Ikuti Try Out Online UTBK Pada 29 Oktober - 02 November 2020

Situasi pandemi virus Covid-19 yang gak juga selesai, masih aja kita alami. Gak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Beberapa negara dan Indonesia membuat beberapa perubahan kebijakan dan batasan dalam beraktivitas di luar rumah. Hal tersebut nyatanya membuat kegiatan kita jadi banyak dihabiskan di rumah saja. Udah berbulan-bulan pandemi ini berlangsung tuh bikin kamu kangen dengan kegiatan di sekolah gak sih?

Selama pandemi, kegiatan belajar mengajar pun jadi dilakukan secara daring. Tiap pagi kamu mantengin laptop atau ponsel pintar buat melakukan aktivitas belajar mengajar yang biasanya kamu lakuin di sekolah. Sampai akhirnya sesi sekolah online selesai, apa yang kamu lakukan? Ada yang lanjut belajar lagi? Nonton film? Main game? Atau sekedar rebahan?

Sebenarnya rebahan itu gak apa apa banget kok, namanya manusia itu butuh istirahat setelah banyak beraktivitas. Tapi jadi masalah kalo udah kelewatan alias lama banget rebahannya. Kalo rebahannya kelamaan, bisa-bisa waktu yang bisa dimanfaatin untuk ngelakuin sesuatu berfaedah jadi kebuang begitu aja.

Makanya kalau kegiatan sekolah lagi normal, ikut ekskul (ekstrakurikuler) itu penting banget. Ikut ekstrakurikuler kita bisa nambah waktu buat diisi kegiatan bermanfaat. Selain itu bisa jadi rekreasi dan relaksasi jiwa juga setelah kamu belajar seharian di sekolah. Rekreasi tersebut bisa kamu dapetin karena ekskul itu dipilih sesuai dengan minat dan bakat kamu. Trus di dalam ekskul itu kamu bebas buat ekspresiin kreatifitas kamu untuk berkarya. Jadi kamu jalaninnya juga bakalan seneng.

Manfaat Ikut Ekskul

Ketahuilah bahwa ekskul ini adalah kegiatan yang bisa ngasih berbagai manfaat buat kamu. Ekskul bisa jadi sarana buat nyalurin sekaligus ngembangin hobi yang kamu punya. Misalkan, kamu suka sama fotografi dan mutusin buat ikutan ekskul tersebut. Di kelompok ekskul itu, kamu bakalan nemuin berbagai orang yang minatnya sama. Dari situ kamu bakalan sering ngobrolin soal fotografi. Ditambah dengan kegiatan yang bakal dilakuin ekskul itu bikin skill fotografi kamu jadi meningkat.

Secara gak langsung, kegiatan ekskul juga bikin kamu jadi belajar untuk disiplin dan berkomitmen. Kalau kegiatan sekolah reguler sifatnya itu wajib. Jadi, mau gak mau itu jadi kegiatan yang secara tetap kamu lakukan dari hari senin sampai jumat (beberapa ada yang sampai sabtu).

Beda cerita dengan ekskul, kamu ikut kegiatan ini dengan suka rela. Di dalamnya pun sebenarnya tidak ada kewajiban untuk selalu hadir kegiatannya. Memang ada yang bikin peraturan di dalamnya, tapi kalau kamu gak ikutan ekskul itu gak bakal ngaruh ke raport dan gak akan bikin kamu dikeluarin sekolah kalau gak ikutan ekskul.

Di ekskul, kamu akan merasa tertarik untuk melakukan kegiatan di dalamnya karena sesuai dengan minat yang ada dalam diri. Kamu memilih satu ekskul pertama kali pasti karena ketertarikan dalam bidang itu. Dari minat dan ketertarikan itu, kamu jadi punya dorongan tersendiri untuk menjalankan kegiatan ekskul. Jadinya kamu rajin dan tekun ngejalanin ekskul itu. Sehingga dari situ muncul rasa disiplin dan komitmen akan ekskul yang kamu ikutin.

Dari disiplin dan komitmen terhadap ekskul yang diikutin, kamu jadi bisa belajar gimana caranya mengatur waktu dengan baik. Ikutan ekskul memang jadi nambah kegiatan kamu setelah kegiatan sekolah reguler. Disitu letak tantangan dalam mengatur waktu. Ketika kamu punya kegiatan lebih dari satu, kamu harus bisa membagi waktu dengan baik supaya bisa dijalanin dengan optimal. Kalau kamu udah bisa nanganin waktu ikutan kegiatan ekskul, suatu saat nanti (seperti saat masuk dunia perkuliahan atau kerja) kamu jadi terbiasa untuk menangani rutinitas dengan kegiatan yang lebih dari satu.

Dari disiplin dan komitmen terhadap ekskul yang diikutin, kamu jadi bisa belajar gimana caranya mengatur waktu dengan baik

Tak kalah penting, kamu juga bakalan belajar berorganisasi di dalam sebuah ekskul. Secara umum, sebuah ekskul itu punya bagan organisasi di dalamnya. Kalau ada anggota pasti ada juga ketua, sekretaris, bendahara, dan kepala bidang tertentu sesuai dengan kebutuhan ekskulnya. Jadi, diluar kegiatan ekskul secara umum, kamu juga akan belajar gimana bekerja sesuai dengan “jabatan” kamu di ekskul itu.

Semua manfaat dari ekskul ini sesungguhnya sangat berguna buat di masa yang akan datang ketika kamu memulai untuk meniti karir. Ekstrakurikuler bisa jadi bekal kamu untuk menghadapi tantangan baru di fase kehidupan selanjutnya. Kamu jadi tau kemana kamu harus ngembangin skill yang kamu dapetin selama ikut ekskul. 

Di kuliah nanti juga akan ada UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bisa kamu ikutin. Kegiatannya pun mungkin akan lebih serius daripada saat ikut ekskul di sekolah. Atau kalau mau beraktifitas di luar kampus, kamu tetap bisa ngembangin skill yang kamu punya dengan ikutan komunitas. 

Saat kamu memilih untuk terus ngembangin minat dan bakat kamu terhadap sebuah bidang, kamu sudah terbiasa untuk disiplin dan berkomitmen, tau gimana caranya berorganisasi dan udah handal dalam ngatur waktu. Kamu bakal ngerasain sendiri manfaatnya ketika sudah terjun langsung ke bidang yang lebih serius.

Secara mendasar, ikutan ekskul itu sebenarnya untuk mengasah minat dan bakat yang kamu miliki, supaya gak dipendem doang dalem diri.

Mungkin ekskul di sekolah kamu belum akan seaktif biasanya. Bisa jadi kamu cuma akan beraktivitas secara daring. Tapi gak ada salahnya buat kamu untuk ikut gabung dan ngikutin kegiatan-kegiatannya, daripada harus rebahan seharian.

Balik lagi bahwa kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai. Walaupun pergerakan kita terbatas, kamu tetap bisa mengembangkan minat dan bakat yang kamu punya. Bisa ikutan webinar yang ada di internet, nonton video di internet terkait minat dan bakat kamu, dan rajin-rajin asah skill dengan praktekin sendiri apa yang kamu udah pelajarin.

(Baca juga: Kenali Fitur Pahamify- Fitur Ekstrakurikuler)

Pahamify juga bisa bantu kamu loh dalam mengasah minat dan bakat lewat Fitur Ekstrakurikuler. Disitu ada banyak video yang kamu bisa bantu kamu ningkatin skill dari bidang yang kamu suka. Ada skill fotografi, edit video, desain grafis, membuat video animasi dan masih banyak lagi. Kalau udah jenuh belajar, kamu bisa masuk fitur ini untuk asah kemampuan kamu. Video yang ada di dalam fitur ini, kontennya fresh dan ringan sehingga mudah untuk dimengerti.

Kalau kamu masih bingung belum nemu minat bakat kamu apa, Pahamify juga bisa bantu kamu untuk nemuin itu lewat fitur “Minat dan Bakat”. Keren banget kan? Yuk download dan langganan sekarang juga!

Penulis: Afif Rizki


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog