Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, kamu pasti punya aktivitas atau hobi yang kamu senangi dong. Sesibuk apa pun kamu belajar, sebisa mungkin sempatkan waktu melakukan kegemaran tersebut, ya. Manfaat hobi bukan sekadar kesenangan saja, namun juga punya dampak positif untuk kesehatan mental. Apa pun hobi yang kamu miliki menjadi sesuatu berharga bagi diri sendiri.

Lantas, apa sih pentingnya memiliki hobi? Apa saja manfaat hobi untuk kesehatan mental? Berikut penjelasan terkait manfaat hobi yang perlu kamu ketahui. Simak artikelnya sampai selesai.

Pentingnya Memiliki Hobi yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Jika kamu menganggap masalah kesehatan mental hanya bisa dirasakan orang dewasa, kamu salah besar, Pahamifren. Faktanya, pelajar juga rentan terhadap masalah kesehatan mental, seperti stres, depresi, dan kecemasan. Belum lagi, kalau pelajar mendapatkan tekanan yang signifikan di rumah, di sekolah, atau lingkungan bermainnya. Masalah kesehatan mental akan menjadi hal yang paling mungkin terjadi.

Nah, mengembangkan hobi itu penting banget menjaga kesehatan mental kamu. Hobi bisa mengurangi tingkat stres, meningkatkan kesabaran, kemauan, dan konsentrasi. Manfaat hobi juga membuatmu lebih mandiri bahkan meraih prestasi. Jadi, penting menekuni kegemaran yang kamu suka sekalipun kamu sibuk, Pahamifren.

Hobi adalah hal yang penting dilakukan agar kamu tidak merasa jenuh terhadap beban belajar kamu selama ini. Mengembangkan hobi bisa mendatangkan perasaan senang, serta memberi makna dan tujuan hidup. Bahkan, banyak orang sukses di luar sana yang berawal dari menekuni kegemaran mereka, lho.

Manfaat Hobi bagi Anak Sekolah

Dari poin sebelumnya, kamu mungkin sudah mendapatkan gambaran manfaat hobi untuk kesehatan mental secara umum. Bagi anak sekolah, setidaknya ada 5 manfaat dari menekuni hobi yang disukai. Apa saja itu?

Menambah Wawasan

Dikutip dari cuitan Twitter Kak Fikri, hobi ternyata bisa membuat wawasan dan perspektif kamu terhadap dunia bertambah. Contoh hobi anak sekolah yang bisa menambah wawasan yaitu menulis, membaca, bermain musik, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendapatkan ide-ide baru yang berguna dalam proses belajar atau karir kamu kelak melalui hobi-hobi tersebut. Misalnya, ide untuk merancang rencana belajar atau mengembangkan soft skill dalam berorganisasi.

Menghilangkan Stres

Manfaat hobi berikutnya adalah menghilangkan stres akibat tekanan belajar yang biasa dialami pelajar SMA. Mengingat definisi hobi itu sendiri, yaitu sebagai kegiatan refreshing yang dilakukan saat waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Maka, wajar apabila hobi berhubungan dengan kegiatan yang menyenangkan untuk mengalihkan pikiran dari tuntutan kehidupan sehari-hari, atau bahkan mencegah emosi negatif. Sederhananya, hobi bisa membantumu meredakan stres.

Ketika kamu fokus meluangkan waktu pada hobi yang menarik tanpa memikirkan tugas sekolah atau target belajar, maka stres akan memudar secara perlahan, terganti rasa senang dan ketenangan. Supaya kesehatan mental kamu terjaga, sebaiknya kamu membagi waktu antara belajar dan melakukan hobi.

Masih dari cuitan Twitter yang sama, Kak Fikri menegaskan dalam hidup ini kita memang harus memikirkan passion dan purpose untuk kebahagiaan jangka panjang. Tapi, kebahagiaan jangka pendek berupa kesenangan kecil dari hobi juga penting untuk kemanusiaan kita. Hal besar seperti target belajar harus dikejar, tapi hal kecil seperti hobi juga harus dijalani.

Memperluas Relasi

Menekuni hobi saat waktu luang bisa mempertemukan kamu dengan orang baru. Apalagi, kalau kamu bergabung dalam komunitas sesuai kegemaran terkait. Kamu bisa mendapatkan relasi dengan orang-orang yang memiliki hobi sama. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi untuk mengeksplorasi lebih luas hobi tersebut dan mengembangkan kemampuan interaksi sosial dengan orang banyak.

Lewat relasi ini, kamu akan sangat terbantu dalam mengembangkan prestasi sesuai hobi yang kamu tekuni. Contohnya, saat kamu bergabung komunitas catur, kamu bisa memperoleh informasi seputar lomba catur dari anggota komunitas tersebut. Relasi yang luas juga bisa membantumu dalam dunia perkuliahan atau karir kamu kelak.

Meningkatkan Kreativitas

Hampir semua hobi melibatkan kreativitas di dalamnya. Contohnya, menulis, melukis, fotografi, bermain musik, atau bahkan memasak. Apabila kamu melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara rutin, kreativitas kamu akan meningkat secara optimal. Pada awalnya kamu mungkin hanya meniru hobi tersebut dari referensi yang ada. Tapi, lama-kelamaan kamu akan terbiasa menemukan ide-ide baru untuk mengembangkan hobi yang menarik.

Menemukan Minat dan Bakat

Kalau kamu belum menemukan minat dan bakat dari pelajaran di sekolah, kamu bisa menemukannya dari hobi atau aktivitas yang kamu senangi. Bisa jadi, hobi itulah yang menjadi passion kamu kelak. Minat dan bakat yang kamu temukan melalui hobi ini juga bisa kamu gunakan untuk menentukan pilihan jurusan kuliah setelah lulus sekolah.

Misalnya, kamu gemar menggambar, maka kamu bisa mengambil jurusan yang berkaitan dengan seni visual, seperti jurusan Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, atau Arsitektur. Sebagai persiapan kuliah, kamu bisa mengembangkan hobi tersebut saat SMA agar memperoleh prestasi nonakademik yang membantumu lolos seleksi masuk PTN di jurusan impian.

Buat kamu yang masih ragu, apakah hobi kamu selaras dengan minat dan bakat, kamu bisa mencoba fitur Minat dan Bakat, serta fitur Konseling dari Pahamify. Lewat fitur Pahamify tersebut, kamu bisa curhat apa pun bersama psikolog profesional, sekaligus mendapatkan rekomendasi jurusan kuliah yang sesuai dengan hobi, minat, dan bakat kamu.

Itulah ulasan mengenai pentingnya hobi untuk kesehatan mental dan manfaatnya. Bagaimana, Pahamifren? Sudah siap mengembangkan hobi pilihanmu? Kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify untuk mendukung hobi dan proses belajar di rumah.

Selain fitur Minat dan Bakat, ada fitur TryOut Premium, kelas online, bank soal, ekstrakulikuler, sekaligus materi belajar SMA berkonsep gamifikasi yang bisa kamu coba untuk meningkatkan pemahaman materi. Pahamify juga menyiapkan fitur keren persiapan kuliah yang tersedia dalam Paket SKS SIMAK UI 2021.

Yuk, download aplikasi Pahamify di link ini dan berlangganan paketnya sekarang!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll