Pahamifren, adakah di antara kamu yang termasuk gap year? Atau kamu sedang berencana mengambil gap year apabila belum berpeluang masuk kampus impian tahun ini? Percayalah, gap year atau kondisi menunda kuliah di tahun pertama setelah lulus SMA bukanlah sesuatu yang buruk kok. Ada banyak sekali motivasi gap year yang bisa kamu dapatkan.

Menunda kuliah tidak berarti kamu tertinggal dari teman-teman kamu atau menjadi pengangguran. Lewat gap year, kamu justru dapat menyusun rencana pendidikanmu, belajar hal baru, menemukan passion, hingga mempersiapkan kuliah lebih matang. Asalkan kamu mau memanfaatkan waktu gap year dengan baik, kamu masih bisa sukses meraih impian di masa mendatang.

Bahkan, tak sedikit tokoh dunia yang sukses setelah gap year, lho. Mau mendapatkan motivasi gap year dari kisah sukses para tokoh dunia? Simak artikel ini sampai selesai.

Motivasi Gap Year dari Tokoh Dunia

Saat memutuskan menunda kuliah, biasanya akan muncul keraguan dalam diri sendiri. Apakah bisa masuk kuliah di tahun depan? Bagaimana cara memanfaatkan waktu dengan baik? Apa bisa bersaing dengan pelajar lainnya yang baru lulus? Buat kamu yang sedang mengalami keraguan serupa, Mipi bakal membagikan kisah sukses tokoh dunia setelah gap year sebagai penambah motivasi dan semangat belajar kamu. Yuk, langsung cermati kisahnya!

Steve Jobs

Hayo, siapa yang tak kenal dengan tokoh dunia satu ini? Steve Jobs adalah sosok di balik produk elektronik ternama yang banyak digunakan orang di seluruh dunia, yaitu Apple. Adakah di antara kamu yang menggunakan merek Apple? Selain menggunakan produknya, alangkah baiknya kamu juga belajar kisah sukses dari sang pendiri Apple ini, Pahamifren.

Sebelum mendirikan Apple Inc, Steve Jobs ternyata pernah memutuskan gap year dan ‘melarikan diri’ beberapa bulan di India. Tokoh dunia ini menghabiskan waktunya bermeditasi di pegunungan guna mendapatkan ‘esensi kehidupan’. Hasilnya, ia mendapatkan ide jenius untuk memulai proyek Macintosh setelah kembali ke Amerika Serikat. Ide tersebut pun sukses dan menjadikan Steve Jobs sebagai sosok orang terkaya di dunia.

Pahami dan  Bingung Cara Memilih Universitas Swasta yang Bagus? Perhatikan 5 Hal Ini

Pangeran William dan Harry

Kamu juga bisa mendapatkan motivasi gap year dari Pangeran William dan Harry. Dua putra mahkota kerajaan Inggris ini juga pernah mengalami masa gap year. Sebelum menata karir dan pendidikannya, mereka pernah menjalani kehidupan di sebuah pedesaan selama beberapa waktu. Pangeran William dan Harry menghabiskan waktunya berpetualang di negara-negara berkembang serta mengikuti berbagai pelatihan tentara penjaga kerajaan. Pengalaman-pengalaman tersebut tentunya membuat mereka tumbuh menjadi sosok yang bijaksana dan terkenal di kerajaan Inggris.

J. K. Rowling

Penggemar buku Harry Potter pasti sudah tidak asing dengan nama J. K. Rowling. Perempuan asli Britania Raya ini adalah penulis buku Harry Potter. Namanya sangat populer setelah buku yang ditulisnya tersebut diangkat ke film layar lebar. Menariknya, J. K. Rowling juga pernah mengalami masa gap year.

Ia memanfaatkan waktunya mengajar bahasa Inggris di Porto, Portugal. Dari aktivitas sosial itu, J. K. Rowling menemukan inspirasi untuk menulis The Mirror of Erised, salah satu bab atau seri dari buku pertama Harry Potter. Nah, kamu bisa juga menghabiskan waktu gap year untuk menulis, Pahamifren. Siapa tahu, kamu mampu menghasilkan karya keren seperti tokoh dunia ini.

Emma Watson

Masih berkaitan dengan Harry Potter, sosok pemeran karakter Hermione dalam film Harry Potter, Emma Watson juga pernah memutuskan gap year. Ia menghabiskan waktunya untuk memperbanyak ilmu pengetahuan dan membaca berbagai buku, khususnya yang bertema feminisme. Dari aktivitas tersebut, ia berhasil menjadi salah satu ambassador dari PBB, sekaligus menjadi aktris dan model terkenal di Inggris.

Benedict Cumberbatch

Benedict Cumberbatch merupakan aktor asal Inggris yang memerankan karakter Dr. Strange di Marvel Cinematic Universe (MCU). Siapa sangka, aktor terkenal ini pernah menjalani masa-masa gap year di Darjeeling, India. Sosok yang satu ini menghabiskan waktu gap year untuk mengajar bahasa Inggris para biksu Buddha asal Tibet di kota tersebut.

Pahami dan  Penting untuk Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Memiliki Hobi yang Wajib Kamu Tahu

Benedict mengakui, pengalaman mengajar para biksu berpengaruh besar dalam hidupnya, termasuk dalam perkembangan karirnya. Setelah pulang dari Darjeeling, Benedict sukses menjadi aktor terkenal hingga sekarang.

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Gap Year

Setelah menyimak kisah motivasi gap year dari tokoh dunia di atas, kamu bisa kembali semangat mengejar impian lagi kan, Pahamifren? Jangan malu apabila kamu memutuskan gap year karena banyak sekali kegiatan bermanfaat yang dapat kamu lakukan. Sebagai rekomendasi, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini agar sukses setelah gap year seperti para tokoh dunia.

Mengikuti Kegiatan Sosial

Sambil menunggu kesempatan seleksi masuk PTN di tahun berikutnya, kamu bisa mengisi waktu dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial. Kamu dapat bergabung dengan komunitas sosial, seperti komunitas pemberdayaan anak jalanan, komunitas anak dan perempuan, komunitas pengguna trotoar, dan sebagainya. Keaktifan kamu dalam kegiatan sosial ini akan memberikan peluang mengembagkan soft skill dan mengasah kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, kamu juga dapat memiliki koneksi yang mungkin berguna saat berkuliah nanti.

Mengembangkan Minat dan Bakat

Kamu dapat mengisi waktu gap year dengan menggeluti hobi yang mungkin selama ini tertunda karena kesibukan sekolah. Dari kegiatan ini, kamu bisa mengembangkan minat dan bakat kamu secara signifikan. Buat kamu yang belum tahu minat dan bakatnya apa, gap year adalah saat tepat untuk menemukan hal tersebut.

Berpetualang

Kamu senang berpetualang dan menjelajahi tempat-tempat baru? Kalau begitu, inilah saat yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut. Lewat berpetualang, kamu bisa memiliki pengalaman menarik sepanjang hidupmu. Kamu pun berkesempatan bertemu dengan orang-orang baru. Untuk melakukan kegiatan ini, pastikan kamu sudah mempersiapkan rencana perjalanan yang matang, ya. Persiapkan juga kondisi fisik prima agar kamu bisa mendapatkan pengalaman berpetualang yang mengesankan.

Belajar Keterampilan Baru

Hal berikutnya yang dapat kamu lakukan saat gap year yaitu mempelajari keterampilan baru untuk kehidupanmu kelak. Kamu bisa mempelajari bahasa asing, desain grafis, cara mengedit video, teknik pemrograman, dan masih banyak lagi. Enggak ada salahnya mengikuti les keterampilan untuk mendapatkan pengetahuan dari profesional. Bekal keterampilan yang kamu peroleh selama gap year bisa menjadi nilai tambah di proses perkuliahan atau karir di masa depan.

Pahami dan  Daftar 7 PTN Terbaik di Indonesia Versi 4ICU, Ada Kampus Impianmu?

Mempersiapkan Ujian Masuk PTN Lebih Awal

Motivasi gap year biasanya untuk lolos seleksi dengan nilai UTBK bagus dan diterima di kampus impian. Oleh karena itu, mengisi waktu gap year dengan mempersiapkan UTBK lebih awal menjadi siasat yang tepat. Semakin banyak waktu persiapan menaklukkan UTBK, maka semakin matang pula kamu mampu menghadapi UTBK SBMPTN di tahun depan. Satu di antara persiapan yang bisa kamu lakukan yaitu belajar materi dan perbanyak latihan soal melalui try out UTBK.

Nah, itu dia ulasan mengenai kisah motivasi gap year sukses dari tokoh dunia, sekaligus hal-hal yang bisa kamu lakukan saat gap year. Buat yang mau belajar materi UTBK lebih awal, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify.

Dilengkapi ratusan latihan soal UTBK dan video konsep belajar menarik, Pahamify bisa menjadi cara tepat raih kampus impian. Jangan lupa coba Try Out Online untuk mengukur kesiapan belajarmu.

Yuk, belajar jadi lebih seru bareng Pahamify! Download aplikasinya di sini sekarang.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

5 Comments on “Jangan Takut Nunda Kuliah! Ini Dia, 5 Tokoh Dunia yang Sukses setelah Gap Year

Muhamad Jidan Ali Wibowo
June 5, 2021 at 2:36 am

Terima kasih atas motivasinya, saya dulu sangat takut untuk terjun ke dunia kerja. Karena takut tidak bisa melakukan apa apa, tetapi setelah saya membaca motivasi tentang para tokoh didunia saya jadi ingin memulai suatu hal yang baru.

Reply
TITIS
June 5, 2021 at 2:40 am

Wih, jadi tau ternyata orang2 hebat yang selama ini aku tau mereka gap year juga. Biar tambah semangat kuliahnya, sama biar bisa ngasih motivasi ke adik-adik kelas ku, bahwa gagal di awal itu bukan berarti dunia akan berakhir. Hehehe.

Reply
Bagus Tris Widiariyanto
June 5, 2021 at 2:46 am

Terima Kasih pahamify saya menjadi sangat terbantu dan tidak menjadi ragu lagi untuk GAP Years karena sebelumnya saya binggung memilih bekerja atau melanjutkan pendidikan dan setelah melihat artikel ini saya memilih gap year untuk mencari Jurusan apa yang sesuai untuk saya dengan mengembangkan minat dan bakat.

Reply
Asri Widiati
June 5, 2021 at 2:52 am

Terimakasih motivasi dan rekomendasinya. Memang sangat benar yang dikatakan dalam artikel ini, saya juga mengalami sendiri, awalnya saya ragu untuk menunda kuliah ditahun pertama setelah lulus, tapi ternyata tidak seburuk yg dibayangkan, tidak ada kata terlambat untuk mencapai impian, selama kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik impian akan tercapai, tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Jadi tidak perlu ragu lagi melakukan gap year, kita bisa melakukan hal-hal yang disebutkan dalam artikel ini. Terimakasih.

Reply
Ainun Nisa Amelia
June 5, 2021 at 3:00 am

Artikel yang bermanfaat bagi yang sedang Gap Year. Gap yaer bisa meluangkan waktu sebaik mungkin untuk mengembangkan bakat.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version