Pahamifren, sudah baca artikel tentang 5 Hal yang Membuat Nilai UTBK Kecil ini? Kalau sudah, kamu tentu sudah tahu penyebab nilai UTBK kecil dan cara mengatasinya kan? Tapi, kalau kamu masih kepikiran pada standar nilai UTBK yang sesuai untuk SBMPTN 2021, kali ini Mipi memberi beberapa tips lolos SBMPTN meski nilai UTBK kecil. Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Tips Lolos SBMPTN meski Nilai UTBK Kecil

Nilai UTBK pas-pasan, apakah masih bisa lolos SBMPTN 2021? Pertanyaan ini tentu sering muncul di kepala pejuang PTN kok. Jangan khawatir, kamu masih punya kesempatan lolos UTBK SBMPTN 2021 walau memiliki nilai yang kecil lho. Saat kamu mendapatkan nilai minimum UTBK dengan rata-rata 550, 500, atau bahkan 400, kamu masih berpeluang lolos SBMPTN, yang artinya kamu pun masih bisa diterima di PTN pilihanmu.

Memang sih peluangnya tidak sebesar saat kamu mendapatkan standar nilai UTBK yang aman, seperti nilai di atas 600 ke atas. Namun, selagi masih ada peluang kamu harus memanfaatkannya semaksimal mungkin, ya.

Beberapa tips lolos SBMPTN berikut ini bisa membantumu memaksimalkan peluang diterima di SBMPTN 2021 walaupun nilai UTBK pas-pasan. Yuk langsung cek apa saja tips-tipsnya!

Khawatir dapat nilai UTBK kecil? Kamu bisa ikuti tips lolos SBMPTN UTBK 2021 meski nilai UTBK-mu kecil lho.

Pilih PTN sesuai Kapasitas Nilai

Sebagian dari kamu pasti pingin benget diterima di kampus-kampus favorit, yang masuk dalam kategori PTN terbaik di Indonesia, seperti UI, UGM, ITB, Unpad, dan sebagainya. Tapi, kalau nilai UTBK yang kamu peroleh pas-pasan, ada baiknya kamu menurunkan sasaran kamu ke PTN yang sedang-sedang saja.

PTN favorit di Indonesia tentu memiliki peminat yang banyak sehingga tingkat persaingannya pun semakin tinggi. Mempertimbangkan nilai UTBK yang pas-pasan, kamu bisa kesulitan bersaing dengan peserta SBMPTN lain yang mengincar PTN yang sama dengan pilihanmu. Jadi, pilihlah PTN yang sesuai dengan kapasitas nilai saja agar peluang lolos SBMPTN semakin besar.

Pahami dan  Mau Memaksimalkan Peluang Lolos SBMPTN Setelah Gap Year? Ikuti 5 Tips Ini

Kamu nggak perlu minder kok ketika tidak diterima di PTN favorit. Sukses atau tidaknya kamu bukan ditentukan dari seberapa favorit PTN tersebut, melainkan dilihat dari bagaimana kamu bisa berproses di PTN yang kamu pilih nantinya.

Lihat Daya Tampung Jurusan yang Dipilih

Tips lolos SBMPTN yang kedua yaitu mempertimbangkan daya tampung jurusan yang dipilih. Jurusan yang bisa kamu pertimbangkan saat memperoleh nilai UTBK kecil yaitu jurusan yang memiliki daya tampung banyak tapi peminat rendah, serta jurusan yang memiliki daya tampung sedikit dan peminat rendah. Jurusan kuliah yang masuk dua kategori tersebut tidak memiliki persaingan yang terlalu ketat sehingga peluang kamu untuk lolos pun semakin besar.

Meski demikian, bukan berarti kamu harus memilih jurusan biasa-biasa saja yang penting lolos, ya! Kamu tetap harus mengutamakan passion dalam menentukan jurusan kuliah. Saat kuliah, kamu akan mendalami jurusan yang kamu pilih dalam waktu yang tidak sebentar. Kalau kamu memilih jurusan yang tidak sesuai passion, bisa-bisa hal ini hanya akan menghambat proses akademik kamu ke depannya.

Analisa Jurusan Paling Berpeluang

Dari pertimbangan daya tampung, peminat, dan passion, kamu bisa membuat list jurusan yang akan kamu pilih. Setelah list jurusan sudah dibuat, baru bandingkan mana jurusan yang bisa membuatmu paling berpeluang lolos.

Contohnya:

  • Jurusan Teknik Informatika di Universitas Brawijaya memiliki daya tampung untuk SBMPTN 2020 sebanyak 96 kursi, dengan peminat pada SBMPTN 2018 lalu sebanyak 1.308.
    Peluang kamu: 1.309 – 96 = 1.213
    Artinya, nilai UTBK kamu harus di atas 1.213 pelamar Jurusan Teknik Informatika lainnya.
  • Jurusan Matematika di Universitas Brawijaya pada SBMPTN 2020 memiliki daya tampung sebanyak 80, dengan peminat pada SBMPTN 2019 sebanyak 666.
    Peluang kamu: 666 – 80 = 586
    Artinya, nilai UTBK kamu harus di atas 311 pelamar Matematika lainnya.
Pahami dan  Pahamify Try Out Challenge: Tunjukkan Kompetensimu, Dapatkan Kuliah Starterpack Senilai Puluhan Juta Rupiah

Dari contoh di atas, mana yang lebih berpeluang? Jawabannya tentu jurusan Matematika ya, karena sainganmu jauh lebih sedikit. Daya tampung jurusan Matematika juga tergolong banyak sehingga peluang kamu diterima jurusan tersebut pun semakin besar.

Temukan tips lolos UTBK SBMPTN 2021 terbaru di Pahamify. Kamu masih bisa lolos UTBK 2021 meski nilai kamu kecil lho.

Nah, sampai sini, kamu sudah paham cara menganalisa jurusan yang paling berpeluang, kan? Intinya, semakin rendah nilai UTBK kamu, sebaiknya carilah peluang jurusan yang tingkat persaingannya semakin rendah pula, ya.

Itulah beberapa tips lolos SBMPTN meski nilai UTBK kecil yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga tips-tips di atas bisa mengurangi overthinking karena nilai UTBK kecil, ya.

Daripada kamu terus kepikiran soal skor UTBK, mending kamu mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK 2021. Persiapan yang matang bisa membantumu memaksimalkan peluang mendapatkan nilai UTBK tinggi.

Satu di antara persiapan UTBK yang bisa kamu lakukan yaitu memperbanyak latihan soal UTBK. Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online Pahamify, lho!

Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba. Nggak cuma itu, kamu juga bisa mengikuti Pahamify Accelerator Program agar lebih siap menghadapi UTBK SBMPTN 2021.

Tunggu apalagi, download aplikasi belajar online Pahamify dan manfaatkan fitur-fitur menariknya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik! Jangan lupa, cek promo menarik lainnya di sini.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Ini Dia, Cara Maksimalkan Peluang Lolos SBMPTN Meski Nilai UTBK-mu Kecil

dafarahma13@yahoo.co.id
February 8, 2021 at 3:39 pm

Seribu juta manusia bisa bermimpi namun 1 anak muda bisa mengubah dunia

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version