Pahamifren, apa sih yang menjadi kriteria kamu dalam menentukan tempat kuliah? Apakah dari popularitas? Atau justru dari kualitas pendidikannya? Buat kamu yang mengincar kampus impian dari popularitas maupun kualitasnya, kamu wajib banget cek daftar PTN terbaik di Indonesia versi 4ICU. Kalau kamu masih bingung menentukan tempat kuliah, daftar universitas terbaik di Indonesia versi 4ICU bisa menjadi rekomendasi buatmu. Yuk, langsung simak pembahasannya!

Daftar PTN Terbaik di Indonesia versi 4ICU

4ICU adalah sebuah lembaga pemeringkat perguruan tinggi di seluruh dunia. Tidak hanya PTN saja, lembaga ini juga melakukan pemeringkatan pada universitas swasta. Namun, pada perilisan 4ICU untuk kategori universitas terbaik di Indonesia tahun 2021, posisi 7 teratas masih ditempati oleh PTN di Indonesia. Penasaran apa saja PTN tersebut? Berikut daftarnya!

Universitas Gadjah Mada

Peringkat PTN terbaik di Indonesia yang pertama ditempati oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus di Yogyakarta ini sudah didirikan sejak tahun 1949 dan selalu menjadi PTN favorit di kalangan pelajar. Jurusan paling diincar di UGM adalah jurusan Kedokteran, Hukum, Psikologi, Teknik Sipil, dan masih banyak lagi.

Selain terakreditasi oleh BAN-PT, Universitas Gadjah Mada juga mendapatkan ASEAN University Network (AUN) Accreditation, Engineering Accreditation Commission (EAC) of ABET, serta Engineering Technology Accreditation Commision (ETAC) of ABET. Jadi, kualitas pendidikannya dijamin bermutu, Pahamifren.

Universitas Indonesia

Siapa sih pelajar SMA yang enggak tahu kampus jas kuning ini? Selain terbukti favorit di kalangan pelajar SMA, Universitas Indonesia juga menempati posisi 2 dalam pemeringkatan universitas terbaik versi 4ICU. Beberapa jurusan paling banyak peminat di UI meliputi jurusan Ilmu Hukum, Psikologi, Pendidikan Dokter, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Kriminologi. Bahkan, jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan dengan persaingan terketat di SBMPTN tahun 2020, lho.

Pahami dan  Nggak Kalah Keren, Ini Kampus dan Jurusan Terbaik di Luar Jawa

Kampus yang terletak di perbatasan Depok dan Jakarta ini sudah menjalin kerja sama internasional dengan berbagai lembaga. Beberapa di antaranya seperti ASEAN University Network (AUN), Open Education Consortium (OEC), Association of University of Asia and the Pacific (AUAP), dan lain-lain.

Universitas Diponegoro

Kampus yang berpusat di kota Semarang ini menempati posisi ketiga PTN terbaik di Indonesia. Letak kampusnya strategis dan pilihan jurusan yang beragam membuat Universitas Diponegoro menjadi incaran banyak pelajar di Jawa Tengah. Biaya kuliah Undip juga termasuk terjangkau jika dibandingkan dengan universitas populer di Indonesia lainnya.

Adapun jurusan populer di Undip yang bisa kamu pilih, yaitu jurusan Kedokteran, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Keperawatan, dan Hukum. Undip sudah mengantongi akreditasi dari BAN-PT sehingga mutu pendidikannya terjamin berkualitas.

Universitas Pendidikan Indonesia

UPI merupakan kampus berbasis keguruan yang populer di Indonesia. Lokasi kampus UPI awalnya berpusat di kota Bandung. Namun, seiring berjalannya waktu, UPI menganut sistem multikampus dengan 6 kampus tersebar di 2 provinsi, yaitu Jawa Barat dan Banten.

Meski UPI terkenal dengan jurusan pendidikannya, kampus ini tetap menyediakan jurusan di bidang lain yang tak kalah populer. Beberapa jurusan populer lainnya, antara lain Teknik Sipil, Ilmu Komputer, Arsitektur, Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Manajemen.

Universitas Negeri Yogyakarta

Sama seperti UPI, kampus yang terletak di Yogyakarta ini juga termasuk dalam kampus berbasis keguruan terbaik di Indonesia. Beberapa jurusan difokuskan mencetak tenaga pendidik berkualitas setelah lulus nanti. Hingga kini, Universitas Negeri Yogyakarta menyediakan 7 Fakultas sesuai bidang pendidikannya masing-masing. Fakultas tersebut adalah Fakultas Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan IPA, Ilmu Sosial, Ekonomi, Teknik, serta Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Pahami dan  Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan 5 Hal Ini sebagai Persiapan Awal Masuk Kuliah

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya terkenal sebagai kampus dengan daya tampung mahasiswa terbanyak di semua jalur masuk PTN. Kampus yang lebih dikenal UB ini menawarkan banyak pilihan program studi. Ada sekitar 50 program studi Saintek dan 29 program studi Soshum yang bisa kamu pilih untuk jenjang D4 maupun Sarjana.

Prestasi mahasiswa dan alumni UB enggak perlu diragukan lagi, Pahamifren. Universitas Brawijaya terkenal sebagai langganan juara PIMNAS. UB bahkan pernah mencetak tiga kali juara beruntun pada PIMNAS tahun 2015 hingga 2017. Keren banget kan?

Universitas Airlangga

Posisi PTN terbaik di Indonesia ketujuh versi 4ICU diduduki oleh Universitas Airlangga. Kampus yang berpusat di kota Surabaya ini terkenal dengan jurusan di bidang kesehatannya, seperti jurusan Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Teknik Biomedis, dan Jurusan Farmasi. Bahkan, Universitas Airlangga telah menyediakan fasilitas rumah sakit untuk menunjang penerapan pendidikan di bidang kesehatan.

Enggak cuma di bidang kesehatan saja, Universitas Airlangga juga menawarkan jurusan di bidang Soshum dan Saintek lainnya. Beberapa jurusan tersebut seperti Teknik Lingkungan, Ekonomi Islam, Psikologi, Manajemen, Hubungan Internasional, dan Ilmu Komunikasi.

Kategori Penilaian 4ICU

Setiap lembaga pemeringkat universitas pasti memiliki kategori penilaiannya masing-masing. Ada yang berdasarkan reputasi alumni, akademik, atau bahkan jumlah sitasi publikasi. Kategori penilaian dari 4ICU sendiri seperti apa sih? 4ICU memiliki 3 indikator untuk menentukan universitas terbaik dan terpopuler di Indonesia. Berikut masing-masing indikatornya:

  1. Telah terakreditasi oleh lembaga terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara. Di Indonesia, kampus yang bersangkutan setidaknya telah mengantongi akreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).
  2. Menyediakan program Sarjana dan Pascasarjana, baik itu jenjang Magister (S2) maupun Doktoral (S3). Jika kampus impianmu hanya menawarkan program Sarjana dan Vokasi, maka tidak diikutsertakan dalam pemeringkatan 4ICU.
  3. Sistem pembelajaran kampus dilakukan secara offline alias tatap muka. Kampus harus memiliki fasilitas penunjang yang mampu mendukung proses perkuliahan antara dosen dan mahasiswanya.
Daftar PTN terbaik di Indonesia versi pemeringkatan 4ICU. Ada apa saja?

Pemeringkatan 4ICU juga dilihat dari popularitas dan banyaknya jumlah kunjungan ke situs resmi perguruan tinggi. Popularitas tersebut berpotensi menunjukkan minat pendaftar di PTN terkait, lho. Dari 7 peringkat PTN terbaik di Indonesia versi 4ICU di atas, apakah kampus impianmu termasuk di dalamnya?

Pahami dan  Tips Belajar Efektif dan Efisien untuk Tiap Mata Pelajaran

Supaya bisa bersaing dengan pendaftar lainnya, ayo persiapkan dirimu menghadapi seleksi penerimaan mahasiswa baru dari sekarang! Kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify untuk meningkatkan nilai rapor dan lolos SNMPTN. Dilengkapi video materi berkonsep gamifikasi, proses belajar di Pahamify dijamin seru dan enggak membosankan.

Kamu juga bisa mencoba latihan soal di fitur Try Out Pahamify agar lebih siap hadapi PTS/PAS, UTBK SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Latihan soal di fitur Try Out Pahamify dirancang sesuai konsep HOTS dan telah dilengkapi dengan pembahasan yang menarik.

Yuk, belajar jadi lebih seru dan siap raih kampus impian bareng Pahamify! Download aplikasi Pahamify di sini sekarang!

Dapatkan penawaran spesial dari Pahamify dengan klik link Promo.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Daftar 7 PTN Terbaik di Indonesia Versi 4ICU, Ada Kampus Impianmu?

Lela Rennova
June 5, 2021 at 3:17 am

Sejak kemarin cari informasi UNIV untuk dijadikan recomendasi Magister/Pasca sarjana, Alhamdulilah menemukan artikel yang lengkap informasinya, Terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat bagi para mahasiswa atau calon mahasiswa sebagai bahan pertimbangan.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version