Pahamifren, siapa di antara kamu penggemar K-Pop atau K-Drama? Buat kamu penggemar BTS, Blackpink, atau kamu para Kdrama Lovers, tentu ingin belajar bahasa Korea dong? Nah, kali ini, Mipi mau mengajak kamu membahas tentang universitas jurusan Bahasa Korea terbaik di Indonesia.

Kalau kamu kuliah di jurusan Bahasa Korea, kamu enggak cuma belajar tentang bahasa lho, lebih jauh lagi kamu juga bisa mempelajari budaya hingga pop-culture yang berkembang di Negeri Ginseng tersebut. Daripada penasaran, ini dia rekomendasi universitas jurusan Bahasa Korea di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi, apa saja itu?

Universitas Jurusan Bahasa Korea Terbaik di Indonesia

Sebenarnya, universitas jurusan Bahasa Korea di Indonesia masih belum banyak, Pahamifren. Meski jumlahnya tidak banyak, universitas tersebut rata-rata sudah mengantongi akreditasi A untuk jurusan Bahasa Korea sehingga kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan lagi. Beberapa universitas jurusan Bahasa Korea terbaik di Indonesia, di antaranya:

Kamu penggemar K-Pop? Berkuliah di universitas jurusan Bahasa Korea menjadi pilihan terbaik buat kamu.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas jurusan Bahasa Korea yang pertama yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada awalnya, UGM hanya membuka Program Studi D3 Bahasa Korea. Jadi, cuma untuk sekolah vokasi yang fokus pada bahasa Korea saja, Pahamifren.

Namun, pada tahun 2008, UGM telah membuka Program Studi S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea yang lebih terfokus pada bidang keilmuan bahasa Korea, serta penggunaannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Kini, jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UGM sudah mengantongi akreditasi A. Enggak heran, jurusan ini tak pernah sepi peminat. Kalau kamu mau masuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UGM, kamu harus mempersiapkan dirimu sedini mungkin agar siap bersaing di seleksi masuknya nanti. Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Universitas Indonesia (UI)

Sama halnya UGM, jurusan Bahasa Korea di UI juga memiliki nama jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea, dengan akreditasi sama-sama A. Selain mengasah kecakapan berbahasa Korea, jurusan ini juga membuka wawasan mahasiswa mengenai sastra dan masyarakat Korea.

Kalau kamu memilih jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UI, kamu bisa lancar berkomunikasi dalam bahasa Korea, sekaligus cakap dalam menerapkan analisis teori kebudayaan Korea secara nyata.

Jurusan Bahasa Korea di UI terkenal sering mendapatkan sponsorship dan mengadakan event-event kebudayaan yang meriah, lho! Lewat jurusan ini, kamu bisa terlibat aktif dalam berbagai acara kebudayaan, serta dapat mengembangkan relasi yang mungkin berguna saat lulus nanti.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas jurusan Bahasa Korea yang satu ini lebih berfokus mencetak mahasiswanya sebagai tenaga pendidik sehingga namanya pun menjadi jurusan Pendidikan Bahasa Korea.

Mata kuliah yang dipelajari banyak menitikberatkan pada pendidikan bahasa Korea, seperti mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Bahasa Korea, Media Pembelajaran dan TIK Bahasa Korea, serta Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Bahasa Korea.

Tidak seperti UI dan UGM, jurusan Pendidikan Bahasa Korea UPI belum mengantongi akreditasi A, baru akreditasi B saja. Meski demikian, jurusan ini sudah menjalin kerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Korea Selatan, KOICA, Korean Foundation (KF), KCC Jakarta, dan berbagai pihak lainnya. Jadi, jurusan ini tetap layak kamu pertimbangkan kalau kamu memang tertarik menjadi tenaga pendidik atau ahli bahasa Korea.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Ada banyak mata kuliah yang bisa kamu pelajari selama kuliah di jurusan Bahasa Korea. Mata kuliah tersebut biasanya berbeda-beda tergantung ketentuan kampus masing-masing. Namun, Mipi mau membahas mata kuliah jurusan Bahasa Korea yang umum dipelajari, di antaranya:

Tata Bahasa Korea

Dalam mata kuliah ini, kamu akan mengenal huruf hangeul yang digunakan dalam bahasa Korea. Kamu pun akan mempelajari cara menulis maupun membaca bahasa Korea secara baik dan benar. Cara membentuk kata menjadi kalimat, cara menyingkat kata, hingga kalimat-kalimat yang biasanya digunakan dalam percakapan sehari-hari dapat kamu kuasai di mata kuliah ini.

Kesusastraan Korea

Di jurusan Bahasa Korea, kamu enggak cuma belajar bahasa Korea saja, tapi juga kesusastraan Korea. Kamu dapat mempelajari sastra klasik Korea, seperti Hyangga, Goryeo Gayo, Sijo, Gasa. Lewat mata kuliah ini, kamu pun bisa menganalisis sastra Korea dari segi bahasa dan linguistik, sekaligus mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah Korea

Mata kuliah ini akan menambah wawasan kalian bahwa ternyata Korea tidak hanya sekadar drama atau K-Pop saja, Pahamifren. Ada sejarah panjang yang perlu kamu ketahui, hingga akhirnya membentuk negara Korea yang sekarang kamu kenal.

Lewat mata kuliah sejarah Korea, kamu akan belajar masa-masa prasejarah Korea, masa kerajaan Joseon, penjajahan Jepang di Korea, dan perkembangan Korea Modern. Di mata kuliah ini, kamu juga bisa menikmati drama-drama kolosal Korea, seperti “Dong Yi” atau film-film sejarah korea lainnya. Pokoknya seru banget deh, Pahamifren!

