Kali ini Pahamify mau membahas mengenai hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang ujian mandiri IPB. Jadi, buat kalian yang berniat mendaftar ke IPB melalui jalur mandiri, kalian simak baik-baik artikel ini, ya.

Sejak tahun 2019, IPB mulai membuka jalur mandiri penerimaan mahasiswa program sarjana mereka. Penyeleksian calon mahasiswa program sarjana jalur mandiri ini dilakukan IPB melalui Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer atau yang biasa disingkat UTM-BK IPB. Pada tahun 2019, IPB menggunakan dua metode penyeleksian, yaitu melalui UTM-BK IPB atau dengan menggunakan skor UTBK calon mahasiswa yang mendaftar ke IPB. 

Namun, karena pandemi COVID-19 membuat pelaksanaan UTBK dan pengumuman SBMPTN diundur menjadi 20 Agustus 2020, IPB hanya akan melakukan proses penyeleksian mahasiswa baru jalur mandiri melalui UTM-BK IPB saja. Jadi tahun ini, bagi kalian yang mau mendaftar ke IPB melalui jalur mandiri, sudah tidak bisa melalui skor UTBK, ya, Pahamifren. Selain itu, karena kondisi pandemi yang masih tidak menentu, pelaksanaan UTM-BK IPB 2020 akan dilaksanakan secara daring, dari rumah masing-masing pendaftar. Hal penting lainnya yang perlu kalian ingat, UTM-BK IPB ini hanya berlaku untuk kelas reguler dan kelas internasional gelombang 2.

Apa Saja Persyaratannya?

Sebelum mendaftar UTM-BK IPB, kalian harus memperhatikan persyaratan berikut:

  1. Kalian harus lulusan SMA/MA/SMK IPA Tahun 2018, 2019, atau 2020
  2. Kalian harus sehat jasmani dan rohani
  3. Kalian harus mendaftar melalui laman pendaftaran Mahasiswa Baru yang ada di web IPB
  4.  Setelah mendaftar, kalian harus memilih satu atau dua program studi yang ditawarkan IPB
  5. Kalian diperkenankan memilih pilihan ketiga, yaitu pilihan IPB. Artinya apabila kalian tidak diterima di pilihan satu dan pilihan dua, maka kalian harus bersedia dipilihkan oleh IPB selama nilai kalian memenuhi persyaratan.
  6. Bila kalian mendaftar kelas internasional, maka kalian wajib mengikuti UTM-BK IPB dalam bahasa Inggris.
  7. Kalian wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.500.000,00
  8. Uang pendaftaran yang sudah kalian bayarkan, tidak dapat kalian tarik kembali

Bagi kalian yang lulusan SMK, sebaiknya kalian mengecek web IPB untuk mengetahui jurusan SMK apa saja yang dapat mendaftar UTM-BK IPB ini, ya.

Apa Saja Materi UTM-BK IPB Nanti?

Materi UTM-BK IPB yang akan diujikan nanti dibagi menjadi dua, berdasarkan kelas reguler atau program sarjana (S1) dan kelas internasional. Perbedaan UTM-BK IPB untuk kelas reguler dan UTM-BK IPB kelas internasional ini hanya dalam bahasa yang digunakan dalam ujian nanti. UTM-BK IPB kelas reguler akan dilaksanakan dalam bahasa Indonesia, sementara UTM-BK IPB kelas internasional akan dilaksanakan dalam bahasa Inggris. Dalam UTM-BK IPB nanti, kalian akan diuji Tes Kemampuan Skolastik yang bersifat High Order Thingking Skills (HOTS). Jumlah soal dalam UTM-BK IPB nanti ada 25 dan kalian akan diberi waktu selama 60 menit untuk mengerjakan semua soal tersebut. Sistem penilaian dalam UTM-BK IPB nanti adalah sebagai berikut:

  1. Untuk soal pilihan ganda: benar 100%, salah -25%, dan kosong 0%.
  2. Untuk jenis soal lainnya: benar 100% dan salah atau kosong 0%

Kapan Pendaftarannya Dibuka?

Pendaftaran dan pendaftaran UTM-BK IPB dibuka dari tanggal 20 Juni 2020 sampai 7 Agustus 2020. Sementara pengisian biodata dibuka dari tanggal 22 Juni 2020 sampai 7 Agustus 2020. Jadi, kalau kalian memang ingin masuk ITB melalui jalur mandiri, kalian jangan sampai telat mendaftar, ya.

Kapan UTM-BK IPB Dilaksanakan?

UTM-BK IPB untuk kelas reguler dilaksanakan secara daring dari rumah masing-masing pendaftar pada tanggal 15 Agustus 2020, pukul 09.00–10.00 WIB. Sementara UTM-BK IPB untuk kelas internasional akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 15 Agustus 2020, pukul 13.00–14.00 WIB. Pengumuman hasil UTM-BK IPB tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2020. Nah, kalau kelak kalian lolos seleksi UTM-BK IPB ini, kalian harus melakukan registrasi daring dan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tanggal 24–26 Agustus 2020.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui mengenai ujian mandiri IPB. Kalau kalian memang berniat menjadi mahasiswa baru IPB, kalian harus tetap semangat belajar untuk UTM-BK IPB 2020 nanti, ya. Semoga saat kalian mengikuti UTM-BK IPB 2020 nanti lancar dan kalian diterima menjadi mahasiswa baru IPB, sesuai dengan cita-cita kalian. Jangan lupa juga untuk rajin mengecek web IPB yang berkenaan dengan UTM-BK IPB 2020, ya. Karena dalam kondisi pandemi yang tidak menentu begini, bisa saja ada perubahan jadwal penting UTM-BK IPB 2020 nanti. Jadi, seandainya ada perubahan jadwal, kalian bisa langsung mengetahuinya dan sudah siap menghadapi UTM-BK IPB 2020.

Nah, agar kamu siap menghadapi UTM-BK IPB 2020, kamu bisa terus belajar bersama Pahamify, denga promo diskon hingga 90% yang membuat harganya jadi makin terjangkau. Dengan Fitur Belajar dan Fitur Materi UTBK yang ada di aplikasi Pahamify, kalian bisa terus belajar sambil latihan mengerjakan soal-soal jenis HOTS yang akan menjadi materi UTM-BK IPB 2020 nanti. Dengan demikian, kesempatan kalian masuk IPB melalui jalur mandiri pun akan semakin besar. Jadi tunggu apalagi? Buruan unduh aplikasi Pahamify dan langganan paket belajarnya!

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog