Pelaksanaan UTBK SBMPTN sudah semakin dekat, Pahamifren. Siapa di antara kamu yang masih kebingungan menyusun jadwal belajar UTBK? Kalau kamu sudah membaca artikel Pahamify tentang Materi UTBK 2021, kamu pasti tahu kalau TPS menjadi subtes yang penting kamu pelajari terlebih dahulu.

Lalu, subtopik TPS mana yang harus didahulukan dalam jadwal belajar UTBK? Bagaimana membagi jadwal belajar UTBK TPS dan TKA? Biar lebih jelas, kali ini Mipi mau mengajak kamu membahas urutan jadwal belajar UTBK yang efektif ala Kak Fikri nih.

Ulasan ini bisa kamu lihat juga di cuitan Twitter Kak Fikri pada 17 Desember 2020 lalu. Menurut Kak Fikri, saat kamu mulai latihan soal UTBK, ada baiknya menuntaskan soal-soal TPS dahulu, karena materi UTBK ini menjadi pondasi thinking skill kamu, Pahamifren.

Fungsinya agar logika dasar dan literasi kamu jadi lebih matang sehingga nantinya akan lebih mudah buat kamu mempelajari materi TKA. Mau tahu urutan jadwal belajar UTBK yang efektif ala Kak Fikri? Yuk, langsung cek pembahasannya berikut ini!

jadwal belajar UTBK untuk soal TPS UTBK

Jadwal Belajar UTBK TPS

Kuasai Logika Matematika

Menurut Kak Fikri, untuk materi UTBK TPS, kamu bisa memulai dari Logika Matematika yang super penting. Cakupan materi Logika Matematika ini hampir ada pada 4 subtes TPS, mulai Pengetahuan Kuantitatif, Penalaran Umum, hingga Pemahaman Bacaan dan Menulis. Bisa dibilang, landasan TPS ini ada di Logika Matematika, Pahamifren. Kalau kamu enggak paham landasannya, kamu bakal sulit mengerjakan soal TPS.

Kak Fikri berpendapat, penguasaan 100% pada Logika Matematika bisa memberikan kamu lebih dari 80% peluang menjawab soal benar. Kak Fikri sendiri membuktikan pendapatnya lewat percobaan mengikuti TO Online 11 pas lagi malas-malasnya belajar, tapi dia menguasai Logika Matematika dengan baik. Terbukti, pada subtes Pengetahuan Kuantitatif, dari 13 soal yang Kak Fikri jawab, hanya 3 yang salah, lho. Keren kan?

Pahami dan  Daya Tampung ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) pada SNMPTN dan SBMPTN 2021, serta Jumlah Peminatnya

Intinya, Logika Matematika ini benar-benar menjadi akar dari TPS. Ibaratnya senapan untuk TPS. Alatnya sama, tapi pelurunya bermacam-macam. Contohnya, pada Penalaran Umum, pelurunya bacaan dan analisis data, pada Pengetahuan Kuantitatif pelurunya perhitungan angka, dan sebagainya.

Belajar Per Subtes TPS

Setelah menguasai Logika Matematika, kamu bisa mulai belajar subtes TPS Penalaran Umum. Pada materi ini, kamu harus sering-sering membaca teks bacaan dan mulai melatih kemampuan menganalisis paragraf teks, kurva, grafik, maupun tabel. Satu di antara caranya yaitu memperbanyak latihan soal UTBK.

Baru setelah Penalaran Umum, kamu belajar Pemahaman Bacaan dan Menulis, bisa dengan cara memperbanyak mencari referensi kaidah bahasa Indonesia di PUEBI dan KBBI. Lalu, pelajari Pengetahuan dan Pemahaman Umum juga.

Pada soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum, kamu harus benar-benar mengerti konteks dari bacaannya. Jadi, selain punya dasar Logika Matematika yang kuat, kamu juga harus punya kemampuan yang cukup untuk menganalisis konteks bacaan. Materi ini menuntut tingkat konsentrasi membaca yang lebih jika dibandingkan dengan Penalaran Umum.

Terakhir, pelajari materi Pengetahuan Kuantitatif. Pada materi ini, banyak soal perhitungan angka yang dibuat dalam bentuk cerita atau teks bacaan. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar paham format soalnya, seperti apa soal tersebut termasuk aritmetika, geometri, persamaan kuadrat, dan sebagainya.

jadwal belajar UTBK SBMPTN 2021 yang efektif ala CEO Pahamify. Bisa bantu jawab soal TPS dan TKA UTBK secara mudah.

Jadwal Belajar UTBK TKA

Nah, untuk jadwal belajar materi TKA, Kak Fikri menyarankan kamu untuk menyesuaikan dengan  tipe belajar dan kondisi kamu. Kamu bisa menggunakan fitur Smart Analysis Pahamify buat menentukan prioritas belajar kamu. Lewat fitur ini, kamu bisa tahu materi mana yang sudah kamu kuasai dan materi mana yang belum.

Kalau ada materi yang masih lemah, prioritaskan jadwal belajar di materi tersebut. Misalnya, kamu masih banyak salah menjawab soal di materi Saintek Fisika, berarti prioritaskan jadwal belajarmu untuk belajar Fisika. Sisa waktunya baru buat belajar materi TKA lainnya. Menurut Kak Fikri, belajar materinya pagi hari, pas kamu masih segar, biar lebih mudah memahami materinya, Pahamifren.

Pahami dan  Latihan Soal UTBK Soshum 2021 Sosiologi dan Pembahasannya

Dari utas Twitternya, Kak Fikri mengingatkan untuk fokus saat melaksanakan jadwal belajar UTBK tersebut, atau mengerjakan apa pun agar hasilnya maksimal. Ambil waktu 5-10 menit buat menyingkirkan gangguan sebelum belajar. Kata Kak Fikri, sering-sering fokus belajar akan lebih baik daripada belajar sering-sering tapi enggak fokus.

Kalau energi kamu mulai habis pada satu materi TKA, kamu bisa belajar subtopik lain atau materi lain yang lebih mudah biar otaknya segar kembali. Setelah itu, baru kembali ke materi sebelumnya untuk mengejar ketertinggalan materi.

Sudah siap lolos UTBK 2021? Selain soal TKA, ada soal TPS UTBK yang harus kamu pelajari. Seperti apa sih soal TPS UTBK 2021?

Biar pelaksanaan jadwal belajar UTBK semakin optimal, Kak Fikri juga menyarankan untuk memakai teknik belajar PAHAMIframework di Pahamify, ya.

Pahamify menggabungkan learning science, film making, dan gamification untuk membuat konten edukasi berkualitas dengan Metode Pahamiframework. Metode ini bisa membuat kamu belajar lebih aktif secara mental lewat konsep materi dan latihan soal, lho.

Gimana, Pahamifren? Sudah siap menerapkan urutan jadwal belajar UTBK ala Kak Fikri? Semoga informasi dari Kak Fikri tersebut bermanfaat untuk persiapan UTBK SBMPTN 2021, ya.

Buat kamu yang ingin belajar materi UTBK lewat latihan soal, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online dari Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK TPS dan TKA ter-update yang bisa kamu coba. Cek info lengkapnya di link Pahamfiy Try Out ini ya.

Kamu juga bisa mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal sebagai persiapan ringan menghadapi UTBK SBMPTN 2021. Ada hadiah menarik kalau kamu berhasil melakukan tantangannya, Pahamifren.

Yuk, persiapkan dirimu untuk #TaklukkanUTBK! Download aplikasi Pahamify di link ini sekarang dan gunakan fitur-fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version