Ekonomi dan Pariwisata Korea

Mata kuliah ini mempelajari perkembangan ekonomi dan pariwisata yang ada di negara Korea. Lewat mata kuliah ini, kamu bisa mengetahui apa saja potensi pariwisata Korea dan bergerak di sektor apa saja pariwisata tersebut. Dari segi ekonomi, kamu bisa mempelajari pertumbuhan ekonomi Korea, sejak awal kemerdekaan hingga sekarang. Kamu pun akan belajar budaya perusahaan Korea dan bahasa Korea yang umum digunakan dalam dunia bisnis.

Masyarakat dan Kebudayaan Korea

Secara umum, mata kuliah ini mempelajari kebudayaan masyarakat Korea, baik dari model pakaian, kesenian, maupun tradisi. Enggak cuma itu, kamu pun akan mempelajari tentang fenomena Hallyu, yaitu gelombang budaya Korea yang mendunia. K-Pop dan K-drama termasuk fenomena Hallyu ya, Pahamifren. Jadi, secara tidak langsung kamu akan mengenali lebih dalam mengenai fenomena tersebut lewat mata kuliah ini.

Peluang Kerja Jurusan Bahasa Korea

Semakin populernya budaya Korea di Indonesia membuat peluang kerja jurusan Bahasa Korea pun semakin menggiurkan. Jadi, enggak usah bingung kalau ditanya lulusan jurusan Bahasa Korea akan kerja apa karena ada banyak pilihan profesi yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa profesi yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari jurusan Bahasa Korea:

Diplomat

Lulusan bahasa Korea memiliki peluang sangat besar menjadi diplomat dengan kemampuan bahasa Koreanya. Sebagai seorang diplomat, kamu bertanggung jawab mewakili negara Indonesia untuk melakukan diplomasi dengan negara-negara lain.

Kamu harus mampu melakukan negosiasi terbaik agar negara yang kamu wakili memperoleh keuntungan. Profesi diplomat bisa ditugaskan di Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat Jenderal, maupun di organisasi regional, seperti Sekretariat ASEAN.

Penulis

Peluang kerja jurusan Bahasa Korea satu di antaranya yaitu menjadi penulis. Kamu bisa menjadi copywriter, penulis perjalanan, penulis artikel, atau membuat buku cerita tradisional Korea. Kamu pun bisa menjadi penulis karya sastra Korea, seperti puisi atau prosa Korea. Kalau kamu penggemar K-Pop atau K-Drama, kamu bisa membuat buku yang menyoroti fenomena tersebut.

Berkuliah di universitas jurusan Bahasa Korea dapat menjadi jalan terbaik untuk meniti karir di masa depan.

Pemandu Wisata

Profesi pemandu wisata bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang hobi traveling. Kamu bisa memandu wisatawan Korea yang datang ke Indonesia, atau sebaliknya, menemani wisatawan Indonesia ke Korea. Sebagai pemandu wisata, kamu bertanggung jawab memberikan informasi tentang tempat-tempat wisata yang dikunjungi.

Jadi, kalau mau jadi pemandu wisata, pastikan kamu memiliki banyak informasi tentang destinasi wisata di Korea maupun di Indonesia, ya. Destinasi tersebut bisa berupa bangunan sejarah, museum, galeri seni, tempat oleh-oleh, dan sebagainya.

Translator dan Interpreter

Prospek kerja jurusan Bahasa Korea berikutnya yaitu translator dan interpreter. Profesi translator biasanya merujuk pada penerjemah tulisan. Sebagai translator kamu bertanggung jawab menerjemahkan berbagai macam teks, mulai dari buku, karya sastra, dokumen, hingga materi akademik.

Sementara profesi interpreter lebih merujuk pada penerjemah lisan. Kamu bertanggung jawab menerjemahkan secara lisan, tanpa perlu menulisnya terlebih dahulu. Umumnya, profesi interpreter banyak dibutuhkan untuk acara pertemuan antara dua negara berlatar bahasa berbeda. Misalnya, acara konser Blackpink atau BTS di Indonesia.

Bekerja di Perusahaan Multinasional

Setelah lulus dari jurusan Bahasa Korea, kamu memiliki peluang besar bekerja di perusahaan multinasional milik Korea. Lulusan Bahasa Korea biasanya ditempatkan di bagian operasional perusahaan atau di bagian public relation.

Tugas profesi ini sesuai dengan kebutuhan setiap perusahaan, ya. Kalau kamu memiliki kemampuan berbahasa Korea dan berbahasa Inggris yang baik, kamu juga bisa berkesempatan kerja di Korea, Pahamifren! Seru banget kan?

Nah, itu dia ulasan tentang universitas jurusan Bahasa Korea di Indonesia, beserta mata kuliah yang dipelajari dan prospek kerja lulusannya. Adakah di antara universitas tersebut yang menjadi incaran kamu?

Kalau ada, berarti kamu harus memiliki persiapan matang agar bisa bersaing mendapatkannya. Buat kamu yang ingin masuk PTN favorit lewat jalur SBMPTN, kamu harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak latihan soal UTBK 2021.

Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK melalui fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal ter-update yang bisa kamu coba. Tunggu apalagi, download aplikasi belajar online Pahamify sekarang di link ini.

Jangan lupa, cek juga promo menarik lainnya dari Pahamify di sini ya!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version