Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Informasi Syarat dan Cara Lulus SNMPTN

Pahamifren, siapa di antara kamu yang sedang mempersiapkan diri masuk kuliah? Setelah lulus sekolah, pasti banyak dari kamu ingin berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau Politeknik Negeri kan? SNMPTN bisa menjadi salah satu jalur masuknya, lho. Apa itu SNMPTN? Bagaimana cara daftaranya? Yuk, simak informasi syarat dan cara lulus SNMPTN di artikel ini!

Apa Itu SNMPTN?

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur masuk PTN yang menggunakan nilai rapor sebagai syarat penilaian. Nilai rapor yang digunakan yaitu rapor semester 1 sampai 5. Selain nilai rapor, kamu juga bisa menyertakan sertifikat capaian prestasi agar peluang lolos SNMPTN makin besar.

Lewat jalur ini, perguruan tinggi akan menyaring calon mahasiswanya berdasarkan aspek akademis di sekolah. Bisa dibilang, jalur SNMPTN ini diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi unggul.

Sama halnya dengan SBMPTN, jalur SNMPTN juga diselenggarakan oleh LTMPT. Jadi, kamu bisa mendapatkan informasi terbaru seputar pendaftaran SNMPTN melalui portal LTMPT, ya.

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Rasionalisasi SNMPTN dapat mempermudah menemukan peluang lolos PTN impian. Yuk tingkatkan nilai rapor sebagai cara lulus SNMPTN sekarang!

Kini, kamu sudah mulai tahu apa itu SNMPTN kan? Lantas, apa bedanya SNMPTN dan SBMPTN? Perbedaannya, SNMPTN menggunakan nilai rapor sebagai syarat penilaian. Jalur ini lebih dikenal sebagai jalur undangan. Sementara SBMPTN memakai nilai UTBK sebagai kriteria penilaian. Pada SBMPTN, kamu harus mengikuti tes UTBK sebagai salah satu persyaratannya.

Perbedaan lainnya, SNMPTN tidak perlu membayar biaya apa pun. Seluruh biaya SNMPTN ditanggung oleh pemerintah. Mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis. Kalau di SBMPTN, kamu wajib membayar biaya pendaftaran untuk mengikuti tes UTBK serta tahapan seleksi lainnya.

Kuota SNMPTN

Kuota atau daya tampung SNMPTN biasanya minimal 20% dari jalur seleksi keseluruhan pada tiap program studi. Daya tampung ini paling kecil dibandingkan SBMPTN dan Ujian Mandiri. Maka dari itu, hanya siswa yang memenuhi syarat atau masuk pemeringkatan sekolah saja yang bisa mengikuti SNMPTN. Siswa yang terpilih mengikuti SNMPTN biasanya disebut sebagai siswa eligible.

Pemilihan siswa eligible tersebut dilakukan berdasarkan pemeringkatan hasil nilai mata pelajaran dan kelengkapan data siswa yang diberikan pihak sekolah. Namun, perlu kamu tahu, jumlah siswa eligible tiap sekolah bisa berbeda-beda, lho. LTMPT menetapkan kuota sekolah berdasarkan akreditasinya. Makin bagus akreditasi sekolah, maka makin banyak siswa yang dapat mengikuti SNMPTN.

Ketentuan Pilihan Jurusan SNMPTN

Berdasarkan ketentuan pilihan jurusan SNMPTN tahun 2021, ada dua program studi yang bisa kamu pilih dari satu atau dua PTN. Kalau memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN yang berlokasi sama dengan sekolah asal. Jika hanya satu program studi, kamu bebas memilih PTN di mana pun.

Urutan jurusan di SNMPTN menentukan prioritas, ya. Jadi, pilihan pertama memiliki prioritas lebih tinggi daripada kedua. Apakah SNMPTN bisa lintas jurusan?

Bagi kamu yang sering bertanya tentang ini, pihak LTMPT menghimbau agar peserta SNMPTN tidak melakukan lintas jurusan. Namun, jika kamu ingin lintas jurusan, sebaiknya cek ketentuan PTN yang kamu tuju.

Syarat Peserta SNMPTN

Salah satu cara lulus SNMPTN adalah peserta wajib ditetapkan sebagai siswa eligible oleh pihak sekolah. Selain itu, untuk mengikuti SNMPTN, kamu juga harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat kelas 12 pada tahun berjalan yang memiliki prestasi unggul.
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan masing-masing PTN.
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 yang telah tercantum di PDSS.
  • Mengunggah portofolio bagi yang memilih program studi bidang seni atau olahraga.

Tahapan Pendaftaran SNMPTN

Berikut adalah tahapan pendaftaran yang umumnya berlangsung dalam seleksi SNMPTN:

  1. Pengumuman kuota oleh LTMPT.
  2. Registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa.
  3. Penetapan siswa eligible oleh sekolah.
  4. Pengisian PDSS.
  5. Pendaftaran SNMPTN oleh siswa, termasuk memilih jurusan serta mengunggah sertifikat atau portofolio.
  6. Pengumuman hasil.
  7. Pendaftaran ulang di PTN tujuan bagi siswa yang lolos SNMPTN.
Ketahui syarat pendaftaran SNMPTN sebelum mendaftar. Perbaiki nilai rapor dari sekarang sebagai cara lulus SNMPTN.

Nah, itulah informasi tentang syarat dan cara lulus SNMPTN yang harus kamu ketahui. Semoga ulasan ini mempermudah persiapan kuliah kamu. Oh iya, mengingat SNMPTN menggunakan nilai rapor sebagai penilaian, yuk, persiapkan prestasi akademik yang bagus dari sekarang.

Untuk meningkatkan nilai rapor, kamu bisa menggunakan bimbingan belajar online Pahamify. Ada ribuan video belajar beranimasi yang dilengkapi fitur-fitur menarik, seperti kelas online, study plan, jadwal belajar hingga try out online. Kamu bisa memanfaatkan semua fiturnya untuk meningkatkan nilai rapor, agar memenuhi syarat dan cara lulus SNMPTN lho.

Tunggu apalagi, yuk download bimbel online Pahamify di link ini sekarang!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll