Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Mau belajar materi UTBK SBMPTN 2021, tapi bingung harus mulai dari mana? Pasti banyak nih di antara kamu yang mengalami hal serupa. Banyaknya materi yang harus dipelajari untuk persiapan UTBK SBMPTN 2021 memang kerap membuat kita overthinking, Pahamifren.

Apalagi, dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN masuk kampus, materi yang diujikan bukan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS), namun juga Tes Kompetensi Akademik (TKA). Wah, bikin semakin pusing lagi harus belajar apa dulu.

Kalau kebingungan dalam belajar materi UTBK 2021 ini terus kamu biarkan, bisa-bisa bikin kamu burn out, lho! Tenang saja, Mipi akan memberikan tips mengenai materi UTBK SBMPTN 2021 apa yang sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu. Simak pembahasannya sampai selesai ya.

Materi UTBK 2021 yang Harus Dikuasai 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada dua materi ujian pada UTBK SBMPTN 2021, yaitu TPS dan TKA. Materi ujian TPS bertujuan mengukur kemampuan kognitif peserta. Sementara materi TKA bertujuan mengukur kemampuan yang lebih khusus di bidang akademik. Untuk penjelasan lengkap mengenai TPS dan TKA, mari kita bahas satu per satu ya.

Bingung mencari materi UTBK SBMPTN 2021 terbaru? Coba latihan soal UTBK gratis dari Pahamify aja.

Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik atau TPS pada UTBKS SBMPTN adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi yang ada pada diri peserta UTBK, seperti potensi kognitif, logika, serta pemahaman umum.

Singkatnya, TPS dapat mengetahui apakah seseorang mempunyai potensi masuk ke perguruan tinggi negeri atau tidak, selain dari kemampuan akademiknya.

Jadi, kalau skor TPS kamu bagus, peluang lolos SBMPTN pun semakin besar. Adanya TPS dalam UTBK ini membuat proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri menjadi lebih objektif dan adil. Membahas mengenai materi yang diujikan dalam TPS, secara umum terbagi menjadi 4 materi utama, di antaranya:

  1. TPS Penalaran Umum
  2. TPS Pengetahuan Kuantitatif
  3. TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis
  4. TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Untuk Tes Kompetensi Akademik atau TKA, materi yang akan diujikan sesuai dengan kelompok ujian, seperti Saintek, Soshum, atau Campuran. Materi ujian TKA Soshum, meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi.

Sementara TKA Saintek, meliputi Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika. Kalau kamu memilih kelompok ujian Campuran, materi TKA yang harus kamu kerjakan adalah gabungan dari materi TKA Soshum dan TKA Saintek.

Tes TKA akan mengukur kemampuan pengetahuan kamu pada materi yang diajarkan di sekolah dan yang dibutuhkan pada program studi pilihan. Pada materi ujian TKA, soal yang digunakan termasuk soal tipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). Jadi, bukan sekadar hafalan, tapi juga pemahaman dan analisis untuk bisa menjawabnya.

Belajar Materi UTBK 2021 Mulai dari Mana?

Kalau kamu mau belajar untuk persiapan UTBK lebih awal, Mipi menyarankan fokus belajar materi TPS terlebih dahulu sebelum kamu mulai menyentuh materi TKA.

Berbeda dengan materi TKA yang kerap dijumpai saat pembelajaran di sekolah, masih banyak siswa belum memahami materi TPS. Belajar TPS dari sekarang bisa membuatmu mudah memahami materi yang diujikan.

Selain itu, soal ujian TPS biasanya membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama karena perlu penalaran dan pemahaman yang baik untuk menjawabnya. Apabila kamu sudah terbiasa belajar TPS di awal, kemampuan manajemen waktu kamu semakin terasah sehingga kamu bisa memanfaatkan waktu ujian lebih efektif saat UTBK nanti.

Alasan Belajar Materi TPS Terlebih Dahulu

Ada beberapa alasan lain yang membuat TPS penting dipelajari terlebih dahulu, antara lain:

Materi TPS Ada di Semua Kelompok Ujian

Dalam semua kelompok ujian, kamu akan menghadapi ujian TPS. Bahkan, bukan hanya di UTBK atau SBMPTN saja, beberapa Ujian Mandiri PTN maupun PTS juga memberikan ujian TPS untuk calon mahasiswanya. Jadi, kamu enggak akan menyesal kalau mau mempelajari materi TPS terlebih dahulu. Kamu juga bisa mencuri start belajar dari pejuang UTBK lainnya.

Solusi Belajar UTBK buat yang Masih Bingung Pilih Jurusan

Enggak bisa dipungkiri, kalau sebagian dari kamu terkadang perlu banyak waktu menentukan jurusan kuliah. Bisa jadi, sekarang kamu memiliki minat di bidang kesehatan, eh beberapa minggu kemudian minatnya berubah jadi ke bidang administrasi bisnis. Menjelang pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, ternyata terpikir untuk masuk jurusan Hubungan Internasional.

Nah, agar waktu kamu tidak terbuang percuma, sebaiknya kamu memantapkan belajar materi TPS saja terlebih dahulu. Anggaplah belajar TPS menjadi cara belajar efektif yang aman untuk persiapan UTBK SBMPTN 2021. Kan sia-sia juga kalau misalnya kamu sudah keasyikan belajar materi Saintek, eh ternyata di tengah jalan minatnya berubah ke jurusan rumpun Soshum.

Peluang Mendapatkan Nilai UTBK Tinggi

Masih banyak peserta UTBK yang meremehkan materi TPS, alias belajarnya cuma setengah-setengah dan lebih mengutamakan belajar materi TKA. Terus kalau hasil skor UTBK jelek, baru menyesal deh. Padahal, kalau kamu mau mempelajari materi TPS dengan baik, kamu berpeluang mendapatkan nilai UTBK tinggi, lho!

Sudah tahu belum, mana materi UTBK SBMPTN 2021 yang harus kamu kuasai?

Dilihat dari jumlah materi dan tingkat kesulitannya, materi TPS jauh lebih mudah. Materinya pun lebih sedikit daripada materi TKA. Hanya saja, kamu membutuhkan kemampuan penalaran dan pemahaman yang baik untuk bisa menyelesaikan ujian TPS. Nah, kemampuan tersebut bisa kamu tingkatkan dengan cara belajar materi TPS sedini mungkin.

Kalau kemampuan penalaran dan pemahaman kamu terhadap materi TPS sudah meningkat, kamu enggak akan lagi mengalami masalah, seperti kurang teliti membaca soal, terlalu lama mengerjakan satu soal, atau banyak soal yang tidak tersentuh karena waktu ujian sudah habis. Kamu pun bisa menjawab soal-soal TPS dengan lancar sehingga peluang mendapatkan skor UTBK tinggi pun semakin besar.

Sampai di sini, kamu pasti sudah ada gambaran kan mau belajar materi UTBK 2021 yang mana dulu? Semoga informasi di atas bisa membantu kamu buat merancang cara belajar efektif untuk persiapan UTBK SBMPTN 2021, ya.

Nah, biar persiapan UTBK semakin matang, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online Gratis Pahamify. Lengkap dengan pembahasan soal berupa video menarik, Try Out Gratis Pahamify dijamin seru dan enggak membosankan. Buruan berlangganan Pahamify dan ikuti Try Out UTBK SBMPTN 2021 sekarang!

Cek promo menarik lainnya di sini. Jadikan Pahamify #TemanPersiapanUTBK kamu!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

12 Comments on “Materi UTBK 2021, Mana yang Harus Dipelajari Terlebih Dahulu?

MZusril
March 2, 2021 at 2:28 pm

Soal” untuk TPS ITU materinya APA saja

Reply
Roslaina
March 9, 2021 at 5:54 am

kalau dgn beljar dr tps saja udh bisa buat nilai utbk menjadi tinggi, lalu kita hrs memulai dr mna belajar tpa nya?. Lalu apakah semisal benar semua nilai utbk tps jauh lebih tinggi dr nilai tpa?. Apa yg diselksi ptn lebih cenderung ke tpa atau tps?

Reply
Arachen
April 5, 2021 at 5:21 pm

Tka dipelajari lagi materi dari sekolah. Kecenderungan masuk enggaknya sih bisa dilihat dari jurusan yg km pilih dg skor utbk yg materinya ada keterkaitannya dg jurusan kamu. Beberapa ptn juga punya penilaian dan kriteria yg berbeda

Reply
Nad
March 26, 2021 at 3:29 am

Maksih banyak ka infonyaa

Reply
Fitri Dewanty
March 26, 2021 at 12:31 pm

Sama-sama, biar infonya makin bermanfaat, kamu bisa membagikannya dengan teman ambis UTBK yang lain ya. Tetap semangat!

Reply
Mia
March 30, 2021 at 10:16 am

Bantu banget kak, terimakasih!

Reply
Wilda Trisni
April 5, 2021 at 1:41 pm

Saya sangat suka dengan materi dan try out yg di sediakan oleh pahamify

Reply
Fitri Dewanty
April 6, 2021 at 10:11 am

Terima kasih Wilda. Biar persiapan UTBK kamu makin lancar, jangan terlewat buat ikutan Simulasi UTBK Pahamify ya!
Nggak kalah keren sama try out Pahamify loh, kamu bisa cek infonya di link ini https://pahamify.com/blog/simulasi-utbk-2021/

Reply
Azz
June 13, 2021 at 10:36 am

Kak kalau kita yang dari SMK masuk ke soshum bisa gak sih kak?

Reply
Fitri Dewanty
June 15, 2021 at 1:20 am

Halo Azz, bisa kok, ada banyak jurusan rumpun Soshum yg bisa dipilih anak SMK, contohnya Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Multimedia, Pariwisata, Sastra, dan masih banyak lagi.
Biar peluang lolos UTBK SBMPTN makin besar, kamu bisa curi start belajar dari sekarang ya menggunakan aplikasi Pahamify 🙂
Semoga jawaban ini membantu

Reply
ndz
July 31, 2021 at 12:15 pm

halo kak mau nanya kan aku sma jurusan ibb/bahasa ya tapi dipilihan kelas yang mau ikut TO kok gaada jurusannya jadi gimana kak, terimakasih

Reply
Aryagara Kristandy
August 7, 2021 at 3:30 pm

Kalo yang dari SMK lebih baik TPS dulu atau TKA dulu? atau selang seling aja?

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll