Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, kamu pasti sudah tahu kan kalau di sekitar kita terdapat banyak bakteri. Nggak selalu bersifat negatif karena membawa penyakit, ternyata peran bakteri dalam kehidupan manusia cukup banyak lho. Contohnya dalam proses pembuatan makanan dan obat-obatan. 

Nah, pada materi Biologi Kelas 10 kali ini, Mipi akan mengajak kamu untuk mengulas tentang Pengertian Monera dan Peran Bakteri Dalam Kehidupan Manusia. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Pengertian Monera

Sudah tahu belum? Ternyata ada peran bakteri dalam kehidupan manusia lho. Apa saja itu?

Sebelum lebih jauh, mari kita membahas tentang pengertian kingdom monera. Sebenarnya, istilah monera berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Moneres” yang berarti tunggal. Maka dari itu, kingdom monera bisa disebut sebagai kelompok makhluk hidup yang terdiri atas makhluk hidup bersel satu (tunggal) atau uniseluler.

Makhluk hidup yang masuk dalam kingdom ini juga termasuk prokariotik, yaitu tidak memiliki membran atau inti sel. Umumnya, organisme dalam kingdom monera dapat menempati berbagai habitat, termasuk habitat ekstrem yang tidak bisa dihuni organisme lain. 

Selain itu, kingdom monera juga termasuk kingdom yang jumlah organismenya terbanyak di muka bumi ini. Saking banyaknya jumlah kingdom monera, pada tahun 1990, Carl Woese akhirnya membagi klasifikasi monera menjadi dua subkingdom, yaitu archaebacteria dan eubacteria. Pembagian keduanya berdasarkan struktur dinding sel, membran plasma, cara gerak, dan materi genetiknya.

Ciri-Ciri Kingdom Monera

Setelah mengetahui pengertian monera, ada baiknya kamu memahami tentang ciri-ciri kingdom monera. Berikut merupakan ciri-cirinya, antara lain:

Bentuk Sel Bervariasi 

Bentuk sel pada kelompok monera sangat bervariasi. Ada yang berbentuk batang (basil), bulat (coccus), atau spiral.

Memiliki Sel Prokariotik 

Sebagian besar anggota monera termasuk organisme prokariotik, yaitu organisme yang  memiliki inti sel dan organel tetapi tidak memiliki membran (selaput) inti sel.

Dinding Sel terdiri dari Peptidoglikan

Dinding sel peptidoglikan merupakan salah satu bentuk dinding sel yang tahan terhadap tekanan osmotik hingga 25 kali tekanan atmosfer.

Memiliki Bahan Genetik Nukleoid

Organisme pada kingdom monera memiliki nukleoid, yaitu bahan genetik dalam sitoplasma berupa DNA yang tidak terbungkus atau tidak dilapisi oleh membran. Nukleoid pada monera hanya bisa dilihat pada massa kekentalannya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kekentalan sitoplasma di sekitarnya.

Banyak Spesies Bakteri Mengandung Plasmid

Banyak spesies bakteri pada monera yang mengandung plasmid, yaitu molekul pada DNA yang berbentuk sirkuler (melingkar) menyerupai cincin.

Klasifikasi Monera

Awalnya, monera terbagi menjadi dua kelompok, yaitu bakteri dan alga biru (cyanophyta). Kini, kingdom monera terbagi lagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu archaebacteria dan eubacteria.

Eubacteria 

Eubacteria merupakan kelompok monera atau bakteri sejati yang tidak memiliki inti sel. Kelompok bakteri ini lah yang kerap kamu jumpai di lingkungan sekitar, seperti di air, udara, bahkan pada tubuh makhluk hidup. Secara struktur tubuh, eubacteria terdiri atas tiga bagian penting, yaitu membran sel, sitoplasma, dan organel sel.

Archaebacteria

Istilah archaebacteria berasal dari bahasa yunani “Archalo“ yang berarti kuno. Jadi, archaebacteria merupakan kelompok monera atau bakteri yang kuno atau tertua yang hidup di bumi ini.

Kelompok ini hanya bisa kamu temukan di tempat yang ekstrem, seperti tempat yang sangat panas atau tempat yang berkadar garam dan asam  sangat tinggi. Contohnya, di bawah kawah gunung berapi, atau di lahan gambut.

Peran Bakteri Dalam Kehidupan Manusia 

Seperti yang sudah dibahas di awal tadi, bakteri masuk dalam kingdom monera yang memiliki peranan dalam kehidupan manusia. Ada peranan bakteri yang menguntungkan dan juga yang merugikan. 

Bakteri yang merugikan biasanya bersifat parasit atau patogen yaitu bisa menyebabkan timbulnya penyakit. Sementara bakteri yang menguntungkan justru memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, baik di sektor lingkungan, kesehatan, maupun bioteknologi atau industri. Mari kita bahas peran bakteri yang menguntungkan di beberapa bidang, antara lain:

Satu di antara peran bakteri dalam kehidupan manusia, terlihat pada proses pembuatan makanan dan obat-obatan.

Peran Bakteri dalam Bidang lingkungan

  • Membantu proses fiksasi nitrogen, dilakukan oleh bakteri nitrifikasi, seperti bakteri Azotobacter, Clostridium, dan Pasteurianum.
  • Membantu proses fotosintesis, dilakukan oleh bakteri fotoautotrof.
  • Membantu proses kemosintesis, dilakukan oleh bakteri kemosintetik.
  • Membantu proses simbiosis. Dalam hal ini, bakteri membantu pencernaan makanan yang ada dalam perut sapi dengan cara menghasilkan enzim selulosa untuk membantu mencerna selulosa dalam perut sapi.
  • Membantu proses bioremediasi, dilakukan oleh bakteri Alcanivorax, Marinobacter, dan Neptumonas.

Peran Bakteri dalam Bidang Bioteknologi dan Industri 

  • Pembuatan yoghurt dibantu oleh bakteri Lactobacillus Bulgaricus.
  • Pembuatan minuman probiotik (yakult) dibantu oleh bakteri Lactobacillus Casei.
  • Pembuatan keju dibantu oleh bakteri Streptococcus Lactis.
  • Pembuatan nata de coco dibantu oleh bakteri Acetobacter Xylinum.
  • Pembuatan mineral tembaga dibantu oleh bakteri Thiobacillus, Sulfolobus.
  • Membantu dalam proses pembuatan insulin buatan.

Peran Bakteri dalam Bidang Kesehatan 

  • Bakteri Mikroflora atau Mikrobiota normal dapat memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti vitamin K.
  • Bakteri Streptomyces Griseus dapat menghasilkan antibiotik streptomisin.
  • Bakteri Streptomyces Aureofaciens dapat menghasilkan antibiotik aureomisin. 
  • Bakteri Streptomyces Rimosus dapat menghasilkan antibiotik tetrasiklin.

Bagaimana, Pahamifren? Sekarang sudah paham mengenai pengertian monera, ciri-ciri, dan klasifikasinya, kan? Kamu juga menjadi paham tentang peranan bakteri dalam kehidupan manusia. 

Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan penjelasan mendetail tentang pelajaran SMA lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify.

Ada ratusan video pembelajaran berkonsep gamifikasi yang seru, Pahamify dirancang khusus agar proses belajarmu semakin mudah dan menyenangkan. 

Tunggu apalagi, yuk download Pahamify sekarang!  

Penulis: Alya Rizkia Zahra 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll