Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2021 sudah semakin dekat, Pahamifren. Adakah di antara kamu yang masih bingung menentukan pilihan jurusan kuliah pertama dan kedua saat pendaftaran nanti? Kalau ada, kamu harus segera menentukan pilihan jurusan tersebut, ya.

Bukan sembarang memilih, penentuan jurusan kuliah pertama dan kedua ini harus kamu pertimbangkan secara matang agar peluang lolos SNMPTN atau SBMPTN semakin maksimal. Pertimbangkan peluang diterimanya, sesuaikan dengan minat dan bakatmu.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk memilih jurusan pertama dan kedua sesuai minat, serta memiliki peluang diterima yang tinggi. Apa saja cara-cara tersebut? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Aturan Pilihan Jurusan Kuliah pada SNMPTN dan SBMPTN 2021

Sebelum menentukan jurusan kuliah pertama dan kedua, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu aturan mengenai pilihan jurusan kuliah pada SNMPTN maupun SBMPTN 2021.

Pada SNMPTN 2021, ketentuan pilihan jurusan kuliahnya yaitu paling banyak dua jurusan dalam satu PTN atau dua PTN. Enggak cuma itu, kamu wajib memilih satu PTN yang berada di daerah tempat sekolahmu. Kalau kamu mau mengambil satu jurusan saja, kamu bisa memilih jurusan tersebut di PTN mana pun. Sementara kalau memilih dua jurusan, salah satu PTN yang dipilih harus di daerah SMA berada.

Sudah siap mengikuti SNMPTN dan SBMPTN 2021? Jangan sampai salah menentukan pilihan jurusan kuliah ya.

Contohnya, kalau kamu saat ini bersekolah di Makassar, lalu ingin mengambil jurusan kuliah Hukum saja, berarti kamu bisa mendaftar di PTN mana pun di luar Makassar, seperti UI, UGM, Unair, dan seterusnya. Namun, apabila kamu berencana mengambil dua jurusan, Hukum dan Psikologi, berarti salah satu PTN dari jurusan tersebut harus berada di Makassar, seperti Jurusan Hukum Unhas.

Pada SBMPTN 2021, ketentuannya tetap sama, yaitu memilih paling banyak dua jurusan dalam satu PTN atau dua PTN. SBMPTN 2021 tidak mewajibkan kamu memilih satu PTN di daerah SMA berada. Jadi, kamu bebas memilih PTN mana pun, Pahamifren!

Cara Menentukan Jurusan Pertama dan Kedua

Untuk memaksimalkan peluang lolos SNMPTN maupun SBMPTN, kamu harus mengetahui cara menentukan pilihan jurusan kuliah pertama dan kedua secara benar. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

Pilihan Jurusan Pertama

Pilihan jurusan pertama menggambarkan prioritas pilihanmu. Maka dari itu, cara tepat untuk menentukannya berdasarkan:

  1. Jurusan yang sangat kamu minati dan kamu merasa bahwa kamu memiliki kemampuan yang maksimal pada jurusan tersebut. Misalnya, kamu jago gambar dan desain poster, maka kamu bisa memilih jurusan Desain dan Komunikasi Visual sebagai pilihan jurusan pertama.
  2. Jurusan yang berkaitan dengan prospek kerja yang kamu inginkan setelah lulus nanti. Kalau kamu jago desain dan tertarik bekerja sebagai graphic designer, maka jurusan Desain dan Komunikasi Visual memang jurusan yang tepat untukmu.
  3. Jurusan yang tingkat persaingannya lebih ketat dibandingkan jurusan pilihan kedua. Untuk mengetahui tingkat persaingan tersebut, kamu bisa lihat dari jumlah pendaftar dan daya tampung jurusan yang kamu tuju pada tahun sebelumnya. Semakin banyak jumlah pendaftar dan semakin sedikit daya tampung jurusan, maka persaingannya pasti lebih ketat.

Pilihan Jurusan Kedua

Untuk jurusan kedua, kamu bisa memilihnya berdasarkan pertimbangan berikut:

  1. Jurusan yang diminati, tetapi kamu belum memiliki bakat yang maksimal di jurusan tersebut. Jadi, kamu memilih jurusan kedua ini agar dapat mengembangkan kemampuan kamu. Misalnya, kamu tertarik pada animasi, tapi belum ada kemampuan membuat animasi. Jadi, kamu bisa memilih jurusan Animasi di pilihan kedua agar kemampuanmu membuat animasi berkembang.
  2. Jurusan yang tingkat persaingan dan nilai masuknya lebih longgar atau sekiranya lebih mudah dibandingkan pilihan jurusan pertama. Pertimbangan ini bertujuan memaksimalkan peluang diterima pilihan jurusan kedua apabila kamu gagal di pilihan pertama.

Sampai sini, kamu sudah paham cara memilih jurusan kuliah yang benar kan? Selain lewat pertimbangan di atas, kamu bisa menentukan pilihan jurusan pertama dan kedua dengan cara mendiskusikannya bersama orang tua atau guru BK di sekolah.

