Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, pelaksanaan SBMPTN 2021 tinggal sebentar lagi nih. Kamu pasti sudah memiliki persiapan matang dong. Ingat, tahun ini ada soal TKA dan TPS. Jadi, makin banyak materi yang harus kamu kuasai dalam waktu singkat. Apakah kamu sudah memperbanyak latihan soal UTBK Soshum dan Saintek?

Khusus buat kamu yang mengambil kelompok ujian Soshum, Mipi mau membagikan latihan soal UTBK Soshum materi Geografi, biar persiapan UTBK kamu makin lancar. Enggak cuma contoh soal, ada pembahasan lengkap yang bisa kamu pelajari. Jadi, baca artikel ini sampai selesai ya, Pahamifren!

Materi Soal UTBK Soshum Geografi

Sebelum masuk ke contoh soal UTBK Soshum Geografi, kamu perlu mengetahui materi SBMPTN Geografi yang sering diujikan. Adapun cakupan mapel UTBK Soshum Geografi yang sering muncul di UTBK SBMPTN masuk kampus, antara lain Hidrosfer, Litosfer, Atmosfer, Interaksi Desa-Kota, Pengelolaan Sumber Daya Alam, dan Penginderaan Jauh.

Latihajn soal UTBK Soshum Geografi beserta penjelasan lengkapnya. Pelajari soal UTBK geografi dari sekarang.

Beberapa materi Geografi lainnya, seperti Antroposfer, Biosfer, Konsep Wilayah dan Tata Ruang, serta Mitigasi Bencana Alam juga beberapa kali muncul dalam kumpulan soal HOTS Geografi SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Pada dasarnya, materi UTBK Geografi ini banyak menekankan analisis keterkaitan satu konsep dengan konsep lainnya. Misalnya, konsep pergerakan angin seringkali dihubungkan dengan konsep pergerakan air laut.

Maka dari itu, strategi yang tepat menguasai materi Geografi adalah memahami setiap konsepnya. Strategi ini akan sangat membantu kamu dalam mengerjakan kumpulan soal HOTS Geografi yang membutuhkan kemampuan analisis.

Latihan Soal UTBK Soshum Geografi dan Pembahasannya

Berdasarkan kisi-kisi materi yang telah kita bahas sebelumnya, kamu bisa menggunakan contoh soal UTBK Geografi berikut ini sebagai latihan. Tentunya, soal ini tidak akan keluar sama persis pada UTBK SBMPTN 2021 nanti. Namun, kamu bisa menjadikan latihan soal ini untuk memahami jenis konsep pada soal dan cara menyelesaikannya.

Soal 1 (Hidrosfer)

Di pinggiran sungai terdapat banyak sekali tumbuhan parasit atau eceng gondok. Hal tersebut dikarenakan air sudah terkontaminasi bahan kimia, seperti limbah rumah tangga yang berlebihan. Semakin tingginya tingkat pencemaran tersebut akan meningkatkan pula …

A. Keasaman air tinggi

B. Gulma air

C. Kesuburan perairan

D. Biota air

E. Kemurnian air

Pembahasan:

Bahan kimia dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman. Pemanfaatan bahan kimia yang berlebihan dan mencemari sungai bisa mengakibatkan peningkatan gulma air (tanaman pengganggu), karena pertumbuhannya menjadi tidak terkontrol dan mengganggu aliran sungai.

Jawaban yang tepat untuk contoh soal ini yaitu B.

Soal 2 (Interaksi Desa-Kota)

Materi soal UTBK Soshum Geoegrafi akan mengulas tentang interaksi desa dan kota.

Urbanisasi terjadi karena kekuatan faktor penarik di pedesaan dan pendorong di perkotaan.

SEBAB

Keterbatasan lapangan pekerjaan di pedesaan menjadi faktor pendorong utama penduduk pergi ke kota.

A. Pernyataan benar, alasan benar, keduanya saling berhubungan

B. Pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak berhubungan

C. Pernyataan benar, alasan salah

D. Pernyataan salah, alasan benar

E. Keduanya salah

Pembahasan:

Pernyataan salah. Urbanisasi terjadi karena kekuatan faktor penarik di perkotaan bukan di pedesaan, dan pendorong di pedesaan bukan di perkotaan. Alasan benar. Keterbatasan lapangan pekerjaan di pedesaan menjadi faktor pendorong utama penduduk pergi ke kota.

Jawaban yang tepat adalah D.

Soal 3 (Penginderaan Jauh)

Pernyataan manfaat penginderaan jauh:

  1. Perubahan jaringan sungai
  2. Perubahan luas lahan pertanian
  3. Perubahan cuaca
  4. Mendeteksi wilayah kebakaran hutan

Pemanfaatan penginderaan jauh di bidang pertanian dan kehutanan terdapat pada nomor …

Pilihannya:

A. jika (1), (2), (3) benar

B. jika (1) dan (3) benar

C. jika (2) dan (4) benar

D. jika hanya (4) yang benar

E. jika semuanya benar

Pembahasan:

Teknologi penginderaan jauh merupakan salah satu teknologi pendekatan terintegrasi yang dapat memodelkan masalah-masalah pertanian. Kaitannya dengan usaha, yaitu menjaga konsistensi penggunaan lahan (monitoring), proteksi stabilitas lingkungan (analisis degradasi lahan dan identifikasi sumber air), dan analisa keruangan (basis data spasial). Pemanfaatan penginderaan jauh di bidang pertanian dan kehutanan dari pernyataan pada soal adalah memantau perubahan luas lahan pertanian (2) dan mendeteksi wilayah kebakaran hutan (4).

Jawaban yang paling tepat adalah C.

Soal 4 (Pengelolaan Sumber Daya Alam)

Mengapa pemanfaatan lahan dengan pola tumpang sari lebih memberikan jaminan ketahanan pangan bagi petani ….

A. Pemanfaatan lahan lebih efisien 

B. Harga jual hasil pertanian lebih tinggi 

C. Biaya produksi pertanian lebih rendah 

D. Menghasilkan komoditas beraneka ragam 

E. Ketersediaan hasil pertanian lebih terjaga 

Latihan soal UTBK Soshum Geografi, lebih mudah dengan aplikasi pembelajaran daring Pahamify.

Pembahasan :

Pemanfaatan lahan menggunakan tumpang sari akan memberikan jaminan ketahanan bagi para petani, karena dengan sistem tumpang sari petani menanam lebih dari satu jenis tanaman dalam satu lahan. Dengan cara tersebut, petani memproduksi lebih dari satu jenis tanaman. 

Jawaban yang benar untuk soal ini adalah D.

Soal 5 (Antroposfer)

Daerah kumuh (slum area) di kota-kota besar negara berkembang, pada umumnya dicirikan oleh tingginya kepadatan penduduk dan kurangnya kesehatan akan sanitasi lingkungan di pemukiman. Hal tersebut merupakan jenis kepadatan penduduk …

A. Alami

B. Ekonomi

C. Agraris

D. Fisiologis

E. Aritmetika

Pembahasan :

Kepadatan penduduk Aritmetika menunjukkan rata-rata dari jumlah penduduk yang tinggal pada suatu wilayah per satuan luas. Menumpuknya penduduk di kota-kota besar dapat menyebabkan munculnya daerah kumuh (slum area).

Jawaban yang benar adalah E.

Nah, itu dia beberapa materi dan latihan soal UTBK Soshum Geografi lengkap beserta pembahasannya. Mudah dipahami kan, Pahamifren? Tentunya dengan banyak berlatih soal HOTS seperti di atas, kamu bisa #TaklukkanUTBK lebih mudah.

Buat kamu yang ingin mendapatkan materi UTBK lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Pahamify di link ini. Kamu juga bisa mencoba latihan soal UTBK ter-update di fitur Try Out Online. Cek informasi lengkapnya di link Try Out Pahamify.

Enggak cuma itu, kamu juga bisa mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify sebagai persiapan ringan menghadapi UTBK SBMPTN 2021. Ada hadiah menarik yang bisa kamu peroleh kalau berhasil melakukan tantangannya, lho. Cek juga promo menarik lainnya di link https://pahamify.com/promo/ ini.

Download aplikasi Pahamify sekarang dan manfaatkan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

One Comment on “Latihan Soal UTBK Soshum Geografi 2021 dan Pembahasannya

SUBANDRIYO
June 20, 2021 at 4:34 am

SOAL SANGAT MEMBANTU SISWA UNTUK LATIHAN DAN MEMPERKAYA VARIASI SOAL

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll