Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Dunia kini sedang mengalami sebuah bencana epidemi yang sifatnya global. Hampir seluruh negara yang ada di muka bumi ini terkena dampak dari tersebarnya COVID-19. Penyebaran virus ini berjalan secara masif. Kasus mengenai virus corona ini kian hari kian bertambah. Untuk itu, salah satu usaha yang bisa kita lakukan untuk memutus penyebaran wabah ini adalah dengan cara beraktifitas dari rumah saja.

Keadaan itu pun membuat kebanyakan sekolah memindahkan kegiatan belajar ke rumah masing-masing siswa. Saat-saat seperti ini lah yang perlu dimanfaatkan dengan baik untuk belajar. Memaksimalkan waktu yang ada dengan tetap mengisi dengan kegiatan belajar agar tetap bisa mengisi kegiatan yang bermanfaat. Ya.. sekali-kali istirahat dengan nontonin video tiktok Pahamify juga bisa kok 🙂

Suasana rumah itu membuat kegiatan belajar lebih… lebih apa ya kira-kira? Apakah kamu lebih nyaman ketika belajar di rumah? Atau malah kamu terlalu nyaman sehingga… jadi malas untuk belajar? Wah kalau itu jangan sampe ya! Karena kamu harus lawan dengan cara belajar yang mandiri!

Yup betul sekali, saat-saat seperti ini seharusnya bisa belajar mandiri supaya jauh dari rasa malas dan bisa melaju terus meningkatkan pemahaman seputar mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Tapi apa yang bisa lakukan untuk belajar mandiri?

Nah, berikut ini ada tips belajar mandiri dari Pahamify buat maksimalin kegiatan #dirumahaja

1. Atur waktu belajar dengan baik

Untuk atur waktu supaya bisa digunakan dengan baik, maka kita harus bisa menentukan mana yang jadi prioritas utama. Kalau dalam satu hari kamu punya banyak hal yang harus dikerjakan, kamu bisa buat “to-do list” dengan menuliskan apa saja yang harus kamu kerjakan dalam satu hari. Kemudian, kamu bisa urutkan mulai dari kegiatan berskala prioritas tinggi, hingga yang paling tidak penting atau prioritasnya rendah. 
Ingat, yang gak kalah penting dari mengatur waktu belajar adalah disiplin sama “to-do list” yang telah kamu buat. Kalau kamu butuh tips lebih lengkap dalam mengatur waktu belajar, kamu bisa tonton video seru dari hujan tanda tanya di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=ObrjVNxFhh0&t=5s

2. Buat Menu Belajar

Belajar memang penting, tapi jangan lupa kalau kamu butuh istirahat. Ini adalah salah satu menu yang perlu kamu siapkan kalau ingin belajar secara mandiri, yaitu waktu belajar. Dari situ kamu bisa atur berapa lama kamu akan belajar dan berapa lama kamu boleh beristirahat diantara waktu-waktu belajarmu.

Tapi… ingat! Jangan keasyikan istirahat, bisa-bisa kegiatan belajar kamu  jadi terbengkalai. Maka dari itu perlu untuk kamu untuk membuat jadwal belajar. Dalam seminggu kamu akan belajar apa saja dan dimana kamu akan menempatkan waktu beristirahat. Nah, Pahamify bisa bantu kamu nih dalam membuat jadwal belajar karena fitur “Jadwal Belajar” sudah bisa kamu nikmati gratis kalau kamu sudah download aplikasi Pahamify. Yuk buruan download!

Menu belajar yang sudah dibahas dalam tulisan ini adalah waktu belajar. Menu lainnya adalah menentukan tujuan belajar dan memberi nilai pada diri sendiri. Simak video di bawah ini yuk untuk tahu lebih lengkapnya!

https://www.youtube.com/watch?v=67TVSmZfww8

3. Inisiatif dengan melibatkan orang lain

Langkah inisiatif merupakan bagian dari kemandirian. Dalam konteks belajar di rumah, kamu bisa melakukan inisiatif dengan melibatkan orang lain dalam proses belajar kamu. Orang lain dapat berguna sebagai orang yang bisa mengevaluasi pemahaman kamu terhadap sebuah materi pelajaran.

Suasana rumah yang mungkin terlalu nyaman bisa membuat kamu ingin bermalas-malasan lebih ekstra. Bagi yang bisa menangkal permasalahan ini, kamu keren! Kamu bisa lanjut fokus kepada proses belajar. Tapi buat kamu yang merasa permasalahan ini, tentu kamu butuh bantuan orang lain untuk bisa lebih fokus belajar di rumah. Dengan adanya orang lain di sekitar kamu, kamu merasa diawasi sehingga kamu terhindar dari rasa malas dan keinginan untuk menunda pekerjaan.

4. Konsentrasi

Kalau kamu sudah buat “to-do list”, menu belajar, dan sudah melibatkan orang lain, konsentrasi adalah tips terakhir yang bisa kamu terapkan. Jauhkan perhatian kamu dari benda-benda yang sekiranya menciptakan distraksi. Seperti game di ponsel atau konsol kesayangan kamu, media sosial atau film yang tak sabar ingin kamu tonton.

Tanamkan dalam diri bahwa semua itu bisa kamu sentuh setelah kegiatan belajar ini selesai. Mungkin bisa kamu jadikan “hadiah kecil” kalau kamu berhasil belajar dengan baik dalam satu hari. Untuk itu, konsentrasi lah dalam belajar mandiri di rumah maka kamu akan dapat hadiah yang sudah kamu siapkan sendiri!

Itu tadi adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk belajar mandiri di rumah. Pastikan juga kamu bisa memaksimalkan kenyamanan yang ada di rumah untuk belajar di rumah. Semoga kamu dijauhkan dari rasa malas dan tidak kebingungan mau belajar pakai apa. Kalau kamu bingung… tenang, atasi kebingungan belajar kamu dengan mendownload Pahamify! Di kala pandemi Covid-19 ini kamu bisa tetap belajar seru di rumah dengan aplikasi belajar Pahamify gratis sampai 31 Mei 2020 ! Makanya tunggu apalagi? Yuk download Pahamify sekarang juga!

Penulis: Afif Rizki


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog