebiasaan, karakter dan sikap. Itulah beberapa contoh Soft Skill yang harus dimiliki kamu sebagai mahasiswa.     

Pahami dan  Tips Lulus SBMPTN: Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk UTBK 2021

Nah, semua itu merupakan kemampuan yang wajib dimiliki saat kamu jadi mahasiswa, mengikuti proses perkuliahan hingga memasuki dunia kerja , termasuk skill yang harus dikuasai dalam dunia kerja.

Persiapan memasuki dunia kerja dapat kamu ketahui sedari awal masa perkuliahan sehingga kamu dapat mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu.

Penulis: Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog