Pahamifren, sudah sejauh mana persiapan UTBK-mu? Berhubung pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 sudah semakin dekat, jangan sampai semangat belajar kamu kendor, ya. Saatnya gear up dan perdalam terus materi soal TKA dan materi soal TPS UTBK agar kamu berhasil masuk ke PTN impian.

Nah, khusus buat Pahamifren kesayangan Mipi, kali ini Mipi akan membahas tentang latihan soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU) nih. Nggak cuma soal, Mipi juga bakal memberikan penjelasan dan tips mengerjakannya. Simak artikel ini sampai selesai ya.

Materi Soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Materi soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman Umum UTBK sebagian besar adalah teks bacaan. Soal-soalnya hampir mirip dengan materi Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM). Jika materi PBM lebih fokus pada teknik penulisan, materi PPU lebih berfokus pada pemahaman kamu terhadap suatu teks. Secara keseluruhan, adanya materi ini dalam TPS UTBK bertujuan untuk menguji kemampuanmu dalam membaca, mencermati, dan memahami isi teks.

Siapkan dirimu menghadapi UTBK SBMPTN dengan materi soal TPS UTBK Pengetahuan dan Pemahaman umum.

Soal TPS UTBK ini dibagi menjadi dua sub topik, yaitu topik bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Soal ini serupa dengan soal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang sering muncul di ujian sekolah. Jadi, kamu mungkin tidak terlalu asing saat menjumpai soal TPS PPU nanti.

Lewat soal TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum, kamu dituntut untuk memahami teks bacaan, mencari sinonim, antonim, idiom, serta penggunaan EYD yang benar. Untuk menguasai materinya, kamu perlu melatih kemampuan bahasa Inggris dan memperluas wawasan bahasa Indonesia sedini mungkin. Selain itu, perbanyak latihan materi soal TPS UTBK biar kamu terbiasa dengan topik-topik teks bacaan yang sering diujikan.

Latihan Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Setelah membahas materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum UTBK, yuk langsung kerjakan latihan soalnya berikut ini:

Soal PPU Bahasa Indonesia

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal 1-3.

PT Semen Gresik Tbk (SMGR) melakukan akuisisi dengan perusahaan semen asal Vietnam, Thang Long Cement. Rencananya akuisisi tersebut akan selesai pada pertengahan Desember 2012.

Direktur Utama Semen Gresik Dwi Soetjipto menjelaskan akuisisi ini masih merupakan kesepakatan penjualan dan pembelian bersyarat (conditional sales purchase and agreement/CSPA) dengan Ha Noi General Export Import Joint Stock Company (Geleximco) yang merupakan holding dari Thang Long Cement.

“Investasi ini merupakan langkah strategis untuk mewujudkan perseroan sebagai perusahaan persemenan regional. Selain itu akuisisi ini akan menjadikan tonggak awal dalam ekspansi ke luar Indonesia,” Dwi mengkonfirmasi tersebut di kantor Kementerian BUMN Jakarta, Rabu (14/11/2012).

Pahami dan  Lolos SNMPTN Tapi Tidak Diambil, Sekolah di-Blacklist Nggak Sih?

Menurut Dwi, perseroan yakin pertumbuhan ekonomi Vietnam dan negara-negara Asia Tenggara lainnya akan didukung oleh peningkatan kegiatan proyek atau konstruksi serta rencana-rencana pemerintah yang besar. Hal ini juga akan menciptakan pertumbuhan yang kuat di industri semen.

Di sisi lain, kerja sama ini akan menjadi tonggak bagi perluasan pertama yang dilakukan di pasar regional, dan menandai hubungan bilateral yang penting antara Indonesia dan Vietnam. Dengan pengamanan cadangan bahan baku, serta pengembangan pabrik baru di lokasi yang strategis dan berteknologi modern, Thang Long Cement langsung memberikan tambahan kapasitas dan cadangan batu kapur bermutu tinggi yang sangat mencukupi.

“Hal ini akan memperkuat posisi pasar regional dan memungkinkan kami untuk lebih berdaya saing sebagai antisipasi perdagangan bebas Asia yang akan datang,” tambahnya.

Sumber teks: Kompas.com

Soal 1

Pada wacana diatas, yang dimaksud dengan akuisisi adalah ….

A. Pengambilan pemilikan atau aset

B. Tambahan kapasitas cadangan semen

C. Posisi pasar regional

D. Peningkatan kegiatan proyek

E. Sumber daya yang dimiliki

Pembahasan:

Akuisisi merupakan pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset (dalam industri perbankan terjadi apabila pembelian saham di atas 50%). Pada teks di atas, akuisisi dilakukan sebagai bentuk kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Vietnam dengan tujuan mengembangkan atau ekspansi pabrik industri.

Jawaban yang benar adalah A.

Soal 2

Lawan kata dari ekspansi adalah ….

A. Perluasan

B. Penyempitan

C. Pengembangan

D. Peningkatan

E. Penurunan

Pembahasan:

Ekspansi dalam teks di atas merupakan perluasan wilayah suatu negara dengan menduduki (sebagian atau seluruhnya) wilayah negara lain seperti perluasan daerah. Dalam hal ini, lawan kata dari ekspansi yaitu penyempitan.

Jawaban yang benar adalah B.

Soal 3

Gagasan utama pada wacana diatas adalah…

A. Melakukan kerja sama bilateral

B. Meningkatkan kualitas semen

C. Wacana BUMN

D. Teknologi modern

E. PT. Semen Gresik

Pembahasan:

Gagasan utama pada wacana diatas merupakan melakukan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Vietnam untuk meningkatkan pertumbuhan industri semen dengan cara akuisisi penjualan dan pembelian.

Jawaban yang benar adalah A.

Lengkapi menu latihanmu dengan materi soal TPS UTBK pengetahuan dan pemahaman umum.

Soal PPU Bahasa Inggris

This passage is for number 4 to 5

The Maya civilization is a Mesoamerican civilization developed by the Maya peoples in an area that encompasses southeastern Mexico, all of Guatemala and Belize, and the western portions of Honduras and El Salvador. The Maya civilization is known for the Maya hieroglyphic script, the only known fully developed writing system of the pre-Columbian Americas, as well as for its art, architecture, and mathematical and astronomical systems.

Pahami dan  Daya Tampung Universitas Indonesia (UI) pada SNMPTN dan SBMPTN 2021, serta Jumlah Peminatnya

The Maya civilization developed from the Archaic period, prior to 2000 BC, to the fall of the last Maya city in 1697 by the Spanish Empire. The classic period rule was centred around the concept of the “divine king”, who acted as a mediator between mortals and the supernatural realm.

Kingship was patrilineal, and power would normally pass to the eldest son. A prospective king was also expected to be a successful war leader. Maya politics was dominated by a closed system of patronage, although the exact political make-up of a kingdom varied from city-state to city-state.

By the Late Classic, the aristocracy had greatly increased, resulting in the corresponding reduction in the exclusive power of the divine king. As a part of their religion, the Maya practised human sacrifice.

The Maya civilization developed highly sophisticated art forms, and the Maya created art using both perishable and non-perishable materials, including wood, jade, obsidian, ceramics, sculpted stone monuments, stucco, and finely painted murals.

Maya cities tended to expand haphazardly, and the city centre would be occupied by commercial and administrative complexes, surrounded by an irregular sprawl of residential districts.

Different parts of a city would often be linked by causeways, a sort of paved roads. The principal architecture of the city consisted of palaces, pyramid-temples, ceremonial ballcourts, and structures aligned for astronomical observation.

SOAL 4

The Maya civilization is a … civilization.

A. North region of America

B. West region of America

C. Central region of America

D. East region of America

E. South region of America

Pembahasan:

Peradaban maya dibangun oleh suku maya adalah peradaban meso-american, atau peradaban bagian tengah dari Amerika.

Jawaban yang tepat adalah C.

SOAL 5

What is the meaning of ‘haphazardly’?

A. In detail on every single plan to achieve something

B. In a way that does not have an obvious order or plan

C. In a silly and simple way

D. In a way that is careful and uses a lot of effort

Pahami dan  Ini Dia, 6 Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Gunakan Mendaftar SNMPTN

E. In a way that is dangerous

Pembahasan:

Haphazardly memiliki arti secara sembrono atau semena-mena tanpa rencana terlebih dahulu. Dalam hal ini, jawaban yang paling mendekati adalah ‘in a way that does not have an obvious order of plan’.

Jawaban yang tepat adalah B.

Tips Lancar Mengerjakan Soal TPS PPU

Seperti halnya materi soal TPS UTBK lainnya yang sebagian besar adalah teks bacaan, sebaiknya kamu membaca soalnya terlebih dahulu. Cari tahu apa yang ditanyakan oleh soal, temukan kata kunci dalam soal, barulah kamu baca teksnya sesuai kata kunci tersebut. 

Misalnya, dalam soal kata kunci jawabannya hanya di paragraf 4 saja, maka kamu cukup baca dan mencari jawabannya di paragraf tersebut. Tips ini akan membantumu kamu menghemat waktu ujian, Pahamifren.

Khusus untuk soal bahasa Inggris, topik cerita selalu menunjukkan keseluruhan isi teks. Apabila yang ditanya adalah gagasan atau topik utama kamu cukup baca kalimat awal dan akhir dari paragraf atau teks yang ditanyakan, lalu temukan informasi yang sama.

Di sisi lain, jika ada pertanyaan yang bersifat sinonim atau antonim, sedangkan kamu tidak tahu arti kata yang dimaksud, kamu bisa menebaknya berdasarkan konteks kalimat yang digunakan. Kemudian, gunakan sistem eliminasi terhadap jawaban yang sudah pasti salah. Lewat tips ini, paling tidak kamu memperbesar peluang menjawab benar.

Bagaimana, Pahamifren? Sudah lebih siap menghadapi soal TPS UTBK SBMPTN 2021? Semoga contoh soal UTBK dan pembahasannya yang telah Mipi berikan bisa bermanfaat sebagai persiapan UTBK kamu, ya.

Buat kamu yang ingin mencoba latihan soal UTBK lainnya, kamu bisa mencobanya di fitur Try Out Online Gratis Pahamify. Ada ratusan soal ter-update lengkap dengan video pembahasan yang menarik yang bisa kamu coba. Cari tahu informasi lengkapnya di link Pahamify Try Out ini ya, Pahamifren.

Kalau kamu mau mencoba persiapan ringan untuk  #TaklukkanUTBK, kamu juga bisa mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify. Ada hadiah menarik yang bisa kamu peroleh kalau berhasil melakukan tantangannya, Pahamifren.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify dan gunakan semua fitur serunya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik! Simak juga pembasahan materi UTBK menarik lainnya di sini https://pahamify.com/blog/ ya.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version