Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

UTBK sudah semakin dekat, Pahamifren! Sudah sampai mana persiapanmu? Kamu yang lagi ngambis PTN favorit, tentu pernah mengikuti latihan soal UTBK kan? Pastikan nilai UTBK untuk masuk PTN kamu sebaik mungkin karena sangat berpengaruh pada proses penerimaan jalur SBMPTN.

Nah, kalau kamu sudah ikut latihan soal UTBK atau try out online, tapi nilai yang kamu peroleh kecil, jangan bersedih, Pahamifren. Masih ada cukup waktu untuk mengejar nilai UTBK untuk masuk PTN favorit.

Kali ini, Mipi mau mengulas tentang apa sih penyebab nilai UTBK kecil? Kenapa siswa yang sudah latihan soal UTBK dan mengikuti try out UTBK masih mendapatkan nilai yang kurang baik? Simak artikel ini sampai selesai ya, Pahamifren.

Nilai UTBK untuk Masuk PTN

Sebelum lebih jauh, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana standar nilai UTBK untuk masuk PTN, sebagai berikut:

Berapa Nilai Aman UTBK?

Mencapai nilai aman UTBK sangat penting agar peluangmu untuk masuk PTN impian semakin besar. Pada dasarnya, nilai minimal dan maksimal UTBK untuk setiap kelompok ujian dan setiap program studi di PTN tidak sama.

Tapi, agar nilai yang kamu peroleh berada di posisi aman, kamu harus mencapai skor UTBK di atas 655. Kalau dibuat rentang nilai, setidaknya kamu mencapai rentang skor 650-700.

Meskipun begitu, jika kamu mendapatkan skor UTBK di bawah 650, kamu masih berpeluang lolos SBMPTN kok. Jadi, jangan takut gagal dan menyerah begitu saja ketika mendapatkan nilai UTBK kecil. Perbanyak latihan soal dan mengikuti try out UTBK bisa menjadi kunci untuk memperbaiki nilai tersebut, lho!

Penyebab Nilai UTBK Kecil

Ada beberapa hal yang secara tidak langsung bisa menyebabkan nilai UTBK untuk masuk PTN menjadi kecil. Sayangnya, hal-hal ini kerap menjadi kesalahan peserta UTBK. Apa saja hal-hal tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Malas Membaca Soal yang Panjang

Apabila kamu sering mengerjakan latihan soal UTBK, kamu pasti sudah tahu soal teks UTBK itu bentuknya panjang-panjang. Sudah seperti membaca artikel di koran atau majalah kan?

Biasanya, peserta UTBK malas membaca soal yang panjang seperti itu. Sifat malas membaca ini bisa membuat informasi dari soal tersebut tidak dapat diserap secara maksimal.

Kalau sudah tidak maksimal dalam memahami informasi, peluang untuk memilih jawaban yang benar pun akan semakin kecil. Nilai UTBK yang diperoleh juga semakin berkurang, Pahamifren.

Sudah latihan soal dan ikut try out online, tapi nilai UTBK untuk masuk PTN masih belum bagus? Ketahui penyebabnya segera.

Nah, coba deh latihan membaca sesering mungkin. Bisa dari artikel di internet, buku, atau contoh soal teks UTBK. Latihan membaca ini bisa membuatmu terbiasa menyerap informasi dari teks yang panjang. Jadi, kamu enggak akan malas membaca lagi kalau menemukan soal yang panjang di UTBK nanti.

Perlu kamu ingat, ada beberapa soal yang jawabannya tertuju pada paragraf teks tertentu. Jadi, sebaiknya kamu membaca soal terlebih dahulu sebelum membaca keseluruhan teks. Cara ini bisa membantumu mengetahui apa yang ditanyakan dan lebih menghemat waktu ujian.

Terpaku pada Satu Soal

Siapa yang masih sering terpaku pada satu soal hanya karena kesulitan menjawab soal tersebut? Kalau kamu selalu terpaku pada satu soal, kamu akan banyak membuang waktu ujian dan melewatkan banyak soal lainnya.

Padahal, belum tentu soal yang kamu kerjakan mempunyai bobot nilai yang besar. Jangan sampai kamu tidak mengerjakan banyak soal hanya karena fokus pada satu soal. Hal ini tentu bisa berdampak buruk terhadap nilai UTBK yang kamu peroleh.

Persiapkan diri untuk mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Apabila menemukan soal yang sulit, jangan berusaha terlalu keras untuk menuntaskannya. Kamu bisa melewatinya terlebih dahulu. Kembalilah pada soal tersebut saat sudah menyelesaikan soal lainnya.

Keterbatasan Kosakata

Teks di soal UTBK biasanya menggunakan kata-kata yang baku sesuai pedoman Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Buat kamu yang tidak terbiasa menggunakan kata-kata baku, keterbatasan kosakata bisa membuatmu salah mengerti maksud teks tersebut.

Hal ini bisa membuatmu memilih jawaban yang salah. Mulailah memperbanyak kosakata bahasa Indonesia untuk mengatasi hal ini. Memperbanyak latihan soal UTBK juga bisa menjadi alternatif untuk mengetahui kosakata seperti apa yang sering digunakan dalam soal UTBK.

Langsung Menyerah Bertemu Soal Angka

Siapa nih yang menghindari soal angka karena takut enggak bisa mengerjakannya? Sebaiknya mulai hindari hal ini deh, Pahamifren. Jangan langsung bilang “enggak bisa” hanya karena melihat soal hitungan yang rumit. Biasanya, soal hitungan ini memiliki bobot yang besar, lho! Kalau dicoba pelan-pelan dan fokus, pasti bisa ketemu jawabannya kok.

Enggak ada salahnya memperbanyak latihan soal hitungan UTBK, untuk menghilangkan ketakutanmu pada soal-soal bersifat hitungan. Kalau kamu terbiasa mengerjakannya, kamu pasti akan menguasai soal hitungan tersebut di try out UTBK berikutnya, atau bahkan di UTBK nanti. Tak hanya soal hitungan, kamu juga harus menguasai jenis soal lainnya agar nilai UTBK untuk masuk PTN yang kamu peroleh semakin bagus.

Panik

Kepanikan bisa terjadi saat kamu baru mengerjakan soal, atau menemukan soal yang susah. Kalau kamu tidak bisa mengatasinya dengan benar, bisa-bisa kamu malah tidak mengerjakan apa pun atau menjadi tidak fokus dalam mengerjakan soal. Hal ini tentu bisa memengaruhi nilai UTBK yang kamu peroleh, ya.

Apabila kamu mengalami kepanikan, coba pejamkan mata, tarik nafas dalam-dalam, dan katakan “aku pasti bisa” untuk menyemangati diri sendiri. Lebih giat mengerjakan latihan soal UTBK dan mengikuti try out online juga bisa mengurangi potensi terjadinya kepanikan tersebut selama UTBK, lho!

Latihan soal UTBK dan try out UTBK akan membuatmu terbiasa mengerjakan soal-soal sehingga kekhawatiran dan kepanikan pun semakin berkurang.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai nilai UTBK untuk masuk PTN, beserta hal-hal yang bisa menyebabkan skor UTBK kecil. Buat kamu pejuang UTBK, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Pahamify TryOut, lho!

Ada pembahasan soal UTBK ter-update, yang bisa kamu manfaatkan buat latihan soal dan mengasah kemampuanmu menghadapi SBMPTN 2021. Kamu bisa mencoba fitur try out online gratis, atau mengikuti Pahamify Accelerator Program agar lebih siap menghadapi UTBK SBMPTN 2021.

Tunggu apalagi, download aplikasi belajar online Pahamify sekarang!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll