Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Mau daftar SBMPTN? Kenali dulu istilah-istilah ini!

Pahamifren, siapa di antara kamu yang ingin masuk PTN lewat jalur SBMPTN? Pasti, kamu lagi semangat-semangatnya menggali informasi ya, mulai dari cara daftar SBMPTN, jadwal, persyaratan, sampai soal-soal SBMPTN kan? Nah, agar persiapanmu makin lancar, jangan sampai kamu melewatkan informasi mengenai istilah-istilah penting SBMPTN ya. Apa saja itu, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Istilah-Istilah Penting yang Sering Muncul pada Tata Cara Daftar SBMPTN

Ketika mengakses informasi tentang cara daftar SBMPTN, beberapa di antara kamu masih sering bingung mengartikan istilah-istilah tertentu kan? Misalnya passing grade, daya tampung, serta keketatan persaingan. Bahkan, ada juga yang belum tahu apa itu SBMPTN dan UTBK. Nah, biar kamu tidak mengalami kebingungan serupa, mari cari tahu bersama maksud istilah-istilah tersebut.

SBMPTN

Sebelum membahas istilah-istilah lainnya, kamu mesti tahu dulu apa itu SBMPTN. Kepanjangan SBMPTN yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN adalah program seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan serentak secara nasional.

Sudah tahu cara daftar SBMPTN? Jangan lupa pelajari juga istilah penting yang sering muncul pada pendaftaran SBMPTN

Pada awalnya, jalur ini hanya tersedia pilihan PTN saja. Namun, sejak tahun 2021, kamu juga dapat mendaftar ke Politeknik Negeri melalui SBMPTN. Secara umum, pelaksanaan SBMPTN dilakukan setelah SNMPTN. Kriteria penilaiannya melalui tes atau ujian tertulis, yang saat ini dikenal dengan istilah UTBK.

UTBK

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Ujian ini wajib diikuti oleh peserta SBMPTN dan menjadi kriteria penilaian utama penentu lolos SBMPTN. Jadi, kalau kamu daftar SBMPTN, otomatis kamu harus ikut UTBK, ya. Biasanya, pendaftaran tes UTBK diselenggarakan bersamaan dengan SBMPTN.

Lalu, apa saja sih materi tes UTBK? Materinya terdiri dari dua jenis tes, antara lain Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Tes Potensi Skolastik akan menguji penalaran kamu secara mendalam. Sementara Tes Kompetensi Akademik menguji pemahaman kamu terhadap mata pelajaran yang diujikan.

Hasil nilai UTBK nantinya tidak hanya untuk syarat penilaian SBMPTN saja. Kamu pun bisa menggunakannya untuk Ujian Mandiri, sesuai syarat dan ketentuan PTN yang kamu tuju.

Perbedaan UTBK dan SBMPTN

Mungkin di antara kamu ada yang masih bertanya-tanya, apa perbedaan UTBK dan SBMPTN? Bagaimana cara daftar SBMPTN dan UTBK? Apakah jadi satu atau berbeda? Nah, berdasarkan pengertian UTBK dan SBMPTN yang telah dijelaskan di atas, sederhananya, UTBK merupakan tes wajib saat mendaftar SBMPTN. Sedangkan SBMPTN adalah proses seleksi masuk ke kampus impianmu, setelah mengikuti UTBK tadi.

Saran dari Mipi, jangan hanya menyusun strategi untuk SBMPTN saja. Namun, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk pengerjaan soal UTBK sehingga bisa memperoleh nilai UTBK tinggi, sekaligus memaksimalkan peluang lolos SBMPTN.

LTMPT

Saat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, kamu pasti akan menjumpai istilah LTMPT. Pada dasarnya, LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang menyelenggarakan SNMPTN, SBMPTN, maupun UTBK. Jadi, jangan heran kalau informasi detail mengenai pendaftaran UTBK SBMPTN, cara daftar, persyaratan, dan lain sebagainya akan dipublikasikan secara resmi melalui portal LTMPT ini. Bahkan, proses pendaftaran UTBK SBMPTN serta pengumuman hasil SBMPTN juga dilakukan melalui laman resmi LTMPT.

Passing Grade

Apa itu passing grade? Secara umum, passing grade menjadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan persentase batas nilai suatu program studi. Persentase nilai tersebut bisa berubah-ubah setiap tahunnya, tergantung jumlah peminat dan skor peserta yang mendaftar di jurusan tersebut. Selain berupa persentase, passing grade juga sering berbentuk skor minimal UTBK untuk diterima di suatu program studi.

Namun, passing grade ini baru bersifat prediksi, ya. Sebab, nilai passing grade belum pernah dipublikasikan secara resmi oleh PTN maupun LTMPT. Walaupun demikian, passing grade masih sering digunakan sebagai acuan target nilai minimal UTBK yang harus diperoleh agar bisa diterima di jurusan pilihan.

Sejauh ini, passing grade bisa lebih rendah atau lebih tinggi, tapi prediksinya tidak terlalu jauh dengan persentase nilai sebenarnya. Jadi, agar peluang kamu diterima semakin besar, sebaiknya tetapkan target skor UTBK tertinggi melebihi passing grade jurusan tersebut.

Cara menghitung passing grade SBMPTN yang perlu kamu tahu.

Daya Tampung

Daya tampung SBMPTN sebenarnya merupakan istilah untuk menggambarkan jumlah kursi yang tersedia pada setiap jurusan. Istilah ini juga sering diartikan sebagai jumlah peserta yang akan diterima di suatu jurusan. Jumlah daya tampung ini bisa berubah setiap tahunnya, tergantung kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Jadi, ada baiknya kamu mencari tahu kebijakan kampus incaranmu. Paling tidak, cek informasi daya tampung kampus tersebut pada SBMPTN tahun sebelumnya. Biasanya, angkanya tidak terlalu jauh dari itu.

Keketatan Persaingan

Istilah keketatan persaingan SBMPTN diartikan sebagai gambaran persaingan masuk suatu perguruan tinggi maupun program studi. Tingkat keketatan persaingan SBMPTN dapat dilihat dari jumlah pendaftar tahun sebelumnya serta jumlah yang diterima di jurusan tersebut.

Dari dua hal itu, kemudian diambil nilai persentasenya. Makin tinggi persentase suatu jurusan, maka ketetatan persaingannya makin rendah. Atau sebaliknya, makin rendah persentasenya, berarti jurusan tersebut memiliki keketatan persaingan yang tinggi.

Misalnya, keketatan persaingan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI adalah 3,14%, sementara jurusan Ilmu Politik sebesar 10,20%. Dari contoh ini, jurusan mana yang menurut kamu tingkat persaingannya lebih tinggi? Tentu saja jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI karena persentasenya lebih kecil, Pahamifren.

Itulah beberapa istilah penting yang wajib kamu ketahui sebelum daftar SBMPTN. Selanjutnya, kamu bisa menggali informasi lebih banyak seputar cara daftar SBMPTN, tips dan trik, hingga strategi latihan soal UTBK di laman ini https://pahamify.com/blog/

Kalau ingin mendapatkan sarana dan teman belajar SBMPTN yang seru dan menyenangkan, kamu bisa unduh aplikasi Pahamify. Dapatkan segudang fitur keren seperti kumpulan soal UTBK SBMPTN, try out online, rangkuman, kelas online, study plan, serta grup belajar eksklusif untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN.

Kamu juga bisa mengikuti Pahamify Accelerator Program (PAP) untuk mendapatkan akses bimbel online intensif dari tutor berpengalaman. Yuk, rasakan pengalaman belajar seru dan kejar kampus impian bareng Pahamify!

Tunggu apalagi, yuk matangkan persiapanmu menghadapi SBMPTN sekarang! Download aplikasi bimbel online Pahamify di link ini ya!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll