Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, sudah sejauh apa persiapan UTBK 2021 yang kamu lakukan? Pastikan persiapan yang dilakukan bukan hanya belajar materi saja ya, namun juga menentukan tips manajemen waktu pengerjaan soal pada tes UTBK mendatang. Kamu tentu nggak mau kan, kalau waktu kamu terbuang sia-sia dan tidak bisa menjawab semua soal? Maka dari itu, kamu butuh tips mengelola waktu pengerjaan soal UTBK untuk tiap sesinya.

Berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri, cara mengelola waktu pengerjaan soal ujian yaitu dengan membagi waktu ujian jadi beberapa sesi. Pembagian sesi ini membantumu menganalisis level kesulitan tiap soal sehingga jauh lebih mudah untuk mengerjakan soal secara optimal, tanpa harus membuang waktu untuk terjebak pada satu soal saja. Daripada penasaran, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Tips Manajemen Waktu Pengerjaan Soal UTBK 2021

Tips manajemen waktu saat ujian yang utama yaitu merencanakan pembagian waktu secara optimal. Kalau berdasarkan pengalaman Kak Fikri, ia akan membagi pengerjaan soal menjadi 4 sesi, yaitu sesi untuk soal mudah, soal sedang dan sulit, sesi meningkatkan kecepatan dan keseriusan, serta sesi untuk mengoreksi jawaban. Mari kita bedah satu per satu tiap sesinya.

Sesi untuk Soal yang Mudah

Pada awal waktu ujian dimulai, sebaiknya kamu membaca tiap soalnya terlebih dahulu, kemudian analisis dan tandai soal yang menurut kamu mudah dan cepat dikerjakan. Jika hal itu dirasa sulit karena tes UTBK dilakukan melalui komputer, kamu hanya perlu mengerjakan soal yang menurut kamu bisa terlebih dahulu.

Kalau ternyata soal yang kamu kerjakan memiliki cara penyelesaian yang kompleks dan butuh waktu pengerjaan yang lama, jangan ragu untuk melewatinya. Kuncinya pada sesi pertama ini, kamu harus mengerjakan soal yang kamu merasa bisa, mudah, dan cepat terselesaikan. Lewat cara seperti ini, kamu bisa lebih mudah menjawab banyak soal dengan waktu yang cenderung singkat. Jadi, kamu lebih punya banyak waktu untuk mengerjakan soal yang sulit nantinya.

Waktu Pengerjaan untuk Soal Sedang dan Sulit

Pada sesi waktu ujian berikutnya, fokuskan waktu untuk mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sedang hingga tinggi. Biasanya, soal dengan level sedang dan sulit ini butuh pengerjaan yang cukup lama. Jadi, alangkah baiknya kamu membagi waktu pengerjaan per soal. 

Misalnya, kamu bisa membatasi waktu pengerjaan sekitar 2-3 menit per soal, atau 40-50 menit per sesi materi. Namun, batasan waktu ini harus disesuaikan dengan batas kemampuanmu dalam mengerjakan soal, ya. Apabila durasinya melebihi waktu yang ditentukan, nggak ada salahnya untuk berganti ke soal berikutnya agar waktu ujian kamu tidak terbuang dalam satu soal saja.

Nah, selagi masih ada waktu untuk persiapan UTBK, kamu bisa melatih batas kemampuanmu dalam mengerjakan soal lewat latihan soal UTBK. Kamu bisa menggunakan stopwatch atau timer saat mengerjakan latihan soal UTBK. Jadi, kamu bisa tahu berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menjawab soal sesuai tingkat kesulitannya. Saat sudah terbiasa dengan pengaturan waktu seperti ini, kamu nggak akan panik dan lebih lancar saat mengerjakan tes UTBK 2021 nanti.

Sesi Meningkatkan Kecepatan dan Keseriusan

Terkadang, meski kamu sudah membagi sesi pengerjaan soal yang mudah dan sulit, pasti masih ada soal yang belum bisa kamu kerjakan. Entah karena soalnya terlalu sulit buatmu atau kamu lupa materi dan cara mengerjakannya. Itulah sebabnya sesi yang satu ini kamu butuhkan dalam tips manajemen waktu pengerjaan soal UTBK 2021. Pembagian sesi ini berguna untuk memantau waktu yang tersisa.

Kalau dari pengalaman Kak Fikri mengerjakan soal ujian, ia akan menggunakan sesi ini setelah satu jam berlalu. Kamu bisa menghitung berapa soal yang sudah dan belum dikerjakan. Setelah itu, barulah kamu meningkatkan kecepatan dan keseriusan dalam menjawab soal yang tersisa.

Kamu bisa menggunakan two modes of thinking biar kamu lebih cepat mengingat materi yang sudah kamu pelajari. Konsep two modes of thinking dan konsep strategi manajemen waktu lainnya bisa kamu baca di link artikel ini, ya.

strategi manajemen waktu persiapan utbk

Mengoreksi Jawaban

Sesi waktu ujian yang terakhir bisa kamu gunakan untuk mengoreksi jawaban. Hal ini untuk menghindari kekeliruan saat menjawab soal. Apalagi, beberapa pilihan jawaban di soal UTBK cenderung memiliki beberapa kesamaan makna sehingga sering membuat peserta bingung. Kalau kamu menyediakan waktu untuk mengoreksi jawaban ini, kamu lebih berpeluang besar untuk menjawab soal benar.

Pada sesi ini, kamu juga bisa mengurangi keraguan dalam menjawab soal UTBK. Pembagian sesi waktu untuk mengoreksi jawaban sebenarnya tidak perlu terlalu lama kok. Kamu bisa meluangkan sekitar 10-15 menit untuk mengecek kembali semua jawaban. Yang terpenting, setelah mengoreksi semua jawabannya, kamu yakin kalau sudah melakukan yang terbaik untuk tes UTBK tersebut.

Itulah beberapa tips manajemen waktu pengerjaan soal untuk tiap sesinya. Buat kamu yang ingin mencoba latihan soal UTBK untuk mengasah kemampuan manajemen waktu, kamu bisa mencobanya di fitur TryOut Pahamify.

Lewat kumpulan soal try out UTBK ter-update, kamu bisa mendapatkan gambaran soal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu agar waktu ujian semakin efektif saat UTBK 2021 nanti. Jadi, kamu bisa lebih siap #TaklukkanUTBK deh!

Buruan, ikuti TryOut Pahamify versi premium agar semakin mantap hadapi UTBK 2021. Download aplikasi Pahamify sekarang dan manfaatkan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll