Tips Mengajar Efektif untuk Guru: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Memberi Tugas ke Siswa

Pemberian tugas siswa di sekolah merupakan satu di antara kewajiban yang dilakukan seorang guru. Adanya pemberian tugas ini bertujuan agar motivasi belajar siswa semakin meningkat bukan hanya di sekolah namun juga saat di rumah. Tugas sekolah sering masuk dalam metode pembelajaran karena diyakini sebagai tips mengajar efektif untuk Bapak/Ibu guru.

Lewat tugas yang Bapak/Ibu guru berikan, siswa dapat menjadi lebih disiplin untuk belajar secara mandiri. Namun, apakah tugas yang diberikan tersebut selalu memberikan dampak positif untuk siswa?

Menjelang masa-masa ujian seperti saat ini, masih banyak siswa yang mengeluh tugas sekolahnya terlalu banyak sehingga tidak bisa meluangkan waktu belajar untuk ujian, khususnya ujian masuk perguruan tinggi seperti UTBK SBMPTN. Tugas siswa di sekolah yang terlalu menumpuk juga berpotensi menambah tekanan dan kelelahan fisik mereka.

Tips Mengajar Efektif dalam Hal Pemberian Tugas ke Siswa

Sebagai solusinya, ada baiknya kalau Bapak dan Ibu guru menemukan tips mengajar efektif dalam hal pemberian tugas. Pada artikel ini, Mipi telah merangkum beberapa tips mengajar yang bisa Bapak/Ibu guru pertimbangkan sebelum memberikan tugas ke siswa. Apa saja itu? Langsung cek pembahasannya berikut ini!

Kemampuan Murid

Cara guru memberikan tugas kepada siswa harus selalu dititikberatkan pada anak didik yang bersangkutan. Sebelum memberikan tugas, guru harus mengetahui apakah siswa bisa menyelesaikannya? Tolak ukur pertama yaitu dari kemampuan akademiknya, lalu yang kedua dari kekuatan fisiknya.

Lewat pertimbangan ini, Bapak dan Ibu bisa mendapatkan ukuran level kesulitan dan jumlah tugas yang pas diberikan kepada siswa. Hingga akhirnya, siswa pun mampu menyelesaikan tugas tanpa kendala yang berarti.

Jangan sampai siswa merasa kemampuan akademiknya mampu, namun ternyata kondisi fisiknya sudah kelelahan disebabkan jumlah tugas yang banyak. Apabila dipaksakan mengerjakan tugas dalam situasi semacam itu, bukan tidak mungkin psikologis siswa akan terganggu. Psikologi siswa yang terganggu bisa berpotensi menimbulkan rasa tidak suka terhadap pemberian tugas dan munculnya hasrat ingin membangkang.

Tugas yang Diberikan Harus Proporsional

Tips mengajar efektif dalam hal pemberian tugas berikutnya yaitu mengukur tingkat proporsional tugas yang diberikan. Bapak dan Ibu guru wajib mengetahui ukuran tingkat kesulitan tugas dan perkiraan waktu penyelesaian. Jangan sampai sewenang-wenang memberikan waktu penyelesaian singkat untuk tugas yang sulit. Kalaupun terpaksa memberikan tugas yang sulit dalam deadline pengerjaan yang singkat, Bapak dan Ibu guru harus memberikan alasan yang jelas kepada murid.

Pahami dan  Catat! Inilah Syarat dan Berkas yang Harus Kamu Bawa saat Pelaksanaan UTBK 2021

Sebenarnya, tujuan pemberian tugas kan untuk memotivasi belajar siswa, bukan malah membebani. Apabila mereka tidak mampu mengerjakan tugas sulit dalam waktu singkat, yang ada justru tidak semangat atau bahkan mencari jalan pintas dengan cara menyontek teman. Bapak dan Ibu guru pasti nggak mau hal itu terjadi, kan? Maka dari itu, berikan tugas yang proporsional sesuai kapabilitas murid, ya!

Hindari Tugas yang Monoton

Variasi tugas juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan oleh Bapak dan Ibu guru. Hindari pemberian tugas yang monoton setiap harinya karena hal itu hanya membuat siswa jenuh dan cepat bosan. Seperti yang kita ketahui, generasi muda saat ini sangat menyukai tantangan dan mengeksplorasi hal-hal baru.

Untuk menyesuaikan dengan karakteristik murid, carilah tugas-tugas yang variatif, namun tetap mengedukasi dan menghibur. Contohnya, jika tadinya tugas siswa di sekolah hanya berupa merangkum dan mengerjakan tugas di buku, maka bisa diganti dengan tugas resensi film atau novel, memperbanyak tugas kelompok atau tugas yang sifatnya praktik, dan lain-lain. Tugas yang bervariatif pasti jauh lebih menarik dan membuat murid semangat belajar.

Memberikan Petunjuk Penyelesaian Tugas

Terkadang, masih banyak siswa yang merasa kesulitan memahami tugas yang diberikan oleh Bapak dan Ibu guru. Apabila persoalan seperti ini kerap terjadi, maka tugas Bapak dan Ibu guru adalah memberikan petunjuk dan arahan terkait tugas tersebut. Pastikan petunjuk penyelesaian tugas disampaikan bersamaan dengan tugas diberikan.

Jika perlu, bukalah sesi pertanyaan untuk siswa yang belum paham mengenai tugasnya. Intinya, Bapak dan Ibu guru harus memastikan murid mengerti sepenuhnya kewajiban mereka. Ketika murid sudah memahami apa yang wajib ia kerjakan, murid jadi bisa belajar lebih efektif dan tepat.

Pahami dan  Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal: 3 Trik Mental yang Wajib Kamu Ikuti

Tak hanya itu, ada baiknya Bapak dan Ibu guru menjelaskan manfaat dan tujuan dari tugas yang diberikan. Contohnya, Bapak dan Ibu guru memberikan tugas membaca dalam waktu singkat dan mencari gagasannya, tujuannya agar murid mengasah kemampuan teknik membaca skimming dan scanning. Atau contoh lainnya, Bapak dan Ibu guru memberikan tugas membuat mind mapping supaya murid lebih mudah mengingat dan memahami materi yang telah dipelajari.

Perhatikan Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Tips mengajar efektif dalam hal pemberian tugas yang terakhir adalah menyesuaikan tugas dengan kalender pendidikan. Ketika menjelang masa-masa ujian, sebaiknya jangan memberikan tugas terlalu banyak karena akan menjadi beban untuk siswa. Bukannya belajar untuk persiapan ujian, yang ada waktu belajar siswa akan tersita hanya untuk mengerjakan tugas dari Bapak dan Ibu guru.

Menjelang ujian, siswa sudah cukup tertekan. Apalagi buat siswa kelas 12, mereka harus menghadapi ujian PTS, PAS, AKM, atau bahkan UTBK SBMPTN dalam jarak waktu yang sangat sebentar. Jangan menjadi egois dengan memberikan tambahan tekanan berupa tugas kepada mereka. Tugas yang menumpuk justru dapat memecah belah konsentrasi belajar sekaligus menguras energi mereka.

Kalaupun hendak memberikan tugas, sebaiknya berikan tugas yang relevan dengan persiapan ujian. Misalnya, untuk persiapan PAS, maka berikan tugas sesuai dengan materi yang akan keluar saat ujian. Alternatif seperti ini bisa membuat siswa mengerjakan tugas sekaligus belajar ujian deh!

Solusi Belajar Online Terbaik

Nah, itulah beberapa tips mengajar yang efektif, terutama dalam pemberian tugas. Mudah-mudahan, artikel ini dapat membantu Bapak dan Ibu guru lebih memahami pertimbangan apa saja yang harus dilakukan sebelum memberikan tugas ke siswa, ya.

Pahami dan  Wajib Tahu, Aturan Baru di SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021

Agar proses pembelajaran siswa semakin efektif, Bapak dan Ibu guru bisa merekomendasikan aplikasi belajar online Pahamify kepada siswa, yang dapat membantu mereka dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dilengkapi dengan video belajar berkonsep gamifikasi, Pahamify bisa menjadi solusi belajar online seru dan nggak membosankan di rumah, lho.

Khusus buat kelas 12 yang ngambis masuk PTN lewat jalur SBMPTN, siswa juga bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa dikerjakan sebagai persiapan menghadapi UTBK 2021. Jangan lupa upgrade ke TryOut Pahamify Premium agar siswa bisa merasakan manfaat semua fiturnya secara maksimal.

Biar persiapan UTBK semakin matang, Pahamify juga menyediakan Paket UTBK Express untuk kebut materi dan meningkatkan progres belajar UTBK dalam waktu dekat.

Yuk, bantu siswa lebih siap #TaklukkanUTBK dan raih PTN impian bersama Pahamify! Gunakan semua fitur keren Pahamify sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik dan download aplikasinya sekarang.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version