Apa pun pilihan jurusan kuliah pertama dan keduamu, pastikan sudah kamu rencanakan jauh-jauh hari, serta tidak sekadar ikut-ikutan teman. Pilihlah yang memang cocok dengan minat kamu karena kamu yang akan menjalani kuliah tersebut ke depannya.

Adakah PTN yang Tidak Mau Dinomorduakan di SBMPTN?

Pahami baik-baik pilihan jurusanmu, jangan sampai salah menentukan pilihan jurusan kuliah di SNMPTN dan SBMPTN 2021.

Membahas lebih jauh mengenai pendaftaran SBMPTN, kamu pasti pernah mendengar kalau ada beberapa PTN yang tidak mau dinomorduakan di SBMPTN kan? Kabar tersebut sering membuat banyak peserta SBMPTN kebingungan menentukan pilihan jurusan dan pilihan PTN saat pendaftaran. Kalau salah memasukkan beberapa PTN di pilihan kedua, bisa-bisa kamu tidak akan diterima di PTN tersebut. Tapi, apa informasi tersebut benar? Bukan sekadar kabar burung dan mitos saja?

Ternyata, informasi tentang PTN yang tidak mau dinomorduakan di SBMPTN belum bisa dipercayai sepenuhnya, ya. Belum ada fakta pasti mengenai informasi tersebut. Selain itu, penyelenggaraan SBMPTN pasti dilakukan secara independen. Artinya, tidak ada satu pun PTN yang dapat memengaruhi keputusan kelulusan SBMPTN.

Hal yang memengaruhi kelulusan SBMPTN, baik di pilihan pertama dan kedua adalah hasil tes UTBK, serta kuota dari jurusan yang kamu pilih. Selama skor nilai UTBK yang kamu peroleh mencukupi, lalu kuota dari jurusan pilihanmu masih banyak yang belum terisi, maka kamu masih bisa masuk di PTN dan jurusan pilihanmu, baik itu pilihan pertama maupun pilihan kedua.

Itu dia ulasan mengenai cara menentukan pilihan jurusan kuliah pertama dan kedua pada SNMPTN dan SBMPTN 2021. Ikuti cara-cara tersebut untuk memaksimalkan peluang lolos SNMPTN dan SBMPTN. Khusus SBMPTN, kunci utama memaksimalkan peluang lolos tentunya dari skor UTBK yang tinggi. Maka dari itu, persiapkan diri dari sekarang menghadapi UTBK 2021.

Biar kamu lebih siap, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online Pahamify. Ada banyak ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba. Ikuti Pahamify Accelerator Program (PAP) untuk mendapatkan pendampingan belajar intensif sehingga persiapan UTBK lebih maksimal.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi Pahamify sekarang dan manfaatkan fitur-fitur menariknya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik! Cek juga promo menarik lainnya di sini.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

4 Comments on “Pahamifren Wajib Tahu, Begini Cara Menentukan Pilihan Jurusan Kuliah Pertama dan Kedua Pada SNMPTN dan SBMPTN 2021

Muhammad Kevin Ardhiwilaga
March 13, 2021 at 11:59 am

Apabila diterima di jurusan pertama, apakah otomatis terpilih juga di jurusan kedua, sehingga bisa diabaikan pilihan pertama dan memilih pilihan kedua walaupun tulisannya diterima di pilihan pertama?

Reply
Fitri Dewanty
March 14, 2021 at 5:38 am

Halo Muhammad Kevin, apabila diterima jurusan pertama, maka jurusan kedua tidak otomatis diterima juga ya. Hanya ada satu jurusan saja yang akan diterima pada seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Biasanya, apabila di pengumuman kamu dinyatakan lolos, akan ada keterangan kamu lolos seleksi di PTN dan prodi jurusan pertama atau jurusan kedua. Keterangan itulah yang bisa menjadi patokan kamu nantinya. Semoga jawaban ini bisa membantu kamu ya 🙂

Reply
Eril
March 22, 2021 at 12:42 pm

Kak, boleh tidak kalau SBMPTN pilihan pertama Undip trus pilihan keduanya UGM? Ada nggak kemungkinannya diterima di Ugm nya walo pilihan kedua?

Reply
Fitri Dewanty
March 23, 2021 at 2:00 am

Hai Eril, sebelum menempatkan UGM di pilihan kedua, lebih baik mempertimbangkan daya tampung SBMPTN 2021 dan jumlah peminat tahun 2020 pada jurusan yang kamu pilih di UNDIP dan UGM ya. Hal ini untuk mengetahui keketatan persaingannya. Apabila jumlah daya tampung jurusan di UGM lebih banyak dan jumlah peminatnya lebih sedikit dari jurusan di UNDIP, maka masih ada peluang diterima di UGM meski di pilihan kedua. Namun perlu diingat, kriteria penilaian SBMPTN yang utama tetap dilihat dari skor UTBK kamu ya. Semoga jawaban ini bisa membantu 🙂

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll