5 Rahasia Sukses Taklukkan UTBK Kurang Dari 30 Hari

Kurang dari 30 hari menjelang taklukkan UTBK. Harus ngapain, ya?

Halo, Pahamifren! Wah, ga kerasa ya waktu cepat berlalu dan UTBK semakin dekat. Gimana, udah siap buat menghadapi UTBK belum, nih? Dalam kurang dari 30 hari,  siap nggak siap, Pahamifren harus siap, lho!

Hmm, jangan-jangan Pahamifren masih pusing gara-gara belajar terus, tapi materinya ga masuk ke otak? Tenang! Mipi punya solusinya.

Kali ini Mipi bakal bahas tentang tips-tips belajar UTBK yang terampuh, terjitu, pokoknya yang terbaik buat Pahamifren semua! Udah penasaran banget, kan? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

1. Persiapkan Jiwa dan Raga

Sebelum mulai belajar, kamu harus ingat kalau tubuh yang kamu pakai buat belajar juga harus diperhatiin layaknya ayang. Eh, gimana?! memperhatikan kesehatan penting karena kesehatan adalah faktor utama yang mempengaruhi kesiapan kamu untuk UTBK.

Selain menjaga kesehatan tubuh dengan cara makan makanan bergizi, olahraga, dan menjaga protokol kesehatan dengan teratur, Pahamifren juga harus menjaga kesehatan mental.

Kesehatan mental itu apa, kak?

Kesehatan mental itu adalah kondisi di mana pikiran dan jiwa kita berada pada fase normal, baik, dan tenang. Salah satu bentuk gangguan kesehatan mental itu contohnya overthinking! Ayo, siapa yang malam-malam suka telat tidur terus overthingking banyak hal?

Pahamifren pasti pernah overthinking, “Kalau aku ga lolos nanti gimana, ya? Nah, mindset ini harus dibuang jauh-jauh! Percaya sama Mipi, deh. Banyak overthinking dan merasa insecure tidak membuat kamu sukses UTBK!

Untuk menanggulanginya, Pahamifren harus percaya diri dan fokus dengan tujuan yang ingin dicapai. Pahamifren harus percaya bahwa dengan belajar yang baik dan benar, mau berapapun pesaingnya, kamu bakal dapat menaklukkan UTBK. Tujuannya agar kamu makin semangat belajarnya.

Cara supaya fokus ini gimana? Ssst, salah satu tips dari Mipi, kamu bisa memasang foto kampus impian sebagai wallpaper di HP atau menempelnya di dinding kamar. Dengan begitu, setiap kamu mulai kedistract, kamu bisa kembali meningkatkan fokus ke tujuanmu.

Percayalah, dengan kesehatan jiwa dan raga yang baik, Pahamifren akan lebih mudah untuk fokus belajar dan mengejar persiapan masuk ke kampus impian!

2. Susun Target Belajar Untuk Taklukkan UTBK

Materi UTBK yang segudang dengan waktu belajar yang terbatas tentu menjadi kendala Pahamifren. Oleh karena itu, sebaiknya Pahamifren mulai susun target belajar dari sekarang!

Dengan target yang terstruktur, kamu akan merasa lebih tenang dalam menguasai materi- materi UTBK. Soalnya dengan adanya target belajar kamu jadi lebih terjadwal dan terarah. Kamu ga perlu panik lagi belajar apa di hari ini, belajar apa di hari esok, dan seterusnya! Soalnya kamu sudah atur itu semua di target belajar sedari awal.

Jangan lupa, setelah mencapai target berikan diri kamu self reward kecil agar kamu makin semangat untuk menaklukkan target-target yang ada di depan mata. Self reward ini bisa dengan hal-hal simpel. Misalnya membeli jajanan favoritmu, menonton music video dari idol kesukaanmu, dan sebagainya.

Pemberian self reward ini secara tidak langsung juga mengingatkan kamu untuk beristirahat dan memberi jeda belajar, lho, Pahamifren. Maksain belajar dengan kondisi fisik dan mental yang capek itu tidak efektif, lho. Ini juga berguna untuk menjaga kesehatan mental kamu agar prima sampai hari H UTBK!

3. Pahami Konsep Dasar

Pahamifren pasti udah sering dengar kalau salah satu jenis soal yang ada di UTBK adalah soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), kan? Nah, artinya, soal UTBK tidak seperti soal yang biasa kamu temui di sekolah tiap harinya.

Maka dari itu, soal UTBK tidak hanya memerlukan hafalan materi, tetapi juga pemahaman konsep dasar. Misalnya matematika, Pahamifren sebaiknya tidak hanya menghafal rumus saja, tetapi juga memahami kenapa rumus tersebut tersusun demikian, dan bagaimana pengaplikasiannya.

Dengan Pahamifren memahami materi dari akar-akar konsepnya, Mipi yakin kamu akan lebih mudah dalam mengerjakan soal UTBK. Jika kamu sudah paham konsep, Mipi jamin kamu tidak akan bingung kalau rumus yang dikeluarkan di soal dibolak-balik!

Nah, biar makin efektif belajarnya, Pahamifren harus tau nih materi apa aja yang masih perlu diperdalam. Jangan sampai kalian buang waktu dengan belajar materi yang sudah dikuasai secara berulang kali. Kamu bisa dapetin analisis pemahaman materi kamu di fitur Pegasus, lho. Pegasus juga bisa kasih rekomendasi soal sesuai dengan kemampuan kamu biar makin mantap sukses Taklukkan UTBK.

4. Uji Diri Sendiri

Ingat kata pepatah, “Practice makes perfect.”

Sama halnya dengan mengerjakan UTBK. Jika Pahamifren rajin mengerjakan latihan-latihan soal standar UTBK, pasti kamu juga akan semakin siap untuk menghadapi UTBK besok.

Pahamifren bisa kerjain latihan soal UTBK terlengkap di Try Out Pahamify untuk menguji diri sendiri dalam persiapan UTBK. Banyak mengerjakan soal bisa membuat Pahamifren memahami tipe soal seperti apa aja yang bakal keluar di UTBK, materi apa yang masih kurang dikuasai, dan sebagainya.

Nah, dari hasil try out kamu bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan kamu, serta menyusun strategi belajar agar bisa maksimal dalam mengerjakan UTBK yang sesungguhnya. Selain itu, hasil Try Out Pahamify juga disertai rasionalisasi, lho. Menarik banget, kan?

Pssst! Menjelang UTBK 2022, try out Pahamify bakal dilaksanakan setiap minggunya, lho! Jad akan ada soal-soal menantang baru tiap minggunya yang bisa menjadi tambahan referensi kamu untuk belajar persiapan taklukkan UTBK! Menarik, bukan?

5. Kenali Gaya Belajar Untuk Taklukkan UTBK

Memahami gaya belajar yang cocok untuk diri sendiri merupakan hal penting karena berarti kamu juga memahami cara belajar paling efektif bagi dirimu. Ada Pahamifren yang lebih efektif belajar sendiri ketimbang belajar ramai-ramai di kelas. Ada Pahamifren yang bisa belajar dengan guru, ada juga yang lebih senang belajar mandiri.

Secara umum, setidaknya ada 3 tipe gaya belajar. Biar ngga makin penasaran, Mipi ulik satu-persatu mengenai gaya belajar, ya.

1. Gaya Belajar Visual

Kalau kamu lebih suka belajar dengan penggunaan gambar ilustrasi, video, grafik, dan imajinasi visual, berarti gaya belajar kamu adalah gaya belajar visual. Nah, kalau kamu tipe siswa dengan gaya belajar ini, kamu bakal bisa cepat paham materi dengan menyimak video belajar di aplikasi Pahamify.

Psst, video belajarnya pakai animasi, lho. Dijamin bikin materinya lebih cepat masuk dan ngga bikin kamu bosen!

2. Gaya Belajar Auditori

Kalau kamu lebih nyaman belajar dan memahami materi dengan mendengarkan, maka gaya belajarmu adalah gaya belajar auditori. Selain mendengarkan materi, model belajar yang interaktif seperti LiveClass juga akan membantumu untuk memahami materi dengan mudah.

Apalagi kalau belajarnya di LiveClass Sistem Kebut Siap (SKS) UTBK 1 Bulan bareng Rockstar Teacher yang seru dan siap memandu kamu belajar intensif dan efektif di waktu yang udah mepet ini. Kalau langganan kelas ini, kamu juga dapet fitur Try Out Premium, Video Belajar, dan latihan soal di Pegasus. Eits, walaupun lengkap banget, harganya terjangkau kok!

Kalau masih ragu, kamu bisa cobain dulu LiveClass Free buat ngicipin kelas online Pahamify. Kalau kamu memilih paket Pahamify LiveClass Free, kamu akan mendapatkan 5 sesi kelas online gratis dalam 1 minggu, lho. Lumayan banget, kan? Jangan sampai kelewatan kesempatan emas ini ya, Pahamifren!

3. Gaya Belajar Kinestetik

Nah, gaya belajar yang satu ini ditandai dengan mudahnya memahami materi jika kamu melakukan hal-hal fisik. Jika kamu merupakan orang dengan gaya belajar kinestetik, artinya kamu akan lebih mudah memahami materi dengan mempraktikkan langsung.

Nah, itu tadi tips belajar yang bisa Mipi spill buat kamu. Daripada buang-buang waktu, mending kamu langsung langganan paket belajar terbaik dari Pahamify biar persiapan 1 bulan menuju UTBK makin mantap.

Yakin sukses #TaklukkanUTBK bareng Pahamify!

Penulis: Adenia Nadira Tuzenitha

Published by
Afridho Aldana