Pahamifren, sudah tahu belum? Ternyata, ada beberapa hal yang bisa membuat kamu gagal SBMPTN dan didiskualifikasi dari kepesertaan UTBK 2021, lho. Hal ini penting banget buat kamu ketahui. Pasalnya, meskipun kamu berhasil mendaftar UTBK SBMPTN, kamu belum tentu seratus persen bisa mengikuti ujiannya.

Sayang banget kan, kalau kamu sudah mempersiapkan tes UTBK dengan matang, tapi gagal ikut UTBK SBMPTN hanya karena beberapa hal ini. Untuk mengantisipasinya, kamu harus mulai menghindari penyebab tersebut. Mau tahu apa saja penyebab yang bisa membuatmu didiskualifikasi dan gagal SBMPTN? Yuk, langsung simak pembahasan artikel ini sampai selesai!

Penyebab Peserta Didiskualifikasi dan Gagal SBMPTN

Pihak LTMPT menyampaikan bahwa ada 6 hal yang menyebabkan peserta didiskualifikasi oleh panitia UTBK dan gagal mengikuti UTBK SBMPTN 2021. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

Terkonfirmasi Positif COVID-19

Peserta yang terkonfirmasi positif COVID-19 tidak bisa mengikuti tes UTBK 2021. Hal ini guna mencegah penyebaran COVID-19 selama tes berlangsung. Namun, pihak LTMPT sendiri menyampaikan, tidak semua peserta wajib melampirkan hasil pemeriksaan swab antigen. Ketentuan wajib atau tidaknya swab antigen sesuai dengan ketentuan daerah pusat UTBK masing-masing. Jadi, kamu harus mengecek ketentuan pusat UTBK yang kamu pilih ya, Pahamifren!

Beberapa contoh pusat UTBK yang mewajibkan peserta membawa dan menunjukkan hasil negatif swab antigen yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan UPN ‘Veteran’ Yogyakarta,

Nah, supaya kamu tetap bisa mengikuti tes UTBK dengan lancar, pastikan kamu menjaga kesehatan menjelang hari pelaksanaan UTBK 2021. Alangkah baiknya kamu tidak melakukan perjalanan jauh terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa, selalu penuhi asupan nutrisi harian dan tingkatkan imunitas kamu agar kesehatan tubuhmu selalu terjaga.

Mengenal Pandemi Global: Corona Virus

Tidak Tepat Waktu atau Terlambat

Peserta yang terlambat mengikuti tes UTBK akan didiskualifikasi dan gagal ikut SBMPTN. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu datang lebih awal, paling tidak 1-2 jam sebelum waktu ujian dimulai. Buat kamu yang memilih pusat UTBK yang cukup jauh dari domisili, berangkatlah pagi agar tidak terjebak macet.

Kalau kamu punya saudara atau teman yang rumahnya dekat dengan lokasi tes UTBK SBMPTN yang kamu pilih, nggak ada salahnya untuk menginap bersama mereka. Intinya, kamu harus memikirkan cara supaya bisa mengikuti tes UTBK tepat waktu. Nggak mau gagal SBMPTN hanya karena terlambat kan, Pahamifren?

Foto dan Identitas Lain Berbeda

Pada saat proses pendaftaran UTBK SBMPTN 2021, kamu diminta untuk mengisi identitas diri, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, NISN, NPSN, dan mengunggah foto terbaru. Sebelum menyimpan data secara permanen, pastikan kamu mengisi data tersebut secara tepat. Data yang sudah disimpan permanen tidak bisa diubah lagi dengan alasan apa pun.

Kalau ternyata data yang kamu isi salah dan kamu menunjukkan foto atau identitas yang berbeda saat tes berlangsung, kamu bisa didiskualifikasi dari kepesertaan UTBK 2021. Jadi, pastikan data identitas yang kamu isi dengan berkas ujian yang kamu bawa sama dan sesuai dengan keadaan sebenarnya, ya.

Tidak Menunjukkan Dokumen sesuai Ketentuan

Agar tidak gagal ikut SBMPTN 2021, peserta harus mempersiapkan beberapa dokumen yang wajib dibawa saat tes UTBK. Adapun dokumen tersebut seperti fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019 dan 2020, Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK/sederajat bagi calon lulusan tahun 2021 (disertai foto terbaru, stempel sekolah, dan tanda tangan kepala sekolah), Kartu Tanda Peserta UTBK 2021, kartu identitas diri (KTP atau Kartu Pelajar), dan perlengkapan lainnya yang dipersyaratkan.

Melakukan Kecurangan dan Membawa Barang yang Tidak Diizinkan

Penyebab gagal SBMPTN dan didiskualifikasi dari tes UTBK berikutnya yaitu ketika kamu melakukan kecurangan dan membawa barang yang tidak diizinkan. Adapun kecurangannya bisa seperti ketahuan mencontek, bekerja sama atau berkomunikasi dengan peserta lain, atau bahkan menggantikan atau digantikan oleh orang lain selama tes berlangsung.

Terkait barang bawaan, kamu tidak diperbolehkan membawa barang-barang di luar ketentuan, seperti membawa daftar logaritma, kalkulator, buku atau catatan, alat komunikasi, kamera, jam tangan, dan sebagainya. Biasanya, pengawas ujian akan mengingatkan peserta terhadap barang bawaan yang tidak boleh dibawa masuk ruang ujian. Kalau kamu ketahuan melanggar aturan tersebut, maka risikonya yaitu tidak bisa mengikuti tes UTBK dan gagal SBMPTN.

Menyalin atau Memotret Soal

Peserta yang ketahuan menyalin atau memotret soal akan secara otomatis didiskualifikasi dari kepesertaan UTBK SBMPTN 2021. Hal ini dinilai sebagai kecurangan dalam ujian. Biasanya, peserta yang melakukan ini akan melanggar ketentuan barang bawaan. Contohnya, ia akan membawa HP untuk memotret, atau catatan untuk menyalin.

Nah, itu dia beberapa penyebab yang bisa membuatmu gagal SBMPTN dan didiskualifikasi dari keikutsertaan tes UTBK 2021. Biar tes UTBK 2021 berjalan lancar, baca dan taati aturan yang berlaku dengan baik ya, Pahamifren.

Buat kamu yang ingin mematangkan persiapan UTBK dalam sisa waktu ini, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan contoh soal try out berkonsep HOTS, baik TPS dan TKA yang bisa kamu kerjakan, lengkap dengan pembahasan yang menarik. TryOut Pahamify premium juga dilengkapi fitur Smart Analysis yang bisa membantu kamu menganalisis pemahaman materi UTBK agar berpeluang mendapatkan nilai UTBK yang tinggi.

Yuk, ikuti TryOut Pahamify premium supaya lebih siap #TaklukkanUTBK! Download aplikasi Pahamify di sini dan gunakan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version