Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Melanjutkan kuliah secara gratis tentu menjadi impian banyak pelajar. Satu di antara cara untuk mewujudkannya yaitu dengan mendapat beasiswa kuliah di kampus impian. Sayangnya, hal ini tentu tidaklah mudah. Informasi beasiswa cukup terbatas dan proses seleksi yang ketat membuat tidak semua pelajar bisa mendapatkan kesempatan tersebut.

Meski prosesnya terkesan rumit, beasiswa kuliah dapat menjadi jembatan kamu melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, lho. Khususnya buat kamu yang ingin kuliah namun terkendala biaya. Lantas, hal-hal apa saja sih yang bisa kamu lakukan agar berkesempatan mendapatkan beasiswa kuliah? Yuk, simak cara mendapat beasiswa kuliah berikut ini!

Cara Mendapat Beasiswa Kuliah

Ada 5 cara yang bisa kamu terapkan agar berkesempatan mendapatkan beasiswa impian. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

Perbanyak Riset

Jika dianalogikan, mencari beasiswa itu sama seperti bermain bola, Pahamifren. Kamu harus menjemput bola tersebut agar mencetak gol. Jangan hanya menunggu, tapi cari informasi beasiswa kuliah sebanyak-banyaknya. Perbanyak riset tentang peluang beasiswa yang ingin kamu dapatkan. Misalnya, kamu ingin mencari beasiswa program S1, maka kamu harus mempelajari prosedur, syarat, dan seluk-beluk setiap beasiswa kuliah S1.

Kamu dapat menggali informasi beasiswa kuliah ini dengan cara mengikuti akun-akun penyedia informasi beasiswa. Selain itu, kamu juga bisa mencari di laman resmi lembaga penyedia beasiswa, baik dari pemerintah, pihak swasta, atau universitas.

Perlu diingat, saat mencari informasi beasiswa kuliah, kamu mungkin akan dihadapkan pada banyak pilihan beasiswa. Alangkah baiknya kamu menyaring informasi tersebut dan hanya memilih sesuai target. Cara ini akan memudahkanmu menyesuaikan potensi diri dengan kriteria yang diminta.

Cara mendapat beasiswa kuliah

Pahami Jenis Beasiswa dan Syaratnya

Beasiswa itu ada banyak macamnya, Pahamifren. Berdasarkan lembaga penyedianya, ada beasiswa dari pemerintah seperti Bidikmisi atau KIP Kuliah. Ada juga beasiswa perusahaan seperti beasiswa Djarum, beasiswa Bank Indonesia, dan sebagainya. Kalau berdasarkan jenis-jenis beasiswa, ada beasiswa penghargaan, akademik, ekonomi, dan lain-lain. Cara mendapat beasiswa kuliah berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Maka dari itu, pastikan kamu mencermati syarat setiap beasiswa dengan baik.

Umumnya, apa saja sih kriteria dan syarat dapat beasiswa kuliah? Apakah harus memiliki prestasi? Perlukah memiliki nilai rapor dengan angka tertentu? Nah, hal-hal itulah yang harus kamu gali lagi. Suatu program beasiswa akan memiliki kriteria dan syarat berbeda-beda, tergantung dari lembaga penyedia beasiswa itu sendiri.

Sebagai contoh, beasiswa penghargaan dari universitas. Beasiswa ini biasanya diberikan kepada siswa berprestasi sehingga kriterianya akan berfokus pada prestasi akademik. Bantuan pendidikan yang diberikan dapat berupa pendanaan biaya kuliah secara penuh atau potongan biaya pendidikan.

Contoh lainnya adalah beasiswa ekonomi yang diberikan kepada siswa kurang mampu. Beasiswa ini biasanya mewajibkan peserta melampirkan keterangan tidak mampu secara ekonomi. Bantuan yang diberikan berupa pembiayaan kuliah secara penuh atau potongan biaya pendidikan guna meringankan pihak keluarga penerima beasiswa tersebut. Beasiswa ekonomi ini banyak diselenggarakan oleh lembaga pemerintah.

Hubungi Pihak Penyelenggara

Setelah menggali informasi beasiswa secara mandiri, kamu dapat menghubungi pihak penyelenggara beasiswa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Jangan ragu menanyakan hal-hal terkait beasiswa yang belum kamu paham. Kenapa menghubungi pihak penyelenggara penting dilakukan?

Pertama, kamu akan mendapatkan informasi yang lebih valid kebenarannya. Kedua, kamu bisa menunjukkan kepada penyelenggara beasiswa kalau kamu punya minat serius pada beasiswa yang ditawarkan. Ketiga, hal itu menunjukkan bahwa kamu punya inisiatif untuk mendapatkan beasiswa.

Bisa dibilang, menghubungi pihak penyelenggara secara langsung juga menjadi cara agar kamu dikenal oleh mereka. Siapa tahu, itu dapat menjadi cara untuk selangkah lebih maju dalam mendapatkan beasiswa, Pahamifren!

Konsultasi dengan Guru atau Orang Tua

Sebelum mengambil tawaran suatu beasiswa, ada baiknya kamu membicarakan terlebih dahulu dengan guru atau orang tua. Bersama guru di sekolah, kamu bisa mendiskusikan beasiswa yang cocok denganmu. Apakah prestasimu di sekolah memenuhi kriteria beasiswa tersebut? Kamu juga bisa mengecek kebenaran informasi beasiswa yang kamu dapat melalui pihak sekolah.

Selain itu, dalam urusan beasiswa, kamu pun membutuhkan restu dari orang tua. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu beasiswa yang akan kamu ambil kepada orang tuamu. Siapa tau, mereka dapat membantumu mempersiapkan persyaratannya, atau bahkan mereka memiliki opsi lebih baik yang bisa kamu ambil.

Menyiapkan Dokumen dan Siap Mental

Cara mendapat beasiswa terakhir yaitu menyiapkan dokumen dan mendaftar program beasiswa yang kamu pilih. Program beasiswa kuliah biasanya mewajibkan peserta menyerahkan dokumen-dokumen sesuai dengan kriteria beasiswa. Sebagai gambaran, berikut dokumen-dokumen yang biasa dibutuhkan untuk program beasiswa kuliah S1 di Indonesia:

  • Formulir aplikasi program beasiswa.
  • Surat pernyataan dari sekolah, yang menyatakan kamu terdaftar dan berstatus aktif sebagai pelajar.
  • Surat pernyataan dari sekolah, yang menyatakan kamu sedang tidak menerima beasiswa dari lembaga atau instansi mana pun.
  • CV (Curriculum Vitae).
  • Foto berwarna 3×4.
  • Fotokopi KTP atau Kartu Pelajar.
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • Transkrip nilai atau nilai rapor dari semester 1 sampai akhir.

Dokumen-dokumen di atas hanyalah gambaran persyaratan secara umum ya, Pahamifren. Dalam beberapa program beasiswa, biasanya peserta juga diminta membuat esai sebagai kriteria penilaian. Terkait esai dan CV, sebaiknya kamu membuatnya semenarik mungkin karena hal ini menjadi penilaian dalam proses seleksi.

Nah, setelah semua persiapan dokumen di atas sudah kamu lakukan, jangan lupa persiapkan juga mental kamu. Jangan sampai kamu terlalu stres dan panik dalam mengikuti setiap tahapan proses seleksi. Apabila nantinya kamu gagal lolos, jangan langsung berkecil hati. Masih ada cara mendapat beasiswa kuliah lainnya yang bisa kamu coba untuk meraih impian. Harus tetap semangat, Pahamifren!

Hindari Kesalahan Ini Saat Mendaftar Beasiswa Kuliah

Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan peserta saat mencari cara mendapat beasiswa kuliah. Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang bisa menyebabkan peserta gagal dalam proses seleksi beasiswa kuliah:

  • Pasif atau kurang gigih saat mencari informasi beasiswa. Hal ini mengakibatkan informasi beasiswa yang diterima tidak utuh atau kurang terpercaya.
  • Asal-asalan mendaftar beasiswa tanpa menimbang potensi diri dan kriteria yang diminta. Memasukkan banyak aplikasi beasiswa memang baik, namun jangan abaikan setiap kriterianya.
  • Tidak melengkapi semua persyaratan administrasi yang diminta. Hal ini akan mengakibatkan peserta didiskualifikasi sejak awal proses seleksi.
  • CV atau esai tidak menarik dan kurang sesuai dengan topik yang diminta.
  • Panik atau gugup saat wawancara karena kurangnya persiapan.

Nah, itulah beberapa cara mendapat beasiswa kuliah yang bisa kamu ikuti. Mudah-mudahan, cara ini dapat memperlancar kamu dalam meraih beasiswa di kampus impian, ya. Buat kamu yang membutuhkan prestasi akademik sebagai persyaratan beasiswa, kamu bisa mempersiapkannya dari sekarang dengan mengikuti belajar online di aplikasi Pahamify.

Tidak hanya belajar, kamu juga bisa berkonsultasi terkait strategi belajar, pemilihan jurusan, dan topik-topik penunjang belajar lainnya bersama psikolog profesional dari Pahamify.

Khusus buat yang sedang mempersiapkan ujian, kamu dapat mencoba latihan soal di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan soal PTS/PAS, UTBK, dan Ujian Mandiri lengkap beserta pembahasannya. Klik Try Out Pahamify untuk mengetahui informasinya secara lengkap.

Yuk, belajar jadi lebih seru dan menyenangkan bareng Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang di sini.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Cara Mendapat Beasiswa Kuliah: 5 Tips Penting yang Wajib Kamu Ikuti

Ella
June 5, 2021 at 2:33 am

Saya sangat setuju dengan tips yang dibagikan, sangat membantu bagi saya yang sedang mencari beasiswa di perguruan tinggi. Terimakasih atas informasi yang sudah disampaikan

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll