Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pendaftaran SIMAK UI 2021 segera dibuka! Buat kamu yang ingin memaksimalkan peluang masuk UI selain lewat jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN, kamu wajib mencoba jalur seleksi masuk UI ini, Pahamifren. Pada tahun 2021, Universitas Indonesia membuka kesempatan bagi pendaftar S1 Reguler SIMAK UI dengan kuota sebesar 50%. Jumlah tersebut sangatlah besar jika dibandingkan jalur SNMPTN UI 20% dan SBMPTN 30%.

Program seleksi yang tersedia dalam SIMAK UI antara lain program Vokasi (D3 dan D4), S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3, dan profesi. Kali ini, Mipi mau membahas pendaftaran SIMAK UI 2021 khusus program Vokasi, S1 Reguler, dan S1 Paralel yang paling banyak diminati pelajar SMA. Yuk, simak info lengkapnya di artikel ini!

Pendaftaran SIMAK UI 2021

Seleksi Masuk UI atau SIMAK UI adalah ujian seleksi terpadu yang diselenggarakan Universitas Indonesia bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus ini. Seleksi ini juga dikenal sebagai Ujian Mandiri UI. Beberapa program SIMAK UI yang tersedia bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yaitu Vokasi, S1 Reguler, dan S1 Paralel. Berikut perbedaan ketiga program tersebut:

  • Vokasi (D3 dan D4) adalah program pendidikan jenjang diploma yang untuk mempersiapkan tenaga ahli sesuai keterampilan di bidangnya. Lulusan D3 akan mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md) dan lulusan D4 akan mendapat gelar Sarjana Terapan (S.Tr).
  • S1 Reguler adalah program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijazah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran. Contohnya, pendaftaran SIMAK UI 2021 untuk lulusan tahun 2021, 2020, dan 2019. Lulusan S1 Reguler akan mendapat gelar Kesarjanaan Strata 1 sesuai jurusan yang ditempuh.
  • S1 Paralel adalah program pendidikan untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dan lulusan D3 yang ingin mengambil program sarjana tanpa syarat batasan usia ijazah. Daftar jurusan S1 Paralel lebih terbatas daripada S1 Reguler. Contohnya, S1 Paralel FEB UI hanya tersedia di jurusan Akuntansi.
mau masuk UI? Yuk, cek daya tampung universitas dan jumlah peminatnya terlebih dahulu. Jangan lupa, cek juga jalur masuk UI, lewat SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI ya

Jadwal SIMAK UI 2021

Adapun jadwal kegiatan SIMAK UI 2021 program Vokasi, S1 Reguler, dan S1 Paralel adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran SIMAK UI 2021: 3 Mei – 9 Juni 2021
  • Ujian: 19 Juni – 21 Juni 2021
  • Pengumuman hasil SIMAK UI: 30 Juni 2021

Nilai UTBK SBMPTN untuk SIMAK UI

Perlu kamu ketahui, SIMAK UI pakai nilai UTBK 2021 sebagai syarat bagi pendaftar S1 Reguler. Maka dari itu, kamu wajib daftar UTBK SBMPTN 2021 apabila ingin mendaftar SIMAK UI.

Pendaftar S1 Reguler rumpun Soshum memerlukan nilai UTBK Soshum sebagai syarat pendaftaran. Sementara pendaftar rumpun Saintek memerlukan nilai UTBK Saintek. Selain itu, tetap ada ujian SIMAK UI bagi pendaftar S1 Reguler.

Buat kamu yang tidak memiliki nilai UTBK SBMPTN untuk masuk UI, kamu masih bisa mendaftar jenjang S1 Paralel, Vokasi, dan Kelas Internasional yang tidak memerlukan skor UTBK. Khusus program Kelas Internasional, kamu membutuhkan dokumen tambahan seperti sertifikat TOEFL/IELTS untuk diunggah saat pendaftaran.

Ketentuan Pilihan Prodi

Setiap peserta SIMAK UI 2021 bisa memilih maksimal 6 program studi secara langsung, dengan ketentuan pemilihan sebagai berikut:

  • S1 Reguler bisa memilih maksimal 3 program studi.
  • S1 Paralel bisa memilih maksimal 3 program studi.
  • Vokasi (D3 atau D4) bisa memilih maksimal 3 program studi.

Program studi yang dipilih dapat berupa kelompok IPA seluruhnya, kelompok IPS seluruhnya, atau terdiri dari gabungan kelompok IPA dan IPS alias kelompok Campuran. Selain itu, peserta juga bisa menggabungkan program pendidikan yang tersedia, misalnya gabungan program S1 Reguler dan Vokasi.

Cara Pendaftaran SIMAK UI 2021

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pendaftaran SIMAK UI 2021:

  1. Membuat akun di laman resmi penerimaan.ui.ac.id.
  2. Unggah foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm.
  3. Lakukan pendaftaran. Log in menggunakan username dan password kamu, lalu pilih menu Buat Pendaftaran.
  4. Verifikasi pendaftaran. Hal ini dilakukan untuk memastikan isian data sudah benar dan telah mengetahui biaya pendidikan program studi yang dipilih.
  5. Unggah berkas persyaratan pendaftaran (khusus S1 Kelas Internasional, S1 Ekstensi, pascasarjana, spesialis, dan profesi).
  6. Membayar biaya pendaftaran. Cara pembayaran bisa dilihat di link ini.
  7. Unduh kartu ujian.
  8. Mengikuti ujian sesuai waktu yang ditentukan.
  9. Tunggu hasil pengumuman.

Sebagai tambahan informasi, peserta tidak dapat mengubah data yang telah diisi setelah biaya pendaftaran berhasil dilakukan. Jadi, pastikan mengecek data sebelum melakukan verifikasi dan membayar biaya pendaftaran, ya.

Biaya Pendaftaran SIMAK UI

Biaya SIMAK UI program Vokasi, S1 Reguler, dan S1 Paralel sebesar Rp500.000 untuk 2 pilihan prodi pertama kelompok IPA atau IPS. Jika hanya memilih 1 prodi, peserta tetap membayar Rp500.000.

Sementara untuk 3 pilihan prodi pertama kelompok IPC, peserta membayar biaya Rp600.000. Jika hanya memilih 2 prodi kelompok IPC, peserta membayar Rp500.000. Setiap tambah program studi selanjutnya (lebih dari 2 atau 3) akan dikenakan tambahan Rp100.000 per prodi, hingga maksimal 6 pilihan prodi.

Biaya Pendidikan di UI

Biaya pendidikan di UI tidak ditetapkan berdasarkan jalur masuk, melainkan berdasarkan program pendidikan yang dipilih mahasiswa. Perbedaan biaya pendidikan setiap program secara umum yaitu biaya pendidikan S1 Reguler bebas uang pangkal, sedangkan program Vokasi, S1 Paralel, dan S1 Kelas Internasional dibebankan uang pangkal pada saat pertama kali masuk. Rincian biaya pendidikan di UI bisa kamu lihat di sini.

Materi Ujian SIMAK UI

Materi ujian SIMAK UI program S1 dan Vokasi secara umum terdiri dari:

  • Kemampuan Dasar: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Kemampuan IPA: Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  • Kemampuan IPS: Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi.
  • Tidak ada esai dalam ujian SIMAK UI S1 dan Vokasi.

Materi ujian dan pengelompokkan peserta ujian IPA, IPS, dan IPC ditentukan berdasarkan pilihan jurusan kuliah yang kamu tuju. Contohnya, kamu memilih jurusan kuliah IPS, maka materi ujiannya mencakup Kemampuan Dasar dan Kemampuan IPS. Contoh lainnya, kalau kamu memilih jurusan IPA dan IPS sekaligus, maka kamu harus mengerjakan materi Kemampuan Dasar, Kemampuan IPS, dan Kemampuan IPA.

Pelaksanaan ujian SIMAK UI dilakukan secara daring. Hingga saat ini, sistem penilaian SIMAK UI 2021 masih menggunakan sistem benar +4, salah -1, dan tidak diisi 0. Petunjuk lebih rinci seputar pengerjaan soal bisa kamu cek di lembar soal sebelum ujian berlangsung.

Nah, itulah informasi lengkap seputar pendaftaran SIMAK UI 2021 yang perlu kamu ketahui. Ayo pejuang SIMAK UI, persiapkan dirimu dari sekarang! Kamu bisa mulai mempersiapkan diri menghadapi UTBK dan SIMAK UI lewat aplikasi belajar online Pahamify.

Selain paket persiapan UTBK yang lengkap, Pahamify juga menyediakan paket intensif persiapan SIMAK UI yang bisa kamu coba. Dilengkapi berbagai fitur keren seperti TryOut Premium, Kelas Online, Bank Soal, Study Plan, hingga Grup Belajar, Pahamify bisa banget bantu persiapan SIMAK UI semakin maksimal.  Pantau terus media sosial dan website Pahamify untuk mendapatkan penawaran menarik seputar Paket SIMAK UI 2021.

Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang di link ini dan gunakan semua fiturnya untuk #TaklukkanSIMAKUI!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

3 Comments on “Pendaftaran SIMAK UI 2021, Dari Jadwal, Syarat, Hingga Cara Daftarnya

Sefiriani R
April 29, 2021 at 10:35 pm

ngerjainnya beneran daring??

Reply
Fitri Dewanty
April 30, 2021 at 2:10 am

Halo Sefiriani, berdasarkan akun resmi Twitter SIMAK UI, selain memerlukan skor UTBK, SIMAK UI S1 reguler tetap mengadakan ujian seleksi secara online.
Pantau terus laman resmi SIMAK UI dan media sosial Pahamify untuk update info terbarunya, ya. Semoga membantu 🙂

Reply
Agus
August 2, 2021 at 9:13 am

Apakah UI tidak buka jalur S1 Ekstensi prodi Bahasa inggris kah ? kami lulusan D3 Bahasa inggris pingin melanjutkan study, untuk bisa menjadi GURU di daerah. Terima kasih

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll