Bahasa Inggris Kelas 10: Giving Announcement

Halo Pahamifren, adakah di antara kamu yang pernah membuat announcement dalam bahasa Inggris? Bagaimana hasilnya? Nah, kali ini Mipi mau mengajak kamu untuk membahas materi giving announcement Bahasa Inggris Kelas 10 nih. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Pengertian Announcement

Sebelum lebih jauh membahas materi giving announcement Bahasa Inggris Kelas 10, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu announcement? Berdasarkan pengertiannya, announcement adalah pengumuman atau pemberitahuan yang ditujukan kepada khalayak luas. Isi dari pengumuman tersebut umumnya mengenai sesuatu hal yang sudah terjadi, atau yang akan terjadi.

Announcement dapat disebar secara lisan maupun tulisan melalui media massa, majalah dinding (mading), papan informasi, laman internet, media sosial, dan lain sebagainya. Kamu suka bikin announcement di sosmed nggak Pahamifren?

Biar announcement yang kamu bagian lebih tepat sasaran, pastikan announcement yang kamu buat berisi informasi yang singkat, padat dan jelas, ya. Bahasa yang digunakan dalam sebuah announcement juga cukup bebas kok. Kamu bisa menggunakan gaya bahasa formal maupun santai, sesuai dengan informasi yang disebarkan dan pembaca atau pendengar yang disasar dalam announcement tersebut.

Misalnya, kamu diminta untuk membuat sebuah announcement tentang himbauan pemerintah atau pihak sekolah, tentu saja bahasa yang digunakan dalam announcement tersebut adalah bahasa formal, kan? Tapi, lain halnya kalau kamu membuat announcement tentang informasi event kekinian yang menyasar anak muda, kamu bisa menggunakan gaya bahasa yang lebih santai.

Secara aturan Bahasa Inggris, announcement dalam bentuk tulisan menggunakan dua bentuk tenses, yaitu simple present tense dan simple future tense. Kedua tenses tersebut digunakan dalam announcement karena informasi kegiatan atau peristiwa dalam announcement akan dilakukan di masa depan, setelah pengumuman tersebut dibuat dan disebarkan.

Maka dari itu, orang-orang yang membaca atau mendengar announcement tersebut dapat datang ke kegiatan yang akan dilaksanakan dan berpartisipasi di dalamnya atau sekadar mengetahui adanya kegiatan tersebut.

Jenis-Jenis Announcement

Umumnya, ada beberapa hal yang dapat digunakan sebagai topik utama dari sebuah announcement, yaitu:

  • Pengumuman sebuah acara (event)
  • Pengumuman orang atau hewan peliharaan atau barang yang hilang (missing person or pet or items)
  • Pemenang suatu lomba (winners of a competition)
  • Lowongan kerja (job vacancy)
  • Berita duka cita (sad news)
  • Pengumuman produk baru (new products)
  • Peresmian (inauguration)
  • Pernikahan (marriage)
  • Kelahiran (birth)

Struktur Announcement

Struktur announcement terbagi menjadi dua, yaitu:

Judul (tittle)

Judul atau title digunakan untuk mengungkapkan informasi mengenai hal atau acara atau kegiatan yang hendak disampaikan. Judul sangat bermanfaat dalam menarik perhatian pembaca atau pendengar announcement, agar mereka membaca atau mendengarkan announcement tersebut. Bila informasi dalam sebuah announcement adalah lowongan pekerjaan, judul announcement tersebut adalah “Job Vacancy

Penjelasan (explanation)

Penjelasan pada announcement berisi informasi acara atau kegiatan yang ingin disampaikan. Bagian ini menjelaskan secara singkat dan padat mengenai hal atau acara atau kegiatan dari judul yang ada di bagian atas. Penjelasan atau explanation biasanya terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Jenis kegiatan (type of event), yang berisi mengenai judul atau jenis acara atau kegiatan yang akan diadakan.
  • Tanggal dan waktu (date and time), yang berisi mengenai informasi tanggal, hari, dan waktu acara atau kegiatan yang akan diadakan.
  • Lokasi acara atau kegiatan (location), yang berisi mengenai informasi di mana acara atau kegiatan tersebut akan diadakan.
  • Narahubung (contact person), yang berisi mengenai informasi nama orang atau nomor telepon yang dapat dikontak.

Contoh Giving Announcement

Berikut adalah beberapa contoh giving announcement:

Event Announcement

Independence Day Competition

In order to celebrate the 76th Independence Day of the Republic of Indonesia, we expect the participation of SMAN 2 Depok students in the Independence Day Competition. The competition will be held after the Independence Day Ceremony.

The event will be held on:

  • Date: Tuesday, 17th August 2021
  • Time: 9.00 a.m–3.00 p.m
  • Place: Auditorium SMAN 2 Depok

All classes are required to send their representatives to participate. For more information please contact OSIS. Thank you.

Missing Pet Announcement

LOST CAT

BEWE

2 Years Old Male

Lost since: May 18th 2021

Last seen in central park

Reward Rp1.000.000,00

CALL 08899900011

Winners Announcement

CONGRATULATIONS!

POETRY READING COMPETITION WINNERS

BANDUNG ART FESTIVAL 2020/2021

1st Denny Pasaribu

2nd Azwar Hamid

3rd Niko Rahmad

Job Vacancy Announcement

JOB VACANCY

We are looking for candidates for this following position:

Content Writer

  • S-1 in English Literature/Language
  • Fresh Graduate
  • Fluent in English and Bahasa Indonesia

If you are interested, kindly send your CV to our email

Sad News Announcement

OBITUARY

With deep sorrow we inform the news about the sad demise of our husband and father, Mr. Raymond (65). He left for his heavenly abode on Monday, 14th August 2021 at 9.47 PM.

The funeral will take place on 15th August 2021 at Rumah Duka Abadi, Jakarta. The service will start at 9.00 AM.

May Almighty give rest and peace to the departed soul.

Sorrowing family:

Wife: Mrs. Nandya

Children:

Mr. Lukman

Miss Molly

Mr. Fandy

Marriage Announcement

WE TIED THE KNOT!

Announcing the marriage of

Mikah Bennett and Anjani Laraswati

Friday, May 18th 2018

Bogor, West Java

Birth Announcement

HELLO WORLD!

Announcing

Cleo Larasati Bennett

Born on February 20th 2020

7 lbs 9 oz, 15 inches

Welcomed with love by

Mikah and Anjani

Pre-Boarding Announcement

Good morning, Passengers. This is the pre-boarding announcement for flight 25 A from Soekarno Hatta Airport Jakarta to Rotterdam. Departure time will start in about 10 minutes. Please make sure to prepare your boarding pass and identity card. Thank you.

Nah, itulah pembahasan tentang materi Bahasa Inggris kelas 1o tentang giving announcement. Semoga bisa menjadi referensi belajarmu ya, Pahamifren. Buat kamu yang ingin mendapatkan akses materi belajar menarik lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi bimbingan belajar online Pahamify di sini.

Khusus buat kamu yang lagi ngambis masuk PTN impian, kamu bisa mencoba fitur Live Class Pahamify dan latihan soal UTBK di fitur try out online gratis ini. Jangan lupa juga buat ngecek informasi promo menarik lainnya di sini, ya.

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Published by
rizaldi abror

Recent Posts